Can’t Get Rid off Kakaban Lake from My Mind!

Travel is about the gorgeous feeling u get.-Anon-

Setiap kali saya bepergian, entah menyebrang lautan, menembus gunung atau sekedar blusukan ke belakang rumah, ada suatu perasaan berbeda yang menggelitik hati. Perasaan itu yang bikin saya kecanduan untuk traveling 😉

***

Saya mencoba menenangkan detak jantung yang berlompatan, rasanya deg-deg.an. Gimana nggak deg-deg.an? Setelah menerjang ombak selama hampir 1 jam perjalanan dari Pulau Derawan, sebentar lagi, salah satu bucket list saya akan segera tercapai. Oh My God! Bahkan lebih cepat dari yang saya rencanakan! Hello, ubur-ubur jinak di Danau Kakaban, saya datang! ^_^ :mrgreen:

??????????Mata saya menyapu pulau kecil yang katanya ada jutaan ubur-ubur itu. Pepohonan rimbun yang hijau begitu menyejukkan mata. Bola mata ini nyalang mencari di mana ubur-ubur itu berada. Kata Mas-mas penjual tiket masuk, si ubur-ubur ada di danau di tengah pulau. Mesti naik tangga dulu ke belakang.

Oke, perkara naik tangga sih nggak seberapa, asal bisa lihat ubur-ubur. Tapi ternyata naik tangganya PR banget! Walau nggak lama tapi lumayan bikin jantung saya yang jarang olahraga ini sedikit ngos-ngosan. Hihihi.

Oke, perkara naik tangga sih nggak seberapa, asal bisa lihat ubur-ubur. Tapi ternyata naik tangganya PR banget! Walau nggak lama tapi lumayan bikin jantung saya yang jarang olahraga ini sedikit ngos-ngosan. Hihihi.

Setelah 5 menit menyusuri tangga/jalan setapak buatan itu, jantung saya makin berdebar-debar. Kayak apa sih danaunya? Kayak apa sih ubur-uburnyaaaa? Dan begitu rerimbunan pohon itu tersibak… Saya mengambil napas sebentar. Ya Tuhan, kok CANTEK banget? Dan suasananya… suasananya sepiiii! Rasanya kami jadi punya pulau pribadi!

Begitu teduh, tenang dan damai! Pengen nyemplung aja nggak sih kalau lihat ini?

Tanpa pikir panjang saya langsung nyebur. Ahya tapi tentunya setelah pakai pelampung yaaa. Saya kan nggak bisa berenang 😀 Rasanya gimana gitu waktu nyemplung ke dalam danau… Sekujur tubuh saya seperti geli-geli lucu. Ternyata itu ubur-ubur nggak takut sama manusia, justru kalau lihat kita dia mendekat! Ubur-ubur yang aneh, nggak takut saya panggang, po? :mrgreen:

Underwater pics by @munindohoy. Danke! 🙂

Di danau Kakaban ada 4 jenis ubur-ubur, tapi saya hanya melihat 2 saja. Yang coklat seperti ini dan yang berwarna transparan terang seperti piring terbang. Jangan tanya perasaan saya, ngeri, seneng, nggak percaya, penasaran, semua numplek jadi satu!

Ah ya, tau nggak kenapa ubur-ubur di Danau Kakaban ini nggak beracun?

Jadi pada jaman dahuluuuuu kala, ada jutaan ubur-ubur terjebak di danau Kakaban pada saat air laut surut. Danau terisi dengan air laut, air hujan dan air tanah. Nah, karena mereka nggak harus melawan predator, akhirnya para ubur-ubur itu berevolusi jadi kehilangan kemampuan menyengatnya. Alam memang punya kearifannya sendiri ya untuk bertahan hidup? 😉

.

.

5 Kakaban LakeSaya menghabiskan waktu hampir 2 jam hanya untuk berenang dan leyeh-leyeh nikmat begini. Rasanya enggak mau pulang! Aaaaaa :mrgreen:

Selamat hari Rabu, Sobat CE! Ke Kakaban yuks 😉

Little Trivia of Can’t Get Rid off Kakaban Lake from My Mind :

  1. Tiket masuk ke Danau Kakaban adalah Rp. 10.000,-.
  2. Datanglah ke Pulau Kakaban dari pagi agar lebih puas menikmati pulau ini karena menjelang sore angin lautnya semakin kencang dan itu berbahaya saat perjalanan pulang menuju Derawan.
  3. Selain berenang bersama ubur-ubur, bisa snorkling juga di sekitar Pulau Kakaban.

Baca juga:

1. Go Travel, Go to Derawan

2. Lost in Tanjung Gusung

3. Fun Dive at Derawan Island

Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kalimantan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

54 Balasan ke Can’t Get Rid off Kakaban Lake from My Mind!

  1. Lidya berkata:

    Asyik ya mbak berenang dengan ubur2.aman ya mbak?

  2. johanesjonaz berkata:

    naik perahunya dari DErawan ke Kakaban itu yang mahal.. 😦

    • Ceritaeka berkata:

      Kalau naik speedboat kecil isi 4 orang tarifnya soh kemarin 1 juta. Bagi 4, masing-maaing 250ribu, menurutku masih masuk akal. 1 jam di laut jeh 😀 bensinnya pun pasti mehel.

  3. ceritasofi berkata:

    hihihi…kalo inget ubur-ubur jadi inget spongebob. Kira-kira ada gak ya ubur-ubur warna pink :mrgreen:
    Mbakkk…futumu cekciii cekali deeh

  4. ladeva berkata:

    Huaaaa…doi ke Kakaban T_T
    Aku mupeng sangat ke sini…semoga bisa segera ke sini 🙂

  5. Ping balik: Go Travel, Go to Derawan Island! | Cerita EKA

  6. Arman berkata:

    bagus ya ka lake nya…

  7. kinzihana berkata:

    Mak itu yang pek pelampung lagi tidurannn mauuuuu

    ada buaya bener takut dah 😀

  8. jadi pengen pulang kampung….:)…

  9. supernopha berkata:

    Aaah Mbak Eka udah ke sana duluan! senangnya snorkling dama ubur ubur. Jadi pengen trip ke sana. 😀

  10. nyonyasepatu berkata:

    aku sebel pas ke kakaban gak punya foto dgn ubur2nya huhhu

  11. ded berkata:

    Wiiih, eka ga takut tiduran begitu di danau, siapa tau ade buaye nye ?

  12. lindaleenk berkata:

    Terlihat menyenangkan sekali inih! 😐 *masukin list*

  13. jensen99 berkata:

    Travel is about the gorgeous feeling money u get.-Jensen-

    :mrgreen:
    Stingless jellyfish itu langka emang. Cuma eksis di 2 tempat di dunia termasuk kakaban. Semoga selalu lestari, gak keracunan setelah kamu berendam di habitat mereka… *kabur*

  14. Keren! saya pernah jugak tapi di Togean. 😀

  15. jadi mikir gimana ambil foto yg terakhir =))))

  16. bebe' berkata:

    hmmmm.. jadi pingin lagi.. huaaaaa.. aku mau berenang sama spongebob.. #eh

  17. tikateacool berkata:

    mbak, jangan lupa maen ke togean. disana juga ada ubur2 yg ga beracun, tempatnya juga keren banget. belum ke sulawesi kalo belum ke togean deh. *promosi. hehehe

  18. monda berkata:

    ampuuun….jadi kepengen nih……seru banget Eka

  19. Fascha berkata:

    Suka potonyaaa! Eh, ubur-uburnya udah jinak 😀 btw itu airnya disana asin gak sih? secara kan danau ….

  20. pursuingmydreams berkata:

    Oo begitu ceiranya jadi ubur-ubunya ga beracu 😀 . Tiketnya asyik baget ga mahal 😉 .

  21. cumilebay.com berkata:

    Keren keren … Seru banget berenang bareng ubur2 ini 🙂

  22. Fahmi Anhar berkata:

    semoga danau kakaban ini ttp lestari ya, meski semakin banyak pengunjung yg main kesini… entah kapan aku bisa kesampaian ke derawan-kakaban-maratua-sangalaki 🙂

  23. Ping balik: Lost in Tanjung Gusung | Cerita EKA

  24. kangen tempat ini…. :((, pamer ah video ubur2… ngambilnya sampe nungging2 di dalem air http://dananwahyu.com/2012/11/21/tarian-ubur-ubur/

  25. niee berkata:

    Ya ampuunn.. surga banget mbak.. duuhh masih lama bisa traveling lagi..

  26. Fahmi berkata:

    waah ubur – uburnya banyak yaa~~ liatnya geli gimana gitu hahaaa 😀

  27. Titiw berkata:

    Mbak, tadi aku komen masuk ndak ya? Tiba2 sinyal jatoh. Hahahahaha.. Aaak foto underwaternya iri to the max! :))

  28. Ping balik: Before I Die Bucket List | Cerita EKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s