Baca Ini Dulu Sebelum Booking Hotel Lewat Online Travel Agent (OTA)

Udah berkali-kali saya bilang kalo komponen paling mahal untuk travelling itu ada dua: tiket pesawat dan kamar hotel. Itu versi saya tentu saja. Tapi saking pentingnya dua komponen itu, saya sampe nulis berbagai macam tips untuk dapat harga murah baik hotel maupun pesawat. Hahaha. Anyway dengan alasan itu pula, saya iseng banget bikin pooling di Twitter hari ini nanya soal preferensi kalau booking hotel lewat mana. Sebagian besar responden bilang mereka lebih pilih booking lewat Online Travel Agents (OTA). It got me thinking… Why oh why booking through OTA is more populer? Saya salah satu pencinta booking hotel di Online Travel Agents sih. Hehehe. Malah jadi member di Agoda, Traveloka, Pegi-pegi, bookingdotcom, hingga Travelio lho. *pamer* hihihi.

hasil pooling soal preferensi booking hotel lewat mana.

Anyway ini saya sarikan alasan kenapa booking hotel melalui Online Travel Agent alias OTA lebih populer, tentu saja versi EKA ya:

  • Gampang. Iya, beneran gampang nggak pakai ribet. Pakai jempol doang hehehe. Selain itu banyak OTA yang menyediakan apps buat di ponsel jadi kita bisa book kapan aja, gak usah pake telepon dan gak perlu buka PC. Lagi nunggu pesawat atau malah lagi pup juga bisa browsing liat-liat. Hehehe.
  • Ada point rewards kalo loyal beli di salah satu situs OTA. Kalau booking langsung lewat hotel, point rewards itu terakumulasi karena nginep di hotel tersebut atau di jaringan hotelnya. Gimana kalau lagi kere dan pengen booking hotel biasa-biasa aja? 😀 Poinnya gak ada dong? Nah kalau booking hotel via OTA, apapun hotelnya maka poin otomatis terakumulasi saat bertransaksi. This is what I love! Pernah lho nginep gratis di hotel bintang 5 karena point rewards-nya lumayan banyak banget. Hehehe.
  • Ada review soal berbagai macam hotel yang bisa dibaca sebelum booking. Nggak perlu repot buka tab lain dan browsing-browsing. Buka satu tap sudah ada reviewnya macem-macem. Baik soal lokasi, fasilitas sampai pelayananya gimana. Nggak beli kucing dalam karung deh.
  • Best deal! Bisa komparasi harga jadi bisa pilih yang paling pas di kantong. Bahkan fiturnya pun bisa filter untuk range harga dan lokasi yang kita mau. Komplit deh.
  • Harga bersaing banget plus banyak diskon. Hehehe. Ini kesukaan semua orang sih. Betul? 🙂
  • Travel planning jadi lebih mudah karena pengeluaran soal hotel udah dibayar di depan. Setelah booking hotel dan pembayaran kelar, bisa fokus sama hal lain kayak itinerary, sewa kendaraan atau lokasi makan yang mau dijabanin.
  • Fixed. Harga gak berubah-ubah lagi. Kalo pas ke luar negeri nggak kena fluktuasi currency. Harga sesuai currency saat itu pas booking. Amanlah ya gak jantungan kalo mendadak dollar naik. Hehehe
  • Bisa jadi gift buat teman atau saudara.
One of my fave travel quotes
One of my fave travel quotes

Tapi walopun banyak sisi positifnya, bukan berarti gak ada minusnya.. Ada juga sisi kurang enaknya (lagi-lagi ini subyektif menurut saya ya). Kekurangan booking via OTA:

  • Karena sudah bayar di depan, maka jika ada perubahan tanggal saat bepergian agak repot gantinya.
  • Makin mepet kadang harganya makin naik. Makanya mesti booking jauh-jauh hari. Tapi ini balik lagi ke poin di atas. Booking jauh-jauh hari jadi riskan kalau ada perubahan tanggal travelling. Hahaha. Muter aja di situ yaaa.
  • Teman saya, Ailsa bilang ada OTA yang nakal ke pemilik bisnis hotel. Tapi so far yang saya temuin malah banyak hotel yang mengapresiasi OTA bahkan mereka sampe kasih award segala. Semoga aja relasi bisnis antara OTA dan pemilik hotel terus terjalin manis sehingga pelanggan pas-pas.an kayak saya bisa diuntungkan. Hehehe.

Itu tadi plus minus booking lewat OTA menurut saya. Ada yang mau nambahin? Feel Free lho. IMO, walaupun ada minusnya tapi masih lebih banyak sisi positifnya sih. So, booking lewat OTA tetap jadi pilihan utama buat saya. Soal OTA mana yang dipakai, saat ini sih tergantung mood dan kantong waktu pesan. Hahaha.

Selamat berakhir pekan Sobat CE,

Pilih Booking Hotel lewat Mana? Kenapa?

Iklan

56 respons untuk ‘Baca Ini Dulu Sebelum Booking Hotel Lewat Online Travel Agent (OTA)

Add yours

  1. ada juga loh kak, via OTA ternyata harganya jauh lebih mahal daripada bayar langsung ke Hotel, ada yang lebih besar 20% malah * pengalaman jadi FO * *banyak tamu komplain harga beda* *curhat*

  2. nah, kebetulan mau nanya ah… rada OOT sih, koper apa yg plg okeh buat traveling? Heheheh…
    BTW, baru sekali pesen tiket pesawat lewat OTA & memang lbh simple yak… Kl utk nginep blm pernah sih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: