Fun Dive at Derawan Island

Disclaimer: Postingan panjang penuh curhat. Cocok dibaca saat senggang :).

Entah sudah berapa kali saya mendengar cerita teman saya tentang serunya diving. Yang kerenlah, yang berasa butiran debulah, yang luar biasa indahlah, dan yadda yadda yadda. Tapi terus terang semua cerita itu tidak menggugah saya untuk  belajar diving. Tapiiiii, itu semua berubah saat saya melihat foto-foto underwater milik Mumun yang baru aja menunaikan ibadah diving-nya di Derawan.

Fun Dive in Derawan 2Salah satu foto underwater milik Mumun yang bikin saya pengen Diving!

Huaaaa keren amat! Aaaaaa, tanpa pikir panjang saya pun bilang kalau saya mau juga diving. Sempet deg-degan.an karena saya belum pernah diving dan nggak bisa renang tapi Mumun menenangkan dan bilang untuk pemula kayak saya bisa cobain Fun Dive a.k.a Fun Scuba. Maka, walau persiapan saya minim, saya pun nekat menelepon Mas Icuk, sang instruktur diving rekomendasi Mumun. Ya, ya, saya nekat. Ini namanya KEPENGEN mengalahkan KETAKUTAN :mrgreen:.

Besoknya dengan semangat 45 saya pun nyamperin Mas Icuk. Tapi semangat saya patah oleh cuaca. Mas Icuk bilang cuaca lagi buruk, nggak bagus buat diving. Bahaya! Sebenernya saya mau protes, tapi nggak berani. Satu jam kemudian … Ada SMS dari Mas Icuk yang mengatakan bahwa cuaca sudah bersahabat! Aaaaa saya langsung capcus ke tempat Mas Icuk lagi 😀 diajari bahasa isyarat untuk dibawah laut serta dasar-dasar pemakaian dive gear. I was like super excited!!

Dive gear yang saya pergunakan.

Dive gear yang saya pergunakan.

Kemudian berlayarlah saya, Mas Icuk dan satu pengemudi kapal. Saya deg-deg.an. Suami saya SMS dan bilang hati-hati serta mengingatkan agar saya mengikuti semua instruksi Mas Icuk. Weleh, saya makin deg-deg.an. Bawah laut, maaaan!

Setelah memasang 5kg pemberat di pinggang. Saya pun turun pelan-pelan ke dalam air ditemani Mas Icuk. Tapi belum juga 2 detik di bawah air, saya panik! Saya bingung dan takut! Saya ngeri ngeliat laut yang lebih gelap daripada di darat. Dunia yang asing dan tidak familiar. Saya cepat-cepat memberikan isyarat untuk naik.

Ini posisi di mana saya mulai turun ke bawah air.

Ini posisi di mana saya mulai turun ke bawah air.

Mas Icuk pun membimbing saya untuk perlahan naik lagi ke dalam permukaan laut. Di situ saya bimbang. Mau terus diving atau mau berhenti aja? Muka saya pucat, bibir saya bergetar. SAYA TAKUT! Mas Icuk diam sejenak memberikan kesempatan buat hati caya yang bimbang untuk memutuskan.

What the heck! Sudah sampai Derawan dan nggak diving kok kayaknya saya rugi besar. Saya putuskan untuk lanjuut terus! Dan saya pun tersenyum serta memberikan kode untuk turun lagi ke dalam air. Mas Icuk mengerti kode saya dan perlahan-lahan saya pun masuk lagi ke dalam dunia bawah laut.

Beberapa saat setelah saya turun ke dasar, gendang telinga saya terasa sakit karena tekanan air laut. Itu hal yang normal. Cukup jepit hidung dengan tangan supaya dekanan di gendang telinga menjadi normal kembali. Dan saya lakukan itu.

Saat kaki saya menyentuh dasar laut, saya mulai agak panik lagi. Tapi ada suara hangat di hati saya yang bilang “This is it, Ka! You are in an underwater world right now! Control yourself, your fear and ENJOY it!

Perlahan saya mulai mampu menguasai diri lagi, dan perlahan pula dengan bimbingan Mas Icuk saya mulai menjelajah dasar laut (IYAAAAA! SAYA ADA DI DASAR LAUT) dan melihat ke kiri serta ke kanan. Saya tersentak melihat pemandangannya!

Fun Dive in Derawan 3Yang saya lihat begitu mengagumkan. Kalau kepuasaan dan keindahan snorkling itu dapat ponten 8, maka diving itu 10 kali lipat lebih indah dan luar biasa. Ada karang-karang cantik yang luar biasa besar di dekat saya. I even can touch it! Ada kumpulan ikan yang berenang-renang genit di sekeliling saya. Seolah saya adalah bagian dari mereka dan mereka tidak memerdulikan keberadaan saya. Ikannya macam-macam dengan warna-warni yang memukai mata. Ikan macan, ikan seperti singa, ikan berbentuk pelangi, ikan itu bersliweran di dekat saya.

Fun Dive in Derawan 1Melihat keindahan itu tanpa saya sadari air mata saya jatuh. Tuhan itu luar biasa. Diciptakannya alam ini dengan keelokan yang tidak terkira. Yang lebih luar biasa lagi …. Saya mendapat kesempatan mengaguminya!

Saya masih terpana dengan pemadangan bawah laut yang luar biasa, mendadak Mas Icuk mencolek lengan saya dan menunjuk-nunjuk ke suatu arah. Di sana, di ujung telunjuk Mas Icuk, saya melihat penyu yang besarnya 2x lipat manusia berenang tepat di samping saya. Saya terkesiap! Bingung nggak tau harus bersikap bagaimana. Dan sesungguhnya saya takut digigit penyu :mrgreen: Abisnya penyunya GEUDEEEE bow!

Tapi, tak dinyana, Mas Icuk membimbing tangan saya membelai punggung sang penyu! Gila! Ini gilaaaa!! Keren banget! Whoaaaaa mau nangis bahagia nggak sih guueeee??!! Mungkin Sobat CE pikir saya lebay. Tapi rasain sendiri sensasinya dan pasti bakal ngerti kenapa saya menulis begini. It was awesome!

Dan perasaan itu terus melekat di dalam hati saya bahkan hingga berhari-hari setelah Fun Dive berakhir. Gusti matur nuwun! Sekali lagi saya harus sampaikan terima kasih juga buat Garuda Indonesia, Pemda Berau dan Berau Coal yang telah mewujudkan salah satu mimpi saya ini 🙂

“It’s better to see and  try something once than to hear about it a thousand times.”
Hal baru apa yang ingin Sobat CE coba?

Little trivia of Fun Dive at Derawan:
1.    Kunci utama di bawah laut adalah JANGAN PANIK. Apapun yang terjadi tetaplah tenang.
2.    Jangan kuatir kalau nggak bisa berenang, dalam diving itu yang dibutuhkan adalah keahlian tenggelam bukan berenang :mrgreen:. Anyway, kalau diving kan pakai jaket pelampung jadi gpp.
3.    Hafalkan bahasa isyarat dengan baik karena di bawah laut nggak bisa ngomong Cyin! Bahasa kode aja yang laku dan dimengerti 😀
4.    Kalau di Derawan dan butuh instruktur dive telepon aja Mas Icuk di +6281347229602. Orangnya baiiik banget dan sabar. Recommended!

Baca juga:

1. Go Travel, Go to Derawan

2. Can’t Get Rid off Kakaban Lake from My Mind

3. Lost in Tanjung Gusung

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kalimantan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

62 Balasan ke Fun Dive at Derawan Island

  1. Yahya Kurniawan berkata:

    Mbok saya diajak dan diajari

  2. pursuingmydreams berkata:

    Kalau nyelam harus punyasertifikat diving dulu ga sih?. Bagus banget foto bawah laut ya 🙂 .
    Hal baru yg ingin kucoba pengen berada dipuncak gunung es 😀 .

    • Ceritaeka berkata:

      Iya, Kak. Harus punya sertifikat. Tapi kalau fun diving dengan dijaga master dive gpp. Cuma kalo fun diving itu nggak bisa terlalu dalam atau eksplore lebih jauh. Paket limited gitu deh 😀
      Wah semoga tercapai keinginannya ya kak 🙂

  3. Messa berkata:

    waww cool 😀 btw, kakak nulisnya udah kayak nulis novel deh 😀 keren euuy 😀 gue berasa nyelam juga kak 😀 thanks for sharing 😉

  4. DebbZie berkata:

    Jadi kangen diving :’)
    Cantik ya Kaaa pemandangan di bawah, aku ngerasa damai kalo udah dalem laut. Tenang banget

  5. wah serunya…. kayaknya aku meracunkan diri dengan diving :p

  6. wah seru bgt ya pengalaman nya mbak..sy jadi kepengen juga ngerasain diving..ngeliat2 keindahan bawah laut

  7. semoga suatu hari phobia gw sama air laut bisa teratasi ^^

  8. Lidya berkata:

    foto pertama itu underwater ya mbak? gak kelihatan ya saking bagusnya

  9. nophi berkata:

    wah keren mbak,, ohh ternyata gelap ya didasar laut baru tahu hihi

  10. winnymarch berkata:

    keren bgt udh nyampe aja ke derawan

  11. Isnuansa berkata:

    Huwaaaaa, Eka udah nyelem aja… Keren bisa ngalahin ketakutan.
    Nek aku yo tetep wedi. 😥 Ga wani nyobo…

  12. isoshare berkata:

    Pengen Diving tapi sayang nya satu, nggak bisa berenang 🙂

  13. cumilebay.com berkata:

    Cakep banget bawah laut nya, ngilerrrrrrrr

  14. Derawan next destination)nya si Abi yeuh, kalau daku mau ikut, yah hrs bisa divig, kl ga rugi beneran spt yg mba eka bilang. Tapi daku masih belum berani ya Mba buat latian diving…padahaldikolam doang yang dalemnya 3-6m…buatku soalnya daku berenang aja maunya kepalanya ttp dipermukaan air, buatku keahlian tenggelam lebih susah daripada elaar berenang ^^

  15. Pypy berkata:

    Seruu sekaliii.. Ngimpii banget tuh saya bisa diving disana.. Owh.. Baca balesan komen ke kak Nella. Jadi fun dive itu ga perlu sertifikat yah? Kalo fun dive di derawan kmren abis brp duit kah?

  16. Yance berkata:

    Seruuu banget ternyata yahh….tapi harus mengalahkan ketakutan ..rasa panik..dll…thanks infonya ka…

  17. bandanaku berkata:

    gw ga berani diving….bahkan untuk duckdive aja badan ga mau tenggelam, semacam ada trauma gitu kalo masuk ke dalam air….tapi kalo snorkeling siy, kuat deh berenang warawiri ga pake lifejacket jadi tetep menikmati mengapung dipermukaan saja….hheehhee

  18. V berkata:

    ngakak. inget sesi belajar di kolam 5 meter yg hancur lebur itu :))

  19. indobrad berkata:

    baiklah. jadi kapan kita fun diving? #kode

  20. iQko berkata:

    Oke, ini.bikin.iri.

    Hahahaha, sewaktu di Gili Air sempat parno dan hampir tenggelam >.<, jadi kalo diving akhirnya mesti mikir-mikir lagi. Huhuhuhuhuhu

  21. niee berkata:

    ih, aku belum kesampaian deh diving >.<

    tapi mbak mana foto mbak ekanya? 🙂

  22. Goiq berkata:

    kalo gak bisa berenang gimana Ka ?

  23. iPul Gassing berkata:

    Syukurlah sudah berani diving hihihi
    saya juga sudah beberapa kali diving, tapi belum dapat sertifikatnya. duitnya belum ada, mau nembak belum nemu calonya #eh

    sekarang malah kepengen belajar free dive, kayaknya lebih menantang
    hahaha

  24. chris13jkt berkata:

    Wah wah wah . . Mbak Eka benar-benar meracuni aku untuk pengen diving juga nih. Selama ini gak pernah punya niat diving karena memang gak bisa berenang juga 😛

  25. arievrahman berkata:

    Oh, sekarang mas icuk udah alih profesi to?

    *smes*

  26. Ping balik: Go Travel, Go to Derawan Island! | Cerita EKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s