Indehoy

Masih ingat bos saya?

Yang itu lho.. yang meninggalkan Indonesia di tahun 80an dan baru balik ke ke ibu pertiwi nan cantik ini tiga bulan lalu…. yang kosakatanya masih zaman baheula sehingga saya harus putar otak mati – matian untuk mengerti artinya dan mencari padanannya untuk kondisi bahasa sekarang ? Aiiih masih belum inget juga ? ya udah baca ini dulu kalau belum inget :

  1. Ajojing
  2. Wakuncar

Untuk minggu ini, kosakata yang ingin saya bahas adalah Indehoy. Entah bagaimana ceritanya waktu itu pak Bos tiba – tiba bilang indehoy. Dan ketika mendengar kata itu, saya tersenyum simpul saja karena tidak tahu artinya. Sudah saya coba gali setiap sudut memori di otak ini tapi tetap saja saya tidak ingat apa makna kata itu. Akhirnya saya telpon mama di rumah.

“Mam, what’s the meaning of indehoy?” tanyaku. Sssst saya and mama memang sering ngomong bahasa londo, soalnya kalo diajak ngomong bahasa batak saya malah gak ngerti hehehe.

“What?! Ngapain nanya – nanya soal indehoy ? Kamu ketangkep basah indehoy di mobil ya? Sama siapa ? kamu di kantor polisi ya?” bertubi – tubi jawaban yang saya dapatkan.

Waduuuuuuuh saya cuma nanya satu kalimat, dijawab dengan lima, astagah LIMA (5) kalimat tanya ???!!! Nyesel deh saya bertanya. Sebelum keadaan menjadi buruk, saya langsung bilang,

“Mam, would you just tell me what’s the meaning? I’ll explain later.” Sumpah setengah hidup saya pengen menyisipkan kata d*mn diantara the dan meaning, untung otak ini masih bisa menginstruksikan saya supaya menjaga manner.

“Indehoy itu asyik masyuk kayak mesum – mesum gitu. Nah sekarang kasih tahu mama, kamu ada dimana? Kamu jangan bikin malu keluarga ya. Tujuh turunan keluarga mama gak ada yang ditangkap polisi. Kamu dimana Ekaaaaa ?” dan suara mama melengking tinggi. Sementara dahi saya disini berkerut – kerut entah bagaimana harus meresponi mama. Kalau dengar caranya merepet, jadi ingat dulu pas mama sakit, saya mengemis – ngemis minta agar mama sembuh bisa ceria berbicara. Nah sekarang rasanya saya pengen kasih mama coklat, atau durian atau buah Nangka kesukaannya atau apa sajaaaa biar mama bisa diam tenang mendengarkan saya.

indehoy halal ! kan udah married
indehoy halal ! kan udah married

Duuuh lupa ya mak, anak gadismu ini sudah kawin – eh nikah – masa iya ketangkep indehoy di mobil siiiiiy….. Bikin malu keluarga ? Aiiiih, segitunya bahasa mama. Duh ! Jeritku dalam hati sambil menepuk-nepuk dahi !

“Aku dikantor mak, kantor beneran bukan kantor polisi dan gak ada yang ditangkap polisi. Cuma nanya doank artinya apa, koq begitu banget reaksinya sih mak?

Kudengar helaan nafas lega dari gagang telepon sebelum mama bicara, “Oh sorry mama abis nonton sinetron kayaknya jadi kebawa deh.”

Jegueeerrr !!! saya pun manyun. Ah mama…. mamaku tersayang. Yang lebih sering nyerocos duluan tanpa mendengar cerita lengkapnya, but I love u mam !

Iklan

146 respons untuk ‘Indehoy

Add yours

  1. kalo wempi dulu sewaktu kuliah suka nyari indekos yang bisa indehoy didalamnya, hueheuheu….

    #EKA
    ah elu mah emnag cari kesempatan dlm kesempitan hahahhaha

    1. Mumpung pada larut dalam suasana indehoy
      gue ambil jatah pertamax mpe kelimaxxxx dulu…

      Pertamaxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

      Kelimaxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

      #EKA
      sinting yg dipelihara
      ya jadi begini
      kelamaan sendirian siy lu
      makanya udh dibilang cepetan nikah
      biar klimaksnya beneran, bukan cuma di blog doank hahahha

      1. pancet wae orang sinting satu ini…..
        yang pertamaxxx dan yang kelimaxxx pasti dah disabet duluan….
        yang lain dikasih dong….:-)

        #EKA
        lhooo ? koq org kain disuruh ngalah ha?
        elu dunk yg usaha lebih cepet lagi biar gak kalah ma Zulhaq..
        masa wong waras dikalahke wong sinting 😀

      2. huakakakakak. om gwgw ketularan
        ntar dikasih jatah kelimaxxxxxxxxxx pake pertamaxxxxxxxxxx
        kalo perih tanggung sendiri kekekekk *guling guling di atas duri*

        #EKA
        bukannya lu juga perih tuh
        diatas duri koq guling2

  2. Hahahahaha… mamak kau rupanya suka sekali nonton sinetron yahhh…

    Indehoy itu apa yah, iyah yahhh, hahaha… ajojing juga??? Oh my god, hahaha asli kocak =))

    salam buat mamamu yah, jadi kangen mama juga nihhhh… *aih, mulai lebay*

    #EKA
    hahaha gak ada kerjaan kayaknya
    jadi nonton sinetron deh
    begitulah ulah bos gue hehhehe

  3. Hhihihihhiii……..
    berarti mama kamu ada bakat jadi artis sinetron Ka, dengan menonton saja sudah bs menjiwai, apalagi klo bneran akting kan?
    Tp sumpah jadul banged bos mu itu, masa udah jaman gini masih jg pake istilah itu…
    sama tuh kayak temenku yg masih pake istilah “kurtak” jaman sekarang =))

    #EKA
    haiyaaa apa itu kurtak ?
    gak ngerti niiy 🙂

  4. Indehoy…hehe bahasa taun 80-an..katanya. Yg saya tau..memang konotasi-nya negatif Mbak… Eh..seneng rasanya denger Mama-nya Mbak Eka udah ceria seperti itu…meski terlalu semangat deh ceria-nya…hehe 🙂 Salam hangat utk semua yaa Mbak…

    #EKA
    hahahha saking cerianya ya begitu deh 😀
    siap bos ! salam disampaikan

  5. indehoy dengan cewe bahenol binti bohay
    ahhh masak gitu aja ngga tau ka? cupu deh

    EM

    #EKA
    harap maklum dunk mbak… hehehe
    kalo bahenol and bohay mah tau…
    kan itu aku mbak hehehhe

  6. huahahaa…. nanya doang tapi kok disangka ketangkep basah…
    o baru tau itu toh artinya? bukannya mojok & pacaran gitu ya?! *thinking*

    btw, pempek megarianya nanti dikabarin deh, lewat pesbuk ya? oks oks

    #EKA
    siap ! 😉 ditunggu yaaaa

    1. rumput yang sudah dipak jadi kotak-kotak di dalam kandang untuk persediaan makan kuda itu loh…
      terus main apaan juga terserah dua orang itu… jiahaha…

      #EKA
      nah kalo mas suryaden, maen apa jadinya ?
      xixixixi

  7. indehoy.. wah kosa kata yang jarang terdengar, dulu kadang lihat di koran-koran kuning yg udah jadi pembungkus, seangkatan sama semlohay gak ya??

    #EKA
    hihihi sepertinya satu level tuh… angkatan 80an hehehe

  8. 1. Indehoy itu sejenis dengan Lekker, Verveilen, dsb ya?
    2. Itu Ibunya mba Eka udah mulai terpengaruh fantasi sinetron.
    3. Akhirnya saya liat tampangnya Mas Adrian juga.

    #EKA
    1. gue gak ngerti 😀 sejenis ato enggak. maklum lah ike turuan batak ! bukan belande hehhee
    2. sepertinya begitu hahhaha
    3. Ganteng kan ? Sapa dulu dunk istrinyaaaaaa 😀

  9. aslinya “in de hooij” hohoho artinya di rerumputan 😆

    #EKA
    diatas rerumputan ngapain ?
    lah kalo cuma rerumputan, kenapa konotasinya negatif bgt yaaah hehhehe

  10. Hmmm bales komen dari FFox kok susah ya? tulis ulang deh, Mudah2an gak lupa tadi mo Komen Apa. Yang saya inget cuma mo kommen ini:

    Indehoy = In De Hoy = In The Horn(y)

    Betul gak? :-/

    #EKA
    hahhaha itu bisa2nya elu tuh hahhaha

  11. Tambahin deh istilah asingnya:
    Salome, kismi ……..wah jadi ikutan nginet-inget padahal itu istilah yg kudegar waktu kecil.

    #EKA
    waduuuuuh masa mesti telpon mama lagi nanya aritnya salome and kismi 😦
    hiks bisa disangkain macem2 lagi…
    artinya apaanmas Nur?

  12. hahahaha….hebat mama nya mba Eka kekekeke biasanya kalo dah balik ditanya gitu malah bikin down sumpah…nice Mom

    -salam- ^_^

    #EKA
    lhaaaa…. bikin down koq dibilang nice ? :p
    jiper kali mas hehehe

    1. huakakaka…bro hariezz gitu deh
      main kartu aja yukzzz *gak nyambung*

      #EKA
      o.o.o… ternyata emang mas haries ini seleranya agak beda yah..
      yg galak2 dibilang bagus malahan 😉

      1. iya tuh…jangan-jangan, jangan jangan niy
        *kabur sebelum di pentungin hariez*

        #EKA
        udh dibilang, Jangan Suuzon !
        pentung aja mas..
        pentung pake kayu gelondongan yg gede hehehe

    1. yah, cuman tahu bahasa tahun jadul aja, tp gak tau artinya
      berarti perlu dipopulerkan ulang di jaman sekarang
      ato jangan2 copas yak dari tulisan di atas kekekekeekkkk
      *kabuuuuuuuuurrrrrr*

  13. ayahku juga sering pake kosakata itu. “Eh, ngapain kamu di kamar kita nih. Sana main komputer di atas. Ayah mau indehoy dulu ni sama mamah..” 😆

    #EKA
    hehehhehe katanya kan indehoy = rerumputan
    coba tanyain phiy.. di kamar ada rerumputannya ga ? 😀

  14. indehoy duh kapan ya terkahir kali kayake photo diatas heheheh jadi kepengen pulang hahahahha

    #EKA
    Wooopss… tidak bermaksud bikin kepengen lho 😀

    1. huakakakaak *ngakak guling guling*

      cewek cantik di panggil mas
      kayaknya terlalu kagum sama foto suaminya mbak eka
      *ngakak lagi*

      #EKA
      nasiiib.. nama gue emang ambigu..
      sering disangka cowok dimana – mana 😉

      1. yang pasti tetep cewek kan ? *gwgw ragu ? :-)*

        #EKA
        sinting juga nih si gwgw 😀
        tuh liat potonyaaaaa
        mana ada cowok kecuali yg udh operasi bisa se sekseh gue ha :p

      2. [Mbak Eka]
        huahahaha, nasib nasib. untung gak dibilang banci salon ^_^

        [Om gwgw]
        jangan2 om gwgw meragukan kejantanan gw juga???
        patut di pertanyakan niy kekekkkekekeke
        *upppsss, mpe keluar angin*

        #EKA
        heh ?? Aseli inih, ASELI semuaaaaa
        ada yg manggil gue banci salon?
        gue panggilin banci salon beneran deh 😀

  15. Indehoy….hmm masak eka gak tau?? ahh memalukan
    kira2 abis ini apalagi yah??

    #EKA
    xixixi emang gak tau mas 😀
    inget wktu gue chatt tiba2 bilang indehoy?
    itu gara2 bos gue barusan ngomong gitu ahhahahha
    pokoknya kalo gue mulai menggunakan kata2 jadul itu berarti gue abis di braiwash ama pak bos hahaha

  16. wakakakkakaka….jadi teringat aku sama sesuatu…
    salam kenal, ka..maen2 ya ke “rumah” ku…ada kopi sama teh…

    YC

    #EKA
    kenangan apakah ituuu 🙂
    jika sudah senggang, nanti aku usahain mampir yah 🙂

  17. gwgw artikan dengan sumber yg terpercaya mbak…..ini fakta lho…*serius*

    Indonesian —> indehoi
    English —->/indehoy/ have sex or pet heavily. ber-indehoi engage in sexual activity. indehoi-an be on a heavy date, be making out with e.o.

    atau making love with someone until they’re feel so tired and feel so satisfied, and then they’ll do again in the next time, many times and anywhere

    #EKA
    sumpriiiit baru tau gue arti nya beneran begini
    hahahha
    pantas lah mak gue panik 😉 hhihihi

  18. and gwgw tambahin lagi mbak…

    it could be in the car, on the table, in the kicthen, ceck-in in the hotel, beside in the bank of river,or in the grass. untill they found by the security.,,,,,,the point is…KELIMAXXXXXXX…..:-)

    #EKA
    Udaaah.. udaaaaaaah jgn diterusin lagi…
    ntar lu kepengen lagi hahahha

    1. nah lo, jatah gw di embat sama om gwgw

      #EKA
      lu kurang perkasa siy
      jadinya dengan mudah dikalahkan
      heh? :p
      sepertinya gue menaikkan kadar kesintingannya si Zulhaq ne hhahaha

      1. loh, jangan salah….
        banyak cewek2 yg ngomong gini “lw perkasa bgt deh zia, tp kalo dah gemuk”
        berarti kan terbukti jantan, walaupun pake tapi2an kekekekkk *maksa*

  19. eheemmm ehemmmm *batuk dulu baru baca*
    berangkat….

    eh, ntar dulu *ambil posisi enak*

    indehoy…..
    I’m coming!!!!

    #EKA
    kenapa batuk2, kayak kakek2 tua aja hahhaha

    1. si zulhaq….kemasukan virus indehoy tuh…..tenggorokannya ampe serak-2 kering….

      #EKA
      Hahahhaa Bentar lagi namanya BUKAN Zulhaq sinting lagi tapi
      Zulhaq Indehoy 😀 wakakakkaa

  20. rada jelas definisinya… tadinya cuma nebak2 arti kata ini yang sering diucapin temen2

    #EKA
    haaa??? temen2mu masih ada yg make kata2 ini ?
    waaaks

  21. huakakakaka…yah, indehoy aja nggak tua niy *merasa hidup di jaman dulu*
    ngebayangin ekspresi mamanya tuh, pasti rame bgt tuh. kalo telfin bisa ngomong sendiri, pasti akan teriak dengan histerisss *Ampuuuuuuuuuuuuuuunnnn*….

    Hahh, ketangkap basah yah???
    hahahah, indehoy di mibil yah??
    hahhhh, di sel polisi yah???? *ngakak mpe muncrat*

    Tapi, itu merupakan potret kehangatan seorang mama dan anak tersayangnya
    begitu damai ngelianya *terharu*

    Selamat siang dan selamat bekerja mbak eka ^_^

    #EKA
    Ya ampuuun Zia,
    lu kalo liat mak gue lagi panik macam diatas tadi
    gak bakalan deh keliatan ada kehangatannya
    adanya suasana panaaazzzz hehehhe
    met bobo deh ya Zia 😉

  22. hahaha..reaksi mama sangat kuatir ya anaknya ketangkep lagi indehoy. gara2 bahasa si bos ya sist 😀

    #EKA
    hihihi
    padahal gue anak baek2
    koq ya bisa disangkain macam2

  23. ahahahaha…

    koq bisa ga tau sih? kan itu kata2 umum.. meski emang sih, belakangan ini jarang dipake.. apalagi sama generasi update

    #EKA
    dulu samar2 pernah denger
    tapi maklum lah lagi penat di kantor
    jadi tiba2 memori nya ilang 😀

  24. Begitu Dahsyat efek dari Sinetron ya …
    Sampe si Mami jadi Lebay begetoh …

    Indehoy … artinya apa bukan “sedang mengheningkan cipta” gituh ???

    #EKA
    OOoooom mamak ku lebay hampir setiap saat hahahaha
    mengheningkan cipta? diatas rumput?
    weleeeh itu mah ketiduran Oom :p

  25. hehehe.. mamanya eka terbawa emosi nonton Manohara ya..

    #EKA
    hahahha mbak.. semua sinetron bisa bikin mak gue aneh hahahha
    makanya gue saranin nonton yg laen…
    eh kalo nonton buser jadi ketakutan, kalo nonton berita jadi paranoid
    haiyaaaaaaaaaaaaaaaa

  26. ide yg belum dibahas :
    antara in-dehoy dan in-dehem tuh hampir sama kegunaannya, karena emang saudara kembar….
    kalo in-dehoy dilakukan sebelum ketahuan orang tapi ,
    kalo in-dehem tuh dilakukan orang ketika melihat orang yg sedang indehoy….tujuannya membuat orang yg ber-indehoy terkaget-kaget dengan ber-dehem-2…….

    **seperti gwgw yg kaget di-indehem ama wordpress** 🙂

    #EKA
    barti tiap liat Zulhaq gue akan in-dehem ah
    kan namanya dia berubah jd Zulhaq indehoy hahahahha

    btw udh ketemu lo itu penyebabnya di dehem2in si WP ?

    1. Ide yang dadakan dibahas:

      Dan kata kembar itu patut di persembahkan untuk om “gwgw”…dimana2 hanya ada satu “gw”, lah ini ada dua “gwgw”. artinya….In-dehoy dan in-dehem merupakan satu kesatuan yang tak pernah lepas dari diri om gwgw.

      Tambahan sinting:
      In-dehoy itu dilakukakn atas rencana yang di sembunyikan
      Indehem itu dilakukan dengan rencana tanpa di sembunyikan
      Tujuannya lebih naik satu tingkat “yaitu menertawakan orang yang ber-indehoy tersinting-sinting dengan berdehem-dehem.

      *seperti Zulhaq yang sinting indehem ama om gwgw yang lagi indehoy dengan komen*
      kekekeekekkkeekkk *ngakak sinting*

      [Mbak Eka]
      gue masih mending, indehoy dengan kenikmatan yang tepat
      lah, om gwgw indehoy dengan kenikmatan jari alias dalam ketikan kekekekekekekeekk
      *tertawa merdeka*

      #EKA
      gue no comment dah
      setau gue ada yg udh pernah jadi korban banci salon
      siyul.. siyul.. sapa itu yah 😀

      1. ha…ha….ha…….ha……..
        gwgw nocoment aja dengan postingan lo yg satu ini…….
        *gwgw specheless….ngakak ampe perut gwgw kram*

  27. Indehoy Sodaraan ma Indekost ?
    maaf masih kecil

    #EKA
    indehoy sodaraan sama bohay dan semlohay kata mbak EM hhehehe

  28. seneng banget punya ibu yg peduli seperti itu
    ternyata sinetron ngaruh jg ya..

    btw, jangan sampe ketangkep beneran ya mbak…. 😀

    #EKA
    hahaha mbak Lin.. kayaknya semua ibu2 juga panik kalo ada ananknya ketangkep indehoy hehhehe
    aiiiih amit2 deh jgn sampe ketangkep hehhee

  29. indehoy.. ya.., ketika mendengar kata itu yg terlintas di pikiran adalah suatu keadaan menyenangkan… bebas lepas dr segala problema hidup, atau setidaknya sebuah upaya tuk lupakan sejenak segala problema hidup dgn bersenang-senang, baik dilakukan sendiri, dgn pasangan, dgn sobat karib, atau dgn keluarga terdekat…

    #EKA
    hohoho barti gak selalu negatif ya konotasinya pak 🙂

  30. haddduhhh..
    kosakata taon berapa itu mbak eka..
    generasinya jauuuuh beda dengan aku..hehehe..

    #EKA
    80an 😉
    tapi bagus untuk kita ketahui juga 🙂

  31. indehoy ….. inget pernah denger kata kata ini … indehoy buat yg dah nikah nggak masalah khan ya 😀 asal nggak terlihat org saja 😀

    #EKA
    kalo keliatan jadi PDA bukan indehoy hehehehe

  32. Indehoy, kece memble, wakuncar adalah istilah yang 80an banget, bukan? 🙂

    Btw, gw sering geli kalau ada orang bilang “halal karena udah merit” itu kan halal menurut Tuhan 🙂
    Hahaha… kalau pas loe merit Tuhan lagi bobo gimana, halal juga ngga?
    *ngibrit*

    #EKA
    cari pentungan buat ms DV
    hahahahahhaa
    dijamin HILAL hihihi

    1. Wakakaka…..
      Mklum k’Eka, si opung ‘kan ‘dah tua bgt,
      jadi beda bgt ama kita….

      ‘tul ndak pung..? :p

      #EKA
      bukan masalah tua ndak tua..
      tapiiii aduuuh…. masa gue disangkain macem2 siiy :p

  33. adu du… fotonya itu lho, bikin gak kuku… huahaha… 😀
    emang ortu itu cepat berprasangka ya…
    aku kayaknya punya bakat kayak ibumu deh Ka. perlu belajar berpikir positif lagi nih…

    #EKA
    eh Uda…
    apa semua ortu begitu ya ?
    judge first then listen ?
    hehehehe
    udah kebal nih aku uda hahhaha

  34. Kayaknya mesti ngecek sumber vocabulary boss mu tuh Ka 😛
    sumber vocabnya ajaib :))

    #EKA
    hihihihihi
    udh dibilangin ini taon 2009 udh zaman milenium
    keknya pak bos masih berasa zaman warkop deh hahaha

  35. kalo itu ditanyain sama anak sendiri, gimana kita kasih jawaban yaa?

    apa jawab nanti kamu juga bakalan tahu.

    #EKA
    ya tanya dulu kenapa nanya
    jangan lsg menghakimi
    nanya nya gini : kamu indehoy nya sama anak konglomerat ka ?
    jgn nurunin derajat kite deh :p hiihihi

  36. wahhahahhhha indehoooooy

    dah lama kale aku ga dengar kata itu
    keknya perlu neh kapan2 nguping pembicaraan sista ma bosnya

    #EKA
    nanti lu ketawa2 kegelian hahhaha

  37. waaduh…masa nggak tau indehoy apaan….masih relevan dan banyak dipake kok jaman sekarang. 😀
    itu kan sejenis indekost…

    aduh tu foto. senengnya dicium kaya gitu hahahaha…..

    #EKA
    huahahhaha
    lebih parah lagi hihihi indekost nek

  38. Huuuuwaaakaakakak.. bahasa entu pernah TOP BGT jaman kapan yaaaaaa.. hihihi.. kayanya lama enda denger indehoy
    Salam Sayang

    #EKA
    hihihi
    jaman pak Bos ku kang 😉

  39. Jadul bgt seh bosnya Mbak Eka.
    coba sekali2 di posting tuh muka bosnya mbah EKa.
    Apa mukanya juga jadul kayak kosakata yang sering dia keluarin

    #EKA
    hahaha soal tampang keren abiiiiis lho
    gak keliatan jadul
    aduuuh kalo dipasang disini nanti saya bisa dituntut lagi
    membuat seseorang jadi tenar tanpa persetujuan hehehe

  40. lama gak jalan-jalan, ketinggalan jauh euy! 😆 kalo anak-anak sekarang mungkin lebih akrab dengan CI mbak, check in :mrgreen:

    #EKA
    huahahhaha embeeer 😀
    idiih masstein tau
    sering ya dulu 😀

  41. Ka, lu lahiran taon berapa sih? Masa indehoy aja gak tau artinya.
    Wakakak… mantab juga bos lu.

    #EKA
    Yang pasti dibawah lu mbak 😀

  42. Hehehe, ajarin lah Ka si boss itu dengan bahasa Indonesia tahun 2009. Itung2 beramal…

    #EKA
    huaahhahaha
    gak enak kali Mar..
    ntar gue malah ditambahin kerjan lagi :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: