Liburan ke New Zealand yang Bikin Nagih

It is the journey that matters at the end โ€“ Ernest Hemingway

Apa yang ada di benak Sobat CE kalau saya menyebut negara New Zealand? Steak medium rare yang juicy dan yummy itu? Susu gurih penuh cream yang bikin pengen lagi dan lagi atau malah keju kualitas prima yang jadi andalan ekspornya? Hihihi, itu semua benar banget. Produk-produk turunan sapi dari New Zealand itu memang terkenal bukan cuma di Asia tapi bahkan di seantero dunia. Tapi, sesungguhnya ada banyak hal yang bisa dinikmati dari New Zealand, bukan cuma produk makanannya lho. Mau tau? Baca dulu cerita saya di sini sampai tuntas ya. Hehehe.

Negara yang akan selalu di hati

Saya ingat perjalanan saya mengunjungi New Zealand beberapa tahun lalu. Saat pesawat akan mendarat di Auckland, saya langsung disambut dengan langit biru yang sangat cerah dan jernih seperti kristal dan udara bersih yang begitu memanjakan paru-paru. New Zealand memang dikenal sebagai 1 dari 10 negara yang memiliki tingkat polusi rendah. Pure New Zealand, bikin asma saya langsung hilang ๐Ÿ˜› hehehe. Selama 2 minggu saya menjelajah Negeri Kiwi itu dan ada banyak hal membekas yang menjadi kenangan tersendiri di sudut hati. Btw here are things to see and do in New Zealand
versi saya:

Wisata Museum dan Galeri

Bagi pencinta museum, New Zealand itu udah pas banget deh buat dikunjungi. Saya menyempatkan mampir ke dua museum saat mbolang ke sini dulu.

Lambang daun yang ada di kolam di depan museum ini namanya adalah Silver Fern, ini adalah lambang negara Selandia Baru lho.

War Memorial Museum. Museum 4 lantai yang ada di atas bukit ini luas banget. Ini adalah salah satu museum bersejarah bagi para Kiwi (sebutan buat penduduk NZ), sebagian besar isinya adalah peringatan buat mereka yang gugur pada perang dunia namun terdapat juga koleksi barang-barang peninggalan Inggris, rumah adat suku Maori hingga kerangka dinosaurus. Saya ingat saya seperti terperangkap di zaman prasejarah pas saya memotret kerangka-kerangka dinosaurus itu. Hehehe.

Museum lain yang harus dikunjungi adalah Rotorua Museum Art and History. Dijamin nggak nyesel deh kalau mampir ke sini.

Uji Nyali di Taupo Bungee Jumping

Tahukah kamu bahwa organized bungee jumping yang pertama itu ada di NZ? Yes, bungee jumping sepanjang 47m! Hahaha, silakan olahraga jantung deh ya sekaligus olahraga mata juga soalnya sebelum loncat mata bakal menikmati pemandangan sungai Waikato yang begitu memesona dengan warna turquois-nya itu. Beuuuh!

Bungee jumping di sini? Yuuuks

Pemandangan Alam yang Spektakuler

Ngomongin wisata alam di NZ mah nggak bakalan habis deh. Hehehe. New Zealand memiliki 2 pulau utama. Kalau mau cari pemandangan panas bumi, danau dan gunung berapi maka bisa mampir ke Pulau Utara sementara buat pencinta udara yang lebih dingin dengan pemandangan gletser, dataran yang luas dan sungai yang meliuk-liuk maka bisa main ke Pulau Selatan. Kalau pengen dua-duanya gimana? Ya boleh banget dong, biar sempurna gitu liburannya. Hehehe.

Mount Ruapehu, New Zealand

Salah satu pemandangan yang saya sukai. Sempat jadi profile picture saya di Facebook selama berbulan-bulan. Hahaha. Selain Bungee Jumping, aktivitas-aktivitas petualangan seperti   zorbing, jetboating, ziplining, skydiving, caving, heli-biking, pun bisa jadi pilihan buat dilakukan lho.

Kebudayaan yang Unik

Pernah dengar kebudayaan Suku Maori? Suku Maori adalah penduduk asli Selandia Baru yang sangat popular dengan seni nan eksotis. Pokoknya bikin mupeng deh. Hasrat saya mengeksplorasi budaya terpuaskan banget dengan kebudayan Maori.

Saya kagum banget sama rumah tradisional Suku Maori yang mengingatkan saya pada rumah-rumah tradisional di Kalimantan. Lho kok bisa? Entahlah. Hahaha. Selain rumahnya yang unik, bahkan bahasanya pun ada yang mirip-mirip sama bahasa kita lho. Saya dibisiki Brian pengemudi saya selama road trip kemarin, ia bilang suku Maori bilang rua untuk dua, rima untuk lima, lalu house alias rumah, dalam Bahasa Maori disebut huma (sama dengan bahasa Batak). Hahaha. Kebetulan banget? atau mungkin kita dan suku Maori adalah saudara jauh? ๐Ÿ˜›

 

A Wonderful Road Trip from Auckland to Wellington

Kalo kamu ke NZ, sudah pasti yang wajib banget harus dilakukan adalah road trip! Ada banyak cara menjelajah NZ, bisa naik pesawat, naik feri atau tur keliling dengan bis. Tapi buat saya road trip baik naik bis atau nyetir sendiri (iya, kalo punya SIM internasional kita bisa sewa kendaraan dan nyetir sendiri di sini lho. Hello jiwa petualang, silakan pesta di NZ ya!) itu worth it banget. Kenapa? Ya ampun, sepanjang jalan dari Auckland ke Wellington itu pemandangannya nggak nahan! Cantik banget!

Sudah tahu kan kalau penduduk NZ itu hanya 5% yang manusia dan selebihnya adalah hewan? Maka jangan heran jika sepanjang jalan disguguhi pemandangan padang-padang rumput hijau yang riuh dengan sapi dan domba. Ditambah dengan awan-awan putih yang berarak begitu memanjakan saya. Rasanya seperti berada di dalam gambar desktop windows 2003! Hahaha. Langit birunya yang begitu jernih juga membuat saya seolah tersedot ke suatu masa silam yang teduh dan menyenangkan. Saya ingat beberapa kali saya menitikkan air mata saat melihat pemadangan spektakuler NZ antara rasa bahagia dan haru juga syukur gitu. Duh, perasaan bahagia saat road trip itu sulit dijelaskan tapi sungguh layak buat dilakukan lagi.

Mau ke mana? Cuss pilih aja.

Ohya, jalanan di NZ itu mulus banget, rambu-rambu penunjuk jalan juga jelas dan bertebaran di mana-mana plus orang-orangnya ramah sekali. Saya pernah lho kesasar pas di jantung kota Auckland. Karena merasa bisa baca peta, saya bolak-balik aja petanya sambil cari-cari penunjuk jalan. Mungkin muka saya kelihatan banget kebingungan gitu, terus mendadak ada seorang bapak yang berhenti dan bertanya, โ€œare you lost? Where do you want to go?โ€ Singkat cerita, akhirnya saya sampai ke tempat yang saya inginkan berkat si bapak yang murah hati menyapa saya yang kebingungan dan mengarahkan ke jalan yang benar (ternyata saya kebalik baca peta haha). Tak lupa ia berpesan supaya hati-hati di jalan dan selamat menikmati NZ. Ya ampun baiknya! I felt welcomed and very safe at that time. Jadi nggak berasa asing di negeri orang.

Yes, soal keramahan penduduk Selandia Baru ini memang jempol bangetlah. Walaupun kulturnya barat tapi mereka nggak pelit bertegur sapa dan melempar senyum. Selain senyum, saat pagi atau sore saya cari makanan pasti deh saya dapat sapaan ucapan selamat pagi/sore dari banyak orang. Pokoknya ramah banget!

My first novel with NZ as one of the story background

Saking berkesannya, di novel roman perdana yang saya terbitkan tahun 2013 lalu saya memasukkan New Zealand sebagai latar belakang cerita. Perjalanan selama di sana memang begitu mengesankan sampai di beberapa bab novel yang saya beri judul Labirin Rasa menjadikan Taupo sebagai latarnya. Setelahnya saya menerima beberapa komen pembaca yang mengatakan jadi penasaran pengen ke Taupo juga. Hihihi.. Ah, kalau sudah begini saya harus mengamini kata-kata Ernest Hemingway bahwa pada akhirnya perjalanan itulah yang paling berarti.  Saking berartinya maka sampai saya abadikan di buku saya.

 Tiga hal wajib yang harus dilakukan versi saya adalah naik Gondola, trekking di Huka Falls dan mengagumi kota Auckland dari ketinggian 328m Sky Tower. Beuh bakal susah move on deh. Hahaha. Ohya, apa masih mengasosiasikan NZ dengan domba lagi? Udah enggak dong ya. Hehehe.

Anw, jujur saya sekarang sedang kangen NZ banget. Kangen bikin novel dengan latar belakang New Zealand lagi. Sepertinya seru kalau ada adegan kepleset di pegunungan es lalu cinta pun bersemi di Pulau Selatan, dibumbui dengan cinta segitiga antara pacar orang Indonesia dan Suku Maori. Aih, konfliknya bisa naik turun banget. Tentu biar karakter dan latarnya meyakinkan maka akan lebih baik kalau saya bisa mengunjungi Negeri Kiwi lagi. Doakan semoga kesampaian ya!

Selamat Wiken Sobat CE, kalau ada kesempatan ke NZ, mau mengunjungi apa?

Ohya, mampir juga ke tulisan saya yang lain mengenai New Zealand:
1. Auckland, Saya Datang!
2. Sepanjang Jalan Kenangan
3. Home Sweet Home
4. Hamilton, Peaceful yet Lovely City
5. Rotorua, Jantung Hati Turis di New Zealand
6. New Zealand Trip: Wellington, Kota Cantik nan Seksi
Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di New Zealand dan tag , , , . Tandai permalink.

65 Balasan ke Liburan ke New Zealand yang Bikin Nagih

  1. tiure berkata:

    New Zealand itu bucket list yang semoga aja cepat terlaksana.

  2. ashooyyy NZ emang memanjakan mata sejauh mata memandang. jadi pengeeenn :3

  3. nianastiti berkata:

    Ah jadi pengen pindah ke sono, pasti nggak ada macet ya Mba, trus jadi lebih sehat karena udaranya segar ๐Ÿ˜€

  4. NZ, negara paling timur berdasar GMT.

    mudah2an kapan bisa ke sana, ikutan trip middle earth. ๐Ÿ˜€

  5. adrianssir berkata:

    Wish to go here with you. Bungee Jumping? Let’s!

  6. Natalia berkata:

    Ini salah satu di wishlist/bucket listku, ke New Zealand, liat Hobbiton dan tempat shooting LOTR. Semoga bisa diwujudkan segera :3

  7. Astin Astanti berkata:

    Cakep banget pemandangannya Mbak, langitnya biruuu trus aku kaget yang lambang negara di dasar kolam renang, aku pikir itu hamparan di halaman. Keren banget

  8. Fanny f nila berkata:

    Bungy jumpiiingggg!! :D. Itu yg pgn banget aku lakuin kalo nanti ke NZ :). Udh lama msk bucket list mba. Tp msh proses nabung :D. Aku jg planningnya mw road trip aja, sewa mobil krn suami punya sim international. Aisshh mupeng bangeettt baca postingannya.. Hrs dipercepat lg nabungnya nih :p

  9. rizaldzikri berkata:

    kok di NZ kelihatan sepi ya disana hehe

  10. Titik Asa berkata:

    Aduhai pemandangannya…
    Itu padang rumput luas banget ya Mbak. Mana manusianya, cuma sapi-sapi saja. Itu benar Mbak cuma 5% jumlah manusianya? Sepi dong ya?

    Salam,

  11. Ika Puspitasari berkata:

    NZ..salah satu negara yang paling ingin saya datangi. Kayaknya asik banget gegulingan di padang rumput itu, sambil ngangon sapi…. *lalu menghayal tingkat tinggi

  12. inayah berkata:

    pengen ke sana euy, itu lihat padang teletubbies

  13. coretandenina berkata:

    Masih dalam list ini kakaknyah…. bungee jumping yang 47m itu menantang banget kelihatannya… menantang difotooooo…. bukan dicoba… wahaha

  14. April Hamsa berkata:

    Waaaahh makasih cerita jalan2 dan juga sharing ttg akses dan akomodasi ke sana mbak. Ternyata ada juga ya budaya suku di sana yg dapat kita pelajari. Moga2 bisa ke NZ juga ma keluarga naik MAS hehe

  15. Fahmi (catperku) berkata:

    Liburan ke New Zealand sih bikin nagih, tapi rekening suka berontak abis pulang dari sana~ “kanker om, kanker~” ini negara keren tapi mahalnya lumayan bikin rekening cepet langsing. Kerja keras dulu baru ke NZ lagi! masih banyak tempat yang belom disamperin kemarin

  16. Taupo keren, kak! Tebing-tebing dengan air hijau toska gitu, tapi aku nggak mau jumping ah. Atut ๐Ÿ˜›

  17. Ria berkata:

    Rotorua, seperti kawah putih ya… pasti keceh badai kl foto2 di situ ๐Ÿ™‚

  18. ilmiawanreza berkata:

    Saudaraku saya juga pernah mengikuti pengalaman di waktu berlibur, biasanya saya gunakan untuk bermain layang-layang dengan sahabat dekat saya. Terkadang kalau kita bermain layang-layang, biasanya sih, membuat rasa galau kita akam hilang. Maka dari itu saudaraku, ingin pengetauhan kita luas, mengenai bermain layang-layang bersama kami. lihatlah disini.

  19. richotraveling berkata:

    Di trip ini kamu tampak lebih muda banget kak!

    Masih emesss haha

    NZ, salah satu bucket listku ๐Ÿ˜€

  20. Sijai berkata:

    Nabung dulu supaya bisa jalan2 ke sana juga. hihih.. Lengkap banget mbak ceritanya. mantap!

  21. Satya Winnie berkata:

    Hahahaha Kak Eka ni laaah. Ke New Zealand tapi pakai t-shirt ‘kangen djokdja’. Gemeeesssss. Hahahaha. Kakak kan udah ke NZ, doain adekmu ini bisa ke sana juga ya Kak. Aminnnn… ๐Ÿ™‚

  22. niee berkata:

    Mau ke NZ juga. Tapi mahal banget ya mbak. Maunya gratisan aja ๐Ÿ˜†

  23. Dee - HDR berkata:

    Kak, ajak-ajak dakulah bila kau travelling hihihi biar awet muda dan happiness meternya naik selalu ๐Ÿ™‚

  24. triyojobs berkata:

    mbak untuk penerbangannya dari jakarta apakah harus berlabuh ke australia dulu atau langsung ke new zealand?

  25. imagologi berkata:

    Saatnya menyusul ๐Ÿ˜€

  26. Yudi berkata:

    NZ ini destinasi impian ku kak.. tapi harga tiketnya bikin bengek ku kumat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s