Kuliner Semarang: Terpana di Bandeng Juwana

Orang bilang belum sah ke Semarang kalau belum ke Lawang Sewu… Hmmm ada benarnya. Tapi kalau soal kuliner, buat saya belum sah deh rasanya kalau belum mampir ke Bandeng Juwana. Yep betul! Ikan bandeng yang nyebelin karena banyak durinya itu bisa diolah dan dimakan tanpa kuatir keselek duri karena di Bandeng Juwana, bandengnya sudah dipresto. Jadi durinya empuk puk puk, enyak bisa dikunyah 😀 Cocok deh buat oma-oma yang nggak ada giginya (barti lu oma-oma dunk, Ka? :mrgreen: ). Eh 😛

Waktu saya mampir ke Bandeng Juwana, tujuan utama tuh beli oleh-oleh dan tentunya beli buat dimakan sendiri pas di Jakarta. Lha tapi kok pas sampai di sana, saya baru tau ternyata di lantai 2 Bandeng Juwana ada restorannya. Jadiiii, ya cap cus langsung pesen dunk!

Langsung terpana pas liat menunya, bandengnya bisa dimacam-macamiiiin. Mulai dari Buntil Bandeng, Pepes Bandeng, Rendang Bandeng (iyaa dimasak pakai bumbu rendang :mrgreen: ), sampai ya menu klasiknya bandeng digoreng dengan telur. Maknyus, nikmat, mantep apalagi dimakan pakai nasi panas mengepul dan sambal pedas yang nonjok bibir. Aaaaak.

Bandeng Juwana yang tak pernah sepi.

Tapi kalau emang benar-benar nggak suka bandeng, jangan kuatir. Di Bandeng Juwana juga dijajakan oleh-oleh khas Semarang lainnya seperti wingko, lumpia, moaci, brem, aneka dodol, keripik. Pokoknya kumplit deh 😉 Kita tinggal bawa keranjang, masukkan belanjaan di keranjang, tunggu pesanan bandeng. Setelah selesai, bayar dan bisa minta untuk di-packing sekalian juga lhoo 🙂 Asyik kan? Nggak pake ribet.

Ohya, kalau mau dibawa pulang, ada beberapa jenis bandeng yang dibedakan dengan ketahanannya.

– Bandeng Pepes Duri Lunak : tahan 24 jam saja

– Bandeng Asap Duri Lunak : tahan 2 hari

– Bandeng Vacuum : tahan 3 bulan

Soal harga menyesuaikan ketahanan bandeng. Jadi ikan duri lunak dari Bandeng Juwana ini dijajakan mulai dari harga IDR 90.000,- / kg. Dan setiap kilonya kita bisa memilih mau isi 2,3,4 s.d. 6 ekor. Bebas ajaaa ^_^

Alamat Bandeng Juwana Pusat Oleh-oleh: Jalan Pandanaran, Semarang, Jawa Tengah.

Siapa mau ke Semarang? Nitip Bandeng Juwana duuunk :*

*Sebuah catatan dari perjalanan pada bulan Juni 2013

Baca juga kisah lain di Semarang:

  1. One Beautiful Heritage Site in Semarang: Gereja Blenduk
  2. Tur Kilat di Kota Tua Semarang
  3. Terpana di Bandeng Juwana
  4. Kuliner Enak di Semarang: Toko Oen nan Legendaris
Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di kuliner dan tag , , , , . Tandai permalink.

44 Balasan ke Kuliner Semarang: Terpana di Bandeng Juwana

  1. tetiba kangen bandeng goreng telur dengan sambal pedasnya :((

  2. ysalma berkata:

    Saya baru nyobain yang klasik itu, bandeng digoreng telor,
    itupun dari oleh-oleh, mau juga dong dikirimin oleh2 Bandeng sama mereka dan yang orang Semarang 😀

  3. D Laraswati H berkata:

    suka banget dan terakhir kesana tahun 2010, baru tau kalau sdh ada resto nya…tetep suka bandeng presto yg original, cukup pakai nasi anget 🙂

  4. andinoeg berkata:

    bandeng juwana emang top markotop, jangan lupa lumpia semarang juga enak

  5. dela berkata:

    Empat tahun di Semarang, ngga tau kalo di lantai dua ada restorannyaaah..

  6. suriyatifang berkata:

    Baru pernah nyobain yang klasik, mba Eka.
    Yang lain kayaknya juga enak ni 😀

  7. Eka Azzahra berkata:

    Keliatan enaknya mbak *ngences

  8. Riski Fitriasari berkata:

    Mbak Eka… nyobain yg telor ikannya ga Mbak?? *ah saya jadi kangen Semarang*

  9. Adi berkata:

    Ada sekoteng juga kah?

  10. Lidya berkata:

    coba kalau lebaran deh mbak antriannya minta ampun 🙂

  11. Elin berkata:

    nyummy ya makanannya, jadi pengen cobain kalo ke semarang lagi..
    btw, ada info nih buat penggemar blog.. lagi ada blog kompetisi di kompetisimenulis.com
    makasih

  12. cumilebay.com berkata:

    Bandneg juawan ini enak, tapi ngakpake bingit kalo menurut gw karena sambel nya ngak pedes. Cuman kalo di makan pake nasi yg anget2 jadi pingin nambah 🙂

  13. icha berkata:

    waduh lihat tulisan mba Eka yang ini jadi makin laper, apalagi ada wedang ronde nya kayaknya enak tuh diminum malem2, ehehe..
    ohya ada kompetisi keren nih kak, yuk cek di http://ow.ly/y4i7M siapa tau berminat ikutan 🙂

  14. wening berkata:

    Kalau ke Semarang saya juga selalu bawa si Bandeng Presto Juwana ini dan Tahu Bakso Bu Puji sebagai oleholeh 😀

  15. www.hadisukirno berkata:

    menu favorit kalo ke semarang ya bandeng
    rasanya ueeennnaaaakkkkk bingit heheh lebay………………..

  16. Pypy berkata:

    Nitip? Wani piroo..hahaha :p

    Owhh ada yah bagian atasnya.. Baru tau..hihih

  17. blogmangkoko berkata:

    Padahal masih banyak lho kuliner maknyus di Semarang !
    Ada lontong cap go meh, tahu pong, nasi ayam (nasi gurih + sayur jipan), tahu gimbal, nasi gandul, dll.

  18. gps garmin 62sc berkata:

    wih mantaf nih buat berbuka puasa, kliatannya nikmat n seger masakannya.

  19. Great….enakan makanan kreasi anak indonesia

  20. jtxmisc berkata:

    Makasih atas infonya , Adria

  21. Ping balik: Wisata Religi di Semarang | Cerita EKA

  22. Jim berkata:

    is good artikel Thank you so much , Adwin

  23. penyeba berkata:

    pasti enak rasanya

  24. saudagarmebel berkata:

    BandengNya itu lho mbak,,, bikin geregeten pengen Gigit,,, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s