Nge.gembel. Jakarta-Jogja!

Tahu bedanya kereta Eksekutif, Bisnis, atau Ekonomi tidak?  Kalau tahu, bagus! Kalau tidak, heemmm.. coba cari tahu bedanya, sebelum kejadian berikut ini terulang lagi dalam sejarah 😉

Jadi gini, saya dan mamak saya yang remeng tapi nggemesin itu harus ada di Jogja hari sabtu (27/03/10) pagi. Mau pake montor mabur, bis, truk ato ngesot sekalipun, pokoke MESTI, KUDU, WAJIB nyampe Jogja. Nah, suami saya yang ganteng itu dengan berbaik hati menawarkan diri untuk membelikan tiketnya. Sudah dua jam berjibaku mengantri di stasiun Gambir , tiket Eksekutif (KA Taksaka/Argo Lawu) yang diinginkan dinyatakan SOLD OUT. Mengingat amanah ibu mertua a.k.a mamak saya yang mengatakan bahwa apapun yang terjadi mesti berangkat ke Jogja, maka terjadilah insiden itu :mrgreen

“Hon, tiketmu ke Jogja nanti sore udah siap. Naik bisnis yah, bisa berangkat dari stasiun Jatinegara,” kata suamiku.

“Apa bang?! Naik ke.. kereta apa?!” Tanya saya tergagap tanpa bisa menyembunyikan keterkejutan. Serentak daun telinga ditegakkan, takut salah mendengar penjelasannya.

“Iya, kamu nanti naik kereta Bisnis Senja Utama ke Jogja. Tiket eksekutif udah habis, daripada kamu gak bisa berangkat jadi aku beliin tiket Bisnis. Cerdik kan?” Katanya lagi sambil mengedipkan sebelah matanya. Dada ini berdebar kencang, aliran darah lancar, hati terasa ringan, dan saya pun tertawa lebar mendengar kepastian bahwa saya akan berangkat dengan kereta Senja Utama. Terbayang serunya naik kereta tanpa AC, semilir angin malam akan menerpa rambut ini. Keakraban dengan penumpang lain, bisa ngobrol ngalor ngidul padahal baru kenal. Aiiih… sudah sejak lama saya mengidamkan bepergian lagi dengan model begini. Terakhir tahun 2000 silam, sudah 10 tahun lamanya. Tercium aroma petualangan! 😉 Sipiriliii. Yihaaaaaaaaaa!!! Hati ini melonjak kegirangan.

“Kamu kasih tau inang yah, biar siap-siap.”. ujarnya membuyarkan lamunan liar petualangan. OK, sampe pada kalimat ituh, tawa bahagia ini hilang. Muka langsung berubah dari bersemu merah karena gembira berganti dengan pucat pasi hampir basi.

“Ala makjaaaan!!! Tobaaaaaaatttt!!!!” Teriak saya histeris sambil menepuk dahi.

Kalem hubby bilang, “Kenapa hon? Tiket bisnis pesawat aja enak.. Kereta bisnis juga pasti enak deh.”

Seperti disamber gledek rasanya mendengar jawaban ringkas itu 😯 . Jelas, hubby gak tahu bedanya tiket eksekutif dan tiket bisnis.  Moso tiket bisnisnya kereta dibandingin sama bisnisnya pesawat??!! ! @#)$%^&*!@ Mau pingsan gak seeehh???

“Harganya aja hampir sama, tiket eksekutif tuh IDR.280.000, Senja Utama IDR 250.000/orang.” Hubby menambahkan detil tatkala melihat muka plongo yang saya sajikan. Saya makin bengong persis seperti anak ayam kehilangan cacingnya yang dipatok oleh babon. Salahkah kalo saya menepuk dahi lebih keras lagi?! berkali-kali malah? OMG!!! Dearest hubbyyyy tahukah kamu bahwa tiket kereta Bisnis tuh normalnya hanya IDR 130.000 sahaja?! Pasti ini beli dari calo. Tahukah kamu bahwa kereta bisnis ituh juauuuuuh banget bedanya dengan eksekutif? Nih saya bikinin perbandingannya:

Kereta Eksekutif:

  • AC.nya dingin banget, bahkan kalo tidur aja mesti kemulan.
  • Selalu dapat prioritas untuk jalan duluan. Jadinya cepet.
  • Rapi, tenang karena peraturannya gak ada pedagang asongan boleh masuk.
  • Bangkunya empuk dan bisa di.adjust individually.

Kereta Bisnis:

  • Adanya kipas angin itupun kalo nyala. Siap-siap gerah!
  • Harus sering ngalah untuk ngasih jalan kereta eksekutif. Jadi sering berhenti gak jelas di beberapa stasiun. Alias lambaaat boow!
  • Silahkan pilih jajanan, segala macam pedagang ada 😀
  • Errr… bangkunya empuk gak yah? Well yg pasti kemaren tuh bokong saya tidak bulat lagi setelah semalaman duduk, udah jadi kotak kayak kursinya kereta.

Busyet dah! saya memang berusaha mencari kesempatan untuk travelling nge.gembel, tapi mamak? 🙄 Apakah beliau siap? Gubraaak!!

***

Jadi dengan menyeret satu kopor besar yang kira-kira beratnya 17kg, saya dan mamak melangkah penuh kepercayaan diri kedalam gerbong kereta. Heiits jangan protes ya boow… kita kan cewek gitu loh.. biarpun pergi cuma dua hari, sepatu, baju, sandal mesti matching… belum lagi peralatan mandi and kosmetik yang segudang itu, jadi ya… kopernya jadi berat :mrgreen: hehehe. Oke back to topic. Saya dan mamak menaiki tangga kereta dan mencari tempat duduk. Gerbong 8 bangku nomor 2 C & D. Begitu sampai di kursi dengan nomor yang tertera, saya lihat mamak langsung lemas. Bukaaan.. bukan karena disitu ada Glenn Fredly penyanyi favorit saya itu.. tapiiiiiiiiiiii… ternyata tempat duduk kami persis dibelakang toilet!!! Sekali lagi diulangi ya T.O.I.L.E.T !

Demi Nyi Roro Kidul Penguasa Laut Selatan!!!

Ini sih bukan aroma petualangan yang tercium tapi parfum bau pesing alamat bakal sering mampir!

Dan benar saja, tangan kanan saya pegel karena semaleman mesti ngipasin mamak, selain karena kepanasan juga karena tiap kali ambu pesing yang breng-brengan itu tercium, mamak minta kipasnya dikencengin. Tobaaaat.. Tobaaaaaatttt!! Dalam semalam otot bisep tangan saya jadi berbentuk deh :mrgreen: (betapa saya anak yang berbakti bukan? 😛 )

Anw, sebenernya naek kereta senja Utama itu seru banget lhooo! Saya bisa kenalan sama orang-orang. Trus suasananya lain… hangat. Waktu turun, tanpa dimintai tolong.. ada yang membantu menurunkan koper seberat 17kg ituh.. Aiih, so sweet kan?

OK, buat temen-temen yang mau ngerasain naek kereta ini, berikut sedikit tips agar perjalanannya nyaman :

  1. Bawa kipas boow.. soalnya AC.nya kan AC alam. Walopun ada kipas angin.. errr…  beruntunglah kalo nyala 😀 Jadi daripada mandi keringat, so bawa aja kipas tradisional, lebih bagus lagi sih kipas elektrik yang kecil itu biar gak pegel :mrgreen:
  2. Pake baju yang comfy, dari bahan katun ato yang nyerap keringat. Paling aman sih kaos.
  3. Pipis dulu dari rumah. Tapi kalo mo nyobain toilet di keretanya sih ya monggo. Cuman saya ogah 😕
  4. Pegang tiket baik-baik. Karena pengecekan tiket dilakukan lebih dari satu kali.
  5. Bawa bantal kecil. Di kereta sih ada yang menawarkan penyewaan bantal juga, kalo saya mah malas. Bekas iler-iler orang juga. Mau? 😈
  6. Kalo gak biasa tidur sambil duduk, boleh bawa koran. Nanti tinggal ngglosor aja dibawah, gelar koran lalu bubu deh.
  7. Buat yang punya perut gembul, jangan lupa bawa snack. Soalnya sebelum stasiun Cirebon (which is 4 jam perjalanan dari Jakarta) makanan yang dijajakan  rata-rata makanan kelas berat, macam nasi goreng, nasi ayam, dll.
  8. Pas beli tiket, usahakan cari bangku ditengah-tengah. Kalo di dekat pintu kereta, jelas kurang aman karena banyak orang lalu-lalang. Apalagi kalo deket toilet… bisa-bisa nanti bernasib sama kayak saya 😎
  9. Waspada dengan barang bawaan. Kalau pergi berduaan, bobonya gantian ajah. Takutnya pas kita tidur ada yg iseng nggrepein tubuh tas kita.
  10. Yang terakhir, mari berdoa untuk keselamatan bersama. Soalnya selamat itu murni kuasaNya Allah 😉

Nah, udah jelas kan. Sampe sini masih ada yang berani nge.gembel???

Yuukzzz…. 😎

Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia, Jawa, TRAVELLING dan tag , , , , , . Tandai permalink.

105 Balasan ke Nge.gembel. Jakarta-Jogja!

  1. arman berkata:

    huehehee… pantesan twitteran terus sepanjang perjalanan… 😛 jadi tangan kiri ngipas2, tangan kanan twitteran gitu ya ka? hahaha

    gua pernah tuh naik kelas bisnis dari cirebon ke jkt. gara2 kereta eksekutifnya dibook ama mentri siapa gitu. kurang ajar. tapi mau gak mau pulang jkt karena seninnya kerja. emang parah tuh kereta ya. panasnya ajubile… gua dari cirebon ke jkt doang aja udah menderita banget rasanya, gimana lu jkt-jogja ya? 😛

    trus balik jkt nya pake bisnis lagi gak? hahahaha.

    #EKA
    Gue, jakarta Jogja? Ya hasilnya seperti yang lu baca di twitter gue Man 😀 huahahahaha
    Asli, gue sih Fun ajah Man.. yang bikin repot karena kasian sama mamak gue ituh 😉
    Baliknya? Hemmm… ntar di update lagi lewat tulisan 😀 (tetep deh promosi) hahaha
    .-= arman´s last blog ..Bulan Maret Itu… =-.

  2. shalimow berkata:

    wowowow
    seebuah perjuangan untuk menikmati angkutan massal
    sesekali OK aja, hehehe
    tx bos

    #EKA
    hihihi perjuangan yang menyenangkan! 😀
    andai suami saya ikutan naik itu kereta… hihihi pengen liat ekspresinya…
    .-= shalimow´s last blog ..Shalimow, Apa Sih Arti dan maksudnya OM, Mas, Pak? =-.

  3. vizon berkata:

    kalau ngegembel lebih yahud lagi pake kereta ekonomi, ka… 😀

    #EKA
    huahhahaha katanya sih begitu uda…
    uda udh pernah lom? 😉

  4. DV berkata:

    Jadi, Ka… daganganmu laku berapa kemarin di atas kereta? Hahahaha!

    Satu hal yang kuinget dari pemandangan kereta bisnis adalah muka-muka mengkilap para penumpangnya karena berminyak hahaha!

    #EKA
    hihhi dagangan gue laku Don! Jualan jasa pengipasan. Pembeli setia mamak gue 😀 hehehe
    btw, betuuuul bgt.. muka berminyak ituh dimana2 terlihat
    .-= DV´s last blog ..Selamat Paskah, semoga Munir dan Marsinah berbahagia di surga =-.

  5. desty berkata:

    berani nyobain kelas ekonomi?? :mrgreen:

    #EKA
    Temenin yaaaa 😀

  6. ikkyu_san berkata:

    hmmm aku mikir bener deh Jakarta-Jogja naik kereta. Mungkin lebih baik naik mobil. pernah naik kelas exe dan ACnya lebih dingin dr musim dingin di sini. Kapok!
    (Bukan berarti lebih mending panas loh hihihi)

    EM

    #EKA
    ha?? 😯 mbak EM yang negara 4 musim aja masih bilang kalo AC di exe dingin banget?

    .-= ikkyu_san´s last blog ..Dakko chan atau Dakocan =-.

  7. mawi wijna berkata:

    Betul itu kata Uda Vizon. Pengalaman saya ke Surabaya 7 jam naik Kereta Ekonomi Gaya Baru Malam, dapet depan WC 😀

    Tabahkan hatimu mbak, ujung timur pulau Jawa masih menanti dijelajahi dengan kereta non-eksekutif, hehehe

    #EKA
    huahahha gue tabah banget lagi Wij! BANGET!! :mrgreen:
    eeeh.. ujung timur jawa? naek kereta?
    mending naek si lafly blue deh wij! 😀

    .-= mawi wijna´s last blog ..Visi: Komunitas =-.

  8. Yessi berkata:

    ayooooo…nge-gembel lagi 😉

    #EKA
    Temenin yaaaaaaaaa 😉
    Berani gak lu Yes?
    .-= Yessi´s last blog ..poto-poto okbong getoh 🙂 =-.

  9. depz berkata:

    dasar bukan bekpeker sejati 😛

    gw pernah waktu jkt-sby naek kereta bisnis
    gw pkir beda2 tipislah sama eksekutif
    tp ternyata?? amponnnnn dije
    hahhahaha

    gw sih mending naek bis daripada kereta bisnis
    😉

    #EKA
    huahahaha sama aja lu ama misua gua…
    Ngira eksekutif and bisnis beti doank hahaha 🙄
    btw emangnya lu bekpeker sejati apah????

  10. Nug berkata:

    Hahaha… selalu suka membaca tulisanmu. Dan kadang sampai ngakak2 sendiri.. :mrgreen: It remind me of my own experience long long time back..

    Kelas Bisnis aja udah nge-gembel, kalo kelas Ekonomi “Ngepel” sekalian kali ya Ka… 🙂

    #EKA
    Eeeh oom ASN dulu suka nge.gembel juga toh?
    .-= Nug´s last blog ..Persimpangan… =-.

  11. novee berkata:

    dakyu baru 3 minggu yang lalu kejogja dengan suami & 2 anak saya(balita) ke jogja naek kereta ekonomi. ceritanya mo belajar jadi keluarga Backpacker..*nekad memang

    bermacem2 pengalamannya. dari yang kepanasan, kelamaan, tempat duduk jatah saya+anak yang dikuasai teman sebangku dan anaknya…sampe tas ransel yang saya taro dilantai di muntahin oleh anaknya tetangga sebelah..wuiiihhh mantep..tep..tep..tep deh.

    tapi kayaknya anak2 saya merasa itu pengalaman yang benar² berkesan. mereka bilang keretanya enak, banyak tukang makanan dan maenan (yang ini bikin tekor bandar..hehehe)cuma sayangnya panas karena nggak ada ACnya…

    #EKA
    Astagaaaah seru bangeeet!!!
    Heibaaat berani naik ekonomi.. Jempol!
    heheh soal pedagang2 itu.. emang bener bikin bangkrut! hahaha

  12. siti mpok berkata:

    Waaaahhh….. Akhirnya gw percaya Ka. Trus kebukti juga kalo Eka emang anak yg berbakti pada mamak juga ya. 😆

    #EKA
    hahaha mesti ada bukti poto ya boow 😀
    Tuh gue beneran naek Senja Utama boow! 😉

  13. Lala berkata:

    Hehehe…
    Aku pernah ngegembel Surabaya-Bandung-Surabaya, Ka. Naik kereta bisnis dan takjub sama satu keluarga yang tiap kali ada pramugara kereta nawarin makanan, dia selalu ambil! Pas mau berhenti dan ditagih, dia bengong aja karena abisnya buanyak buanget… Aku sama temenku langsung ketawa geli karena ngeliat mereka… Jangan2 mereka nggak tau kalau itu bukan fasilitas dan musti mbayar.. hehehe…

    Anw,
    Kamu memang anak berbakti, Ka! Bravo! 😀

    #EKA
    hahahha keknya itu sekeluarga gak tau tuh La…
    kebayang muka surprisenya..
    haduuuh kasian banget…
    .-= Lala´s last blog ..Menulis Fiksi =-.

  14. wi3nd berkata:

    he he..
    aku da pernah kak,naek eksekutip uda,bisnis uda,ekonomi ju9a..

    yaahh 9itu dech,bisnis ma ekonomi palin9 banyak tukan9 jualannya,ke toilet,nanti dulu,mendin9 ditahan dech he he

    tapi tetep seru apala9i 9embel baren9 temen temen.. 🙂

    #EKA
    ah ya.. kalo bareng temen2 keknya seruuu.nya double! 😉

    .-= wi3nd´s last blog ..~ The upiLers..~ =-.

  15. christin berkata:

    aku pernah ka ngegembel dari jkt ke jogja berdua sama si pacar naek kereta ekonomi… dan gak dapet tempat duduk 😆 terpaksa lesehan di deket WC nyahahaha untung gak pas di depannya..

    btw itu caption gambar pertama kereta bisnis kan, bukan eksekutif? ngeri aja kalo taksaka sampe kaya gitu 😯

    #EKA
    xixixixi tenaaang non..
    semua gambar yg ada disini adalah gambar di kereta bisnis 😀
    .-= christin´s last blog ..Malam Ini =-.

  16. ImamS berkata:

    weleh…weleh…
    itu belum seberapa loh mbakyu…

    Cobain juga dong yang kreta economi.
    Dijamin lebih mak-nyUUSz.

    Bila perlu, bisa berdiri selama perjalanan.
    Enak to? Mantep to? Hayo..kemana?

    Tak gendeng… kemana-mana. Bisa gendeng beneran deh…
    .-= ImamS´s last blog ..Tips Memulai Berbisnis =-.

  17. anny berkata:

    Ngegembel tapi asyik kannn?????? 😀
    Apa khabar Eda?
    .-= anny´s last blog ..She is a smart woman =-.

  18. yustha tt berkata:

    naik kereta masih lebih nyaman ketimbang naik bis…
    *hah?? kamu bilang nyaman tik???*

  19. achoey berkata:

    wah, tips top dari sang mbak yg pengalaman 😀
    .-= achoey´s last blog ..Janji Mentari =-.

  20. Harikuhariini berkata:

    Hahaha. Mantap bgt dah tips nya.
    Ga tertantang naik ekonomi kak? Biar lebih gembel. Berbaur dengan pedagang yang seliweran juga.

  21. Hery Azwan berkata:

    Adrian benar2 nggak tahu bedanya ya?
    Emang doi orang mana sih?
    He he….
    Naik bus Medan-Solo tanpa AC bisa lebih seru lagi Ka…
    Apalagi campur dengan ayam dan hasil panen.
    Aku pernah merasakannya.
    Manis untuk dikenang, tapi pahit saat merasakannya.
    .-= Hery Azwan´s last blog ..Tina Talisa =-.

  22. sez berkata:

    ahahaha..
    mana ga bisa tidur, tiap berenti di stasion pasti aja ada yang jualan… 😆
    .-= sez´s last blog ..1 jam lebih dekat =-.

  23. Afdhal Panjaitan berkata:

    udah lama gak naik kereta…
    kalo gak salah sih dulu naik bisnis gak serame itu deh…pelayanan hampir sama (dikit) dengan eksekutif..wah sekarang jadi hancur gitu yahh
    .-= Afdhal Panjaitan´s last blog ..Siang Perempatan Panakukang, Makassar =-.

  24. Takodok! berkata:

    belum nyoba kalo yg bisnis, tapi kalo rame2 sama temen2 mungkin fun fun saja 😀
    .-= Takodok!´s last blog ..Single Ladies =-.

  25. isnuansa berkata:

    Ka, gw minggu depan mo ngegembel ke Bali! Pake kereta, errrrrr, ekonomi maybe! 😛

    Mumpung punya waktu libur panjang, sekali-kali ngerasain jadi rakyat…

    Mo tau ceritanya? Mudah-mudahan saat jalan masih sempet apdet blog. Tapi ceritanya nggak akan seseru cara lo nulisnya kali ye…

  26. masnur berkata:

    Perasaan waktu saya naik kereta bisnis Bandung-Jogja nggak begitu ngegembel deh Mbak, soalnya pake jurus cuek. Mo ngantuk ya tidur aja, mo gerah ya keluar gerbong ngelamun diantara gerbong. Mungkin karena cowok kali ya….
    .-= masnur´s last blog ..Kembali =-.

  27. Hariez berkata:

    huyuhhhh…wkwkwkwkk kayanya mualessssss ogut bayanginnya Mba udah kebayang T O I L E T brrrrrr :mrgreen:

    nahh…kalo nggembelnya paling sering kalo pas turun gunung 😳

    salam hangat
    .-= Hariez´s last blog ..Komitmen =-.

  28. AtA chan berkata:


    Mas Adrian itu lucu ya, ditipu calo kok bangga..
    KA exe yg ke malang sama sby kan banyak,rutenya juga lewat jogja masak semua tiket abis..
    ..
    Kalo sendirian mah males naik bisnis, tapi rame2 sama temen aku pernah naik ekonomi matarmaja malang-jakarta 12 jam..
    Pantat tipis dah..
    🙂
    ..

  29. betty berkata:

    ane pernah dari jogja ke jakarta pake senja utama juga,wow ane malah g kuat ma kipas anginnya….bikin masuk angin… 🙄
    mana g bisa tidur,keretanya terlalu goyang. Tuh foto mesti selalu ada di kereta senja utama ya?pemandangan yg bagus,kok toiletnya nggak di foto sekalian???heheh :mrgreen:

    salam kenal…

  30. zam berkata:

    eh, justru itu asyiknya naeik kereta. kalo pake eksekutif, gak ngerasa ngerakyat.

    aku paling suka turun di stasiun Purwokerto, utk sekedar beli kopi 2 rebuan, atau kadang nungguin tukang pecel lewat di gerbong.

    dan dari para pedagang itu, kita bisa tau daerah yg kita singgahi ya dari apa yg dijajakan.

    Purwokerto menurutku yg paling berkesan, pedangan “lanting bumbu”, “nopia”, “gethuk goreng”, itu senantiasa menghibur..

    oiya, biasanya kalo dari Jakarta, di sekitar Wates akan naik pengamen bencong. ini semacam pertanda, “kalo ada bencong dah naik, berarti dah deket Jogja” 😀

  31. zam berkata:

    eh iya mbak, aku biasa nelpon 13897 (henpon GSM) utk pesen tiket. biasanya dari sini udah ada “jatah”.. bayar via ATM, terus struk ATM dituker jadi karcis. 🙂

    kena cas 7500 sih, anggap aja buat ongkos ke gambirnya :p

  32. Tuti Nonka berkata:

    Naik kereta bisnis ke Yogya? Duduk di belakang toilet? Hadooh … berat betul perjuanganmu, Ka …. 😀 😀
    Tapi selamat kan sampai di Yogya? masih hidup kan? (ya iyalah, bisa posting pengalaman gitu loh … 😀 )

    Pasti sibuk banget di Yogya ya, nggak ngabarin penguasa Yogya ini? (holoh-holoh … penguasa? :mrgreen: )
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Akh … Khan! =-.

  33. Omiyan berkata:

    hahahahahahha setidaknya jika suatu saat nih mba eka jadi pejabat sudah tahu kan kebijakan apa buat rakyat kecil hehehehe

    duh maaf nih baru mampir lagi maklum sekarang lelet terus jaringannya
    .-= Omiyan´s last blog ..Kebanyakan Bicara =-.

  34. Hajier berkata:

    Kereta bisnis or ekonomi gak ada bedanya, mending naik yang ekonomi aja…
    Daku pernah juga nge.gembel naik kereta. Bayarnya gak diloket, tapi diatas kereta yang berjalan sembari tawar menawar harga dengan petugasnnya *bukan gw seh yg nawar, temen gw coz gw gak berani hehehe…*

    Trus tidur dilorong2 kereta beralaskan koran juga asyik juga kalo mata udah sepet pengen tidur, daripada berdiri gak jelas hehehe….

    Ah..postingan ini mengingatkanku akan peristiwa 5 tahun lalu hehehe…..*duh, kok panjang komennya*

  35. Pendapat.Net berkata:

    Langganan Sawunggalih kalau pas masa liburan selalu mengalami seperti yang di foto itu heheh

  36. rasarab berkata:

    disitu seni nya naik kereta :mrgreen:
    .-= rasarab´s last blog ..NR candi abang =-.

  37. vany berkata:

    aku udah lama gak naik kereta, mbak…
    terakhir naik kereta ke jkt 5th lalu…
    krn lg penuh, waktu itu kbgian tempat duduk di dpn sendiri…
    duh, rasanya bnr2 gak enak dan bikin capek…. 😀
    .-= vany´s last blog ..Faktor f =-.

  38. oglek berkata:

    masih untung mbak dapet bangku, dulu saya ke jakarta ndak dapet bangku, udah gitu pas bareng rombongan suporter bola pula.
    .-= oglek´s last blog ..Menjaga Konsistensi itu Tidak Gampang =-.

  39. dela berkata:

    seru..seru!!
    kemaren ngikutin live tweetnya juga..hehehe..
    .-= dela´s last blog ..Dream!!!! =-.

  40. rere berkata:

    ahai.. amankah itu naik bisnis untuk aku yang amat sangat gampang tertidur ini? 😐
    .-= rere´s last blog ..Trolley Antri =-.

  41. edratna berkata:

    Eka, mungkin sesekali Eka perlu merasakan jadi rakyat.
    Walau kalau pas kerja saya kebagian eksekutif (kereta maupun pesawat), tidur di hoptel pun kelas VIP…. namun kalau urusan pribadi, saya bisa naik bis, kereta bisnis, bajay, angkot dsb nya.

    Dan setelah pensiun makin nikmat karena tak kaget lagi…dan asyik aja kok.

    Yang penting..bawa barang secukupnya….kalau perlu bawa ransel..bawa bacaan…dan nikmati aja…
    Dan…ternyata Eka malah bisa menulis cerita ini kan?
    .-= edratna´s last blog ..Yah..kerja yang ada kantornya dong….! =-.

  42. macangadungan berkata:

    Dulu mah makanan sehari-hari kalo kereta api mah. Malah waktu SMA ama kuliah kalo keluar kota buat camping naiknya mah truk ajah gitu. Sukur-sukur bisa nyewa tronton 😆
    Kalo di kereta api, aku takutnya sama itu… mas-mas kurang ajjiarr. Parno banget deh kalo ngeliat mas2 reman 😆 Nge gembel itu enak kalo rame-rame ama temen2. Kalo berdua aja… ummm… nanti deh 😆
    .-= macangadungan´s last blog ..Toothlessku yang Bernama Urip =-.

  43. dark mouzy berkata:

    saya dah pernah mba..
    pertama kali naek kereta langsung ngegembel..
    dari semarang mpe jakarta…hohoho.. :mrgreen:
    .-= dark mouzy´s last blog ..Akhirnya Update! facebook dan PRPP =-.

  44. julie berkata:

    hayaaah di lorong juga pada tiduran dek?
    .-= julie´s last blog ..melepasmu =-.

  45. Eru berkata:

    Jadi inget pas sendirian ke Jogja naek kereta waktu muda dulu, situasinya persis kaya gini!

    Ga ada perubahan berarti ternyata :))
    .-= Eru´s last blog ..When Busy ~ Dinosaur Phylosophy Series =-.

  46. perasaan saya pernah naik kereta kelas bisnis nggak segitunya deh 🙂
    .-= Tri Setyo Wijanarko´s last blog ..Rawon Nguling Surabaya =-.

  47. nh18 berkata:

    Bisnis kan ?
    Keren kaaaannn ???

    Mau di ulang lagi Ka ?
    Bagaimana ?

    Salam saya
    .-= nh18´s last blog ..ELEGANT NARCISM =-.

  48. peri berkata:

    ahhaha untuk aku gak berani naek kereta jadi blom ada pengalaman *bangga* :mrgreen:
    .-= peri´s last blog ..040410 =-.

  49. shalimow berkata:

    sebuah perjuangan untuk sampai tempat tujuan ya mbak eka
    .-= shalimow´s last blog ..Sebuah Domain Indonesia Berharga $12,600.00 Siapa Mau? =-.

  50. Ria berkata:

    kapan2 yuks sama gw mbak :mrgreen:
    sapa takut!!! mau dunk ngegembel sampe semarang nah dari semarang kita ke karimun jawa, si idep tuh bikin ngiler foto2 disana 😦

  51. mas stein berkata:

    dulu naik kereta bisnis buat saya sudah suatu kemewahan lho mbak, maklum kebiasaan naik ekonomi. dan waktu itu sempet pedagang asongan ndak boleh naik ke gerbong. ternyata sudah kembali ke asa :mrgreen:
    .-= mas stein´s last blog ..Obrolan Level Warung Kopi =-.

  52. Bro Neo berkata:

    wahhh jadi inget kenangan awal2 di jakarta.. naik senja utama setiap 2 minggu 🙂

    PJKA, pulang jumat kembali ahad :-p

    seru tuh naik bisnis… ada tantangan dan kenangan tersendiri
    .-= Bro Neo´s last blog ..Garuklah Punggungmu Sendiri =-.

  53. orange float berkata:

    ntar sesekali coba naek kereta beneran. seumur umur belum pernah naek kereta kecuali kereta api yang di taman bermain anak-anak itupun dulu sewaktu masih TK 😛
    .-= orange float´s last blog ..Butet Manurung dan Suku Anak Dalam =-.

  54. Arif Budi berkata:

    satu kata yg terucap..”mantap”…hahahahaha
    mantep kan eka naik kreta…makanya salut buat tmn2 kantor kita yg pulang jumat kembali ahad ke jakarta.. 😉

  55. Gandi Wibowo berkata:

    Ho… dia blom pernah naek gaya baru malam selatan yah?
    Ekonomi lebih seru lagi mba… cuma <50rb udah bisa ke Jogya. Saya kalo mau jalan2 malah milih yg ekonomi, **Jauh** lebih hemat waktu ke semarang ma surabaya juga naek ekonomi.

  56. mangkum berkata:

    naik yang executive aja udah males saya mah. ga bisa tidur di kereta. tersiksa.
    *jadi pada nanya, bukannya gw backpacker? hehehe…*

  57. krismariana berkata:

    hahahaha… moga2 nggak kapok naik kereta bisnis ya Ka! aku kalo ke Jogja ya naik kereta bisnis. kalau naik yg eksekutif, bisa nombok melulu nanti (wong aku sering banget pulang). memang kereta bisnis JOG-JKT, dan sebaliknya itu NGGAK ENAK BANGET! tapi kalau naik yg fajar utama, masih agak mendingan, apalagi kalau nggak pas hari libur alias pas tengah minggu. nggak berjubel. memang banyak sih pedagang yg masuk, tapi yaaa… masih lumayan lah. btw, kalau kereta bisnis dr Bandung ke Jogja/Solo nggak separah itu kok Ka… yg paling parah memang yg ke JKT-JOG doang…
    .-= krismariana´s last blog ..Henpon =-.

  58. papadanmama berkata:

    hahaha…baca posting ini jd inget jaman sy msh kuliah dulu
    lbh parah lg Ka, krn kagak py duit (biasa anak kuliahan, kiriman jatah dr ortu pas2an) naiknya bukan bisnis lg tp kereta ekonomi, bila bs naik kelas bisnis kala itu dah bersyukur banget Ka, apalgi eksekutif (mimpi kali ye :D)

    pengalaman naik kereta ekonomi????
    ampuuuun, asli berbaur dg bakul2 (alias pedagang2) dari desa yg hendak berjualan ke kota
    bs dibayangkan kan aroma apa yg ada, hehe…

    tp itu pengalaman yg ga bs dilupakan
    positifnya??? skrg bs lbh bersyukur krn Tuhan memberi kehidupan yg jauh lbh baik 😀

  59. Zool berkata:

    Hihihi….
    kita ternyata punya pengalaman yang mirip ya Mbak…
    Tapi buatku yang paling seru pas dah nyampe Wates, biasanya banyak pengamen2 ben**** yang dandan menor abis… Satu kejadian, tuh pengamen nyanyi dangdut wer ewer ewer sambil goyang ga kruan dengan gitar kotak triplek senar ban dalem… ujug-ujug ntu senar putus, si pengamen langsung latah.. “ehh..copot…” tapi tetap terusin nyanyinya… 😆 😆 😆
    .-= Zool´s last blog ..Tuan Manun dan "Tungkek Parambah" =-.

  60. alrozi berkata:

    hmm… perjalanan yang mengesankan, ya Kak.. :mrgreen:

    salam kenal…

  61. HahaahaHAHAhahahaha 🙂
    Seru ya.. Tempat duduknya paling ‘most wanted’ lagi.. Hahahahaha…

    Tapi, belum naik kereta ekonomi di bordes kannn….. (tau bordes? itu space 2×1 antar gerbong. Tempatnya toilet). Demi gratisan (maklum, masih mahasiswa waktu itu)….
    .-= Adi F. Paputungan´s last blog ..1st Anniversary Vacation – Bali Safari & Marine Park =-.

  62. Maslie berkata:

    Enaknya naik kerete “rakyat” kita bisa saling berinteraksi antar penumpang mbak. Beda kalau naik kereta eksekutif. Yang ada orang sudah masang earphone dan tertidur lelap….
    .-= Maslie´s last blog ..berpelukan =-.

  63. Catra berkata:

    waduh, ternyata mbak eka mau juga ya naik kereta bisnis… :mrgreen:
    .-= Catra´s last blog ..Ngaleut di Bragaweg =-.

  64. -'moRis- berkata:

    h.h.h.
    Thx God, udh bberapa x keJogja klo naik kreta slalu naik TAKSAKA ^^, jadi ndak prnah ngerasain sperti itu:)
    oh ‘y, FYI tiket pesawat Jkt-Jogja sekitar 300-an ko’ kk, jadi ada alternatif lain sbenernya, hehehe..
    .-= -‘moRis-´s last blog ..Desktop Background =-.

  65. radesya berkata:

    naik kereta api tut…tut…, desya hendak turut…, ke jogja siapa takut….
    *bernyanyi*

    aku belum pernah naik kereta api…, hiks…

    yang penting selamat sampai tujuan kak 🙂

  66. elmoudy berkata:

    hahaaa…. inget waktu gw naek kereta bisnis dari Jogja-Jakarta. 2 taon yg lalu Ka. Gila bener men… gw kapok bin trauma abis abisan. gw beli tiket KA bisnis untuk yang berdiri alias gak kebagian kursi. yah, gapapa.coba2 aja.. gw pikir masih bisa lesehan di bawah gapapa deh.

    dan pada akhirnya.. gw kebagian lesehannya di deket toilet, begghh.. semaleman gw duduk n gelar koran di depan toliet. brerrr… apes bener nasib gw. belum lagi.. pas nyampe cirebon.. orang2 pada gerudukan naek semua. gw terjepit lagi di pojokan antara pintu gerbong n pintu toilet, hampir gak bisa gerakin kaki, bahkan noleh ke belakang ke samping aja gak bisa. gitu terus ampe Jakarta. setengah mati,, br kali ini gw dapet perlakuakn yg sangat menyiksa. abis itu, ampe sekarang gw kagak mau lagi naek KA bisnis. trauma gak ketulungan.
    .-= elmoudy´s last blog ..Mbah Priuk =-.

  67. nikenmakki berkata:

    😛 kocak yah kalo naek ekonomi itu, dulu waktu kecil sempet beberapa kali naek ekonomi, yg ga tahan cuma panas sama “sedikit” bau nya tapi berhubung masi kecil ya ga bisa protes 😆
    .-= nikenmakki´s last blog ..Cupcake dan Daku =-.

  68. blinknet berkata:

    waduh ceritanya mirip2 koboy aja, tapi bagus mantablah Traveling free
    .-= blinknet´s last blog ..Why Rent When You Can Room rental homes =-.

  69. Dika berkata:

    Teringat waktu mudik lebaran euy’, peristiwa yang saya alami hampir sama seperti foto di atas, kapan ya tranportasi public di indonesia bisa maju kayakl di negara2 tetangga kayak singapoer…. 🙂 (mimpi.com)

  70. sugiman berkata:

    kurang lebih sama kayak mastein naik bisnis sudah terasa mewah, wong kita juga di jakarta sama2 cari ilmu disekolah yang sama 😀

  71. Snowie berkata:

    Pertamanya ke Jogka itu naik kereta api langsung nyobain yang kelas ekslusip, itupun karena dibayari…
    nyaman,dingin, empuk, ada tipinya, trus dikasi snek lagi…. 😆

    Alah mak jang, ternyata yang kelas bisnis nya aja begitu, gemana yang ekoniminya ya… 🙄

  72. Hariez berkata:

    iseng-iseng mampir kemarih…ah :mrgreen:
    .-= Hariez´s last blog ..Realita Negeri Ini =-.

  73. - H - berkata:

    Rasanya gak ada bedanya itu kereta kelas eksekutif dan biasa.

  74. zulhaq berkata:

    huakakakakak. trauma trauma….keliatan trauma banget. apalagi waktu itu ada mama juga. kebayang deh 🙂

    kalo gw justru gak pernah naik bisnis. selalu dan selalu kereta ekonomi.
    .-= zulhaq´s last blog ..Perjalanan Sinting =-.

  75. 1nd1r4 berkata:

    hahaha…ngakak deh baca perbandingan your hubby antara bisnis pesawat dan kereta…wkwkwkwk….kalau naik KA bisnis memang kudu bawa backpack ajah…biar ga ribet
    .-= 1nd1r4´s last blog ..Incurable bad habits of just being ignorant? =-.

  76. delia berkata:

    wahh seperti pengalaman pertamaku naik kereta api di jawa.. dipikir sih kelas bisnis itu lumayan.. ternyata gak bisa tidur.. 😆 😆

    keren ceritanya 🙂
    .-= delia´s last blog ..Melebihi Pohon Kelapa =-.

  77. larroz berkata:

    klo naik kereta bisnis sering banget mba 😦 malah ga dapet tempat duduk pun pernah(4 jam jongkok berdiri gantian)tapi berhubung sendiri an ya enjoy aja. 😉
    .-= larroz´s last blog ..JUM’AT SORE DI BALIKPAPAN =-.

  78. itikkecil berkata:

    saya malah pengen menjajal yang kelas ekonomi. tapi dicegah terus sama emak di rumah… 😕
    .-= itikkecil´s last blog ..Sandal =-.

  79. jensen99 berkata:

    Laen kali mesti nambah keluar duit dikit tuk beli kamper gantung atau deodorizer, siap2 siapa tau dapet posisi deket toilet lagi, bisa digantung di toilet itu. Sedikit menyelamatkan pernafasan lah~ :mrgreen:
    .-= jensen99´s last blog ..Quote of the Day (6) =-.

  80. warm berkata:

    kalo saya jujur,
    blom pernah naik kereta ekskutif
    sekali pernah nak bisnis
    :mrgreen:

    eh lha kok ke jogja ga lapor2 tho 😀

  81. arif berkata:

    biasanya cuma kereta jarak dekat mbak eka, prameks 😀

  82. BlogCamp berkata:

    Sayang, sudah pernah tidur diatas pohon, belum kan.
    Saya sudah pernah
    Ternyata tidur diatas pohon lebih nggak enak daripada tidur di klas bisnis
    Jadi enjoy saja sambil menyerap aspirasi wong cilik (kayak anggota dewan kan)

    Ngemeng-ngemeng, ceritamu kan banyak yang lucu dan unik. Mbok mbuat cerita humor dan daftarkan di Liga Tertawa BlogCampSiana. Hadiahnya sih gak begitu mahal2 amat tapi lumayan kok.

    Salam rindu buatmu ( maksudnya postingannya kok lemot banget-tumben)
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  83. BlogCamp berkata:

    Aku tuh dah puluhan kali baik KA nisbi kayak gitu, apalagi kalau lebaran, lebih seru deh tingkat usel-uselannya.
    Salam hangat dari BlogCamp
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  84. BlogCamp berkata:

    Kalau sedang kondisi puncak, ada juga kok yang bisa tidur di T.O.I.L.E.T. Cuma dari rumah harus sudah membawa banner bertuliskan DON’T DISTURB ME ha ha ha ha
    salam hangat lagi dari BlogCamp.
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  85. BlogCamp berkata:

    Nilai magisnya akan semakin terasa jika dalam KA nisbi itu ada yang merokok klembak menyan..wowww…….haruuuuum baunya…..

    Salam maning saka BlogCamp
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  86. BlogCamp berkata:

    Jika di KA nisbi ada 10 yang membawa baby dan menangis bareng pasti Eka akan ikut menangis..sambil kaki menginjak si ibunya.

    Salam anget dari BlogCamp
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  87. BlogCamp berkata:

    KA ini juga bisa disebut kereta api ramah stasiun soalnya hoby banget mandeg disitu.

    Salam hangat dari Surabaya
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  88. BlogCamp berkata:

    Pernah melihat keatas gerbongnya.
    Disana juga ada yang asyik main remi lho

    Salam sayang dari BlogCamp
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  89. BlogCamp berkata:

    Nikmati KA bisnis dan rasakan aneka makanan yang disajikan oleh para pedagang nduk.

    Salam hangat dari Surabaya
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  90. BlogCamp berkata:

    Eka kan baru sekali itu naik KA nisbi tho.
    Lha saya dah bolak-balik.
    Awalnya agak kurang sreg, tapi lama-lama kok makin tidak sreg ya karena yang ngglethak diantara kursi semangkin banyak.

    Salam anget dari Surabaya
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  91. BlogCamp berkata:

    Kalau bisa para Blogger sering2 naik KA model yang begini supaya dapat bahan postingan karena banyak kisah2 dalam KA nisbi.
    Coba digali kisah cinta diantara berdesak-desakannya manusia nduk

    Salam hangat dari Surabaya
    .-= BlogCamp´s last blog ..Kopdar Hari Minggu =-.

  92. zee berkata:

    Kekkeekee… postinganmu keren Ka, benar2 penuh petualangan ya.

    Eh iya beberapa waktu lalu aku ke sini tapi tidak bisa diakses, aku kira sedang maintenance blog atau ganti theme barangkali.

    Kenapa lama tak update nih… 🙂

  93. Sari Ajah berkata:

    *ngakak dulu*
    petualangan banget tuh mbaaaak 😀
    *ngakak lagi*
    *makin ngakak* 😆

  94. mia berkata:

    hahaha..seru banget , apalagi liat foto2nya…

  95. Ping balik: Harta Yang Paling Berharga (an Adventure in Kali Progo & Keteb Pass) - Cerita EKA

  96. Debby berkata:

    ahahahahaaha
    saya jg pertama kali backpacker ke Jogja naik kereta Bisnis sumpek tp asyik n seruuuu

    btw, slm kenal…kunjngan perdana neh 😆

  97. Tongkonan berkata:

    Wah, thank you bgt nih atas sharing pengalamannya naik kereta. Kebetulan dalam waktu dekat berencana mau ke jakarta by train from jogja. Sekaligus ini akan menjadi pengalaman pertama sy naik kereta jarak jauh. Sebelumnya hanya naik kereta jurusan jogja-solo. Sekarang sy jd punya bayangan bakal seperti apa perjalanan sy nanti di atas kereta. 🙂
    .-= Tongkonan ´s last blog ..Usaha Mewujudkan Mimpi Ke Piala Dunia Afrika Selatan =-.

  98. Ping balik: NINE FROM THE “BIG” GIRLS | The Ordinary Trainer writes …

  99. unggulcenter berkata:

    Wahahaha.. Tips yang bagus dan pengalaman tak terlupakan!

    Ini kondisinya sama dengan kalau Kereta Api Lampung-Palembang hehe.. Kalau malam namanya Limex (keren kan namanya hahaha..).

    Kondisinya? Sama dengan tulisanmu diatas hihi.. Kelas Bisnis ala Kereta berbeda dengan ala Pesawat. 🙂 —> info bagi yang belum tahu.

    Salam kenal !

  100. Iron Maiden berkata:

    Enaknya ya naik bisnis zaman dulu. Apalagi ekonomi dulu yang masih sumpek. Bisnis dan ekonomi sekarang udah ber-AC, sih, Jadi, interior bisnis kereta udah sebagus bisnis pesawat sekarang. Kurang kursinya aja yang busanya kurang tebal, tapi itu paling enak buat saya. Kereta sekarang udah bagus sih jadi kelas bisnis dan ekonomi pesawat juga nggak ada bedanya kayak di kereta

  101. Quinshafiza berkata:

    enak bget bahasax mbak Eka dr tulisan2 mbak, salam kenal ya mbak, saya baru belajar nge-blog inii, hihi. #salaman hangat, 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s