Cara Liburan Hemat ke Kuala Lumpur (KL), Malaysia bareng Traveloka

Lengkap dengan Itinerary di KL Nggak Nyampe 2 Juta Rupiah Buat 3D2N (3 Hari 2 Malam)

Siapa bilang liburan ke luar negeri itu mahal? Kalau ngerti triknya maka liburan ke luar negeri pun bisa terjangkau banget alias murah lho. Memang mahal dan murah itu relatif alias bisa beda takaran tiap orang, itu benar banget. Tapi kalau bisa dapat liburan ke Malaysia lengkap dengan tiket pesawat dan hotel menginap selama 3 hari 2 malam yang setara sama harga tiket liburan lokal, jelas itu artinya termasuk murah dong ya…

Ah, jangan-jangan itu naik pesawat budget makanya murah?

Ah, nginepnya di hostel kali bukan hotel makanya bisa dapat harga segitu?

Jangan-jangan nggak dapat bagasi dan makan selama perjalanan ya?

Hahaha, simpan dulu itu pertanyaannya. Baca artikel ini sampai habis dan buktikan sendiri ya.

Sebenarnya kunci dari liburan murah itu ada dua: tekan biaya pesawat dan hotel. Cara menekannya pun macam-macam. Kalau pesawat bisa cari-cari tiket promo, beli jauh-jauh hari bahkan setahun sebelumnya, travelling di tanggal-tanggal yang selow alias bukan peak season dan travell light alias tidak perlu beli tambahan bagasi atau bayar overweight. Dari sini aja bisa hemat banget tuh, kadang bisa berhemat satu jutaan hehehe.

Kalau untuk hotel sendiri ya nginep dengan teman dalam satu kamar jelas memangkas biaya. Namun, jika tidak bisa sharing, cari hotel yang agak di pinggir kota dengan akses trasportasi yang baik bisa jadi pilihan sehingga tetap bisa jalan-jalan hits. Tips tambahan, saya selalu memilih hotel dengan layanan sarapan jadi nggak perlu keluar uang lagi. Sarapannya pun dari jam 8-10 abis itu keluar, kemudian makan siang jam 4-5. Malamnya masih kenyang jadi nggak makan lagi, paling jajan kecil. Alhasil berhemat lagi deh. Hehehe.

Nah, sekarang ada trik yang baru lagi. Banyak maskapai bekerja sama dengan hotel untuk kasih harga miring jika pesan maskapai penerbangan dan hotelnya langsung barengan. Semacam paket bundling gitu. Saya cobain dong buat liburan ke KL, agak panjang dramanya tapi seru.  Cuss simak ya.

Liburan murah ke Kuala Lumpur modalnya nggak nyampe 2 juta rupiah dengan Fitur Booking Flight & Hotel dari Traveloka!

Sudah dari beberapa tahun terakhir saya jadi pelanggan setia Traveloka. Butuh tiket pesawat? Cari di Traveloka. Butuh booking hotel? Intip Traveloka. Pengen naik kereta api? Lha, Traveloka juga jual tiketnya bahkan sering dapat diskon segala hahaha. Nah, baru-baru ini ada fitur baru dari Traveloka yang bisa bikin perjalanan jadi mudah dan murah. Seperti yang pernah saya ceritakan di artikel Tips Bisa Travelling Sepanjang Tahun, kunci dari traveling murah itu ada di tiket pesawat dan hotel. Nah, kemarin saya cobain fitur pemesanan pesawat dan hotel ini. Beneran lebih murah lho! No tipu-tipu.

Pertama-tama buka Apps Traveloka lalu pilih fitur Booking Flight & Hotel

 

Setelah itu masukkan tujuan yaitu Kuala Lumpur, Malaysia kemudia detil dari hotel yang diinginkan. Apalah mau menginap d hotel, apartemen, hostel atau malah homestay.

Akan muncul pilihan paket pesawat dan hotel lengkap dengan maskapai, jam keberangkatan dan juga harganya. Pilihan hotel dan pesawatnya bermacam-macam, terserah kita maunya yang mana. Mau dari yang paling murah sampai yang paling mahal tersedia.

Fitur packages Traveloka booking flight and hotel memudahkan perencanaan perjalanan.

Saya memilih Sandpiper Hotel Kuala Lumpur yang berlokasi di Bukit Bintang. Range harga memang ada di tengah-tengah, bukan yang termurah, tapi anuh…. Di sana penjual makanan enak berjajar dan juga tempat perbelanjaan yang miring harganya. Pokoknya, di mana pun liburannya, nggak boleh jauh-jauh dari kata belanja dan mengunyah ya. Hihihi. Namanya juga cewek!

Nah, kalau sudah cocok dengan pilihan ini maka kita tinggal bayar tapi kalau nggak cocok bisa ganti hotel dan penerbangannya segala lho. Mudah kan? Cepet pula. Sampe sini saya udah senang karena cuma bayar Rp. 4.857.345 aja alias Rp. 2.429.000 aja perorangnya buat liburan 3 hari ke Kuala Lumpur. Setelah itu saya tambahkan fasilitas sarapan sehingga totalnya jadi 5,3 juta buat 2 orang alias Rp. 2,650.000/orang. Lho? Judulnya liburan ke KL di bawah 2 juta, kok ini malah di atas 2 juta dan hampir 3 juta? Hehehe, sabar dong. Lanjut baca ya…

Baca juga:

  1. Janji Menua Bersama di Batu Caves

  2. KL Trip: Menikmati Kuala Lumpur dari Petronas Tower

  3. KL Trip: Warna-warni Kolam KLCC

  4. Liburan ke Resorts World Genting

  5. Yang Terkenang antara Penang dan Kuala Lumpur

Kalau nggak cocok sama pilihan hotel, maskapai dan jam penerbangannya apa bisa diganti di Traveloka?

Jelas bisa dong! Soal hotel saya udah cocok dan  pilihan maskapainya adalah Garuda Indonesia. Saya suka terbang dengan Garuda, nyaman dan menyenangkan. Tapi sesungguhnya jam penerbangannya agak kurang pas buat saya karena terlalu malam sampenya. Jadi saya cari penerbangan lain yang kira-kira jamnya cocok sama jadwal. Gini caranya:

Pas mau bayar, klik tulisan change flight. Lalu akan muncul pilihan maskapai lengkap dengan kewajiban kita, apakah harus nambah bayar atau malah harga yang sekarang dikurangi. Saya memang pengen pesawat pagi, tapi mesti nambah dua ribu rupiah dengan maskapai Air Asia. Lha saya merasa gimana gitu, awalnya naik Garuda trus ganti ke budget airlines tapi malah mesti nambah duit? Hehehe. Saya scrol lagi ke bawah….  Wow, I think it was my lucky day. MAS lagi kasih diskon penerbangan sampe 200 ribuan untuk penerbangan siang. Waaah,  tanpa pikir panjang saya ambil dong. Lalu iseng coba ganti penerbangan pulangnya sekalian… Dan diskon 200 ribuan jugak! Aaaaaak… Anw sedikit informasi tambahan aja, sekarang MAS lagi sering-sering kasih diskon lho. Lumayan, pesawatnya nyaman, makanann pun enak dan jarak antar kursinya agak lega. Jadi kaki nggak ketekuk banget. Lalu mereka juga punya child menu alias child meals jadi kalau yang liburan bawa anak bisa tenang.

Cara ganti pesawat di Traveloka. Yes! Booking flight and hotel di fitur Traveloka packages beneran lebih murah harganya!

Tadaaaaa….. Total yang harus saya bayar buat liburan ke KL berdua selama 3 hari 2 malam hanya Rp. 3.970.118 buat berdua alias 1.986.000/orangnya. Kan, beneer kan, nggak nyampe 2 juta per orangnya! Hahaha, saya langsung tersenyum bahagia banget pas dapat paket seharga ini. Ini di luar ekspektasi saya: nginepnya di hotel bintang 3, pesawatnya pun pesawat yang oke punya dengan harga yang… WOW! *dance-dance bahagia* Hihihi. Emang ya, kalau mau ubek-ubek dikit bisa dapat hal-hal ajaib kayak gini. Hahaha.

Anw pasti ada pertanyaan, aman nggak tuh beli bundling flight dan hotel di Traveloka gitu? Jaminan ada kamarnya nggak?

Traveloka kasih jaminan kamar kok, dan sepengalaman saya sepanjang tahun ini booking kamar hotel via Traveloka, kamar selalu tersedia bahkan saat saya menginap di peak season macam long weekend. Trusted! Saya belum pernah kecewa dan semoga jangan sampai ya. (Knock the woods. Amit-amit)

Suka banget sama fitur booking flight dan hotel dari Traveloka ini karena:

  • Hemat biaya alias jelas lebih murah. Namanya juga harga bundling, sudah ada kerjasama terlebih dahulu jadi konsumen kayak kita diuntungkan dengan dapat harga lebih murah dibandingkan booking terpisah. Sudah terbukti di saya. Hahaha.
  • Hemat Waktu, kalau dulu pilih penerbangan satu-satu abis itu baru cari hotelnya, nah sekarang ada Traveloka yang ngerjain itu semua. Satu kali kerja dapatnya dua. Saya booking-booking itu semua nggak lewat 15 menit lho. Bahkan saat mau gonta-ganti jadwal penerbangan pun sudah langsung dihitungkan selisih biayanya. Langsung selisihnya lho, jadi nggak ribet ngitung sendiri. Mudah!
  • Praktis banget, nggak ribet lagi mesti bayar satu-satu karena sekali pesan langsung bayar buat dua servis sekalian yaitu pesawat dan hotel dalam satu tagihan.

Ohya bingung mau ngapain aja di Kuala Lumpur? Sini, sini saya buatkan itinerary liburan di KL buat 3D2N (3 hari 2 malam). Nanti silakan diotak-atik sendiri ya:

Itinerary di KL 3D2N (3 hari 2 malam)

Day 1

12.15 – 15.20 Penerbangan Jakarta – KL

15.20 – 17.00 Perjalanan ke hotel, taruh tas dan koper lalu langsung cuss. Dari bandara bisa naik taksi, LRT atau bus. Tarif paling terjangkau adalah bus dan LRT tapi mesti ganti beberapa kali. Kalau naik taksi sih bisa langsung sampe. Biaya taksi resmi bandara antara RM 100-120 sudah sama toll-nya. Naik Grab juga bisa, range harga di RM 60-80 tergantung jam-nya lagi sibuk atau enggak (high demand or not).

17.00 – 19.00 Menikmati KL Tower yang menjulang lancip di tengah-tengah ibu kota.

19.00 – 21.00 KLCC Suria, dinner dan menikmati Petronas Twin Tower. Untuk dinner ada food court di lantai atas. Kalau mau agak mewah sedikit bisa makan malam di caffe dan restaurant di lantai dasar yang punya view langsung ke arah air mancur. Tapi ya gitu deh, harganya lumayang nguras kantong. Hahaha. Kalau mau naik ke museum yang ada di Petronas Tower maka harus beli tiket pagi-pagi buta karena ada kuota yang ditetapkan berapa jumlah orang yang bisa naik setiap jam-nya. Harga tiket tur naik ke Petronas ini juga berbeda antara lokal dan wisata mancanegara. Lumayan banget selisihnya, bisa sampai 2x lipat. Hehehe. Pengalaman soal ini sudah pernah saya tuliskan tersendiri. Link-nya tadi udah saya taruh di atas, monggo scroll dan klik artikelnya kalau mau tau caranya.

21.00 – 21.30 Dancing water fountain di KLCC Park. Suka banget! Cakep. Dan di jam-jam tertentu juga ada musik yang mengalun menemani air mancur menari dengan warna-warni lampu yang indah. Saya ada buat ulasannya juga. Kepoin aja cerita-cerita yang saya tulis di sini ya.

Baca juga:

  1. Tips Liburan Murah di Singapura

  2. Top Things to Do in Labuan Bajo

  3. Dikejar Hantu di Amerika

Day 2

06.00 – 07.00 Sarapan

07.00 – 17.00 Resort World Genting. Puas deh main ke sini. Mau naik wahana-wahana yang memacu adrenalin atau sekedar makan durian bisa diatur. Bocoran dikit, katanya di tahun 2019 nanti bakalan buka FOX Studio. Hmmm nggak sabar!

Ohya jangan lupa makan seafood-nya ya. Juara banget! Terus mampir ke strawberry farm , bisa petik buah stroberi sendiri di sini lho dan sekalian mampir ke kebun lavendernnya yang cantik banget dengan warna ungu nan unyu.

Supaya pengalaman ke Gentingnya sempurna, cobain juga naik gondola alias cable car. Pemandangan pegunungan yang cantik terpampang bikin mata seger. Lalu kalau masih ada sedikit waktu mampir juga ke Chin Swee Temple yang dominan merah dengan pagoda eloknya.

17.00 – 21.00 Shopping di Bukit Bintang + nikmati kuliner lokal di sepanjang jalan Alor. Psst buat penyuka makanan sapi pendek alias makanan haram, bakalan banyak berjajar di jual di sini hahaha. Bukit Bintang ini juga surga belanja buat perempuan dan laki-laki. Yang cewek pasti seneng belanja tas dan kosmetik, kalau yang cowok bisa intip-intip ponsel atau alat elektronik lainnya.

Jika kurang suka dengan suasana street food dan kaki lima serta keramaian di Bukit Bintang, bisa diganti dengan makan malam di KL Tower (berbeda dengan Petronas Tower lho ya). Ada restaurant di bagian atas KL Tower sehingga kita bisa makan malam sambil menikmati pemandangan kota Kuala Lumpur yang selalu riuh dan enggak tidur ini. Penuh warna-warni lampu khas ibu kota.

Day 3

06.00 – 07.00 Sarapan

07.00 – 12.00 Bukit Caves, bisa naik KTM (semacam commuter line kalau di Indonesia, bisa naik dari KL Sentral). Siapkan fisik yang kuat, tangga menuju ke atasnya lumayan banyak hehehe. Kalau malas mau naik ke atas, foto-foto di bagian bawah juga gpp. Ada banyak merpati yang cantik di dekat patung raksasanya tapi juga ada monyet-monyet yang jika ada kesempatan mau mencuri makanan. Jadi, jaga baik-baik barang atau tas yang dibawa.

12.00 – 15.30 Eksplor Putrajaya, di sini kita bisa meihat kota pemerintahan Malaysia dan juga bangunan megah tempat Perdana Menteri berkantor. Ada masjid di dekat danau juga yang bisa disinggahi untuk  sholat. Serta ada restaurant di dekat danau tak jauh dari masjid. Duduk-duduk sore sambil menikmati semilir angin sore di sini juga seru apalagi sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat. Ohya, jika punya waktu banyak bisa jalan-jalan di seputaran taman di sini. Enak juga lho. Jangan lupa ngobrol sama penduduk lokal, mereka ramah-ramah. Bahkan pengemudi bus yang kami tumpangi begitu tau kami dari Indonesia langsung memutaskan lagu dangdut. Hehehe.

15.30 – 16.30 Perjalanan ke airport

18.05 – 19.05 Penerbangan pulang Kuala Lumpur-Jakarta. Lalu kembali ke dunia nyata, kerja keras buat liburan lagi setelahnya. Hahaha. Ada yang sama kayak saya?

Menurut saya, Malaysia cocok untuk liburan keluarga. Bahasanya yang serumpun dengan kita yaitu Bahasa Melayu memudahkan komunikasi saat belanja atau liburan. Jadi buat yang agak takut ke luar negeri karena kendala bahasa, bisa main ke sini dulu buat uji coba.

 

Selamat Hari Kamis, Sobat CE. Liburan akhir tahun ini ke mana? Jangan lupa pakai fitur paket booking flight dan hotel dari Traveloka ya. Biar bisa liburan hemat dan nggak stress buang waktu ngitung-ngitung biayanya satu per satu 😀 Serahkan semua keribetan printilan itu ke Traveloka, kita tinggal bayar dan hepi-hepi aja :* Hehehe

 

 

Iklan

32 respons untuk ‘Cara Liburan Hemat ke Kuala Lumpur (KL), Malaysia bareng Traveloka

Add yours

  1. panduannya asik banget Ekaaaaa…. berhubung saya jarang jalan2 jadi rada2 bingung pas mau cari sekaligus tiket penerbangan dan tempat penginapan… baca manualnya di sini jadi dpt pencerahan :)))) ^_^ thank youuu

  2. Aku juga pernah nyoba fitur flight+Hotel ini, rasanya emang lebih murah dibanding beli satu-satu. Plusnya lagi pake traveloka itu adalah ngumpulin poin, biar bisa dituker hotel atau tiket

  3. Ttp masih aplikasi favoritku utk hal booking2an. Kemariiin dung, pas ke laos, aku bisa dibilang gratis pesen hotel 2 malam di laos haven hotel di vang vieng, krn byrnya pake poin yg udh lama aku kumpulin :p. Trs yg happynya, sampe sana kamarku di upgrade jd family room krn kamar standard yg aku oesen udh penuh hiahahaha… Udh gratis, di upgrade pula :D.

  4. Makasih bwt tips nya, krn saya juga suka sekalian booked Penerbangan dan Hotel sekalian 🙂 Cuman lg bingung nie, udah Transportasi di KL…secara’ pgn menjelajah KL dgn Budget yg Hemat tp nyaman, ada saran gak nie Ka’,??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: