Sejumput Rinduku di Pulau Samosir – Danau Toba

Pulau Samosir do…

Haroroakku Samosir do

Ido asal hu

Saitongingottoku

Na na na…

Memori saya melayang jauuuuuh, jauh tinggi sekali ketika mendendangkan lagu dari kerabat satu marga, bapak tua Nahum Situmorang di MP3 player komputer. Iramanya riang dengan tiupan seruling dan gondang batak yang khas, sepertinya artikel ini cocok sekali dibaca dengan lagu itu. Silahkan diputar dulu.

Negara kita merupakan gugusan kepulauan yang indah dan teringatlah saya kepada pulau Samosir. Pulau unik karena terletak di dalam pulau juga ; Pulau Sumatera. Hmmm, adakah di dunia ini, pulau di tengah pulau juga? Pulau cantik yang berada di tengah – tengah danau Toba tempat ompung, ompung buyut dan para tetua lainnya dilahirkan.

Photobucket Tahukah kamu bahwa Pulau Samosir adalah pulau vulkanik ? Menurut Wikipedia, Danau Toba sebenarnya merupakan kaldera yang terisi air sedangkan Pulau Samosir terbentuk karena tekanan magma yang belum keluar. Diperkirakan danau Toba dan Pulau Samosir ini terbentuk karena ledakan gunung berapi super (supervolcano) sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu. Woow ! Gak kebayang kan berada di atas gunung berapi namun terasa adem ? 😛 Biasanya kan yang panas – panas itu, seperti hati yang panas, suasana panas, debat panas, haduuuuh bikin gerah dan pengen jauh – jauh dari sumber api panas ;). Namun, lain Wikipedia, lain kata ompung saya. Bukan begitulah asal muasalnya bah ! Ada legenda yang ciamik kali kalau mau diceritakan (kali lain pastilah saya tulis legenda zaman dahulu kala itu) Saat ini, sungguh saya terbuai pesona Tano Batak.

Benar kata travelwan -sebuah majalah yang konsisten mempromosikan wisata Indonesia– betapa Indonesia menawarkan keelokan yang luar biasa. Coba tengok Danau Toba, harus diakui, Danau Toba menyimpan misteri keindahan sekaligus tradisi unik yang menggoda. Look at the beauty… Look at the exoticism… Indonesian Tourism has plenty to offer for your eyes satisfaction !

Photobucket

Lihatlah kawan, betapa indahnya karya sang Pencipta. Biru air danau dikelilingi hamparan hijau daun dan pepohonan, dengan pantulan sinar mentari berkilat – kilat di kejauhan sana. Sejuk udara dan cantik biru tosca itu menarik saya tenggelam dalam pusaran waktu. I wish I can stop the time. Freeze it for it’s so beautiful. Semilir angin memainkan helai – helai anak rambut, menari lembut ditelinga. Membekap panca indera dan melambungkan rasa. Saya merinding. Terbius keeksotisan alam, indah, megah dengan kemistisan yang menyelubunginya. Siapakah yang tidak terpana? Dan saya merasa kecil… kecil sekali…

Photobucket

Segar hawa, tenang suasana. Ramah penduduk dengan wajah kotak khasnya. Ulos, tor – tor, sigale – gale juga rumah adat. Terbaur kumparan alam dan budaya. Rasakan dengan rasa. Rasakan dengan jiwa. Satukan batin dengan keindahan ciptaan Ilahi. Ya Tuhan ! Saya rindu pulang !!

Sobat, kapan terakhir ke Danau Toba?

Atau mungkin belum pernah kesana?

Kunjungilah, dan mari kita berbagi rasa yang sama.

Salam,

Eka Situmorang – Sir

Gambar dipinjam dari sini

Iklan

74 respons untuk ‘Sejumput Rinduku di Pulau Samosir – Danau Toba

Add yours

  1. Saya blom pernah kesana mba, Kapan2 mo kesana ah… mba jadi guidenya ya :p

    Saya pernah nonton dokumenter penelitian supervolcano danau toba di Metr** (eh gak boleh sebut merek ntar disangka promosi). Penelitiannya gak sengaja, sewaktu ada kelompok peneliti yang nemu debu vulkanik yang sejenis diseluruh dunia. Banyak gunung yang jadi kandidat, tapi toba gak pernah masuk kandidat, sampe ada peneliti yg ngirim sample tanah toba ke kelompok peneliti itu.

    BTW selain toba, banyak supervolcano di Indonesia, kayak tambora… yang blom meletus juga ada, banyaknya disumatra.. termasuk padang, itu salah satunya. jadi musti siap2 ada samosir jilid 2. ditambah 3 hari kemaren Indonesia digoyang gempa terus, sehari sampe 4 propinsi… untung hari ini gak goyang lagi.

    #EKA
    Hehehehe, lu tau nilai geografi gue jelek… yakin mau gue jadi guidenya? 😛
    Hmmm.. memang negara kita ini kepulauan hunung berapi yah…
    Banyak2 doa dfan rajin merawat alamnya tentu saja 😉

  2. bah, ngepos tentang danau toba nih.

    kebetulan daku sudah sering kesana.

    kalo mo pergi ke sana monggo di bilang sama daku. siapa tau bisa jadi guide. hehehe.

    holas. 🙂

    #EKA
    Horeeeee udh ada yg bersedia jadi guide nya 😉
    Siip lah amang….

  3. hmmm, pas muter lagunya, kerasa banget suasananya, musiknya khas banget. tp pas awal mirip-mirip sama lagu “sajojo” he2…nadanya mirip gitu. tapi, sama sama nggak ngerti artinya 🙂

    benar benra indah mbak eka, benar menar menggiurkan. merasa ingin menapakkan kaki, tentu muncul secara otomatis. tapi, kemungkinan sangatlah kecil untuk bisa kesana. artinya belum pernah kesana he2

    hayooo mbak eka, kapan kapan pulang dunk sekalian berkunjung ke tempat yang indah banget itu. memang luar biasa keindahan yang telah di ciptakan oleh sang pencipta. bersyukurlah kita yang lahir di negeri yang punya kekayaan alam yang luar biasa ini. mari kita merawat dan menjaganya dengan baik, jangan sampai di ambil oleh tangan2 yang tidak bertanggung jawab

    *oh ya, gw sekalian minta maaf kalo ada kata2 dan komen yang kurang berkenan, atau ada yang menyinggung perasaan, semoga jalinan silaturrahmi tak akan pernah terputus*

    #EKA
    Kayak lagu saijojo?
    Yaaah namanya Nusantara kan, mirip2 lah 🙂
    Lu mau kursus bahasa batak?
    Jangan sama gue ya, gue juga gak faseh 😛
    malah udh katam bhs laen deh hahhaha

    Iya, bersyukur banget kita punya alam yang indah nian ! 😉
    Rawat yuuuks rawaaat….

    Btw.. komen lu tumbeeeeeeeeen banget waras.
    Lu gak salah minum obat kan? 😛
    .-= Zulhaq´s last blog ..Sinting Spesial Ramadhan #5 =-.

  4. kunjungan perdana salam kenal. artikel yang bagus hehe salut deh Hmmm di medan ya? gak pernah kesana

    #EKA
    Mampirlah kalo gitu sekali – kali ke sana 🙂
    thx udh mampir kesini yah…

  5. wah foto2nya bagus…
    dulu pas beberapa kali tugas ke medan, temen2 serombongan pada kalo weekend pergi ke danau toba. tapi gua tuh paling males kalo pergi2 ngeliat pemandangan gitu, jadi gak pernah ikutan. hahahaha.

    nyesel juga kalo dipikir2 ya… harus nya pergi aja biar tau ya…
    sekarnag entah kapan ke medan lagi… 😀

    #EKA
    hahahha gue tauuu banget deh 😉
    lu sukanya ke mall kan ?
    Beda kita Man.. gue suka mall kalo pas sale doank hehehe

    1. @arman,

      heheh, mungkin senangnya dipandangin aja kali ya.

      oke deh, mari mandang-mandang jidat daku (isengnya muncul). hehehe

      #EKA
      Jidatnya amang? lhoooo bukannya ada tulisan di jidat itu : FREE GUIDE TO DANAU TOBA :p hehehehe

      1. @eka: halah… gua jadi salah naruh reply dah… 😛 itu reply yang di atas maksudnya buat ngreply comment lu disini ya… hahaha

        @pargodungan: eh bener banget tuh…. senengya emang dipandangin. huahahahhaa… atau at least memandang yang bisa memandang balik.. kalo memandang danau toba kan gak bisa memandang balik ya… jadi gak hubungan 2 arah gitu…. *apa coba* 😛

        #EKA
        Iyeee, I to tally got it 😉
        Okelah kalian boleh saling berpandangan 😛
        hahahhaha
        .-= arman´s last blog ..Kisah Sepasang Sepatu =-.

  6. Terus kapan mbak balik kampung..?
    Berani gak touring nyetir sendiri ke medan [tantangan nih] hayo berani kah..?

    Semua Orang indonesia taulah danau toba, kan sering dipake nama jalan hehe…
    Wah kalau nenek moyangnya dari samosir berarti mbak Eka ada keturunan raja dong..?

    #EKA
    Hahahhaa toruing ? Dari Jakarta sampe Medan?
    Tepuk2 dada, Sudah pernaaaaaaaah ata ^_^
    bangga.com hehhhehehehe
    Tinggal Aceh niy yg belum kesampaian

  7. Sangsang B2, Panggang B2, Ayam Namargota adalah makanan2 yang aku kangenin dari Indonesia dan pengen kucicip dari Samosir! :))

    #EKA
    ho ho ho…..
    iiiiiih itu makanan enak2 semuaaaa !!
    Tambahin yo mas, Ikan mas Naniura, Ikan mas Arsik,
    Plus tuak Nira 😀 hadoooh koq beneran jadi laper yaaah ^_^ xixixi
    .-= DV´s last blog ..List 302 Gempa Susulan di Facebook =-.

  8. hadowww
    baca komen diatas ini bikin gw laper ka..
    sangsang n panggang
    kalo di mix sama sopnya muanteb poll tuh
    tabbbboo hian bahh
    😀

    #EKA
    Tabboo tabbboooooooo
    Iyah sopnya yang pake tulang2 B2 ituh
    Bukan tulang bapaknya pariban lhooo 😛
    hehehhe
    .-= depz´s last blog ..pagi yang menakjubkan =-.

  9. oooppps yg diatas OOT ya?
    😀

    bout danau toba gw udah pernah ksana, waktu sd
    tapi dah lama banget kan
    pengen lagi sih
    masa lombok udah gw jelajahi dr ujung ke ujung
    tapi “negara” sendiri malah belum ya 😀

    Horas lah ito 😀

    #EKA
    Iya nih.. malu lah sama patung si gale – gale 😀
    cepatnya mudik kau hehehehe

  10. Segar hawa, tenang suasana. Ramah penduduk dengan wajah kotak khasnya.

    hahahaaa… ngakak aku, ka. amuba, dong. hihi…

    samosir dengan danau tobanya memang indah. aku sendiri sudah hampir keliling samosir hingga naik ke puncaknya karena harus bertugas dalam penelitian selama bertahun-tahun di sana. namun sayangnya perawatan obyek pariwisata kita kurang mendapat perhatian. dan di puncak samosir itu air sulit sekali. orang harus menunggu musim hujan menggenangi kolam untuk dapat menggunakan airnya selama musim lain. dan fasilitas jalan juga masih tidak memadai. padahal pemandangan dari atas sana subhanallah indahnya. melihat ke bawah seperti melihat tempat yang masih perawan.

    cobalah sesekali, ka.

    #EKA
    Lhaaaa uni, Samosir mah terkenal amubanya deh :p hehhehe
    Aku belum pernah sampe ke puncak uni, cuma sampe air terjun itu.
    Udh dengar soal pengelolaannya yang kurang bagus untuk objek wisatanya…
    Well, the least I can do is promoting the place and hoping by that, money flows to manage the place 🙂
    Siiap uni… semoga kapan2 bisa sampai ke atas 🙂
    .-= marshmallow´s last blog ..Favorite Tokens =-.

  11. Kalau aku nanti pulang ke Siantar, rencananya mau melihat Danau Toba dulu.
    Biar si Vaya kenal sama opung buyutnya.
    Dulu opungnya ayah si vaya meninggal di Danau Toba itu karena perang ilmu…. ngeri kali memang bah.
    Makanya biar sowan dulu si princess danau toba kami ini hahahaaa….

    #EKA
    Peran ilmu?
    Memang lhooo disana masih kental banget tuh ilmu2 hitam, jampi, mantra or what so ever.
    Ditunggu reportasenya ya kak 😉
    ciiieh si princess mo mudik nih ye 😉
    .-= zee´s last blog ..persiapan mudik =-.

  12. Persis yang ditulis wiki dan mas Gandi dengan materi kuliahku (menunya bencana mulu tiap hari…sesuai jurusan, hehe..). Indah memang alamnya dan ini dijamin nggak akan diklaim negara lain.

    #EKA
    awas aja kalo sempet2 ada yg nekat klaim…
    rparah itu namanya…
    pasukan gerombolan bataks siap menyerbu kalo ada yg berani klaim Danau toba and samosir hehehe

    1. Lho yang pertama malah ilang, masuk spam ya…..duh…..?!!!!

      #EKA
      Bukan masuk spam mas,
      tapi karena alamat blognya ganti maka
      commenbtnya kepending moderation dulu 🙂
      ]nah skr sudah beres kan hehhehe

  13. Sudah alamnya memang indah, ditambah yang ngambil gambar pinter juga…
    Klop deh pemandangannya….
    Sungguh mengagumkan setiap ciptaan Tuhan…

    #EKA
    Kalo ngomongin soal gambar..
    haduuuh jd mupeng kamera SLR nih…
    Ciptaan yang punya hidup memang tiada tara cantiknya 😉
    .-= Hajier´s last blog ..Ngopi, Yuk…. =-.

  14. Dulu 8 th yg lalu sempat tugas ke Siantar. Menyempatkan diri ke Danau Toba sebentar. Wah… indah benar. Sayang tidak sempat ke Samosir. Denger denger tradisi masyarakat di Samosir masih kental banget ya…
    Aku cuma sempat bermain-main air sebentar, seger banget, trus.. pulang krn bsknya masih harus kerja lagi 😦

    smoga tetep lestari keindahannya.

    #EKA
    Dengar cerita siy, udh berkurang jauh lestarinya,…
    tapi ya tetap indah siy…
    sedih niy kalo inget kelestariannya berkurang…
    .-= bro neo´s last blog ..“Secuil surga” bernama Matano =-.

  15. hmmm panggang… sangsang… jd ngiler neh
    wah kalo yg dari samosir belum pernah, tapi paling yahuud yg pernah aku rasakan ada di Siantar. Top Markotop!!!

    #EKA
    ah di kamusmu kan memang cuma ada dua rasa Bro..
    enak dan enak sekali hahhahahahaha
    semua juga dibilang top deh hehehe
    .-= bro neo´s last blog ..“Secuil surga” bernama Matano =-.

  16. sizt’…
    Malu ane’…..:D
    gw yg dr sono ajah blon prnah buat postingan ’bout that,
    xixixiix…
    Jadi pngen pulanggggggggggggggg
    trus makan smua mknan yg dsebut DV datas..:D
    atau ntar lunch di pramuka akhhhhhhh..
    h..h.

    #EKA
    huahahahhaa lapo ya boow?
    langsung meluncur neh ceritanya hehehehehe

  17. Horas Ito Eka, natulangku boru Situmorang lho, (panggil saja aku amangboru) 😆

    Asal usul Pulo Samosir dan Danau Toba, infonya tidak cuma di Wikipedia, ada disini juga :
    http://togarsilaban.wordpress.com/2008/06/19/bagaimana-danau-toba-terbentuk/

    #EKA
    Horas amangboru 😉 yihaaaa punya amangboru yang baru hhehehhe
    siap meluncur 😉
    .-= togar silaban´s last blog ..Kelalaian mengemudi mudik berakhir dengan tewas tertabrak Argo Wilis =-.

  18. Ka….kurang lengkap ni ceritanya…
    karena menurut gua ada bagian yang menarik dalam perjalanan menuju danau toba dan pulau samosir dr Medan

    Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan rumah panggung khas Batak dengan kandang babi di kolongnya….
    Di sepanjang jalan itu babi itu udah macam ky anjing berkeliarannya…..nah itu yang menarik…terutama buat orang-orang kota macam kita ini ka…

    Sayang gua ke sana wkt msh smp jd dah banyak memori perjalanannya yg ilang.
    Btw di Samosir itu ada acara adat setiap kapan gua lupa….upacara adat……hehehehe

    En kita (lo ama gua ) bangga krn ada orang Afrika Selatan yang kerja di Embassy sangat suka ama Danau Toba dan Pulau Samosir daripada Bali…. 🙂 😉

    #EKA
    Yang ada pemandangan rumah adat and kolongnya babi itu, lu dari arah mana jalannya?
    Dari Medan ? Weeeeh gue koq gak liat rumah adatnya.
    Yang ada bukit, hutan and monyet2 😀 hehehhe

    Upacara adat itu kalo lagi festival tahunan Danau Toba, biasanya bulan Juli nek 😉

    Hidup TOBA ! Hidup Samosir 😉
    .-= Miranda´s last blog ..Semua T’lah Berbeda =-.

  19. Wah…Bukannya Danau Toba terbentuk seperti cerita di sinetron? 😀

    Saya belum pernah ke mbak, pengen juga ke sana tapi kudu bareng mbak Eka hehehe 😉

    #EKA
    ahhahaha harus bareng gue?
    Boleeeeeh bgt !
    Akomodasi gue ditanggung kan ? 😉

  20. saya sedang berpikir gimana caranya membawa sepeda saya kesana. Kayaknya klo sepedaan muter-muter danau Toba seru juga…hmmm…

    #EKA
    Waaah medannya berat di Samosir Wij..
    Nah kalo danaunya siy daripada naik sepeda enak naik speed boat 😉
    Wiiij.. gede banget tau itu danau !
    gempor kali naek sepeda :p hehehehe
    .-= mawi wijna´s last blog ..Budaya Kita atau Kamu? =-.

  21. Tengkyu atas tulisan ini. Soalnya aku lagi nyari tahu soal Danau Toba belakangan ini. E, kok kamu ternyata nulis di sini hehe

    #EKA
    hihihi mbak Kris punya telepati yah 😉
    .-= krismariana´s last blog .. =-.

  22. aahh eka, saya pengen pergi kesana tapi ndak pernah kesampaian.
    Gimana kalau mbak nraktir saya kesana, saya sangat setuju sekali. Biaya? itu mah gampang, laptop hasil hadiah kemarin masih ada toh ?? kalo dijual berapa?

    #EKA
    Sumpriiiiit gue ditodong 😀
    gak kebalik kang?
    yang ada tuh orang batak nodong2 tau 😛

  23. huakakakaka, ketinggalan kereta nih. kirain kemarin itu mbak eka tersinggun atau gimana, marah atau gimana gitu. makanya gw komen dengan nada sok polos. tp, emang pantasnya jadi orang polos gw kok *najisss* ha ha ha ha

    [Ratu]
    kayaknya nggak akan pernah waras. komen baik2, biar mbak eka lebih bahagia aja hi hi hi hi *nunggu recehan*

    [Arman]
    kayaknya salah ketik aja om kekekekeekekekekekek

    #EKA
    Kmrn sibuk aja Zia 😉 gak sempat maen blog lu hehehehe
    elu? Polos?!
    heeeeeeeeeeeeei itu pulau2 sudah berbekas… gak polos kaleee 😀
    .-= Zulhaq´s last blog ..Sinting Spesial Ramadhan #6 =-.

    1. @Zulhaq, iya, nggak hilang. tadinya ngecek di atas tempat reply awal…ternyata nyempil dibawah

      #EKA
      gue batesin soalnya thread untuk reply komen 😉
      jadi cuma beberapa aja yg bisa bales2an.
      kalo udh mencapai kuota tertentu… lsg turun kebawah 🙂

        1. ya ampyunnn semoga gua ga salah itung.
          dari semalem, gua bengong2 ajah… secara kok jumlah komen gua ganjil ya?
          di postingan mana ya gua kurang 1 komen?

          untung dikasi tau kalo gua kurang di postingan sebelumnya, jadilah gua menjelajah dan ngitungin jumlah poto gua dalam tiap postingan.

          so, ini komen ke 5 di posting ini kan?

          #EKA
          yep, ini postingan yang ke lima 😉
          yakin gua!!! udah 8 kali gua itung poto gua disini 😀
          .-= quinie´s last blog ..kopdar with sukma & andy =-.

  24. jaman kecil dulu, aku suka dengan lagunya julius sitanggang, judulnya kalau gak salah “danau toba”. dalam salah satu baitnya ada kalimat seperti ini: “di tengahnya, ada pulau, pulau indah pulau samosir”

    justru aku tau tentang samosir dari lagu itu, bukan dari pelajaran di sekolah… 😀

    #EKA
    Thanks to Julius Sitanggang dunk uda 😉
    hehehe dulu salah satu penyanyi fave ku uda.
    soalnya ganteng :p hehehehe

  25. gwgw masih waras kan mbak ?? **gwgw masih yakin kok**
    ok, gwgw pernah punya impian, salah satunya keliling indonesia….terutama ke danau toba dengan pulau samosirnya yg eksotis…tapi….ternyata ini masih sebatas impian…, kalo jawa madura bali seh dah pernah..kalo kesumatra masih belon….doain ya…

    tetep semangat !!! **tapi gg berani kasih koment banyak lagi**

    #EKA
    semangaaat !!! Impian itu harus terus didengungkan, Yen temen tinemenan alias semesta akan mendengar inginmu kata Paulo Ceolho !
    kenapa gak berani kasih komen banyak?
    lu udh di diskualifikasi, itu berlaku selama sebulan 😛 hahahahha
    .-= gwgw´s last blog ..Panggilan Tugas & Konsekuensinya =-.

  26. dari dulu aku pengen kesana…
    itu juga awalnya tau dari lagu ceria (Julius Sitanggang toh, penyanyinya)
    “…danau Toba…danau Toba…di hadapan didinding dunia…sungguh bangga ku bahagia karena ku lahir di sana” *nyanyi doang, nyambung Uda Vizon*

    #EKA
    weleh, satu lagi penggemar Julius Sitanggang 😉
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Terrible Cooking =-.

  27. btw, bokap gua -yang bukan orang batak- pernah cerita, menurut orang batak katanya kalo pas di danau toba trus kita bebacaan nyanyian ‘mantra’ tuh air bisa bergejolak trus bikin pusaran trus nyedot semua penumpangnya. bener ga sih? kok lu ga cerita tentang itu sih?
    *penasaran mode on* ❓

    #EKA
    hehehhe legenda doank ituuuuh….
    bergolak bukan karena mantra tapi karena cuaca buruk tau 😉
    .-= quinie´s last blog ..on my way home yesterday =-.

  28. @Imam S., setujuuu!!!

    tuh kan mba ek, daripada ke samosir, mendingan hadiahnya ditambah traktir makan ajah :D…
    *kontestan ga sopan, ngatur2 tentang hadiah* hihihihihi

    udah abis ya kuota gua? buruan dong posting lagih… udah mo akhir bulan nihhh… gua lagi milih2 poto gua yang paling cakep 😀 untung dipajang disitu 😀

    #EKA
    Emang niy.. kontestan semprul 😉 hehehehe
    tapi ya rame 😛
    .-= quinie´s last blog ..on my way home yesterday =-.

    1. yah gak perlu hadiah tiket ke samosir lah… tiket LA-Jkt juga boleh… huahahahhaa…

      wah gua juga mau milih poto ah, buat dipajang di blog eka… tapi bakal lama kayaknya, soalnya fotonya cakep semua… huahahahaha *pede sejuta*

      #EKA
      pingsan !
      Cuma bisa bangun dikipas2 pake dollar 😀 hihihi
      .-= arman´s last blog ..Kisah Sepasang Sepatu =-.

  29. danau toba n pulau samosir tu salah satu tempat yang pengen aku kunjungi dari kecil. indah banget ya, mba? ditunggu poto2 narsis mba eka di danau toba n pulau samosir-nya… 😆

    #EKA
    Serius lu mau liat gue bernarsis2 gila?
    ehhehehe
    .-= yoan´s last blog ..I Found You =) =-.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: