Cecap Sedap Seafood Enak di Tembok Berlin, Sorong

Kalau ke Sorong enaknya wiskul seafood di mana? Makan apa? Sama siapa? Eh 😛 pertanyaan terakhir itu bisa dikategorikan kepo. Hahaha. Anw, setiap kali mendapat kesempatan untuk berkunjung ke pesisir di salah satu daerah Indonesia, saya berusaha menyempatkan diri untuk mencicipi seafood setempat. Kata orang, beda laut beda ikannya, beda nelayan (yang menjalanya) beda rasanya dan beda tempat beda masakan khas (ikan)nya. So, seafood di pesisir itu is a must!

Btw, kalo makan seafood di Jakarta, saya sering bawa incidal, CTM atau Cetirizine. Maklum, ada bawaan alergi. Jadi kalau seafood nggak segar, badan biasanya langsung bentol-bentol merah plus ruam dan gatal banget. Hiks sedih. Namun jika ke Sorong, kekuatiran itu nggak ada. Penduduk lokal bilang, “Ikan di Sorong mati 1x kakaaaaa. Semua segar dan ena!”

Mati 1x di sini merujuk ke kondisi ikan yang segar, bahwasanya ikan di Sorong jarang yang dibekukan. Begitu dijala ya langsung dimasak. Jadi nggak mati berkali-kali alias dicairkan lalu dibekukan berulang kali ke dalam kulkas. Tenang, kalo kamu baru paham artinya sekarang, kamu nggak sendirian. Kita teman! Karena saya juga baru paham istilah ini recently aja saat sering perjalanan ke daerah Timur. Hahaha.

Ikan segar di Sorong

Baca Juga:

  1. Wisata dan Kuliner Seru di Jayapura
  2. Sate Klatak Yogyakarta yang Enak
  3. Ikan Arsik Batak nan Sedap

Dan itulah yang terjadi saaat awal bulan Agustus ini saya dinas (yang kedua kalinya) ke Sorong. Wiskul seafood wajib di sini ya ke Tembok Berlin. Disebut sebagai Tembok Berlin karena dulu katanya ada tembok yang membatasi laut dengan jalanan, kemudian tembok itu udah runtuh. Tersisa sepotong aja dan dijadikan lokasi kedai-kedai seafood menjajakan ikan.

Jangan bayangkan tempat yang fancy dengan AC dan interior cantik ya. Kedai seafood di Tembok Berlin itu lebih ke arah warung tenda tapi gak luas gitu. Kita akan makan di bangku-bangku panjang khas warung tenda dengan berpeluh karena nggak ada pendingin ruangan. Khas banget deh! Tapi meskipun tempatnya seadanya, jangan tanya soal rasa ikannya ya!

Rasa ikan di Sorong tuh manis gila! Menandakan kalau ikannya masih segar banget. Ada Ikan Merah, Kerapu, Baronang (orang lokal bilangnya Ikan Salamandar), Ikan Mubara dan masih banyak yang lainnya. Kesukaan saya jelas Ikan Kerapu. Ohya kalau kamu nggak suka ikan, bisa pesan ayam juga kok. Tersedia juga berbagai macam sambal. Ada sambal tomat, sambal kecap dan juga sambal kacang. Kesukaan saya sih sambal kecap untuk ikan yang dipanggang dan sambal tomat untuk ikan yang digoreng.

Ohya, kedai yang paling terkenal di Tembok Berlin itu namanya Miranda. Tempatnya agak mojok di sisi kanan gitu. Tendanya lebih luas dibandingkan yang lain, pelayanan ramah dan cepat. Yah secepat gebetan kalo lagi pengen PDKT-in kamu. Hahaha.

Sungguh, pengalaman wisata kuliner yang sedap banget di Tembok Berlin. Semoga lain kali bisa ke sini lagi. Makan enak lagi dan kekenyangan bahagia lagi. Hehehe.

Baca juga:

  1. Kuliner Malang
  2. Wiskul di Jalan Surken Bogor

Selamat Hari Rabu, Sobat CE. Kamu suka makan ikan, gak?

3 respons untuk ‘Cecap Sedap Seafood Enak di Tembok Berlin, Sorong

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: