Bunaken yang Memikat Hati

Nature is not a place to visit. It is a home. -Gary Snyde-

I always have this need to visit the beach and enjoy the sea. I just love the breezing air, the salt smell on my hair, the blue sky and everything beyond the sea! Yeah, I’m a sea sucker :mrgreen: . Tapi, tapiiii, sudah beberapa kali saya ke Manado, saya belom pernah lho ke Bunaken. Ouch, slap me please 😀 Ngaku hobi jalan tapi kok nggak eksplore Bunaken 😛 Hahaha.

Anyhow, ke Bunaken ini agak-agak perjuangan kalo dilakukan di musim hujan. Cuaca bisa berubah mendadak dari yang cerah terus hujan. Itulah yang kami alami kemarin, dari dermaga awan berarak kece gitu, putih di langit biru yang jernih, jebul setelah ½ jam di jalan tetiba ujan dan berangin. Saya dan teman-teman lain yang awalnya santai di dek depan langsung ngacir masuk ke dalam kapal karena anginnya lumayan banget. Terus, pas hujan gitu, ombak jadi agak ngajak bercanda. Ngocok perut 😛 Pas hujan nggak kunjung berhenti, saya sempat deg-degan. Apa nanti bisa snorkling? Kalo ujan kan laut agak keruh jadi jarak pandang berkurang, nggak keliatan nanti karang dan ikan-ikan lucu itu dong 😦 .

Kapal yang membawa kami dari dermaga ke Bunaken modelnya seperti ini.
Kapal yang membawa kami dari dermaga ke Bunaken modelnya seperti ini.

Perjuangan untuk Have Fun

Tapi Tuhan maha baik! Mendekati Pulai Nain mendadak hujan berhenti. Jadi kami pun bisa turun dan main-main di Pasir Timbul yang kece banget ini.

Bunaken 10Untuk sampai ke Pasir Timbul, kami harus turun dari kapal besar yang membawa kami dari dermaga dan berganti dengan sampan yang mini. Goyang-goyang banget pas naik deh. Lalu karena memang dangkal, kami harus turun dari sampan abis itu jalan sedikit menyeberangi karang buat sampai ke Pasir Timbul. Jalannya emang dikiiit, tapi karena lumayan berarus dan karangnya tajem, ya perjuangan juga! 😀 Tapi perjuangan itu terbayar banget sama pasir lembut selembut pantat bayi yang menyentuh kaki saya. Beuuuh! Langsung senang! Hehehe.

Abis dari kapal, naik sampan mungil begini. Lihat awan gelap di ujung sana. Serem.
Abis dari kapal, naik sampan mungil begini. Lihat awan gelap di ujung sana. Serem.

Bunaken 9Bunaken 12

IMG-20151027-WA0016Puas di Pasir Timbul, kami pun menuju spot snorkling. Balik menuju ke kapal besar adalah perjuangan sesungguhnya karena… HUJAN sodara-sodaraaa! Beuh, mengarungi laut penuh karang dengan ombak yang berayun plus rintik hujan itu sungguh bikin inget pilem Life of Pi. Perjuangan banget! But I don’t regret it. It was very memorable. Saya, Dimas dan Bobby bergandengan tangan berusaha melewati karang, kadang jatuh kepleset, kadang mata kelilipan air laut yang asin dan bikin pedih, kadang malah ngejorokin temen biar jatuh sekalian di laut. Hahaha. Seru-seru sedap! 😀 Cuaca emang agak kurang bisa dipegang (ekor kali dipegang :P), karena pas nyampe kapal ujan berhenti! Hahaha. Becanda banget deh ujannya. Tapi in a way itu adalah berita bagus karena pas snorkling jadi jernih kan 🙂

God is Good!

Ah, saya suka banget snorkling. Suka banget sama kedamaian yang ditawarkan saat menenggelamkan kepala ke bawah air, menikmati lalu lalang ikan yang cantik dan pemandangan karang yang melenakan mata.

Saat snorkling begini, saya sering banget agak menjauh dari teman-teman, mengambil waktu untuk menikmati semua keindahan ciptaan Tuhan ini sendirian lalu diam-diam berdialog dengan Sang Empunya Hidup. Berada di Bunaken membuat saya menyelami rasa syukur dan eloknya keberagaman. Well, ikan-ikan itu kan memang banyak ragamnya ya tapi bisa hidup berdampingan dengan baik dan justru keragaman itu membuat pemandangan bawah laut Bunaken emang jempolan! Bikin banyak wisatawan nggak bosan malah ketagihan balik kan. Ohiya, saya ketemu penyu di siniiii! Sempet kaget terus mendadak jadi senang, jarang bisa ketemu penyu yang hidup bebas gitu kan :).

Akan selalu kangen sama cantiknya langit di Manado!
Akan selalu kangen sama cantiknya langit di Manado!

Ohya saya bagi itinerary saya pas liburan ke Manado kemarin ya, siapa tau ada yang butuh liburan gateway nggak pake cuti:

Itinerary liburan di ManadoKalau sobat CE mau ketemu ikan dan karang lucu berbonus penyu, fly there with Citilink. Citilink ini lagi banyak buka rute baru dengan destinasi liburan yang seru. Jakarta – Manado : pkl. 04.45 WIB – 09.10 WITA . Manado – Jakarta : pkl. 19.15 WITA – 21.40. Rute Jakarta-Manado-Jakarta jamnya enak banget jadi bisa maksimal liburannya. Irit penginepan dan waktu yang ada efektif banget 🙂

Jadi, Sobat CE pada ke mana nih pas liburan akhir tahun?

More stories about Manado, read:

  1. Menyapa Manado
  2. Bukit DoaTomohon: WisataReligi di Manado
  3. Bukit KasihMinahasa: Kita TorangBasodara!
  4. Manado Bukan Cuma Bunaken, Ada Danau Linow Juga
Iklan

28 respons untuk ‘Bunaken yang Memikat Hati

Add yours

  1. Orang tua saya asli Manado dan sudah beberapa kali mengunjungi kampung halaman mereka. Tapi belum pernah sama sekali ke Bunaken 😥
    Duh itu laut birunya sama pantainya menggoda banget…. kangen snorkling jadinya

  2. Jam keberangkatan dari Manadonya enak banget itu, jadi tiba di Jakarta tidak terlalu malam dan masih bisa istirahat full untuk kerja besok harinya :hehe. Banyak orang yang bilang kalau Bunaken sudah berubah jadi sedikit tidak bagus tapi saya lihat di sini, taman laut dan pemandangan juga pulau-pulau di sekitarnya masih sangat menyenangkan untuk dijelajahi! Mudah-mudahan saya bisa ke Manado lagi supaya sempat mengarungi semua ini :hehe. Terima kasih buat tulisannya, bagus banget!

    1. Akuanku dibacaaaa ^_^ Ma kasih juga udah baca yaaa. Lebih keren kalo bisa sekalian diving. Berhubung kalo diving nggak boleh terbang 24 jam sesudahnya maka aku snorkling aja kemarin. Yuks! Capcuss ke Bunakeeen.

      1. Saya baru tahu kalau setelah diving tidak boleh terbang 24 jam sesudahnya, kenapa ya Mbak?
        Em… kayaknya di postingan kemarin saya juga komen, cuma tak muncul karena (mungkin) masuk spam di dasbor blog Mbak :hehe.

        1. Nggak boleh karena tekanan di laut akan berpengaruh sama gendang telinga. Demikian juga kalau terbang akan ada tekanan udara ke telinga. Untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan maka telinga harus dalam keadaan netral, minimal 24 jam tidka diving. Bentar aku cek spam folderkuuu

  3. Waw! Wow! Cantik banget! Sampe baca pelan-pelan biar nggak kelewat. Keren banget, cuma dua hari bisa dapetin segini, keren! Ke sana bagusan nggak saat musim hujan ya, tapi ini dapat semua koq Ka.

  4. Aaaarrrggg, kalo lihat tempat-tempat indah kayak gini jadi pengen eksplore juga, kangen sama traveling, lagi banyak kerjaan jadi belum sempet jalan-jalan lagi. itu spot snorkelingnya asli keren banget mbak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: