One Beautiful Heritage Site in Semarang: Gereja Blenduk

Salah satu yang pengen banget saya kunjungi di Semarang adalah Gereja GPIB Immanuel alias Gereja Blenduk. Gereja ini lebih tenar dengan nama Gereja Blenduk sih, karena bentuk kubahnya yang bulat jadi orang-orang Semarang menyebutnya mblenduk (membulat: bahasa Jawa-red). Dulu waktu masih kerja di swasta setahun bisa 3 sampai 4 x ke Semarang tapi nggak pernah mampir gereja ini iiiih. Jadi selepas dari Karimun Jawa kemarin, punya waktu 1 hari di Semarang ya langsung cap cus ke sini dunk. Wuiiih seneng!

Bagian depan Gereja Blenduk dengan pilar-pilarnya yang kokoh. Jadi walau sudah berdiri 3 abad lebih namun tetap kuat dan gagah. Terus pas saya lagi pose asyik di depan gereja gitu, ada photobomb yang naik motor aja gitu >.< Hahaha.

??????????Kubah blenduk. Cantik ya?

??????????Jadwal ibadah di Gereja Blenduk. Walo plesiran kan harus tetap beribadah kan? ๐Ÿ˜‰

Menginjakkan kaki ke bagian dalam dari Gereja Blenduk, suasana agung menyergap. Saya terdiam. Duduk di kursi-kursi rotan khas jaman dulu dan menikmati interiornya. Langit-langit tinggi dengan ulir yang khas, kaca-kaca patri dengan motif kuno yang memberikan pencahayaan alami, terbingkai rapi di jendela-jendela besar. Sinar matahari pun dengan leluasa masuk menembus ruangan.

Di Gereja Blenduk juga ada Orgel yaitu semacam piano namun ditiup. Usianya sudah tua sekali, seusia gereja ini. Saking tuanya saya seolah melihat maha karya luar biasa. Namun sayang, Orgel di sini sudah tidak bisa digunakan karena rusak. Kalau penasaran dan ingin mendengar suara orgel bisa mampir ke Gereja Sion di Jakarta Kota, pernah saya tulis di sini: Gereja Sion: No Heritage, No Future.

Tiga cowok ini kenapa ya susah amat diajak senyum pas poto? *lemparin lumpia biar ketawa* :mrgreen:

Selain senang, saya sungguh bersyukur bisa mampir ke sini. Gereja ini masih terawat rapi dan keasliannya terus dipertahankan. Hal yang baru adalah adanya AC di dalam gereja. Ya Semarang emang panas sih ya ๐Ÿ˜› Ohya, saya baru tau juga ternyata Oomnya Adrian pernah menjadi Gembala Jemaat di gereja ini selama 3 tahun. Ada namanya tuh yang nomor 91 ๐Ÿ˜‰

??????????

Rumah Dinas Gembala Sidang Gereja Blenduk (Pendeta).

Rumah Dinas Gembala Sidang Gereja Blenduk (Pendeta). Asri ya?

Taman yang dibangun Pemkot Semarang menambah keasrian di seputar gereja.

Taman yang dibangun Pemkot Semarang menambah keasrian di seputar gereja.

Keluar dari Gereja Blenduk, kita akan disambut oleh taman hijau yang sejuk. Lumayan deh untuk duduk leyeh-leyeh cari angin ^_^

————–

Puas di Gereja Blenduk, terus enaknya ke mana lagi? Sabaaar, besok saya update soal blusukan di Kota Tua Semarang yaaa. Emang cuma Jakarta aja yang punya Kota Tua? Semarang juga punyaaa ^_^

Sobat CE, sudah pernah mampir ke Gereja Blenduk belum?

.
.
*Sebuah catatan dari perjalanan pada bulan Juni 2013

Baca juga kisah lain di Semarang:

  1. One Beautiful Heritage Site in Semarang: Gereja Blenduk
  2. Tur Kilat di Kota Tua Semarang
  3. Terpana di Bandeng Juwana
  4. Kuliner Enak di Semarang: Toko Oen nan Legendaris

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Culture, Jawa dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

26 Balasan ke One Beautiful Heritage Site in Semarang: Gereja Blenduk

  1. Matris berkata:

    Wah,, Gerejanya asri ya.. belum perrnah mampir nih… (ya iyalah, wong belum pernah nginjak Semarang) hehehe…

  2. baru tahu kalau dalam gerejanya bagus …. jadi pengen kesana lagi

  3. D Laraswati H berkata:

    Hai Eka, Gerejanya hampir sebangun dengan GPIB Imanuel depan Gambir ya. Aku pernah tulis di blog ku. Btw di postingan ini kamu kok belum endut, perginya kapan siiih ? ๐Ÿ™‚

  4. MS berkata:

    gereja Blenduk udah jadi ikon Semarang bareng Lawang Sewu ya..
    cuma sayangnya cuma lewat dan foto2 dari luar aja.., LS waktu itu lagirenov..
    mau masuk Gereja Blenduk kayanya kudu ditemanin Eka ya..
    emang boleh dimasuki cuma buat poto2 he..he..

  5. Alien Komputer berkata:

    Keren…yg dlampung ga segede itu ๐Ÿ˜€

  6. andinoegsby berkata:

    bolak-balik mudik ke semarang saya juga belum pernah ke sana ๐Ÿ™‚

  7. andinoeg berkata:

    semarang emang kota indah

  8. Omah Tips berkata:

    Aku pernah beberapa kali ke Semarang, tapi belum sempet mampir ke greja blenduk ini. Udah sering denger ulasannya di TV, pengen sih maen ke situ, terlebih bisa ikutan ibadah di situ. Katanya juga ndak jauh dari gereja blenduk ada salah satu tempat wisata kuliner yang enak ya mbak… Waktu itu diulas juga diacaranya pak Bondan Winarno.

  9. Lidya berkata:

    boleh masuk ya mbak untuk moto? aku waktu itu cuma foto2 diluar aja ๐Ÿ™‚

  10. irfanifan berkata:

    Gereja paling indah yang pernah aku kunjungi itu di Macau. Aduhh indahnyaaaaaa.. aku jadi pengen kesana lagi, karena posisinya di bukit dan bisa melihat pemandangan panorama macau dari atas.
    SUPERB!

  11. Ping balik: Tur Kilat di Kota Tua Semarang | Cerita EKA

  12. Ping balik: Kuliner Semarang: Terpana di Bandeng Juwana | Cerita EKA

  13. Ping balik: Kuliner Enak di Semarang: Toko Oen Nan Legendaris | Cerita EKA

  14. Ping balik: Wisata Religi di Semarang | Cerita EKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s