Lima Rekomendasi Hotel di Puncak buat Liburan Keluarga

Busy is a choice, stress is a choice, joy is a choice, choose well.

Setiap Sabtu-Minggu, saya punya banyak pertanyaan buat diri sendiri. Kemana orang Jakarta pergi melepas penat saat wiken? Enaknya ngapain pas akhir pekan? Pada bingung mau nginep di hotel mana saat liburan ke Puncak bawa keluarga? Dan masih banyak pertanyaan lain.ย Anw, kalau saya sih punya beberapa pilihan lokasi buat akhir pekan; Bandung, Anyer, Bogor atau Puncak adalah beberapa tempat yang kami sekeluarga sambangi kalau lagi bokek bosen di rumah. Tapi, terus terang sih, Puncak punya tempat khusus di hati. Favorit gitu deh. Kenapa? Well, Puncak tuh lokasinya mudah dijangkau jadi Basti nggak bosen atau cranky karena kelamaan di jalan. Tentunya asal tahu jam buka tutup jalan biar terhindar dari macet yaaaa. Kalo kejebak macet ya sama aja bohong. Hehehe. Terus, kami sekeluarga suka banget sama udara pegunungan Puncak yang sejuk dan alami. Pemandangan lembah dan gunung yang hijau itu manjain mata banget soalnya. Semacam jadi tenang dan rasanya lupa sama hingar bingar atau kegaduhan di Jakarta ๐Ÿ˜€

 

Selain lokasi, pemandangan dan udaranya, ada lagi poin penting banget yang bikin kami suka Puncak: banyak banget pilihan hotel buat nginap. Mulai dari harga yang murah meriah sampe yang berjuta-juta ada. Tinggal pilih sesuai ama isi dompet, lagi tanggal muda atau tanggal tua. Hahaha. Udah gitu, hotel-hotel di Puncak biasanya kids friendly, banyak wahana untuk aktivitas bersama-sama keluarga gitu. Buat saya dan suami hal tersebut penting karena momen bermain bersama anak meningkatkan bonding antara ortu dan anak. Biar lebih akrab, biar makin sayang gitu. Udah tau pentingnya membangun bonding dengan anak kan?

Nah, sekarang saya mau merekomendasikan 5 hotel yang menurut saya cocok buat liburan keluarga di Puncak. Kali-kali aja Sobat CE butuh weekend getaway sama keluarga, melepaskan diri dari kepenatan kantor gitu. Intip review saya di sini ya:

Lima Rekomendasi Hotel buat Liburan Keluarga di Puncak ala EKA:

  1. Pesona Alam

Jl. Taman Safari No. 101, Puncak, Indonesia, 16750.

Sukaaa banget nginep di Pesona Alam, lokasinya nggak jauh dari Ciawi, dan area hotelnya luas. Ada lapangan sepak bola mini (pake rumput sintetis jadi kaki anak nggak kotor) yang lokasinya persis menghadap lanskap gunung yang teduh. Selain itu ada playground yang isi mainannya macem-macem kayak trampolin, jungkat-jungkit sampe wahana buat halang rintang dan panjat-panjatan gitu. Basti sampe bolak-balik manjat dan turun, nggak mau berhenti. Hahaha. Selain itu mereka juga menyewakan sepeda jadi pagi-pagi kita bisa keliling hutan pinus gitu. Seger!

Bagian lobby juga menjadi salah satu point of attraction tersendiri karena area lobbynya terbuka dengan pemandangan pegunungan yang cantik banget. Ada beberapa bangku kosong dengan kolam kecil yang bisa dipakai duduk bersantai sambil menunggu proses check-in. Dari sini juga bisa melihat kolam renangnya yang hits banget. Suka deh pokoknya. Makanan juga enak dan bervariasi. Harga kamar mulai dari Rp. 844.000/malam. Kalau untuk dekorasi kamar sih standard ya seperti hotel-hotel khas grup Tauzia. Bedanya ada bonus lukisan retro nan lawas di atas tempat tidur. Ohya, di depan hotel juga ada villa-villa berbentuk rumah yang bisa disewa untuk liburan bersama keluarga besar jika dirasa kamar hotel kurang maksimal menampung kebersamaan. Maaf, kalau harga villa saya belum tau karena belum pernah menginap di sana.

 

  1. Royal Safari Garden Resort and Convention

Jl. Raya Puncak No. 601, Cisarua, Puncak, Indonesia, 16750

Ini memang hotel lama, suami saya aja udah sering nginep sini dari kecil. Hihihi. Tapi biar pun lama, furniturnya up to date kok. Beberapa kamar sudah direnovasi jadi terlihat lebih modern. Pelayanan juga ramah dan menyenangkan. Yang paling saya sukai dari resort ini adalah kolam renangnya. Seru banget, bisa perosotan gitu. Tinggi pula sliding-nya, berasa uji nyali! Hahaha. Lalu ada mini golf sama kereta api mini yang bisa jalan keliling hotel. Si bocah demen banget yang kek gini. Hehehe. Yah, apa sih yang bikin orang tua senang kalau bukan senyum bahagia anak kita? Betul? Selain fasilitasnya, saya juga suka sama lokasinya yang di pinggir jalan. Jadi gampang keluar ke jalan cari makanan. Maklum, Puncak kan dingin, bawaannya pengen ngunyah terus soalnya. ๐Ÿ˜› Dekat sama pasar Megamendung jadi kalau mau cari oleh-oleh sayuran atau buah-buahan segar bisa dengan mudah di dapat di sini.

Ohya kalau dari pinggir jalan, hotel ini gampang dikenali karena ada patung-patung hewan besarWisata Keuarga: Sernyaย  yang menjadi ikon khas hotelnya. Seingat saya patung ini sudah ada lama sekali dari saya kecil.ย  Harga kamar mulai dari Rp. 686.000/malam. Cukup terjangkaulah ya?

Baca juga:

1. Wisata Keluarga: Mengejar Kelinci Lucu di Kuntum Farm Field

2. Air Terjun Bidadari

3. Recharging My Soul at Hotel Vila Lumbung

  1. Taman Safari Lodge

Jalan Kapten Harun Kabir No 724, Puncak, Indonesia, 16750

Nah, kalau hotel ini, saya sukai karena lokasinya yang dekat sama Taman Safari. Jadi mau ambil tur siang atau night safari gitu nggak susah. Duh, ketahuan banget ogah susah ya. Hahaha. Ohya, selain lokasi, saya suka sama hutan yang ada di dekat Taman Safari Lodge. Kami senang trekking dikit di sana. Dan karena peruntukannya buat keluarga maka trekkingnya aman buat anak-anak dengan jalanan landai dan sudah dibuat jalan kecil gitu. Ada beberapa kolam yang isinya binatang-binatang di dalam hutan. Puas deh bersentuhan sama alamnya. Tak lupa sediakan cemilan pas trekking di sini, jaga-jaga kalau lapar hahaha. Tapi kalau pun nggak bawa cemilan nggak masalah, ada restoran di tengah hutan yang asri banget bersanding dengan rimbunnya alam. Minuman favorit yang dijual adalah bandrek. Beuh, bandrek panas itu nikmat rasanya di tengah cuaca dingin menusuk tulangnya Puncak. Harga kamar mulai dari Rp. 730.000/malam.

 

  1. Sahid Eminence Hotel Convention

Jalan Hanjawar No. 19, Ciloto, Puncak, Puncak, Indonesia, 43253

Kalau yang tadi-tadi itu lokasi hotelnya ada di seputaran Cisarua yang notabene berada sebelum Puncak Pass, sekarang kita pindah dikit ke hotel-hotel selepas Puncak pass ya. Jelas dong yang bikin suka sama Sahid Eminence itu pemandangannya! Hits banget guys, ijo-ijo bikin mata adem. Buat anak-anak sendiri ada indoor playground yang isinya mainan lalu dekat sama sawah-sawahan yang bisa kita jelajahi gitu. Cocoklah buat ortu yang pengen mengenalkan alam sama anak-anak. Ohya, di sini sarapannya enak! ๐Ÿ˜› Harga kamar mulai dari Rp. 1.619.00/malam. Agak mahal tapi sebanding sama view dan fasilitas yang ditawarkan. Saya sering dapat bonus me time di sini: anak main di kids club-nya sementara saya santai-santai memandangi pegunungan yang terpampang jelas sambil melamun. Rasanya kok ya romantis banget. Hahaha.

 

  1. Palace Hotel Cipanas

Jalan Raya Cipanas KM 81,2, Puncak, Indonesia, 43253

Nah ini hotel adalah hotel yang paling terakhir kami kunjungi. Baru wiken kemarin kami menginap di sana. Hotelnya bagus untuk kualitas bintang 4, pelayanan juga sigap dan ramah. Lokasinya sejajar sama Istana Cipanas untuk Presiden. Area hotelnya luas, ada lapangan futsalnya dengan rumput asli, terus punya spa (duh, emak-emak kayak saya hepi banget deh hahaha), dan ada kandang-kandang kecil berisi beberapa binatang mulai dari ikan, bebek sampai angsa juga burung-burung! saya sempat mengajak Basti buat blusukan di antara kandang-kandang binatang ini sambil memperkenalkan jenis hewannya. Lumayan, jadi wisata edukasi sedikit. Hehehe.

Ohya, suasana alaminya terasa banget karena sampe jam 10an pagi tuh masih kedengeran suara jangkrik keras-keras gitu jadi pengalun musik pas sarapan. Hahaha. Anak saya betah banget kalo nginap di sini karena bebas main dan lari-larian ke sana sini. Kalau nggak repot, bawa bola kaki buat main di lapangannya atau bola plastik juga boleh. Jadi bisa ada aktivitas bersama seluruh keluarga. Asli, lapangannya itu luas banget lho!

Yang paling saya sukai dari hotel ini karena deket banget sama warung sate Maranggi kesayangan saya. Sampe 2x makan sate bolak-balik saking dekatnya. Hihihi. Udah bukan rahasia umum lagi kalau makan Sate Maranggi itu bisa sampai ngantri lama, nah karena hotelnya dekat jadi ngantri pun nggak masalah. Balik ke hotelnya nggak jauh soalnya, masih kenyanglah pas balik ke kamar. Hehehe.

Harga kamar mulai dari Rp. 650.000/malam. Psst, sarapannya enak dan banyak variasinya. Bonus view lepas bebas ke arah Gunung Gede dari restorannya. Ciamik deh!

DRAMA WEEKEND GETAWAY DI PUNCAK: BAHAGIA ITU PILIHAN

Ohya, soal weekend getaway kemarin di Palace Hotel Cipanas itu ada dramanya tersendiri. Jadi kan ceritanya saya abis dari Bali buat tugas liputan, nah sampe Jakarta pengennya kruntelan manja gitu sama bapak suami dan Basti. Eh, lha kok Adriannya ternyata ada meeting di Puncak. >.< Doh. Saya sempet kesel gitu. Saya pulang, eh ya kok suami malah pergi. Huhuhu (ada yang sering ngalamin gini juga, nggak? Tapi, saya keinget sama quotes yang saya tulis di atas,

โ€œBusy is a choice, stress is a choice, joy is a choice, choose well.โ€

Iya, bahagia itu pilihan. Akhirnya saya punya ide gimana supaya bapak suami bisa tetap meeting namun kami pun nggak kehilangan momen keluarga. Akhirnya kami putuskan buat nginep aja di Puncak. Keputusan yang pragmatis banget ya. Hahaha. Tapi hari gini memang dibutuhkan kepraktisan sih biar hidup nggak berat. Cukup beban barbel aja yang berat, Cyin, hidup sih jangan ๐Ÿ˜› Hahaha.

Anw, saya sempat agak scary sih, karena kan udah hari H dan saya belum punya hotel sama sekali. Untunglah ada apps Traveloka di ponsel. Penolong banget buat booking di menit-menit terakhir. Selain buat booking pesawat, saya suka booking hotel juga di Traveloka soalnya mereka punya Staygurantee. Buktinya walaupun saya pesan pagi di hari-H dan itu pas wiken (which is Puncak itu penuh banget) saya tetap dapat kamar di hotel yang saya mau. Intinya kita pegang kepastian dari Traveloka kalau bakalan dapat kamar di hotel yang kita pesan (sesuai availability saat booking) karena mereka udah ada kerjasama gitu. Hari gini saya butuh yang pasti-pasti, ogah di-PHP-in. Hahaha.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tuh, saya booking hotel pas di hari H dan dapat hotelnya dong. Bookingnya sambil leyeh-leyeh di tempat tidur, semuanya pakai jempol aja, booking lewat apps ๐Ÿ˜› Ringkes nggak pake ribet. Yang mau booking hotel di Traveloka ikuti cara dan langkah di atas aja ya.

Hal lain yang bikin saya jadi pelanggan loyal Traveloka pas booking hotel itu karena ada banyak promosi. Itu harga kamar kami di Palace Hotel Cipanas aja dapat diskonan lho, lebih murah daripada harga published rate si hotel. Promosi lainnya selain diskonan harga kamar adalah potongan harga melalui hotel kupon. Jadi, harga kamar hotelnya didiskon lagi! Tentu ada Terms and Condition-nya, biasanya sih bundling ama tiket pesawat gitu. Kalo saya lagi nggak mau ribet (karena ngurus anak aja udah ribet, Cyin ๐Ÿ˜› ) biasanya saya pake penawaran ini. Lumayan selisih diskonnya bisa buat beli lipstick. Hahaha. Makanya nggak heran, dengan service dan fitur-fitur kece gini Traveloka jadi andalan saya dan banyak orang.

Kolam renan itu fasilitas utama yang jadi pertimbangan kalau liburan di hotel sama keluarga di Puncak.

Back to rekomendasi hotelโ€ฆ Buat saya ada beberapa fasilitas penting yang wajib ada sebelum memutuskan menginap di suatu hotel pas liburan bareng keluarga. Yang pasti sih mesti ada kolam renang, playground (indoor/outdoor), wahana permainan dan lapangan/hutan/sawah yang bisa dieksplorasi. Kalau pun nggak ada alamnya, paling enggak dekat sama tempat wisata biar ada pilihan aktivitas. Setelah itu baru saya mempertimbangkan makanan yang disediakan saat sarapan. Makin banyak dan makin variatif maka makin masuk ke dalam list hotel wajib diinapi (dengan catatan harus enak juga lho) ๐Ÿ˜€ hehehe.

Hotel-hotel yang berada sesudah Puncak Pass atau selepas Kebun Teh Bunung Mas, biasanya punya rate lebih murah.

Lalu, kalau buat di Puncak, saya perhatikan harga hotel-hotel yang belum melewati Perkebunan Teh Puncak Pass itu sedikit lebih mahal dibandingkan dengan hotel-hotel selepasnya. Jadi kalau kocek agak mepet tapi pengen dapat fasilitas hits, pilihan hotel bisa dicari yang lokasiya di Ciloto atau Cipanas sekalian. Selain dari segi harga yang lebih miring, keuntungan nginep di hotel setelah Puncak Pass itu adalah banyak kulineran enak di sana. Mulai dari sate sampai bakmi Jawa bahkan jagung bakar pun bertebaran. Soto dan Nasi padang juga ada lho. Komplitlah kayak bubur ayam. Hihihi. Bahkan jika beruntung bisa ketemu penjual durian yang banting harga. Hahaha. Mana duriannya enak dan legit, sayang jualannya kadang-kadang aja. Hiks.

Baca Juga:

  1. Piknik ke Kota Tua Naik Commuter Line

  2. Tips Liburan Murah di Singapura

  3. Sate Klatak: Kuliner Unik Yogyakarta

Lalu buat para emaks, ada pasar Cipanas yang menjual banyak sayuran segar dan buah-buahan ranum. Berhubung lokasi pasarnya agak ke atas, harganya pun jadi cenderung lebih murah dibanding pasar yang ada di bawah. Cocok deh buat belanja oleh-oleh seperti brokoli, wortel, sawi, alpukat atau jeruk. Penganan kering seperti sale pisang dan berbagai macam kerupuk juga ada. Lengkap deh pasarnya!

 

Anw Sobat CE, long weekend gini liburan keluarga ke mana? Ada rencana nginep di hotel mana gitu?

Iklan

78 respons untuk โ€˜Lima Rekomendasi Hotel di Puncak buat Liburan Keluargaโ€™

Add yours

  1. Pasti ini hotel tempat kamu memadu kasih dan nambahin list tempat bercumbu *hadeuh kok ingetnya ini terus sih ๐Ÿ˜†

    Puncak long weekend selalu macet berjamaah bukan sih?

  2. Traveloka tuh emang paling TOP deh di skrg2 ini. Udah murah masih ada tambahan diskon dari voucher. Pas cek di hotel beneran, ternyata harganya 1/2 dari published rate! mantab lahhh…
    Btw ke puncak emang menyenangkan, yg nyebelin cuma macetnya hahaha

  3. Wow terima kasih atas rekomendasi hotel di puncak ini, Kak. Lumyan nih buat dicatat, buat nanti bekal liburan. Apa lagi kalau gampang nyarinya di situs semacam Traveloka ini. Keren

  4. terakhir aku ke puncak karena suami ada gathering sama temen2 teaternya, dan boleh bawa keluarga… uda berangkat pagi2 tetep kena jam buka tutup… tapi karena uda deket banget sama lampu merah, jadi abis dibuka bisa langsung jalan hahahaha… jayden lumayan bete juga sih, untung deket situ ada kantor polisi, jadi bisa bawa dia liat mobil polisi hahahaha… abis itu jadi agak males kalo harus ke puncak lagi hehehehe…

    1. Maksudku bukan gitu…. jam buka tutup Puncak itu diumumkan ama Polisi kok, Shay. Aku biasanya cek di Twitter TMC atau aku tanya aja ke mereka sekalian, nah dari info itu aku bisa ngatur waktu jam berapa jalan/pulang jadi gak kena jam buka tutup. Hehehe.
      Untung ada Kantor Polisi penyelamat Jayden yaaaa

  5. “Percuma Yan, kalo nginep di hotel bagus kayak daftar di atas, tapi masih meluk guling”

    *ini komen numpang ngomong sama diri sendiri. *pilu amat yak ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  6. pengen sih ngobain weekend gateway sama keluarga di puncak .. hanya kemacetan yang terus menunda nunda .. haha … ada info rekomendasi ini .. bisa lebih mudah untuk pilih2

  7. Royal safari garden gw dah pernah tuh, lengkap banget ya kompleknya, dalam hotel ada kandang burung raksasa, maen air sama banyak lagi.. Kebetulan gw dapet tempat yg di upgrade katena yg gw pilih dan bayar full book waktu itu

  8. Aaiiihhh baca ini aku lgs berubah pikiran mba.. :D. Lagi nyari hotel juga utk pindah rumah sementara si mba ART dan babysitter mudik. Dari thn lalu, tiap kedua asistenku itu pulang, aku lbh milih menghotel drpd pusing beres2 rumah , nyuci dan masak :D.

    Nah tahun ini masih galau nih nyarinya.. Tdnya sih mau ttp hotel di jakarta mba.. Tp gara2 baca ini aku kepikiran apa puncak aja yaaaa :D. Seru banget pool ama playgroundnya.. Anakku mah yg begini yg dia cari ๐Ÿ˜€

  9. Aaiiihhh baca ini aku lgs berubah pikiran mba.. :D. Lagi nyari hotel juga utk pindah rumah sementara si mba ART dan babysitter mudik. Dari thn lalu, tiap kedua asistenku itu pulang, aku lbh milih menghotel drpd pusing beres2 rumah , nyuci dan masak :D.

    Nah tahun ini masih galau nih nyarinya.. Tdnya sih mau ttp hotel di jakarta mba.. Tp gara2 baca ini aku kepikiran apa puncak aja yaaaa :D. Seru banget pool ama playgroundnya.. Anakku mah yg begini yg dia cari ๐Ÿ˜€

  10. Udah lama banget gak ke Puncak..
    Padahal dulu sering, lho, ke sana untuk….. bikin training buat orang-orang technical dari business partner kantorku. Hahahaa. Biar konsen belajarnya sambil lihat ijo-ijo.

  11. yang no 1 punya kantor wkwkwk ketauan dong yach kerja dimana. pernah ditawarin nginap disini tapi pas hari H sakit hiksss… mau keluar duit sendiri buat nginap ogah wkwkwkwk.. jadilah sampai sekarang belum kesampaian kesini.

  12. Belum pernah ke Cipanas nih aye padahal ga bgitu jauh ya secara warga bogor. Mungkin mau coba ah rekomendasi yang Cipanas.

  13. Direcomendasikan villa kapasitas 200 pax.
    Harga menyesuaikan.
    Fasilitas lengkap.
    Hub. 0251-8242047
    WA. 085715888705 / 081212208847
    bukit Pinus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: