Go Travel, Go to Derawan Island!

It’s a huge universe out there. Go travel!

Inget nggak, sekitar 3 bulan lalu saya memasukkan “berenang sama ubur-ubur transparan di Derawan” dalam bucket list saya? Inget? Kalau enggak inget,  boleh intip di sini deh. And … Guess what??!! Ha ha ha, Gusti Allah itu baik banget sama saya. Minggu lalu saya baru saja menunaikan ibadah snorkling and fun scuba di Derawan. Hihihi :mrgreen: YEAAY!! *lunjak-lunjak senang*

 Jadiiii, Ngapain aja sih di Derawan?

Ho ho ho, Pulau Derawan yang diambil dari kata Perawan (sumpah ini pulau emang perawan banget cakepnya!) benar-benar menawarkan berbagai macam kegiatan liburan yang mengasyikkan. Buat yang belum tahu, Pulau Derawan itu letaknya ada di Kalimantan Timur, ujung selatannya Kalimantan gitu deh. Di sekitar Pulau Derawan itu ada banyak pulau lain yang nggak kalah kece buat dijelajahi lho. Oke, mulai yuks 😉

1 Derawan Island

What to do and See in Derawan?

#1 Let’s Swim with Stingless Jelyfish at Kakaban Island

Aaaaaaa, saya berenang dengan ribuan ubur-ubur jinak yang nggak menyengat! Suatu pengalaman keren yang bikin saya deg-deg byar sebelum nyebur ke danau sekaligus senang banget karena berani megang ubur-ubur yang kenyal tapi nggemesin ini.

Swimming with tingless jellyfish at Kakaban Island
Swimming with stingless jellyfish at Kakaban Island. Thank you @munindohoy for the pic! 🙂

Kalau mau tau kenapa ubur-ubur yang biasanya beracun itu bisa jadi jinak, pantengin blog CE terus ya, bakalan dibahas di artikel berikutnya! 😉

#2 Go Snorkling at Derawan Island

Nggak afdal ke Derawan kalau nggak snorkling! Dan kalau di Derawan, nggak pakai naik boat lama, nggak pakai terguncang-guncang di kapal dengan ombak yang besar, snorkling bisa dilakukan dari … depan cottage!

3 Derawan ISland

Jernih banget kan?

Iyaaa, tinggal jalan ke ujung dermaga, pasang peralatan snorkling dan byuurr … nyebur! Langsung kelihatan pemandangan biota laut yang bikin komat-kamit memuji kebesaran nama Tuhan. Ribuan ikan yellow snapper menyapa dengan centilnya, sementara di sisi lain bersliweran aneka ragam jenis ikan yang bikin ternganga. Mulai ikan macan, ikan skorpion sampai ikan berwarna pelangi! Serius deh, warnanya mejikuhibiniu gitu. Sesekali penyu-penyu berusia ratusan tahun itu menampakkan diri dan bikin saya gatel pengen ngejar supaya bisa megang penyu gitu. Apa daya, saya bukan putri duyung, berenang aja pakai pelampung! Hahaha. Ya mana bisa ngejar penyu yang berenang cepat di lautan gitu. :mrgreen:

4 Derawan Island

#3 Scuba Dive

Kalau kamuh senang dunia bawah laut, Derawan tempatnya. Kedalaman 5-6 meter saja sudah sampai dasar dan nggak bakalan menyesal!

#4 Indulging Leyeh-leyeh at White sandy beach of Tanjung Gusung

Sekitar 15 menit naik speed boat, terhampar tanjung dengan pasir putih yang cantik. Panas? Iya! Cantik? Iya banget! Di Tanjung Gusung ini waktunya leyeh-leyeh kece 😉

#5 Barbecue Time!

Kumpul-kumpul, seru-seru, makin seru kalau barbecue! Bakar ikan, jagung dan segala macam. Ikannya beraneka ragam dan segar banget! Dimasak ½ matang supaya terasa manis dagingnya.

#Enjoy Festival Derawan

Saat saya ke Derawan kemarin, sedang berlangsung Festival Derawan lho. Ada banyak kegiatan yang seru abis untuk dinikmati kayak Perahu Layar, Selancar Angin dan Yacht.

??????????

How to go to Derawan?

Rute menuju Derawan yang saya tempuh adalah: Jakarta-Balikpapan-Berau-Derawan. Yang bisa ditempuh dalam sehari. Panjang ya bow? Tapi asyik! Nggak percaya? Sini, sini, simak cara ke Pulau Derawan cara EKA 😉

Jakarta-Balikpapan

Ada maskapai tercinta kita yang pamornya terpercaya banget. Garuda Indonesia melayani rute Jakarta-Balikpapan 8x sehari aja gituh! Banyak pilihan jam, tinggal sesuaikan sama keperluan deh. Lama penerbangan sekitar 2 jam.

Balikpapan-Berau

Dari Balikpapan menuju Berau dilayani oleh Garuda Indonesia dengan pesawat CRJ-1000 Next Generation. Jadwal terbangnya 2x sehari.

Balikpapan – Berau : 7.05 dan 13.55 WITA (waktu setempat)

Berau – Balikpapan : 8.40 dan 3.35  WITA (waktu setempat)

Jadwal komplitnya bisa dilirik di bawah ini nih:

Rute Garuda dari dan ke Balikpapan

Jujur ini pertama kali buat saya naik pesawat kecil. Tapi ternyata sangat halus lho, saat lepas landas dan mendarat sama sekali nggak terasa goncangan berarti. Dan selama penerbangan,  jelas dunk dilayani pramugari dan pramugara Garuda yang hangat dan ramah. Ohya sekarang pun pesan tiket Garuda Indonesia pun gampang banget, bisa beli online di sini. 😉

Dalam speed boat ini saya berkawan baik dengan goncangan ombak! :D hihi
Dalam speed boat ini saya berkawan baik dengan goncangan ombak! 😀 hihi

Berau-Pulau Derawan

Setelah mendarat di Berau, kami naik mobil sekitar 15 menit kemudian naik speed boat sekitar hampir 3 jam lamanya. Perut dikocok-kocok ombak, pipi ditampar-tampar angin, sampai mules bin pengen nangis 😆 Tapi perjalanan panjang itu semua terbayar sudah saat sampai di Derawan 😀 Pemandangannya kayak gini lhooo!

Sudah seminggu di Jakarta, tapi masih susah move ooon :lol: Hahaha
Sudah seminggu di Jakarta, tapi masih susah move on dari nirwana ini! 😆 Hahaha

Derawan, I’ ll be back! ^_^ Thank you Garuda Indonesia, Pemda Berau dan Berau Coal yang sudah mengundang saya ke Derawan. I love you full! :*

Nah, Sobat CE, kapan menunaikan ibadah snorkling and fun scuba di Derawan? :mrgreen:

 

Little Trivia of Go Travel, Go to Derawan Island!
  1. Sinyal telekomunikasi yang bertahan hidup adalah XL dan Telkomsel. 3G bow! Puas deh upload-upload foto dan bikin mupeng yang di Jakarta. Hihi.
  2. Jangan lupa bawa kartu atau monopoli atau halma gituh. Barbecue makin seru!
  3. Kalau pas di speed boat duduklah dibagian belakang kapal karena di sana goncangan relatif lebih halus dibandingkan di bagian depan.

Baca juga:

1. Can’t Get Rid off Kakaban Lake from My Mind

2. Lost in Tanjung Gusung

3. Fun Dive at Derawan Island

Iklan

72 respons untuk ‘Go Travel, Go to Derawan Island!

Add yours

        1. Aku pake sunblock yang 30SPF. Terus malamnya masih pake after sunblock supaya mengurangi melepuh 😀
          Hmmm soal berapalama baliknya ya tergantung kondisi kulit sih. Aku biasanya butuh 6 bukan untuk balik normal (dengan catatan nggak ke pantai lagi selama 6 bulan). Klo ke pantai lagi ya wassalam :mrgreen:
          Tapi temenku ada yang 2 hari langsung balik lagi normal tuh kulitnya. Nggak bisa item. Beda2 orang sih 🙂

  1. Aku sering dengar tentang Derawan, lihat foto2nya juga sering, tapi belum pernah sekalipun kesana 😀 . Penasaran pengen tahu bgm dan kenapa ubur-ubur bisa jinak ya, ditunggu lanjutan ceruta Eka 😉 .

  2. Selalu iri setiap baca postingan demi postingan di blog ini. Karena isinya adalah jalan-jalan mulu. Cobak ya Eka jalan-jalan ke Bawean, pasti banyak postingan yg akan cerita tentang Bawean 😀

  3. Mirip dengan Pantai di Pulau Sabang, saya bahkan sampai ke Pulau Rondo, perbatasan 3 negara Indonesia, Malaysia dan Thailand.
    Pulau ini tidak berpenghuni, kecuali pasukan marinir sebagai penjaga pulau terluar.
    Pantainya lura biasa bagusnya…. 🙂

        1. Well, keterbatasan itu nggak boleh jadi halangan untuk mencapai impian! ^_^

          Nggak bisa renang? Pakai pelampung.
          Kurang tinggi? Cari suami tinggi biar dia bisa bantu.
          Takut? Sugesti diri kalau hidup cuma sekali. Jadi, kapan lagi nyoba hal-hal ekstrem kalau hukan sekarang?

          *matiin mic*
          *udah cocok jadi motivator, belom?* 😆

  4. Nggak usah yang di Jakarta, yang di Kaltim aja pun mupeng 😀 sayang, suamiku kurang suka wisata pantai kak. Jadi kayaknya aku mesti melupakan impian ke Derawan nih 😀 baca tulisan kakak saja lah 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: