Dibalik SK Pengangkatan PNS

Ketika saya membaca pengumuman di sebuah media bahwa saya lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di suatu Badan Negara, segala macam pikiran berkecamuk di kepala saya. Bahagia? Oh jelas! Bangga? Absolutely! Booow lolos tes pegawai negeri itu gak gampang! Ada ratusan bahkan ribuan orang lain yang menjadi pesaing. Tapi jauh dilubuk hati sebenarnya saya juga bimbang, ada pula rasa takut yang menyertai..

Nah, CPNS itu gimana sih?

Buat yang belum tahu, ketika dirimu lolos seleksi, maka engkau disebut sebagai CPNS alias calon pegawai negeri sipil. CPNS itu kalau di swasta seperti masa probation atau percobaan gitu lah. Lamanya seseorang menjadi CPNS adalah sekurang-kurangnya satu tahun dan paling lama adalah 2 tahun. (Berpedoman pada PP No. 98 Tahun 2000 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah diubah dengan PP No 11 Tahun 2002 dan Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara No 11 tahun 2002)

CPNS Centil - Me in my PNS uniform. Seragam coklat yang dikasih renda-renda. Rok panjang donk dibawah lutut. Tapi modelnya ketat dan mengecil di bawah. Susah jalan? Enggak tuh. Belahan belakangnya lumayan tinggi soalnya πŸ˜€ hahaha

Seorang CPNS tidak menerima gaji penuh, baru 80% saja yang dibayarkan (nangis bombay, nah sekarang ngerti kan kenapa saya suka misuh-misuh kalau liat sepatu lucu :P). Dan pengangkatan CPNS menjadi PNS harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:
1. Setiap unsur penilaian prestasi kerja/daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP-3) sekurang-kurangnya bernilai baik. Penilaian DP-3 ini diberikan oleh atasan langsung, biasanya sih Kepala Sub-Bagian (eselon IV) atau kalau di swasta setara dengan Junior Manager kali yah. Dalam DP-3 ini ada 8 item penilaian yaitu Kesetiaan, Prestasi Kerja, Tanggung Jawab, Ketaatan, Kejujuran, Kerja sama, Prakarsa dan Kepemimpinan. Pengen sih saya tulis disini nilai rata-rata DP-3 saya berapa (soalnya rada bangga, nilainya menurut saya lumayan bagus) tapi mengingat DP-3 bersifat rahasia, gak jadi deh sombong majang nilai disini huahaha.
2. Telah memenuhi syarat kesehatan jasmani dan rohani untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. Saya mengikuti 2 kali general check-up. Dan Puji Tuhan hasilnya saya dinyatakan sehat! Yeeeaaaay ^_^ Aaauuuum sapa mau adu lari sama saya? :mrgreen: #soksehat hihi
3. Telah lulus pendidikan dan pelatihan prajabatan. Hihi Prajabatan ini saya ikuti di bulan September 2010, dua minggu lamanya terpisah dari suami bow! Tersiksa banget nahan kangen ama Hubby. Untungnya… Hubby cerdas, pas akhir pekan nyusul ke Puncak; recharge deh semangat saya buat ikutan diklat. Haha. Dan Puji Tuhan dalam diklat Prajabatan tersebut saya menjadi Peserta Terbaik ke-3 dari seluruh peserta yang berjumlah 40 orang perangkatannya. Hoorraaay! ^_^ Terbayar deh itu nangis-nangis belajar hingga jauh malam, sendirian tanpa suami hanya ditemani bunyi jangkrik dan sayup-sayup suara karakoean di belakang kamar :mrgreen: (mulai lebay hihi)

Pelantikan CPNS angkatan 2009 menjadi PNS.

Lalu, gimana kehidupan (C)PNS seorang Eka?

Hahaha jangan tanya ya bow.. Saya kaget sekaget-kagetnya.. Lebih kaget daripada seekor kucing yang diguyur air ketika asyik tidur! Saking kagetnya dalam setahun beberapa kali saya jatuh sakit bahkan sampai masuk UGD karena sesak nafas padahal besoknya ujian Prajabatan! Gak usahlah saya paparkan secara detil kekagetan saya seperti apa, kalau mau tau, ya silakan temen-temen daftar jadi PNS saja :mrgreen: hihi #dikemplang. Nah berdasarkan SK Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: UP.33/1/2011, puji Tuhan saya Eka Situmorang telah sah diangkat menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil dan berjanji melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.

dan akhirnya SK Pengangkatan PNS pun ditangan! ^_^ yeeay

Jadi buat saya, dibalik SK pengangkatan PNS itu tidak ada duit yang bermain ya nona, tidak ada katabelece orang-orang penting ya bung… Hihi gak ada itu. Yang ada adalah proses yang mendewasakan saya, yang kalau kata Oom Trainer, membuat wajah saya berubah jadi tua hahaha…
Saya beradaptasi. Bukankah seorang pemenang bukan hanya saja orang yang kuat tapi adalah orang yang mampu beradaptasi?

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di abrakadabra dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

87 Balasan ke Dibalik SK Pengangkatan PNS

  1. jensen99 berkata:

    Pegawai rebutan semua atasan… :mrgreen:

  2. g berkata:

    Selamaaaat yaaa….. ^_^ Lulus murni, itu keren banget!

  3. DM berkata:

    Aduh Ek, untung difoto kamu tidak nekat ikut loncat-loncat. Hihihi. Etapi, yang tengah siapa tuh, Ek? Kok lucu. Huihihi.

    “Telah memenuhi syarat kesehatan jasmani dan rohani”. Khusus yang rohani, bagaimana parameternya? Apakah ada skala ukurannya bagaimana seseorang dianggap telah memenuhi syarat kerohanian? Aku tanya karena nggak tau lho ya… πŸ˜€

    “…saya Eka Situmorang telah sah diangkat menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil dan berjanji melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.”

    Karena sudah ditulis di blog, maka para kerabat dan handai taulan bisa menyaksikan janji Eka tersebut. Mari kita simak bersama-sama bagaimana seorang Eka Situmorang selama menjadi PNS. Huahuahua…

    *menunggu wajah Eka berubah menjadi tua* =))

    • Ceritaeka berkata:

      Huuu kamu itu mas matanya tajam yaaah haha
      Err yang rohani itu aku juga gak ngerti parameternya, tapi kami memang ada tes psikologi sih, mungkinkah dari situ diukurnya?
      Amiiiin, aku pun juga berusaha semoga bisa menunaikan tugas yang sudah daku janjikan itu mas hehe

  4. krismariana berkata:

    jadi, gajinya sudah 100% dong sekarang? hehehe. semoga Eka jadi PNS yg baik… eh, “baik” itu tuntutan yg abstrak yak? hehe.

  5. wuri sweety berkata:

    Jadi mbak Eka sekarang dah ga misuh2 lagi kan kalo liat sepatu lucu…udah jd PNS, udah 100% dong gajinya. Tinggal bungkus dong sepatu lucu selusin sebulan.

  6. Kakaakin berkata:

    Sama! SK saya juga gak ada duit yg bermain di baliknya πŸ˜€
    Hehe.. Masa2 80% itu (lumayan) menyedihkan ya.. πŸ˜€

  7. kurniasepta berkata:

    Selamat ya,, kapan ya saya bisa begitu?
    Masa prajabatan memang bikin ingin cepat pulang, gak betah.

    Dulu aku bercita-cita menjadi seorang pegawai
    Berdiri tegak penuh wibawa
    Tunaikan tugas yang mulia

    —————————-

  8. Ikkyu_san berkata:

    Sip Bu PNS! Selamat menjadi abdi negara.

    EM

  9. Akiko berkata:

    kalau dilihat dari tanggal tanggal nya berarti kita seangkatan ya Mbak. *salaman* ^^

  10. Asop berkata:

    Nice experience! πŸ˜€

    Hehe, mustinya posting-an ini bisa membuat orang2 memandang positif pada PNS. πŸ™‚

  11. Esti Sulistyawan berkata:

    Selamat ya mbak
    Sama saya juga gak pake ‘bayar’ tuh
    Saya tau apa yg dimaksud ‘beradaptasi’ ^_*
    Tapi jangan sampai mengorbankan idealisme untuk membangun negara lo..

  12. indobrad berkata:

    Wow selamat ya sis. Semoga jadi berkat bagi banyak orang πŸ˜€

  13. Arman berkata:

    congrats ka! πŸ™‚

  14. D Laraswati H berkata:

    Selamat ya…PNS dimana, Eka? Aku juga PNS dan aku bangga sebagai PNS…tidak semua PNS seperti yang dibicarakan orang…silakan datang ke kantor ku…kalau ada yg rada ‘ajaib’ itu pasti ada juga di setiap kantor…aku sudah menjadi PNS sejak tahun 1989 bermula dari sebuah sekolah kedinasan, sekolah 3 tahun, langsung kerja di instansi pemerintah, tahun 1995 pindah/mutasi ke instansi pemerintah yang lain untuk peningkatan yang lebih baik, smp sekarang…Puji Tuhan.

  15. emfajar berkata:

    selamat ya kak, berarti sekarang udah 100% jadi pelayan negara.. semoga dengan postingan dapat memberi pandangan berbeda dan positif tentang PNS πŸ™‚

  16. good for you kak ! Memang seharusnya begitu. Main bersih maksud ana πŸ˜‰

  17. Kimi berkata:

    Selamat, Mbak Ekaaaa! Kapan makan2 di Sushi Tei-nya kalo begitu? *nunggu traktiran* #eh

  18. susisetya berkata:

    selamat jadi PNS yach, ditengah persaingan berpuluh ribu rakyat Indonesia yang ingin jadi PNS, Insya Allah kalau kita diterima dengan cara yang jujur, kita pun akan menjadi pegawai yang jujur, benerkan Mbak Eka… πŸ™‚
    sekali lagi selamat yach…

  19. amirul berkata:

    aku suka fotonya yg paling akhir… yg tengah.. hehe

  20. dela berkata:

    hahahaha.. gak tau kenapa ngakak baca posting ini. Rada gak bisa bayangin aja image mbak Eka jadi PNS.. πŸ˜€

  21. DoFollow Blog berkata:

    selamat…selamat….

  22. Berlin Sianipar berkata:

    Minta nomor hape yang tengah di gambar terakhir dong.. πŸ˜€

  23. DV berkata:

    Semoga mama dan adikku dan semua warga negara Indonesia yang notabene membayar pajak, bangga punya pegawai sepertimu, Eka πŸ™‚

    *aku kan udah ngga bayar pajak untuk Indo kecuali kalo liburan πŸ™‚

  24. isti berkata:

    ternyata mba Eka pns ya? selamat deh…saya 2 kali tes gak jebol :((

  25. dWi berkata:

    wuah…seneng bgt pastinya, slamat2 ^^

    [salam kenal]

  26. glo berkata:

    lucky you πŸ™‚
    sukses ya

  27. kebetulan, istri jadi CPNS juga. mudah2an lancar juga prosesnya, dan bisa jadi abdi negara yang bersih dan berdedikasi.. *tapi ga usah terlalu berambisi*

    anyway, jadi kepengen daftar CPNS juga. tapi sayang, buat ijazah saya masih jarang..
    kuliah lagi aaah.. πŸ™‚

  28. itikkecil berkata:

    congrats ya cyin… jangan lupa makan-makannya ya πŸ˜€

  29. Dana berkata:

    Ada lowongan lagi nggak?

  30. plukz berkata:

    naah, yang paling sebel adalah ketika ditanya abis berapa jadi PNS? ;))

  31. Zippy berkata:

    Huahahaha…emang bener deh, asli curhat habis πŸ˜€
    Tapi mbak, kemarin pas saya magang di salah satu dinas pemerintahan (sssst…sok rahasia :D), rata2 banyak pegawai PNS/CPNS yang kerjanya hanya berleha-leha aja lho.
    Asal datang ke kantor plus absen sidik jari, udah deh….mau pulang jam berapa aja jadi, masalahnya kepala dinasnya juga gitu πŸ˜†
    Buat mereka, kerja gak kerja kan dapet gaji :mrgreen:
    Tapi mudah2an disana gak kayak gitu ya πŸ˜›
    Oh..iya mbak, itu roknya span banget ya?
    Alamaaak..gak kebayang belahan dibelakangnya setinggi apa! πŸ˜†

  32. Manusiasuper berkata:

    Kenalin sama yang di tengah itu mbak, ya? ya? ya?

  33. Togar Silaban berkata:

    Selamat Eka,
    Pertahankan integritasmu sampai ke tingkat paling tinggi.
    Bisa kok PNS bagus, gak pake duit-duitan. Saya sudah buktikan, sampe sekarang 2 kali pindah instansi (Pusat ke daerah trus ke pusat), tak ada uang keluar.

  34. Nath berkata:

    Aku seneng baca postingnya mbak Eka! πŸ˜€ πŸ˜€

  35. vizon berkata:

    Aku lebih berliku dalam memperolehnya, Ka.. Dan yang terparah adalah aku terdampar di kota kecil yang aku tidak kenal sama sekali. Padahal, aku semestinya ditempatkan kalau tidak di Pusat, ya di Pekanbaru, tempat asalku. Tapi, kenyataan berbicara lain. Akibat kebusukan orang lain yang menghalalkan segala cara untuk memperoleh tujuannya, akupun “dikorbankan”, sehingga aku lah yang terlempar ke daerah terpencil.

    Fine…! Apapun keadaannya, yang jelas semuanya harus dijalankan dengan penuh dedikasi, bukan begitu Bu PNS? hehehe…

    Oya, aku pernah tuliskan cerita tentang ini sedikit di sini:
    http://hardivizon.com/2009/03/18/kepala-tikus-vs-buntut-macan/

  36. enno berkata:

    hihihi gue salut sama usaha lu, ka…
    bukaaaan… bukan usaha lu utk akhirnya diangkat sbg PNS… tapi usaha lu utk mengeksiskan kecentilan lu dgn memodifikasi seragam PNS lu!

    alamak! gak nyangka sampe segitunya!

    LOL

  37. rayafr berkata:

    Seandainya semua PNS seperti Eka, eh…
    Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil dan berjanji melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.

    Tidak hanya merubah singkatan PNS= Pegawai Negeri Santay πŸ™‚

  38. isnuansa berkata:

    Selamat Kakaaa… Wew, sudah resmi jadi PNS ya sekarang. πŸ™‚

    Seragam barunya, boleh ganti yang lebih sekseh setelah tanpa “C”?

  39. zee berkata:

    Selamat ya Eka.
    Semoga bisa menjalankan amanah dengan baik. Mudah2an kerjanya juga banyak, jadi lebih semangat kerja….

  40. warm berkata:

    ahh senangnya, selamat ya mbak, smoga sukses selalu dgn kerjaannya πŸ™‚

  41. Dharma berkata:

    Wooo…. PNS juga tho…???
    Masih enak kalo dapat SK di tengah perkotaan, coba dapat SK penempatan di Pulau nun jauh dimata….
    Seragam instansi mana itu ya????

  42. Bayu berkata:

    wahhhh selamat ya. asikk jadi PNS. hihi. mama saya juga PNS. pns nya funky uey

  43. Fahri berkata:

    Eka Situmorang…..

    Hahai, abdi negara euy…..congrats…

  44. banditperantau berkata:

    hehehe..
    Selamat kakak… πŸ™‚
    Tuhan Yesus memberkati PNS mu.. πŸ™‚

  45. alinaun berkata:

    wah, selamat ya πŸ˜† boleh nih traktir

  46. aulia rahman berkata:

    Nice post πŸ™‚
    Bersama majukan dunia civil engineering Indonesia.

  47. chocoVanilla berkata:

    Wah, selamat yaaa. Moga-moga penerimaan dan penempatan PNS sekarang semakin fair dan no money, no nepotism πŸ˜€

    Katanya dulu CPNS bisa lama sekali ya untuk menuju PNS?

  48. partnerinvain berkata:

    Selamat ya Eka sekarang udah jadi PNS, aku juga PNS jadi tahu gimana rasanya jadi PNS nanti kita sharing2 ya…aku juga masuk PNS ngga pake memo atau nepotisme, karena ikut tes dan lulus……welcome to the jungle ladies…Juni besok gaji 13 loh bisa borong sepatu hi……hi…

  49. lindaleenk berkata:

    errr belum berhasil jd pns 😦

  50. @helgaindra berkata:

    congrats ya kak!
    makan makan yuk ah!

  51. Yessi Greena berkata:

    semalat sore, abdi negara πŸ˜›
    selamat ya, Ka *peluk*

  52. pakde.dalbo berkata:

    selamat yah. semoga tidak mengecewakan banyak orang dengan menjadi PNS nakal. keep writing.

  53. Asal jangan 7-5 saja πŸ˜€

  54. Ping balik: Sex Appeal oh Sex Appeal | Cerita EKA

  55. yoszca berkata:

    Mengabdi kepada bangsa,negara,dan MASYARAKAT πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s