Kuliner Unik Yogyakarta: Sate Klatak, Sate dalam Jeruji Besi

A hungry soul is the beginning of all knowledge.

Udara dingin meyergap kulit saat saya bilang ke adek saya kalo saya lapar. “Nggak salah, kak? Ini jam 9 malam lebih. L-A-P-A-R?” Tanyanya dengan nada agak tinggi seolah tak percaya. Saya nyengir lebar.

“Sate Klatak yok,” jawab saya santai.

“Udah tutup!” Timpal adek saya sekenanya. Matanya masih tak mau lepas dari televisi di atas meja.

Saya terdiam. Tapi saya lapar dan orang lapar biasanya akalnya lebih banyak. Cepat jemari saya menjelajah ponsel dan mendapati info kalau Sate Klatak buka dari jam 10 siang sampai jam 11 malam.

“Enggak, Sate Klatak Pak Pong tutup sampe jam 11 malam kok,” jawab saya riang sambil melemparkan kunci mobil ke adek saya. Ia menangkap kunci tersebut lalu sambil tersenyum kami pun bersama-sama membelah jalanan Kota Gudeg. Dingin pun kami terjang demi seporsi Sate Klatak yang legendaris itu!

Sate Klatak Pak Pong

Yang Unik dari Sate Klatak

Selain soal nama, yang bikin orang penasaran makan Sate Klatak adalah tusuk satenya yang menggunakan jeruji besi sepeda. Nah, penasaran kan kenapa juga pake jeruji sepeda? Kenapa nggak pakai tusuk bambu seperti biasa? Well, alasannya supaya daging mentah yang sudah dibumbui bisa dimasak sampe matang biar bumbu lezatnya kuat menguar tanpa kuatir tusuk satenya gosong atau patah di tengah pembakaran.

Satu lagi yang unik adalah soal nama. Sate Klatak. Namanya agak nggak biasa tapi nama itu ada bukan tanpa sebab.  Kata mas-mas yang ngipasin sate, nama Sate Klatak muncul karena saat daging kambing dibakar di atas arang dan dibumbui garam maka terdengar bunyi klatak, klatak, klatak. Begitu. Saya manggut-manggut aja mendengarnya. Dulu sih Sate Klatak memang hanya dibumbui garam namun sekarang bumbunya ditambah menjadi garam, bawang putih dan kemiri. Hmmm pantas saja pas ngobrol sama si mas-mas wangi sate begitu harum. Bikin perut saya keroncongan!

Interior Sate Klatak Pak Pong

Interior Sate Klatak Pak Pong ini khas Yogyakarta banget. Ada meja panjang yang ramai diisi oleh anak-anak muda (mungkin mereka nongkrong manis sambil ngrikiti sate 😛 ), ada meja-meja besar (yang sepertinya pas untuk keluarga dan orang-orang yang rapat) dan ada juga area lesehan buat yang suka kebersamaan. Tidak ada AC tapi ada kipas angin, walau begitu udara tidak terlalu panas. Entah karena saya datang di atas jam 10 malam atau karena bangunannya semi terbuka dengan langit-langit tinggi. Yang pasti, suasana di kedai rumah makan ini hangat.

Gulai Kambing yang agak manis namun rasanya tetap segar.

Gulai Kambing yang agak manis namun rasanya tetap segar.

Adek saya memesan seporsi gulai daging kambing. Rasanya agak manis tapi tetap enak, untunglah nggak semanis saya kalo enggak nanti saya dikerubutin semut eh. 😛 Hehehe. Walau agak manis namun daging gulai terasa lembut diselingi lemak kenyal yang nikmat.

Sate Klatak yang lezat dengan kuah gulai gurih. Enaaak!

Sate Klatak yang lezat dengan kuah gulai gurih. Enaaak!

Saya memesan satu porsi Sate Klatak. Isinya 2 tusuk saja tapi beusar! Lha gimana nggak besar, yang dipake buat tusukannya jeruji besi sepeda 😀 Satenya emang nikmat pake banget! Tidak seperti sperti sate lain yang pake bumbu kacang atau kuah kecap, Sate Klatak Pak Pong pake kuah gulai untuk menemani santap dagingnya. Duh, lidah saya dimanjakan banget! Saat itu saya pun menutup malam dengan senyum puas kekenyangan :mrgreen:

Selamat Hari Selasa, Sobat CE! Udah pernah nyicip Sate Klatak, belum?

 

 

Sate Klatak Pak Pong
Jl Stadion Sultan Agung (Jalan Imogiri Timur Km 7, Wonokromo)
Jam Buka Pkl. 10.00 – 23.00 WIB
Harga : Sate Klatak IDR 25.000,- / porsi
               Gulai IDR 20.000 / porsi

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Jawa, kuliner dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

81 Balasan ke Kuliner Unik Yogyakarta: Sate Klatak, Sate dalam Jeruji Besi

  1. ardiantoyugo berkata:

    Mau coba ini belum sempet sempet… :mrgreen:

  2. Wah, sepertinya sudah jam makan siang nih. Mbak, minta Mbak hehehe 😀

  3. Mase berkata:

    10 tahun di Jogja setelah keluar dr Jogja saya baru tahu kalau ada kuliner sate klatak

  4. adelescarlet berkata:

    ummm enak ya *lapiler 😛
    wah wah wajib di coba ini kalo ke Jogja lg 🙂

  5. Uchi berkata:

    Wwaah… sayangnya wktu ke jogja kmrn ga sempet nyobain yaah keliatannya enak dr penampakannya.
    Eeeeh… cuma dari daging kambing yaa?
    Ga jadi dingg!!! Ga doyan kambing 😀

  6. DebbZie berkata:

    waaa aku juga makan di sini, Ka pas ke Jogja kemarin. Sayang yo lagi2 kita sisipan. Coba gitu kan bisa kulineran bareng, hihihi. Eh di pak Pong selain sate klatak, kicik juga enaakkk lho 😀

  7. Dita berkata:

    aku pernah nyoba sekali, memang enak dan gak berasa kambing sihhh….tapi tetep ga bisa makan daging banyak2, suka enek *lidah ndeso* 😀

  8. alfatih.prince21 berkata:

    sering lewat jogja tpi kok blom pernah ya makan sate ini… harus dicoba nih kapan-kapan..
    vinz prasetyo

  9. Waktu liburan di Jogja pas Natalan kemarin aku sama temen-temen dari luar kota mau rame-rame makan di Sate Klathak Pak Pong. Maklum, aku orang Jogja tapi belum pernah sama sekali makan Sate Klathak. Kan ngisin-ngisiniiii, hahaha. Jadi weh malam itu aku ngebet makan sate klathak.

    Sampai di Pak Pong, aku sama satu temenku langsung nyelonong masuk ke dalam dan duduk di salah satu gazebo. Eh terus temen yang lain dateng, katanya kalau mau pesen paling 2 jam lagi baru diantar.

    2 jam? mmm…

    Akhirnya keluar terus makan sate klathak di warung-warung kecil di sampingnya. Rasanya sih nggak terlalu enak ya, tapi minimal sudah mengobati rasa penasaranku sama sate klathak. Huft.

  10. jarwadi berkata:

    selain sate klathak pak pong, ada lagi sate klathak di sana yang menurutku recommended, yaitu sate klathak kang bari:

    http://jarwadi.me/2015/08/08/sate-klathak-pak-bari-pasar-jejeran-enak-saya-habis-3-porsi/

  11. Vicky Laurentina berkata:

    Rp 25k untuk 10 tusuk sate kambing yang besar-besar sepertinya menyenangkan. Tapi aku perlu tempat makan yang lebih sejuk lagi dari itu 😀

  12. rahmabalcı berkata:

    saya tahunya yg di kotagede, dulu ada di lapangan karang kota gede, sate klataknya yg terkenal,skrg msh ada ga ya

  13. uci berkata:

    Mbaa, sate klatak hrs nyobaa yah klo ke Jogja, aku selalu kangen mau ksana tiap ada yg cerita Jogja dan isinya. Ngangenin

  14. cK berkata:

    Aku belum pernah nyobain T___T

  15. @eviindrawanto berkata:

    Kalau ke Yogyakarta besok harus nyari sate klatak ini 🙂

  16. aku belum pernah nyoba mbak, huhuhuuu… nanti kalau ke Jogja wajib nyoba nih.

    btw, klatak kalau di kampungku itu nam buah dari pohon karet yang sudah kering. biasa banyak berjatuhan di bawah pohon karet dan dijadikan mainan anak-anak kampung. makanya tadi aku kira sate klatak itu sate yang pakai buah dari pohon karet 😀

  17. Ety Abdoel berkata:

    Belum makan sate klatak. Makanan jawa emang cenderung manis.
    Btw mana cerita yang ke Kalibiru itu…?

  18. Ratna Dewi berkata:

    Alhamdulillah pas DLK ke Jogja dulu pernah mampir ke Sate Klathak Pak Pong. Nyobain satenya sama thengkleng plus minum teh poci juga. Joosss tenan, endeus. Satenya rasanya sederhana nggak banyak bumbu tapi enak.

  19. Diarysivika berkata:

    Kalo pas long weekend hari raya idul firi buka ngga ya mba? maklum saya baru ke Yogya pas mudik dan sayangnya banyak yang tutup kalo pas hari raya hiks sedih

  20. Elisabeth Murni berkata:

    Ah sate legendaris ini. Sate Klatak pak Pong memang paling ngehits mbak, tapi buat lidah saya rasanya kurang masyuk sih. Saya lebih suka sate kambing Pak Turut di Wonosari.

  21. nicolejhacker berkata:

    Nggak afdol kalo ke jogja belum nyobain sate klathak..kuliner andalan 😀

  22. belum pernah nyobain padahal tau sate ini udh lamaaa… jarang ke jogja sih mbak :).. tapi kalo thn ini jd mudik ke solo, udh pastilah mampir jogja utk kulineran ^o^… wajib bgt hrs nyari ini sate

  23. sate klatak pak pong ini cman ada di Jl Stadion Sultan Agung jogja saja yah?
    ada cabangnya ga sih?
    saya suka mendengar tempat pak pong ini, katanya tempat ini ramai tapi tempat saya bukan di jogja

  24. Lidya berkata:

    jalan-jalan pasti ada kulinernya ya mbak. mauuuu sate klataknya

  25. Liberto Amin berkata:

    nyutt banget dah tuhh rasanya :’D

  26. riatumimomor berkata:

    jeruji besi-nya dipake lagi utk pesanan sate berikutnya? Kelihatannya enak dan gede2 (itu yg paling penting)

  27. ghilad berkata:

    hemm… ngiler dah…
    kayanya mantep banget sate klatak

  28. hayaaliyazaki berkata:

    Udah pernah nyoba, tapi bukan yang di sini kayaknya. Tiga tahun yang lalu, udah lupa persisnya di mana. Enak banget memang. Sukses nambah sampe berkali-kali.

  29. anishidayah.com berkata:

    masih tetap harganya,,,,
    Benar – benar lezat ya mbak ya sate klathak ini,,,
    Tapi menurutku lebih enak Sate Klathak Pak Bari lho mbak,,, agak lembutan sedikit tekstur dagingnya,,,, 🙂

  30. Keke Naima berkata:

    itu kita langsung pegang jeruji besinya kayakya nunggu dingin dulu, ya? Tapi trus satenya jadi ikutan dingin juga, gak?

  31. zilko berkata:

    Hehehe, satenya memang enak ya! Dulu aku kesana dan heran kok seporsi cuma dua tusuk aja, mana nunggunya lama lagi, hahahaha 😆

  32. Yuk ikuti lomba menulis artikel tentang danau Toba, dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah

    “Melalui tulisan-tulisanmu, ayo! explore terus Indonesia, mulai dari danau toba, sampai keseluruh pelosok Negeri ini, agar dunia tau, bahwa Indonesia itu Kaya dan Indah.”

    https://ayojalanjalan.com/toba/

  33. Itu cara makan satenya emang pake kuah gule ga pak kecap ato sambel kacang?

  34. arikus berkata:

    Daerah Mbantul sono memang rata-rata bikin sate kambing potongan dagingnya segede-gede jempol kaki. Meskipun cuma 2 atau 5 tusuk, tapi berasa makan sate 10 tusuk..hehehe, salam kenal Mba..

  35. kalu pergi ke yogyakarta harus nyobain sate klatak yang enak itu.

  36. Pink Traveler berkata:

    hi salam kenal kak, cari info tentang sate klatak nyasar kesini gara2 demam AADC 2 hahaha, ntar klo ke Jogja aku cobain deh yg pak pong dan pak bari juga biar tahu bedanya

  37. Linda Dieng berkata:

    Saya udah pernah nyoba mbak, satenya besar-besar banguet dibanding sate biasanya itu. dagingnya empuk dan enak, tidak telalu baum kambing kan daging kambing muda. 1 porsi isi 4 tusuk aja udah kenyang banget.

  38. warm berkata:

    saya baru baca, dan saya rasa judulnya kurang pas, karena mustinya jeruji dalam sate, soalnya emang begitu adanya #halagh

  39. Laura berkata:

    saya paling suka dengan yang namnya sate mba, setiap saya singgah di suatu tempat pasti gak lupa buat kuliner satenya, soalnya mantap banget sih, tapi sayang saya belum pernah coba sate klatak ini, kayaknya enak juga yah, suatu saat harus dan pasti coba nih, mksih ya mba infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s