Kuliner EKA di Jepara

“Eating is a need, enjoying is an art.” -Anon-

Makan itu udah kayak jadi kebutuhan utama kita, tapi buat saya pribadi makan itu petualangan πŸ˜‰ kita bisa belajar banyak dari bumbu atau cara penyajian makanan suatu daerah. Bahkan jika beruntung malah nambah teman pas kulineran gitu. Hehehe.

Suatu kali saya berkesempatan untuk berada di Jepara. Nggak lama sih, cuma satu malam saja tapi waktu yang mepet itu nggak saya sia-siakan dunk. Langsung hajar, capcus cari kuliner lokalnya ^_^

Salah satu tempat buat kulineran asyik di Jepara itu adalah SCJ atau Shopping Center Jepara. Di depannya banyak kaki lima berjualan. Mulai dari sate, soto, ikan, ayam, sop, es. Aaaa… semuanya ada!

Penampakan Ikan Patikoli yang dimasak Pindang Sruni. Jangan ngiler yaaa :P
Penampakan Ikan Patikoli yang dimasak Pindang Serani. Jangan ngiler yaaa πŸ˜›

Salah satu makanan yang terkenal di Jepara itu namanya ikan Pindang Serani. Ikan dimasak pakai sereh dan rempah. NIKMATNYA JUARA. Kuah pindangnya itu manis karena ikannya segar. Gimana nggak segar? Jepara kan pinggir laut ya boook. Lalu kuahnya pun gurih karena bumbu rempahnya kuat ^_^ Sudah kebayang kan rasanya? WUENAK!

Ikan Patikoli
Ikan Patikoli

Adrian yang maniak makanan bakar pun memesan Ikan bakar Patikoli. Ya ampuuun saking enaknya itu si Ikan Patikoli yang dibakar, jatah kucing pun diembat! :)) Licin, tandas, habis! :mrgreen: Hahaha.

Patikoli BakarKami juga menyempatkan memesan beberapa makan lain seperti soto, lontong dan es. Soal rasa, agak-agak miriplah sama makanan di daerah lain di Jawa. Tapi yang pasti sih puwas aja udah bisa nyicipin Pindang Serani dan Ikan Patikoli yang kesohor ituh πŸ˜‰

Nah, itu sececap Kuliner EKA di Jepara. Kalau Kulinernya Sobat CE siang ini apa? ^_^

*Sebuah catatan dari perjalanan pada bulan Juni 2013

.

.

.

.

Baca juga yang terkait dengan Karimun Jawa Trip ini:

1. Semalam di Jepara; Persiapan Menuju Liburan ke Karimun Jawa

2. Hampir Gagal ke Karimun Jawa

3. Liburan Seru di Karimunjawa

Iklan

42 respons untuk β€˜Kuliner EKA di Jepara’

Add yours

  1. Coba cari ikan patikoli ada ga di daerah lain? Ikan ini emang cm ad di perairan Jepara ka, konon ktnya.

    Maskan pindang itu khas pesisir. Sprti pindang serani, bkn sruni. Ada jg pindang ayam, cm bdanya kl pindang ayam ini kuahnya dikasih santan.

    Adon2 coro minuman rempah khas jepara wjib juga dicoba. Dn bsuk kl ke jpara lagi jgn lupa bawa kueh sarang madu yg pake madu bneran ya πŸ˜‰

    1. Ibu-ibu penjualnya juga bilang kalau itu khas Jepara. Belom pernah nyari di tempat lain sih Mbak πŸ˜€ hehe.
      Btw terima kasih koreksinya, langsung diperbaiki nih πŸ˜‰

    1. Pindang Serani itu cara masak πŸ˜€ bukan Ikan Serani. Hihihi. Jadi bisa ikan tongkol, ikan tuna yang dimasak jadi Pindang Serani πŸ˜‰ Kalo Ikan Patikoli konon katanya ada di Jepara ajah lho

  2. aku suka banget ikaaannnn, jadi ngiler pas baca ini :p
    oia, sedikit info mb eka, jgn terlalu sering makan makanan bakaran,bisa bikin kanker getah bening. Temennya papaku udah kena soalnya, dan dia pesen ke kami kayak gitu,” jangan sering makan bakaran” karena waktu sehat beliau suka sekali kuliner bakaran.

    *Ingin NAIK/TURUN BERAT BADAN secara AMAN, SEHAT dan TANPA EFEK SAMPING? Yuk cek di blogku satunya: http://www.nutrisicantik.blogspot.com

  3. Aih, aq juga suka banget pindang serani itu mbak, seger dan gak amis πŸ™‚
    Patikoli emang cuma ada di Jepara, tapi klo pas bejo bisa dibeli di Semarang juga tapi itu mah jarang banget πŸ™‚
    Kalo ke Jepara kabar2i ya Mbak, sapa tahu bisa kopdar πŸ™‚

  4. pindang serani itu terkenal deh kalau gak salah. Sering banget ditulis di cerpen-cerpen.. hahahaha… aku selama ini penasaran, kayak apa wujudnya. Oo.. ternyata kayak gitu toh. mirip-mirip gulai pindang ikan kalau di palembang sana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: