Top Things to Do in Labuan Bajo Lengkap dengan Itinerary 4D3N

Itinerary 4D3N at Labuan Bajo

Ada apa sih di Labuan Bajo sampe orang berbondong-bondong banget pengen ke sana? Hmmmm kalo saya ditanya begini, sulit buat saya menjelaskannya karena menurut saya Labuan Bajo itu paket hampir  komplit. Semacam pemuas dahaga akan keindahan alam yang luar biasa. Makanya di sini saya akan share sedikit top things to do in Labuan Bajo dan Itinerary 4H3M selama di Labuan Bajo. Check it out!Jadi ngapain aja di Labuan Bajo? Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sana, tapi sebelum saya kasih tau listnya perlu saya jelaskan dulu bahwa untuk eksplor Labuan Bajo itu saya sarankan buat  Live on Board alias bobok di dalam kapal. Kenapa? Labuan Bajo itu adalah sebuah kelurahan yang terletak di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Di Labuan Bajo sendiri tentunya ada beberapa tempat yang bisa dieksplor namun banyak tempat yang kece-kece itu letaknya di pulau-pulau lain yang berjauhan. Nah buat menikmati itu semua secara maksimal (nggak habis waktu buat bolak-balik antara pulau yang dituju dan Labuan Bajo) lebih baik melakukan island hopping sekalian live on board gitu.  Buat saya pribadi, Labuan Bajo semacam base camp untuk menginap pas datang dan menunggu pas pulang aja, selebihnya enak di kapal.

Anw, simak yuk Top Things to do in Labuan Bajo versi EKA:

1.Mengejar sunrise dan sunset di Pulau Padar

Pulau Padar ini adalah pulau tak berpenghuni. Dari puncak Pulau Padar kita bisa melihat 4 lekuk pantai yang cantik banget. Plis jangan suruh saya milih mau sunset atau sunrise, dua-duanya magical! Both sunset or sunrise has its own gem. Apalagi kalau bisa dapat golden hour pas sunrise dan blue hour pas sunset. Alamaaaak! Top banget.

  1. Trekking di Pulau Komodo

Jangan bilang udah ke Labuan Bajo kalau belum ke Pulau Komodo. Wajib ke sini buat experience ketemu binatang purba yang hobi duel ini. Ada beberapa jenis trekking yang bisa diambil mulai dari super short, short, medium sampai long trekking. Pastikan kita menaati peraturan yang ada di sini ya karena kalau lalai maka taruhannya nyawa. Ohya ada dermaga kayu yang sudah tua di sini tapi eksotis banget.  Jangan lupa bikin video atau foto-foto manja di situ dan jangan lupa juga jajan di tempat souvenir untuk mendukung ekonomi lokal.

  1. Menikmati pemandangan di Regata Hill

Regata Hill ini letaknya di Pulau Komodo. Agak tersembunyi dan perlu sedikit effort buat nanjak ke atas. Tapi begitu sampai di puncak… Beuh indah banget! Ohya, kadang pemandunya lupa untuk mengajak kita ke sini, jadi lebih baik kita yang mengingatkannya. Tips dari saya sih, ambil trek yang medium di Pulau Komodo terus begitu ketemu Komodonya minta untuk trip dipercepat supaya ada waktu buat ke Regata Hill.

  1. Snorkling di Pink Beach
Photo by Hana

Pink Beach. Hahaha masih mesti ngurusin badan

Siapkan bikini, snorkel dan sunblock. Wajib snorkeling di sini sambil tak lupa berjemur manja di pasirnya yang berwarna merah muda itu.

  1. BBQ dan Snorkling di Pulau Kanawa
pic by Hana

Mandi-mandi basah nan manja di Pulau Kanawa

Salah satu tempat yang cantik buat snorkeling. Karangnya banyak dan ikannya pun macam-macam. Ohya kalau malas basah-basahan maka melipir aja ke pantai dan main sama pasir putihnya. Sama-sama cantik!

  1. Berenang bersama Manta Ray di Manta Point

Pengalaman pertama saya ketemu manta itu di sini. Pengalaman yang luar biasa, rasanya seperti berada di dunia lain, I felt very small at that time. Susah diceritakan dengan kata-kata tapi yang pasti ini adalah pengalaman yang ingin saya ulangi kembali. Di sini mantanya buanyak banget! Dan mereka nggak malu-malu gitu berenang bebas di kiri dan kanan kita seolah kita ini Cuma mahluk lain di dalam air hahaha. Opertaor kapal mesti pintar-pintar buat membuang sauh di tempat yang banyak mantanya. Saya sempat pindah spot 2x sebelum akhirnya ketemu dengan manta yang buanyak banget.

  1. Enjoy (the sunset di) Labuan Bajo

View kayak gini di Labuan Bajo bikin pengen balik lagi dan lagi.

Labuan Bajo rasa Santorini 😀

Pelabuhan Labuan Bajo sendiri menawarkan banyak tempat yang bisa dinikmati keindahannya. Selain itu, jika memilih spot yang tepat maka pemandangan sunset di Labuan Bajo itu sungguh luar biasa. Langit berubah merah jingga dengan sedikit bayangan kehitaman yang perlahan naik. Perpindahan dari terang menuju gelap terasa sangat dramatis.

Pemandangan sunset seperti ini saya nikmati dari teras hotel di Bayview Garden Labuan Bajo.

CARA MENUJU KE LABUAN BAJO

Nah, tadi udah puas ngomongin apa yang mesti dilakukan di Labuan Bajo. Terus cara ke sananya gimana? Well, sekarang ini udah ada banyak pesawat yang melayani rute Jakarta- Labuan Bajo. Biasanya transit dulu di Bali. Ada sih pesawat direct Jakarta-Labuan Bajo tapi harganya lumayan. Hahaha. Ya kalau lagi banyak rejeki atau dapat tiket murah pas travel fair monggo aja. Tapi kalau saya biasanya dari Jakarta transit di Bali, baru ke Labuan Bajo. Nanti di Labuan Bajo menginap satu malam sebelum Live on Board keesokan harinya. Penting banget untuk bisa cari jadwal penerbangan yang nyaman dan kalau bisa connecting flight. Soalya kalau connecting flight jika ada delay dari Jakarta maka pesawat yang keduanya dari Bali ke LBJ itu aman karena maskapai bertanggung jawab sekalian. Tapi kalau beli tiketnya terpisah ya siap-siap aja deg-degan kalau ada delay.

Untuk tiket pulangnya juga lebih baik berkoordinasi dulu dengan operator tur di Labuan Bajo. Beritahukan jam berapa pesawat kita berangkat sehingga operator tur dapat menyesuaikan waktu buat kembali dari island hopping. Jangan sampe ketinggalan pesawat! :mrgreen:

Itinerary Tur 4H3M di Labuan Bajo

Buat yang penasaran itinerary di Labuan Bajo, silakan disimak di bawah ini. Itinerary ini tentunya dapat berubah sesuai dengan operator tur yang dipilih ya. Tapi kalau mau merancang trip sendiri dengan teman-teman dan menyewa kapal sendiri (yang biasanya jatuhnya lebih murah) maka boleh dicontek itin yang saya buat ini.

Day 1

Kedatangan di Labuan Bajo, check-in hotel, bersih-bersih (biasanya saya sih langsung mandi karena kan perjalanan lumayan panjang ya dari Jakarta-Bali-Labuan Bajo dan LBJ itu puanasnya poll, jadi badan pun pliket-pliket gitu, mandi udah paling bener deh. Hehehe). Lalu leyeh-leyeh di  balkon sambil menunggu sunset yang memukau di Labuan Bajo.

Day 2

Berkumpul di dermaga buat live on board. Lalu tekking di Pulau Komodo dan juga ke Regatta Hill. Kemudian menuju Pulau Padar untuk Sunset.

Day 3

Sunrise di Pulau Padar, setelah itu ke Pink Beach dan ke Manta Ray Points. Malamnya BBQ di Pulau Kanawa dan bermalam di dekat Pulau Kanawa.

Day 4

Snorkling di Pulau Kanawa lalu siap-siap pulang menuju Labuan Bajo. Sampai di Labuan Bajo dan bersiap ke bandara.

Komodo island and Labuan Bajo, wait for me to visit again!

Labuan Bajo itu nggak pernah ngebosenin deh. Semua uang yang udah ditabung buat ke sini bakal setimpal banget sama pengalaman yang tak terlupakan. Sungguh saya pengen balik lagi. Dua kali ke sana pas musim kering jadi bukit-bukitnya coklat eksotis gitu. Pengen balik lagi buat experience pas bukit-bukitnya ijo seger gitu. Doakan ya!

Anw, Selamat Hari Jumat Sobat CE. Kapan kamu ke Labuan Bajo?

Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Nusa Tenggara, TRAVELLING dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

32 Balasan ke Top Things to Do in Labuan Bajo Lengkap dengan Itinerary 4D3N

  1. Agung Rangga berkata:

    Paling wajib sih ngejar sunrise dan sunset-nya kali ya. Ahh, indah banget emang Labuan Bajo ini. 😂

  2. BaRTZap berkata:

    Tour yang dirimu rekomendasikan apa kak? Belum kesampaian nih ke Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Pengen deh segera. Apa bareng aja kita? Pas musimnya ijo royo-royo.

  3. Dwi Wahyudi berkata:

    Bismillah… Habis membaca tulisan ini, saya langsung memejamkan mata sambil berdo’a dalam hati. Semoga suatu saat nanti, saya diberi kesempatan untuk datang bersilaturahim ke tempat ini. Btw, ma kasih buat tulisannya Kak. 🙂

  4. Deddy Huang berkata:

    Satu yang aku tangkep, berfoto di Labuan Bajo emang instagramable.. kalau ke sini aku kudu siapin outfit yang kece :))

  5. Maman berkata:

    jadi pengen liburan lagi ke Labuan bajo…

  6. nianastiti berkata:

    Liat itinerarynya jadi pengen nih Kaak, tadinya ga gitu tergerak meski banyak yang ngepost 😀

  7. adelescarlet berkata:

    Semoga aku juga bisa kesana nanti,, niatnya mau tahun ini tapi ternyata blm bisa… semoga tahun depan

  8. Riyardiarisman berkata:

    Noted! Aku catet kak… Pengem babget ke sana, sumpah. Hehehe…

    Makasih ya infonya…

  9. inatanaya berkata:

    Boleh ikutan dong kalo ada yang mau pergi ke sana thn depan. Boleh tolong tanya nama dan Contact tournya. thanks

  10. Ratna Dewi berkata:

    Simpan aahh, destinasi impian nih yang pengen dikunjungi tahun ini. Semoga bisa terwujud.

  11. Aku bukan tipikal pemburu alam, karena menurutku pantai cantik itu ada di mana-mana. Tapi, aku tertarik ke Labuan Bajo buat cobain… LIVE ON BOAT!

  12. saribainbridge berkata:

    Thanks for sharing, kepingin banget ke sana 😍

  13. Ping balik: Hampir Jatuh di Pulau Padar | Ceritaeka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s