Review Traveloka.com – Penipuan atau Tidak?

Akhir-akhir ini banyak bermunculan online travel agent yang mengklaim dirinya menjual tiket pesawat termurah. Dari seluruh online travel agent yang ada, sebenarnya siapa sih jagonya tiket pesawat murah yang sebenarnya?

Sebagai traveler yang menganggap selisih harga itu penting, iseng-iseng, saya bandingin deh 5 online travel agent yang saya temuin: Tiket, Tiket2, PegiPegi, NusaTrip, dan Traveloka. Iyaaa, ini iseng bangeeet. Tapi demi dapat harga paling bagus, kenapa enggak? Duit lebihan tiket kan bisa buat beli oleh-oleh gitu lho 😉

Pertanyaannya, dari 5 online travel agent ini, siapa yang ngejual tiket pesawat paling murah? Saya bikin survey harga dunk, rutenya Jakarta – Singapura buat tanggal 13 September 2014. Nih, hasil survey saya, diurutin dari yang termahal ya:

5. Tiket2 – 289,000

1Di peringkat paling buncit alias yang ke-5 adalah Tiket2, dengan harga tiket termurah pada hari itu seharga 289,000 Rupiah, menggunakan maskapai Mandala Tigerair, berangkat jam 18:05.

4. PegiPegi – 284,000

2Peringkat nomor 2 dari belakang itu PegiPegi yang nawarin tiket pesawat seharga IDR 284,000 pake AirAsia. Mandala Tigerair nggak muncul di hasil pencarian.

3 dan 2 Tiket dan NusaTrip – 242,100

3

4Ada di peringkat 3 dan 2 (ceritanya tie break gitu 😛 ) adalah Tiket dan NusaTrip yang menawarkan harga sama, yaitu IDR 242,100 dengan maskapai Mandala Tigerair, berangkat pada jam 18:05.

1. Traveloka – 239,600

5 TravelokaTeruuus, yang ada di peringkat pertama alias web online travel agent yang paling murah siapaaa? Ternyata TRAVELOKA boook. Traveloka ini adalah online travel agent yang menawarkan tiket pesawat termurah dengan harga IDR 239,600 pake maskapai Mandala Tigerair dan berangkat pada jam 18:05. Pesawat dan jadwal berangkatnya sama ama beberapa travel agent yang lain. Yang bedain harganya paling murah. Wah, kalo gini terus sih… Halo sepatu baru dari Singapur! Eh 😛 Hihihi

Berapa Harga Tiket Pesawat di Website Maskapai Resmi?

6Harga tiket pesawat di website resmi maskapainya sih IDR 217,100 tapi pas pengen bayar bakalan kena booking and service fee, harga akhirnya jadi IDR 244,100. Harga ini lebih mahal dari Traveloka, NusaTrip, dan Tiket.

Survey kecil-kecilan ini bikan saya jadi melek deh dan yakin bahwa Traveloka adalah online travel agent yang menjual tiket pesawat termurah. Tapiiiii, apa iya online travel agent ini aman dan terpercaya? Well, harus cari tahu soal Traveloka kalau gituh!

Apa Sih Traveloka?

Traveloka adalah sebuah online travel agent yang website-nya beralamat di http://www.traveloka.com. Traveloka adalah website pencarian dan pembelian tiket pesawat secara online yang paling besar di Indonesia.

Gimana Sih Cara Membeli Tiket Pesawat di Traveloka?

7 TravelokaGampaaang! Segampang taruh ransel di punggung 😉 Cukup masukin kota asal, kota tujuan, tanggal berangkat, dan jumlah penumpang trus klik tombol cari tiket deh!

8 TravelokaSetelah itu kita akan dibawa ke halaman hasil pencarian. Di halaman ini kelihatan deh seluruh penerbangan yang tersedia dan diurutkan dari harga yang paling murah. Pilih penerbangan yang diinginkan dengan cara mengklik tombol pesan yang ada di sebelah kanan.

9 TravelokaIsi data diri kita trus bayar. Nggak lama setelah melakukan pembayaran, e-tiket pun akan dikirimkan melalui email. Yeay! Simpel kaaan?

Metode Pembayaran Yang Ada di Traveloka

  • Transfer bank
  • Kartu kredit
  • Mandiri clickpay
  • BCA klikpay
  • ATM
  • CIMB clicks
  • Mandiri ecash
  • Mandiri debit
  • BNI debit

Kok Harganya Bisa Murah Banget Ya?

Harganya yang sangat murah, bahkan lebih murah dari yang tercantum di website resmi maskapai resmi adalah salah satu faktor yang menyebabkan beberapa orang menganggap Traveloka penipu. Ya saya sempet mikir gitu juga sih.

Tapiii, tau nggak? Sekarang tuh, Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat.

Kok Banyak Yang Bilang Traveloka Penipu?

Ada cerita-cerita yang mengatakan bahwa Traveloka penipu. Apakah ini benar? Saya berusaha mencari tahu kebenarannya. Hasilnya adalah:

  • Harganya yang sangat murah membuat orang tidak percaya
  • Adanya oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Traveloka untuk kepentingan pribadi
  • Ada kesalahan dari customer sendiri, namun menyalahkan pihak Traveloka

Jadi buat teman-teman yang bertanya-tanya apakah Traveloka ini penipuan atau tidak, jawabannya adalah tidak.

Tips Beli Tiket Pesawat Murah di Traveloka

  1. Daftarkan email kamu di newsletter Traveloka, dengan begitu kita bakal dikirimi informasi promo tiket pesawat dari berbagai maskapai penerbangan. Biasanya pihak Traveloka akan mengirimkan email seminggu sekali di hari Kamis. Pendaftaran email ini gratis!
  2. Tiket pesawat dengan harga promo jumlahnya terbatas dan akan terjual dengan cepat. Jadi, jika Sobat CE tidak menemukan harga promo, artinya kursi promo sudah habis dan yang tertera adalah harga normal.

Pas saya liat-liat lagi, di pojok kanan bawah halaman Traveloka.com ada tulisan “hotel”, sepertinya selain menjadi jagonya tiket pesawat murah,Traveloka juga ingin menjadi jagonya budget hotel juga. Komplit amat ini web. Hihihi.

Baca Juga:

  1. Liburan ke KL, Malaysia Nggak Nyampe 2 Juta Rupiah

  2. Lima Pantai di Bali, Mana Favoritmu?

Sobat CE, udah pernah pakai Traveloka? Cuss buruan beli tiket dan September ketemuan di Singapur. Mumpung harga tiketnya lagi murah bingits tuh dari Traveloka ^_^ Yuks

188 respons untuk ‘Review Traveloka.com – Penipuan atau Tidak?

Add yours

    1. saya mau tanya, ini setelah kita bayar terus kita nanti pas dateng ke hotel yg udah kita pesan dari traveloka itu kita nunjukin bukti pembayaran nya atau gimana?

  1. saya sempat ceki-ceki sih di traveloka, tapi waktu itu belum yakin juga, ya akhirnya beli di web online resminya. Kalau udah kayak gini kan jadi tau 🙂

  2. temen sering rekomndasikan traveloka nih mbak, aku coba deh nanti kalau pesan tiket lagi. selama ini lgs ke maskapainya ternyat abisa lebih murah ya disini

  3. wah nice info mba eka… aku termasuk orang yg nganggep traveloka itu main tipu2 gara2 harganya murah bgt pas nyar tiket balik sby ke jkt… kalo kayak gini kan jadi ngerti heheh

  4. eh pengalaman aku kmrn nih mau beli tiket batam-lpg pp untuk mudik cek di di webnya langsung pp 4 juta lebih.dipikir2 daripada mudik pas lebaran kayaknya duit segitu utk bpc 4 hari overland malaysia dkk. eh iseng2 cek web di atas ternyata tiket masih dpt 2,8 … ya udah mudik deh daripada dicoret dari kartu keluarga

  5. Aaaaaa Mba Eka, aku kalau udah liat Traveloka kepingin jalan-jalan :))
    Kapan2 aku booking tiket dari Traveloka aja aaah hehe, selama ini langsung ke web maskapainya 🙂 tq infonya mbaaa

  6. Saya mau boking citilink di traveloka dan tinggal Pembayaran disitu tertulis masih ada tempat
    tapi saya cek di citilniknya sudah habis tempatnya jadi bagaimana ya?

  7. hore .. saya bisa bawa banyak” orang klo gini .. tadinya gk percaya bohong atau nggak pas di cari infonya kesana kemari ternyata bkn penipu .. thank’s kak infonya !

  8. Pertama pembelian tiket di traveloka tanggal 3 juni 2014. Servis oke banget. Dan akhirnya keterusan pake traveloka sampai sekarang. Nilai plusnya lagi bagi konsumen seperti saya adalah, apabila kartu kredit yang dipakai sebagai alat pembayaran berbeda nama dengan nama penumpang. Maka pihak traveloka akan memvalidasinya terlebih dahulu kepada pemilik kartu kredit via email. Surprise banget dengan keamanannya. Great work deh untuk traveloka. CMIWW

  9. Traveloka emang bagus… Hanya pakai baggage fee aja meski kita gak bawa luggage. Travelok bkn scam and sering aku pakai buat beli tiket online, terpercaya and ok banget.

  10. Kalau pengalaman aku pribadi untuk situs http://www.traveloka.com memang sangat membantu dan harga yang lebih murah. Selain itu traveloka juga mengirimkan sms ringkasan e-tiket kita yang membuat kita tidak perlu memprint tiket sebagaimana umumnya, cukup bawa handphone dan sms travekoka tok. Saya sudah lebih 10 kali penerbangan selalu beli di traveloka.com

  11. Yakin dan percaya deh dengan travelloka. Harga tiketnya memang benar-benar berani murah dari maskapainya. Saya buktinya…sudah menjadi pelanggan tetapnya. Banyak keuntungan yang saya dapat. Selain lebih murah juga lebih mudah. Maklum saya juga jualan tiket untuk teman-teman saya yang lagi pada off 🙂

  12. Awalnya saya juga ragu menggunakan traveloka, namun karena saya sdh berusaha membeli sendiri langsung dari website citilink utk penerbangan HLP-SUB namun tidak berhasil, maka saya mencoba booking melalui traveloka dan membayar sesuai harga yg tercantum (belakangan baru tahu kalau ternyata harganya lbh murah drpd langsung dari website citilink)
    Hasilnya benar tiket yang saya bayar memang sdh terbooking resmi dan saya bisa pulang kesurabaya menemui keluarga saya tercinta.

    Thanks traveloka,,,

    BestRegards,
    PermanaAndhika

  13. emang ke singapore lebih murah dari ke bali, ke bali sdh banyak bulenya jd bali kasih harga lebih tinggi. kan klo ke bali bayarkan airportnya hanya 70 ribuan, klo ke singapore kan 2x lipatnya..

  14. Sy klo bocking tiket pasti di traveloka, traveloka mmg paling murah, bahkan pernah klrga sy ketinggalan pswt krn salah info antara sy dg traveloka, kemudian sy claim dan kurang lbh 1 bln sy dpt refund dari traveloka, lumayan sih walaupun gk 100%, itu artix traveloka mmg dpt dipercaya n bertanggung jwb, tq traveloka

  15. kapan n jam berapa waktu kita untuk ngecek harga2 promo dri web diatas kak??? saya ngecek mahal2 aja tu tiket ke singapore dari medan

  16. Mbak …. kalau isi nama it gmn ? Kan ga bole di singkat … sedang nama di KTP aku di singkat … misal : Pras Rafael P. Truss gmn cara isi biodata nya 😦 ? HELP me … 😦

  17. @Pras : bisa masukan data nya Pras Rafael saja . atau Pras RafaelP. karena 1 huruf berada di 1 kolom tidak bisa atau kadang tertolak oleh system. Pras Rafael jadi di siasati begitu saja, tidak harus sesuai dengan KTP karna hanya perkara 1 huruf saja. Agent Travel di kota2 terdekat anda juga bisa lebih murah dari harga tiket traveloka. bilang saja mbak kami lihat di traveloka harga segini bisa gak kasih discount. saya rasa agent travel ticket pasti mau memberikan discount jika calon penumpang meminta. Pesona Matahari Tour & Travel. 085328878864 for everyone everywhere.

  18. Ada pihak yg mengatasnamakan traveloka dgn no telpon 081912092888 dan 081912234111, hati hati mereka penipu.. Semoga segera tertangkap!!!

  19. Ada pihak yg mengatasnamakan traveloka dgn no telpon 081912092888 dan 081912234111, hati hati mereka penipu dan sudah ada bbrp yg menjadi korban. Semoga segera tertangkap!!!

  20. saya pernah salah kirim (transfer ATM) ke Traveloka yang semestinya ke travel lain, hebatnya . . . dalam 3 hari dikembalikan dengan utuh . . . ngga ada tipu2 tuh !!! Salut TRAVELOKA Tx

  21. Bener kho mbak sy jg pernah nyoba dulu pesen hotel murah buat coba coba. Saat itu pikirannya ya klupun nipu relain aja ah. Pas nyampe kualalumpur nyoba nyari tuh hotel eh bener ada dan istirahat dulu deh di kmr murah sebelum hunting makanan hahah… ntarma mau nyoba tiket pesawatnya ah

    1. Um komen apa ya sebelumnya? Saya nggak merasa ada menghapus. Mungkin masuk spam (yang otomatis dibersihkan setelah beberapa hari). Saya juga jarang cek kotak spam sih.

  22. Traveloka emang jagonya booking tiket pesawat online… proses refund jg cepet, pelayanan-nya sejauh ini tdk mengecewakan…

  23. Lah saya punya pengalaman yang jelek malah sama traveloka. Saya booking karena harga lebih murah. Langsung saya bayar lewat atm, memang saya bayar kelebihan dua digit, bukan kurang. Lalu saya tlp melalui online tlp katanya akan di konfirmasi 30 menit lagi. Karena sibuk saya tidak mikir lagi. 2 hari kemudian kok tiket belom diemail email, ternyata diminta bayar 300 ribu lagi alaan harga tiket naik. Saya tidak mau, mereka sanggup mengembalikn uang. Ini mulai 29 dec 2014 sampai 8 january 2015, tiada khabar beritanya.. Di email sudah di telephone sudah… Capek dech. Syukurlah kalo banyak yang punya pengalaman bagus. Semoga saya saja

  24. Saya tidak menuduh traveloka menipu…tapi ini pengalaman saya sore tadi…saya pesan tiket pesawat ke traveloka. seperti biasanya setelah transfer melalui atm mandiri ke PT Trinusa Travelindo no.Rekening 1650000678798 saya langsung konfirmasi dengan mengisi form nama pengirim, dari bank apa ditujukan ke pilihan bank milik traveloka. tetapi saat mengeklik konfirmasi muncul tulisan ada kesalahan pengisian form konfirm ..setelah saya lihat pada kolom jumlah transfer tidak muncul tanda centang dan dibawahnya ada tulisan pengisian jumlah pengiriman harus dengan angka …padahal saya sudah mengisi dengan angka. dan konfirm saya ulang2 tetap tdk berhasil. ..apakah ini bukan penipuan….??? Uang 655.661rupiah entah menguap kemana…

  25. Wah klo gue aman dgn travel agent, bisa di cek in kan lengkap dgn boardingpass nya, aman dan bila tdk jadi bisa lgs refund, uang lgs dikembalikan, klo hrg bisa juga tuh dikasih discount kalo kita sdh langganan.
    masa travel agent tidak ada untung…..kan mereka juga usaha
    Traveloka membuat perang dengan travel agent seluruh indonesia karena mematikan pasar yang telah lama dibina travel agent…..
    Traveloka jangan egois, nafsu, ….ayolah kita bersama-sama ber usaha sesuai aturan harga dari maskapai…

    1. Traveloka bisa lebih murah,lebih mahal bahkan sama dengan web lain seperti tiket.com, pegipegi,wego,pendekartiket dll banyak….soalnya harga tiket termurah terbatas sesuai class dan siapa yg duluan booking dia dapat harga termurah, yg telat yaa dapat harga lebih mahal kalo seat yg lebih murah udah habis…

      1. betul sekali ibu armina…perlu di informasikan ke asiata …aturan hrga maskapai sdh ada ..traveloka..tiba2 mau ambil semua pasaran

  26. Gak semua Rute punya Traveloka lebih murah, ada beberapa rute lain yg di miliki travel agent lain lebih murah dan traveloka lebih mahal,krn saya sebagai traveller sering compare juga.sayangnya produk traveloka gak komplitt,lagian klo book flight sama hotel udah kebanyakan kompetitornya,…

  27. Info nya membantu bgt ka, sya yg gak pngalaman pesen tiket online, agak parno takut ketipu, eh ada postingan ini, makasih kak.

    Sya lgi booking buat prjalanan ke jepang, pas searching2, nusatrip menampilkan harga paling murah utk jdwal penerbangan 6 juni – 20 juni 2015 dg maskapai JAL utk 2 pnumpang jumlahnya 11jta-an, pas mau cari di traveloka tpi harga rata2 utk 2 penumpang skitar 13jt an.

  28. saya pernah nyoba search di traveloka app, tapi kok akhirnya malah lebih murah di official websitenya ya hehehe. jadinya saya ga beli dari traveloka deh

  29. Aq dari surabaya dan mau boking hotel di kota medan dengan via traveloka.
    Pertanyaanku, apa pihak hotel mengakui bukti transfer n lain2 kalau kita sudah beli via traveloka dan menunjukan bukti transfer.
    Apa lagi aq mau ke medan satu bulan lagi, apa tidak masalah boking jauh2 hari.
    Masalahnya tiket pesawat sudah di tangan….

  30. yakin dengan traveloka,saya baru saja mengalami hal yang saya anggap buruk dari traveloka
    dimana saya melakukan pemesanan tiket dan ternyata pesawat batal terbang,ketika saya mw refund tiket urusanx ribet,saya harus email ke traveloka dan data sudah lengkap tp dana saya belum di kembalikan…padahal say udah cntumkan scan ktp sm kode pemesanan
    apa iya tunggu refund 30-6o hari kerja jika di agen resmi aja cm 2-3 hari………

  31. Kejadiannya hari ini. Saya memesan hotel di Jakarta karena harus menghadiri seminar di tanggal 13 juni. Saya melakukan pemesanan pesawat & hotel di Traveloka. Pukuk 16.30 wib saya memesan hotel dg kode booking 44823699, tetapi sistim lemot dan keluar message mohon tunggu transaksi sedang diproses. Setelah 2 jam sistin drop, saya menghubungi cs transaksi gagak, saya diminta utk bertransaksi lagi. Akhirnya saya pesan lg dg kode booking 44823842, transaksi berhasil menggunakan Kartu Kredit BNI sebesar Rp 671…. Tetapi saya sadar ternyata tanggalnya terinput tgl 11 juni. Saya lgs menghubungi Traveloka, diterima cs wanita sekitar pykul 18. 42. Katanya, saya harus menghubungi pihak Hotel bukan Traveloja krn transaksi sdh issued. Saya menghubungi hotel, hotel menyarankan saya menghubungi Traveloka. Harusnya Traveloka mengirimkan revisi, tidak bisa konsumen lgs menghubungi Hotel. Saya kembali menghubungi Traveloka kalu ini diteruna ibu Nera. Ibu Nera,menyampaikan akan menghubungi Tim leader, saya diminta mengimel notifikasi bukti pembayaran saya. Satu jam lg saya akan dihubungi via telepon atau email. Sebelum dihubungi saya telepon keTraveloka lagi, diterima Sdri Rina. Sdri Rina langsung mengatakan transaksi saya tdk bisa di refun karena ketentuannya nonrefunable. Saya bilang saya tdk minta direfund tapi tukar hari saja. Dia tetap ngotot, saya minta berbicara dg tim leadernya, pertama dia berkata tidak ada duty managernya malam ini. Tetapi krn saya marah, akhirnya saya disambungkan dg Bp Rudi. Bp Rudi mengatakan tidak bisa membantu jarena terkait MOU, ketentuan hotel dsb. Kecuali pihak hotel mau buat pernyataan kalo mengijunkan saya tukar hari. Loh kok lucu…dari Hotel, yaitu Oasis Amir via Bpk Erick juga mengatakan butuh refisi dari Traveloka baru bisa menbantu saya. La Traveloka butuh pernyataan dari hotel untuk bisa mengeluarkan revisi…saya sungguh sungguh merasa di pingpong. Saya rugi uang saya tidak bisa direfund, rugi pulsa karena harus interlokal ke jakarta, saya di Semarang. Rugi energi, praktis dari pukul 16.30 sd 22.00 saya sibuk menghubungi 2 perusahaan tersebut. Dan hasilnya nihil. Pihak Traveloka tampak enteng sekali menanggapi permasalahan saya. Bahkan pak Rudi dengan bangga bercerita sudah beberapa kali kejadian seperti saya dan semuanya tidak bisa direfund. Nampaknya para pegawai di Traveloka sudah terbiasa dan tidak merasa iba konsumen dirugikan secara materiil dan waktu..mungkin karena seringnya kejadian seperti itu. Sangat disayangkan, dengan iklan yang bertubi tubi di media& masyarakat sudah mulai menyukai, ternyata sangat tidak profesiobal dan memiliki kualitas layanan yang sangat rendah. Sehingga konsumen yg bermasalah benar2 menderita kerugian. Semoga masyarakat ke depan lebih berhati hati dalam memilih Travel dan tidak terpesona oleh iklan di media…TRAVELOKA SUNGGUH MENYEDIHKAN.

  32. Ini sy baru coba beli tiket pake teaveloka utk rute senarang ke P bun 2 org tgl 15 juli langs sdh dpt kode booking. Sybjd petcaya sy coba lg booking utk ke smrg nyavtgl 30 juni ada tiket murah langs sy bayar ee sp hari nin blm ada kode booking di kiring ke enail. Di tanya ke cs traveloka yg menjawab medin otomatis kode pemesanan sy msh di verufikasi butuh 60 mnt pdhl sdh lbh 20 jam sy tunggu kode booking nya. Bgmn ini traveloka ngga prof bgt

  33. hanya permainan di komisi saja ituu..terlalu mudah menebaknya..saya juga sering jual tiket di bawah harga travelokaa…karna komisi2 tiap airline beda2 dan banyak bonusnyaa..terima kasih

  34. sepertinya saya juga akan beli tiket dari sini.
    pusing juga soalnya orang tua sedang opname di surabaya,sedang saya sekarang dimakassar.
    mohon doanya juga ya semoga ayah saya diberikan kesembuhan.
    disana upama beli hari ini jam ini apakah besok pagi udah bisa berangkat?. kan pembayaran perlu proses

  35. Saya juga setiap jual tiket di bawah harga traveloka, malah kadang di kita lebih murah. Tanpa main harga, bisa booking langsung bisa nanya diskonnya setelah booking, di jamin diskon kita lebih banyak. Untuk rute internasional manual, harga lebih murah n lebih lengkap ada 900 maskapai internasional, hotel jg manual ke kita.

  36. Traveloka memberikan discount 25% dari komisi yang dia terima dari maskapai, Jadi tidak murah2 benget juga, karena masih banyak travel off line yang bisa kasih discount sampe 80% dari komisinya. Mengapa traveloka kasih discount, untuk menarik pelanggan, lagian, pelanggan melakukan booking dan issued sendiri melalui online, wajar klo dibagi komisi, karena kan tidak ngerepotin dia.

  37. Kalo kita mau pesen di traveloka,ada baiknya kalo kita juga super teliti sama pesanan kita dan jumlah yg kita bayar,saya pernah salah pesan tanggal tiket dan tiket udah issued,dan ga dapet refund dari traveloka,padahal di kolom alasan refund nya bisa disertakan alasan lain2,ya mungkin itu kesalahan saya pribadi,jadi buat yg mau pesen tiket,ya gitu lagi ya,bener2 teliti saat pembelian dan pembayaran.tq

    1. Tolong bantu saya dnk.. Kok di traveloka itu ditulis kalau barang bawaannya hanya boleh diijinkan pakai bagasi 10 kg?

  38. Traveloka selalu memberi harga lebih murah dari pada harga booking di tempat. Tapi gak sedikit juga sih dari temen temen yang ngasi testimoni negatif, seperti proses refund lama dll.

  39. Awal munculnya Traveloka udah jatuh cinta sama aplikasi yg satu ini. Sampe” sangkin percayanya jarang bgt bandingin harga dgn dtempat lain. Setiap mau beli tiket pesawat langsung buka traveloka. Makin diyakinkan dengan iming-iming “Best Price Guarantee” nya. Bahkan komentar keluargaku yg mengatakan kalau “Belum Tentu” traveloka kasih harga yg termurah langsung saya tepis mentah-mentah.

    TAPIIIIII, sampe pada akhirnya ketika gw hendak membeli 2 tiket utk ortu gw kemarin, gw cukup dikecewakan oleh traveloka. Kenapa?? Karena pas gw mau lanjut ke tahap pembayaran, tiba” harga naik 100% lebih dgn alasan terjadi perubahan harga dari maskapai. Hal ini emang ga jarang kita temui.
    Tapi yg mengherankan adalah, ketika gw browsing ke berbagai web termasuk skyscanner DAN web maskapai untuk meyakinkan diri gw klo emg harga berubah, ternyata itu semua salah!
    Di semua web yg gw jelajah, ga ada satu pun dari mereka yg kasih harga setinggi traveloka. Termasuk web maskapi itu sendiri.
    Bayangkan saudara, bayangkan!

    Harga asli 1,1jt-an. Dan traveloka kasih harga 2.2jt-an. Bayangin klo gw waktu itu langsung deal dgn harga si traveloka yg kalau booking utk kedua ortu gw ditotal menjadi 4.5 jt. :”’)))

    Oke, gw pun tanyakan langsung ke CS si traveloka. Krn gw msh kekeuh pengen pesen via traveloka yg emang gw hampir selalu beli di sana.
    Dan cs pun meminta gw utk mengirimkan bukti screen-shoot perbandingan” harga tsb. Dan mereka sempet ngeles dgn bilang harga si maskapai blm termasuk pajak (ya kali pajak 100% ? HAHA), Dan gw pun memastikan kalau harga final maskapai itu sama dgn harga pasaran yg ditawarkan oleh aplikasi lain. (Sdh include pajak pun, harga si traveloka tetep lebih mahal 100% :””’ ).
    Akhirnya si cs meminta gw utk menunggu tim nya yg akan menghubungi gw.

    Sekitar hampir 1 jam, gw pun ditelpon. Dan si cs memberikan jawaban yg menurut gw sangat berbelit-belit dan membingungkan serta muter-muter disitu-situ aja. Hahaha.
    Mereka berdalih kalau tiket yg mereka jual tsb masuk kategori mamma class (?) Atau apa gitu. Jd tiket dgn harga spt yg maskapai jual itu sdh diambil orang (krn yg bisa pesen itu tiket yg gw mau bisa dari satu dunia katanya) Dan gw pun blg “lah terus kok maskapinya masih bisa jual dgn harga awal yg lebih murah 100% dari traveloka?” “Berarti traveloka ga menjamin kasiih harga termurah dong ya mba? Hehe 🙂 ”

    DAN gw ga ngerti sama penjelasan yg dijelaskan oleh si cs yg nyerocos terus ini. Gile ni cs hebat bener bisa ngomong tanpa jeda dan tarik nafas HAHAHHA. Pdhl omongannya muter” trs (klo ga lu potong ga bakal berenti x :”” ).. jd gw mau nanya apapun, dia akan memberikan jawaban yg sama dgn pertanyaan gw sblmnya :’)
    Akhirnya gw pun mengiyakan saja apa yg ia bicarakan, dan dia minta maaf jg sih.
    Well, ketika dia nawarin utk dicari tahu lbh dalam lg pun, gw bilang tdk usah krn gw udh beli di aplikasi lain, kan kasian jg klo gw suruh dia selidiki masalah ini toh gw ga jd beli di mereka kan pd akhirnya hihi.

    Gw pun iseng survey harga tiket pswt di tanggal yg lain dan maskapi yg berbeda. DAN traveloka tetep lebih mahal dibanding aplikasi tempat gw beli tiket utk ortu gw itu.
    Meskipun cuma beda 17ribu hehe.

    Yaaa, harapan gw sih semoga traveloka bisa tetep pertahanin gelar “Best Price Guarantee” nya ini ya.. krn menurut gw sayang aja klo konsumen loyal nya yg udh bejibun ini jd pada pindah hati hihihi.
    Ga mudah lho utk dapetin loyal customers. 😀

    Sekian curcolan saya yg begitu panjang ini, yg sepertinya melebihi panjangnya cerita dari si pemilik web tempat saya berada ini. HAHAHA.
    Harap maklum, jempol hanya ngikutin perintah dari otak 😀 sekian dan terimakasih. Selamat malam.

  40. kenapa etiket saya tidak tampil lagi xi pemesanan atau tidak masuk ke email. apakah screnshoot bisa zebagai bukti bahea kita zudah beli etiket?

  41. Cuma ada masalah yang mendasara jika menggunakan jasa traveloka ini. Kurangnya sosialisasi mengenai masalah masalah after sales seperti bagaimana cara refund tiket pesawat, pembatalan penerbangan atau hal lainnya. Sering sekali orang orang yang berada di pedesaan minta tolong ke saya ( kebetulan punya usaha travel) untuk membantu meneruskan ke traveloka. ada pandangan banyak orang disana “ah masa ga bisa ngurus, khan sama sama jual tiket pesawat.”

  42. pada intinya mah, semua OTA ada keunggulannya dan kekuranganya. terkadang tiket2.com juga harganya lebih murah dengan Traveloka yang jelas kalau pembelian untuk 3 orang yang sering kami alamai harga tiket2.com lebih murah, dan pastinya tiket2.com bisa membantu proses refund dan rubah jadwal tiket penumpang,

  43. Alhamdulillah dapet tiket murah bgt..saat mendadak harus mudik.Dan tanggal yg udah mepet bgt ..trnyt di traveloka masih ada ..mlh dpt setengh hrg di bnding cri di agent2 mskpainy..mksh traveloka

  44. Emang traveloka dibandingin OTA yang lain suka kebangetan ngasih diskon, apa mungkin mereka nerapin subsidi buat para customer ya? atau emang ngambil untungnya dikit banget? trus suka kasih voucher diskon gitu jadi , tapi website kayak gitu aman ga sih?

  45. wah aku juga sering pake traveloka sih, karena emang setelah di bandingin selalu kasih harga termurah dibanding OTA lainnya, ohya aku nemu wesbiste diskon nih namanya Picodi kebetulan nemu waktu nyari nyari kupon diskon traveloka. lumayan pernah pesan tiket di traveloka dapet potongan 140 rebuuu

  46. sy blm pnah pesan traveloka smpe kemaren malam sekitar jam 10 malam sy order pemesanan hotel untuk 4 mlm, karena blm pnah jd saya main order aja pakai pilihan transfer via atm (pilihannya yg ATM bukan transfer), kagetnya cm dikasi waktu sejam untuk trf, untung dekat rumah ada atm 24jam, sy disuru trf ke rek bni an traveloka, sy sdh coba dr atm bni dan cimb, 4x malah, dan tetap gagal, waktu sdh abis, akhirnya sy tanya ke cs, ditelpon ga bs melulu karena sibuk, akhirnya sy chat online, sdh sy tulis kronologinya dll, sy cantumkan nomor order dan rekening tujuan tp csnya mlh nanya order untuk tgl brp dan buat dimana (?) pdhl tinggal cek aja itu kode order sy kan sdh ada datanya, sdh gt ditanya lg pembayaran lwt mana pdhl sy sdh tulis kronologi saya ke atm dsbg, csnya ga bs baca apa gmn ga ngerti, lbh lucu ditanya bs dibantu nomor virtual account nya? lah… piye sih… akhirnya sy tinggal dan ganti cs lain yg bilang suru trf lg ke rekening yg sama td (yg sy sdh 4x trf gagal tsb), kl bok ya sistemnya ga bs 24jam ya ga usah 24jam lah, sy jam 10 malam capek2 keluar rumah demi ke atm dan gagal itu rasanya geleng2 kepala, jelas2 sy cek di akun sy orderan tersebut sudah hangus, lah disuru trf lagi, saya ga ngerti ini traveloka beneran apa csnya lg dihack org lain? sy tanya apa sy hrs order ulang, dijawab, silahkan order ulang jika saldo anda memang blm terpotong. oke, hal sepele gini membuat sy kehilangan kepercayaan saya terhadap traveloka. tp saya tdk bilang bahwa traveloka penipu, hanya saja sy yg lagi sial mungkin, cm mau share cerita saja, terima kasih.

  47. Traveloka emang pas deh buat indonesia saat bisa mengerti klaiennya……

    Tpi hari ini traveloka ada masalah apa ya kok tiket mau boking giliran pembayaran gak bisa .

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑