Kuliner Semarang: Terpana di Bandeng Juwana

Orang bilang belum sah ke Semarang kalau belum ke Lawang Sewuโ€ฆ Hmmm ada benarnya. Tapi kalau soal kuliner, buat saya belum sah deh rasanya kalau belum mampir ke Bandeng Juwana. Yep betul! Ikan bandeng yang nyebelin karena banyak durinya itu bisa diolah dan dimakan tanpa kuatir keselek duri karena di Bandeng Juwana, bandengnya sudah dipresto. Jadi durinya empuk puk puk, enyak bisa dikunyah ๐Ÿ˜€ Cocok deh buat oma-oma yang nggak ada giginya (barti lu oma-oma dunk, Ka? :mrgreen: ). Eh ๐Ÿ˜›

Waktu saya mampir ke Bandeng Juwana, tujuan utama tuh beli oleh-oleh dan tentunya beli buat dimakan sendiri pas di Jakarta. Lha tapi kok pas sampai di sana, saya baru tau ternyata di lantai 2 Bandeng Juwana ada restorannya. Jadiiii, ya cap cus langsung pesen dunk!

Langsung terpana pas liat menunya, bandengnya bisa dimacam-macamiiiin. Mulai dari Buntil Bandeng, Pepes Bandeng, Rendang Bandeng (iyaa dimasak pakai bumbu rendang :mrgreen: ), sampai ya menu klasiknya bandeng digoreng dengan telur. Maknyus, nikmat, mantep apalagi dimakan pakai nasi panas mengepul dan sambal pedas yang nonjok bibir. Aaaaak.

Bandeng Juwana yang tak pernah sepi.

Tapi kalau emang benar-benar nggak suka bandeng, jangan kuatir. Di Bandeng Juwana juga dijajakan oleh-oleh khas Semarang lainnya seperti wingko, lumpia, moaci, brem, aneka dodol, keripik. Pokoknya kumplit deh ๐Ÿ˜‰ Kita tinggal bawa keranjang, masukkan belanjaan di keranjang, tunggu pesanan bandeng. Setelah selesai, bayar dan bisa minta untuk di-packing sekalian juga lhoo ๐Ÿ™‚ Asyik kan? Nggak pake ribet.

Ohya, kalau mau dibawa pulang, ada beberapa jenis bandeng yang dibedakan dengan ketahanannya.

– Bandeng Pepes Duri Lunak : tahan 24 jam saja

– Bandeng Asap Duri Lunak : tahan 2 hari

– Bandeng Vacuum : tahan 3 bulan

Soal harga menyesuaikan ketahanan bandeng. Jadi ikan duri lunak dari Bandeng Juwana ini dijajakan mulai dari harga IDR 90.000,- / kg. Dan setiap kilonya kita bisa memilih mau isi 2,3,4 s.d. 6 ekor. Bebas ajaaa ^_^

Alamat Bandeng Juwana Pusat Oleh-oleh: Jalan Pandanaran, Semarang, Jawa Tengah.

Siapa mau ke Semarang? Nitip Bandeng Juwana duuunk :*

*Sebuah catatan dari perjalanan pada bulan Juni 2013

Baca juga kisah lain di Semarang:

  1. One Beautiful Heritage Site in Semarang: Gereja Blenduk
  2. Tur Kilat di Kota Tua Semarang
  3. Terpana di Bandeng Juwana
  4. Kuliner Enak di Semarang: Toko Oen nan Legendaris
Iklan

44 respons untuk โ€˜Kuliner Semarang: Terpana di Bandeng Juwanaโ€™

Add yours

  1. Saya baru nyobain yang klasik itu, bandeng digoreng telor,
    itupun dari oleh-oleh, mau juga dong dikirimin oleh2 Bandeng sama mereka dan yang orang Semarang ๐Ÿ˜€

  2. suka banget dan terakhir kesana tahun 2010, baru tau kalau sdh ada resto nya…tetep suka bandeng presto yg original, cukup pakai nasi anget ๐Ÿ™‚

  3. nyummy ya makanannya, jadi pengen cobain kalo ke semarang lagi..
    btw, ada info nih buat penggemar blog.. lagi ada blog kompetisi di kompetisimenulis.com
    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: