Syukuran 7 Bulanan Sederhana dengan Adat Batak

Kayaknya baru kemarin saya terkaget-kaget begitu tahu kalau ada mahluk mungil mulai berkembang di rahim saya. Kayaknya baru kemarin saya mencoba beradaptasi dengan hidung yang makin peka sama bau-bauan, badan yang cepat lelah dan pegal linu, serta toilet yang mendadak jadi sahabat baik saya. Kayaknya baru kemarin juga saya harus mempensiunkan sepatu hak tinggi saya dan mulai memakai flats, menukar pakaian-pakaian ngepress badan dengan baju longgar yang nyaman dipakai.

Ya, rasanya baru kemarin.

Dan sekarang…. Ya ampuuuun, sekarang sudah tujuh bulan saja janin mungil itu ada di perut saya. Kalau dulu pas di USG cuma kelihatan segumpal darah kayak kacang mede… Sekarang si kacang mungil itu sudah berbentuk manusia. Dengan mata besar, hidung, pipi, dua tangan, dua kaki (yang kalau lagi ajak main dengan menendang-nendang bisa bikin saya meringis ngilu campur bahagia). Ya ampun, Naaaak… Sebentar lagi kita ketemu ya, Nak. Baik-baik di perut mami ya, Nak. Hingga waktunya tiba kamu siap dan lahir ke dunia dengan sehat, sempurna dan bahagia.

Nah, untuk menyambut kehadiran si buah hati yang sering bikin nafsu makan saya naik turun itu, diadakan kebaktian ucapan syukur sederhana dihadiri keluarga dan teman dekat. Diadakan dengan sedikit upacara adat Batak dan pemberian ulos. Juga karena di bulan April ini ada 3 orang yang ulang tahun, Bapak saya, Suami dan keponakan maka sekalian potong tumpeng juga ^_^

Saya yang ogah ribet, memutuskan untuk pesan aja semua makanan :mrgreen: ya gimana dunk, perut udah buncit gede kan malas ngapa-ngapain (ini cari pembenaran hahaha).

Prosesinya sendiri begini:

Selesai kebaktian 2 keluarga berhadap-hadapan. Tapi saya ada di sisi keluarga Adrian (lha udah jadi istrinya Adrian kan, hehe). Di antara dua keluarga ini ada meja.

Bapak saya memberikan ikan mas ditaruh di meja. Keluarga saya memegang piring ikan mas dengan posisi punggung tangan di atas. Ya seperti memegang biasa aja sih. Lalu, keluarga Adrian memegang piring ikan mas dengan posisi tangan terbuka seperti menerima. Kemudian Bapak saya berbicara sebentar memberikan wejangan.

Berasa anak kecil lagi disuapin. Hihihi
Berasa anak kecil lagi disuapin. Hihihi

Setelah itu saya disuapin ikan mas plus nasi 3 kali. Entah kenapa juga harus 3x, kenapa enggak 10x biar kenyang gituuu :mrgreen:

Daaaaan saya keselek duriiii ๐Ÿ˜€ Hahaha. Lha Bapak saya sih biasa ya nelen duri ikan mas, katanya durinya halus. Saya kan nggak biasa. Untung ada yang langsung ngasih minum. Hihihi.

Terus abis itu Bapak dan Mamak saya memberikan Ulos Sipiritondi. Saya dan Adrian duduk dan diselimutin ulos. Bagian tengah ulos ada di dada kami. Adrian yang megang. Terus kalo adat Jawa kan dimandiin air ya? Kalo saya dimandiin beras. Alias kepalanya disiram beras. Seru siiih tapi malamnya sebelum tidur saya dan Adrian lembur aja gitu nyari kutu beras di kepala. Haha.

Abis itu keluarga Adrian gantian ngasih babi. Babi bukan sembarang babi tapi babik utuuuuh. Hihihi. Tapi babinya sudah diatur di piring gede gitu. Ada kepala, punggung sama pantat babik. Bagian dalamnya sudah sudah dimasak di piring lain.

??????????

Setelah serah terima babik acarnya potong tumpeng kuning. Ini tumpeng boleh pesen kilat di Lucky Catering. Rasanya enak tapi harganya lumayan banget yaaa >.< Hahaha.

Ngomongin 7 bulan, awalnya saya dan Adrian tidak ingin bikin acara macam-macam. Cukup makan dan berdoa bersama keluarga inti aja. Namun setelah melalui banyak pembicaraan, akhirnya diputuskan ada acara syukuran ini. Tapi seneng. Ya Tuhan seneng banget. Semua lancar. Semua happy. Makanan banyak sampe pada mbungkusin. Pada ketawa-ketawa. Somehow happy karena ortu maksa pakai adat padahal awalnya males bener.

Temen-temen blogger yang nyempetin hadir: @chicme @sibungsu @ nonadita @suprie @gage
Temen-temen blogger yang nyempetin hadir: @chicme @sibungsu @ nonadita @suprie @gage

Puji Tuhan acara berjalan khidmat, lancar dan guyub. Terima kasih buat semua yang telah jauh-jauh menyempatkan untuk mampir ke rumah dan kiranya terus mohon doanya supaya lancar hingga persalinan tiba.

ย Sedikit tips untuk ibu hamil saat mengadakan acara syukuran 7 bulanan:
1. Kalau bisa acaranya dibuat siang aja supaya jangan terlalu lelah kalau selesai kemalaman.
2. Dengan alasan yang sama yaitu jangan kecapean, lebih baik persiapan syukuran diserahkan kepada orang lain. Bisa adik, kakak, sepupu atau siapalah. Bumil nikmati acara aja. Ingat, acara syukuran ini untuk memohon doa jadi nggak usah rungsing kalau persiapannya kurang ini itu. Yang penting khidmat acaranya, kan? ๐Ÿ™‚
3. Mungkin awalnya terdengar ribet, tapi acara pakai adat ternyata seru juga. Dan kenangannya itu membekas banget di hati! (((( K E NA N G A N )))) :mrgreen:

Salam calon ibu! ^_^

 

Iklan

83 respons untuk โ€˜Syukuran 7 Bulanan Sederhana dengan Adat Batakโ€™

Add yours

  1. Serunya ๐Ÿ™‚
    HPL kapan, Ka? semoga lancar dan sehat ya kalian berdua, hingga persalinan nanti
    Si baby laki apa perempuan?
    Ya, semoga nanti anak kita bisa main bareng, ya ๐Ÿ˜‰

        1. Aaaaaa. That’s a good news! Peyuuuks!
          Hihihi udah cincin kawin sama, ini anak pun bakalan nggak jauh-jauh amat ya lahirnyaaaa.
          Hahaha :* lancar selalu untukmu ya Deeev

  2. Dikirain org Jawa aja yg ada Tujuh bulanan. hihihihi.
    Waktu aku hamil, ga pke 7 bulanan. Tapi 4 bulanan. Menyambut ruh bayi yg ditiupkan di hari ke-120. Tp..itupun ga pake acara2 gitu. Cuma titip makanan di acara tahlilan musholla deket rumah. *ogahribet* hehehehe
    Semoga lancar ya sampai si debay terlahir ke dunia.
    Mami dan papi nya diberikan kesehatan selalu. ๐Ÿ™‚

  3. Seru ya kalo kita masih pakai adat. ๐Ÿ™‚
    Awalnya aq juga merasa sebel dan repot untuk melaksanakan segala sesuatu yang pakai adat.
    Tapi makin kesini malah semakin suka dan jatuh cinta karena punya kenangan sendiri dan pastinya beda ama teman2 lain yang ga pake adat.

    Sehat selalu untuk Ibu dan calon Bayi kecil.. ๐Ÿ™‚
    Semoga semua akan selalu lancar sampai proses melahirkan.

  4. akhirnya dapat upa2 Eka..
    dan dapat ulos juga ya.. itu untuk orang Batak udah bermakna banget…,
    ulos ini motifnya khususkah? melambangkan doa?

    kk dulu nggak nujuh bulanan.. kayaknya nggak ada,
    tapi pas barengan aqiqah dikasih ulos paroppa sadun untuk gendongan

    semoga lancar dan sehat sampai saatnya tiba ya

    1. Sepertinya ada motif khususnya, Kak. Tapi aku kurang ngerti apa. Soalnya mamakku bilang, beliau bawa 3 ulos dan ya g boleh dikasih 1 aja ๐Ÿ˜€

      Amin, ma kasih kak doanya :* kecups

  5. hihihi..pengen ikutan makan babinya kakkkk… bagi dong ๐Ÿ˜€
    anw, kakak cantik bgt pas acara 7 bulanannya. Sehat terus ya kak dengan si calon bayi, God bless ๐Ÿ™‚

    1. Eh tradisi siram beras ini common banget buat orang Batak. Masuk rumah baru, lolos dari kecelakaan juga disiram beras kepalanya.
      Iya, ulosnya disimpan buat kenang-kenangan ๐Ÿ™‚

        1. Hihihi harus ditanyain ke nyokap ๐Ÿ˜€ tapi selama ini kalau dikasih ulos ya gue simpen aja. Nanti kalau ada acara adat apa, gue pake buat selendangan gitu sih, Sa. Tapi nggak dipake dijahit-jahit khusus kayak batik gitu sih.

            1. Tapi nggak semua ulos bisa dibuat pakaian sih, Sa. Ada motif-motif tertentu yang punya kegunaan khusus. Ya kayak Batik itu. Tapi yang mana untuk apa, aku yo ra mudeng >.< *Batak KW banget*

              1. Biasanya kalo kita dapat ulos entah dari pernikahan atau acara apapun, disimpen trus nanti buat dikasih lagi ke orang. Makan pemberian ulos disini, pemberkatan juga. Nah, setelah kita dapat berkat, baiknya juga kita berkati orang lain. Filosofinya begitu sih kak kalo yang aku denger. Ulos juga ada tingkatan2nya cuman ga tau aku *KW juga* , buat laki dan pere pasti beda haha. That’s all I know

  6. ” Entah kenapa juga harus 3x, kenapa enggak 10x biar kenyang gituuu :mrgreen:” hihi spontan geli pas bagian ini Mak. Moga2 sehat terus emak & bayinya. Pas 7 bulanan dulu juga di rumah ada acara kecil. Pengajian aja tapi, nggak pakai printilan2 bangsa ganti baju berapa kali tebak2 anaknya cewek atau cowok hi hi.

  7. salah timing bw jam segini, lihat makanan asli lapar sangaat ๐Ÿ˜ฆ
    etapi seru banget yah pake adat mbak ^^..
    semoga semua berjalan lancar ya mbak sampai persalinan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: