Menyusuri Pasir Putih di Pulau Timah

Kemana biasanya kamu berlibur mencari pantai?

Ke Bali? Dengan pantai Kuta yang ramai manusia itu?

Atau ke Lombok? Dengan pantai Senggigi yang bikin takjub hati?

Well, ada satu tambahan untuk pencinta pantai sebagai tujuan wisata Indonesia : Babel. Tenaang ini bukan nama kota yang melegenda karena wahyu Tuhan yang mengacaukan bahasa turun di kota itu. Bukan, ini bukan Babel yang sering disebut – sebut di hampir kitab suci agama Samawi. Berat di ongkos cin, kalau sampai harus ke Timur tengah sana untuk pantai saja :mrgreen:. Babel yang ini adalah singkatan dari Bangka – Belitung, propinsi ke-31 dari Republik Indonesia. Suatu propinsi yang terdiri dari dua buah pulau besar: Pulau Bangka dan pulau Belitung juga deretan pulau – pulau kecil nan cantik. Justru karena topografinya yang berbentuk kepulauan inilah, Babel menawarkan lusinan pantai indah yang tidak kalah menariknya dengan Bali maupun Lombok. Isn’t it cool? ^_^ Dapat deh satu spot lagi untuk foto – foto narsis wisata pantai :p

Photobucket
Pantai Parai. Pantai dengan pasir putih dan gugusan bebatuan yang apik.

Photobucket
Bangka Belinyu. Memikat mata. Pikiran jadi FreSh banget deh ! Iya sesegar Online Enable Forum FreSh itu lho 😉 suatu komunitas online dengan forum berbagi idenya yang kreatif itu.

PhotobucketPhotobucket

Oh ya, selain wisata pantainya, Pulau Bangka juga memiliki wisata alam lain lho. Ada Gunung Menumbing di kota Mentok, kabupaten Bangka Barat yang menawarkan panorama indah dan hawa yang masih sejuk. Di gunung ini juga, terdapat rumah pengasingan Presiden Pertama RI. Pada awal – awal perintisan kemerdekaan, Ir.Soekarno dibuang semasa penjajahan Belanda dulu. Wow ! Siip deh, bisa buat alasan ijin ke ortu untuk melenggang ke Bangka. Bilang aja, mo penelitian bu ! Kalau cuma mau jalan – jalan kan susah dapat ijinnya, tapi kalau diembel – embeli penelitian tentang Sukarno…? Hmmm sepertinya ijin itu akan mudah didapat. Hehehe

Photobucket

Dulu Pulau Bangka dikenal sebagai penghasil timah, namun melihat panoramanya, gak nyangka yah, dibalik kerasnya timah tersebut, tersimpan wisata alam yang bisa bikin bibir ini terus menyebut nama Tuhan atas kebesaranNYA menciptakan pemandangan yang luar biasa. Keindahan pulau ini juga sudah didukung dengan lengkapnya akomodasi yang ditawarkan. Mau cari penginapan kelas melati? Tersedia banyak pilihan! Ada wisma, penginapan atau hotel dengan budget rendah, tinggal pilih saja ;). Mau berleha – leha bak putri raja? Atau berbulan madu menghabiskan malam pertama di Bangka? Ho ho ho… semua bisa diatur. Kan ada resort dengan hotel bintang 4. Mantap kan?

Photobucket

Sementara itu, akses menuju Pulau Bangka, gak susah lho. Dalam satu hari, terdapat lebih dari  10 penerbangan menuju langsung ke Pangkal Pinang – ibukota kabupaten Bangka. Tinggal pilih deh mau pakai maskapai penerbangan murah atau sesuai isi kantong yang mana. Dari Palembang, perjalanannya ditempuh dalam waktu 30 menit. Sedangkan dari Jakarta, Pangkal pinang dapat dicapai dengan 50 menit saja! Cepet kan?  Bahkan lebih cepat dari perjalanan saya ke kantor yang sekali jalan saja memakan waktu 80 menit! Hmmm apakah itu pertanda daripada ke kantor, saya lebih baik pergi ke Bangka saja yah? :mrgreen: Mungkin sekaligus melanjutkan artikel yang dulu pernah tertunda? 😛 atau malah mengakomodir hasrat foto – foto narsis disana? Jangan ditanya, biar saya dan Tuhan saja yang tahu jawabnya 😀 hahaha.

Salam,

Eka Situmorang – Sir

Iklan

69 respons untuk ‘Menyusuri Pasir Putih di Pulau Timah

Add yours

  1. wah wah wah sekarang postingannya tentang tempat2 wisata terus nih… udah hawa2 liburan ya ka… hahaha…

    btw gua belum pernah ke bangka. tapi emang pada bilang pantai di bangka bagus ya… gile itu foto2nya bagus amat… emang aslinya sebagus itu atau itu fotografernya yang jago ya? hehehe

    #EKA
    Aslinya emang bagus !!
    bawa kamera jelek aja tetep keliatan bagus 😉
    udah sindrom pengen libuuur niy
    .-= arman´s last blog ..Kisah Sepasang Sepatu =-.

    1. kayanya gua liburan ke babel ajah deh daripada ke bali…
      *hm… lagi ngitung2 budjetnya*
      tapi pantai2nya di tempatnya zulhaq juga syeru2 tuh…

      #EKA
      udh mulai byk travel tuh yg buka paket Babel 😉
      pantai di zulhaq??
      lu mo ngeliat pantainya ato mo nyamperin dia Rat? hahahahhaa
      .-= quinie´s last blog ..on my way home yesterday =-.

      1. @quinie,
        kayaknya dia mau nyamperin gw tuh

        [Arman]
        lagi pusign ma kerjaan tuh bang, makanya pengen menghirup udara wisata

        [Ratu]
        makanya jalan2 kesini, dijamin deh males hi hi hi

        #EKA
        Hmmm kalo liat komen2 lu diatas ituh..
        gue keknya menduga lu disana bukan kerja
        tapi males2an terus yeee 😀
        hayoo ngaku deh 😉 hehehe

          1. gimana kalo pada kemari.. pantai disini juga bagus2 lho.. bersih2… pemandangan indah… baik pemandangan tak bergerak maupun yang bergerak… . huahahahhaa… hush hush.. .lagi puasa tauk.. 😛

            #EKA
            Pemandangan yg bergerak?
            cewek pake bikini maksud lo?
            gue rasa si Zulhaq tuh yg mupeng 😛
            huahahha
            .-= arman´s last blog ..Kisah Sepasang Sepatu =-.

  2. see…indonesia punya tempat2 indah kan..
    dan mungkin masih banyak yg kita tidak tahu
    wakatobi island (kendari), Sikuai (padang), Derawan (berau, borneo)
    hmmm….gambar2 di.postingan kali ini keren bangetttt….
    *karena gak ada foto narsis*

    #EKA
    Sempruuul !!
    Justru foto2 narsis gua itu jadi pemanis tauuuu 😛
    hehhehe
    .-= Afdhal´s last blog ..Sahur ke.6 =-.

        1. @ m’ek : tenang mba, gua dukung elu. poto2 di atas makin seru kalo ada poto lu kok 😛
          hidup narsis!!! *ntar gua kalo kopdar ditraktir makan yayayaya?*
          huahahaha.. becanda :p

          #EKA
          hahahhahaha akhirnya ada yg menantikan poto gue juga….
          .-= quinie´s last blog ..on my way home yesterday =-.

          1. @ eka: eh iya bener lho.. baru nyadar gua *telmi*, kok foto2nya dari yang danau toba dan yang ini gak ada foto lu sama sekali ya ka?? tumbeeennnn… 😛

            *tapi bukan berarti gua menantikan foto lu sih… huahahaha j/k*

            #EKA
            Sabaaaar… sabaaaar 😀
            dihina – hina di artikel sendiri hehehe
            .-= arman´s last blog ..Kisah Sepasang Sepatu =-.

  3. Jawabannya hanya pengen menyalurkan hasrat photo2 narsis hehe…
    Terbang dr jakarta 50 menit, belum termasuk perjalan kebandara, boarding, belum kalau delay totalnya jadi berapa menit ya..? 😛

    #EKA
    Hihihi dibahas beneran soal ituh 😉
    iyeeeeeeeeeeeee poto2 narsis hehehe

  4. Kata temen2 yg pernah kesana, emang pantainya bagus-bagus banget, dan setelah ada laskar pelangi, kayaknya ada deh paket tour ke sana..

    hemm kapan ya ada kesempatan utk ke sana?? 😆

    #EKA
    Buat honeymoon lagi keren mas 😉
    Iya, pilem Laskar Pelangi ikut mempromosikan Babel
    .-= Bro Neo´s last blog ..“Secuil surga” bernama Matano =-.

  5. Enaknya lagii.. ngga terlalu rame kali yaa, Kaa? 😀

    Temen gua juga ada tuh yang kemaren ini bulan madu ke sana 😆

    #EKA
    iya ndah, karena belum maksimal promosinya, banyak yang belum tahu….
    Sepiii, gue suka itu 😉
    bebas ekspresif untuk foto2 hhehehe

  6. Wah mbak Eka ini rupanya lagi pingin jalan-jalan keluar Jawa rupanya, kemarin bahas Danau Toba sekarang Bangka Belitung. Eh, ikutan FreSh juga ya mbak?

    #EKA
    Iya nih, terakhir keliling Sumatera tahun 2003.
    Udah gatel pengen jalan lagi hehehe
    Iya join FreSh, banyak manfaatnya 🙂
    .-= mawi wijna´s last blog ..Budaya Kita atau Kamu? =-.

  7. daerah di sumatera yang belum kukunjungi adalah aceh dan bangka. rasanya penasaran amat setelah menonton laskar pelangi, kayaknya indah banget pulau itu ya…? mudah-mudahan suatu saat aku bisa berkunjung ke situ. thanks Ka, sudah menceritakannya kepada kita… 😀

    #EKA
    My pleasure uda ! 😉

  8. setuju… indonesia memang punya banyak sekali tempat-tempat yang indah. hanya, pemerintah kita selalu “menganak emaskan” bali, sehingga yang dipromosikan selalu bali, padahal ada banyak pulau yang tidak kalah eksotisnya dengan bali…

    setuju lagi… foto2 kali ini memang bagus banget, karena gak ada orangnya, hehehe… 😀

    #EKA
    Makanya uda, kita bisa promosiin tempat2 lain juga yg indah melalui blog 😉
    Btw…. uda ama Afdhal bersekongkol yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    Huuuu padahal kalo ada aku nya kan tambah keren potonya 😛 hehehhe

  9. lho…? aku reply ke si afdhal kok munculnya di bawah? gak berfungsi ya Ka?

    #EKA
    Bisa uda, yang lain pada bisa lhooo 🙂
    Pas reply kan ada kode tertentu gitu uda, jangan di delete 🙂

  10. Pertama : themenya aku suka, bagus kak

    kedua : foto”nya keren, indah banget

    ketiga : Indonesia kita ini memang indah ya kak, aku bangga pada pada tanah airku ini

    keempat : kak eka lagi second honney moon ya?

    #EKA
    Haloo desya 🙂 welkam back here again 😉
    waah komenmu banyak hehehe
    Thank u buat pujian themenya, Kak Eka juga bangga punya alam yang luar biasa keren ini !
    Honey moon? 😉 secocd? Well kan udh dibilang jangan tanyain ituh hehehe

  11. selalu indah menikmati pemandangan. uhf… jadi kepingin ke pantai lagi. jadi ingat kuta

    #EKA
    Abis puasa mungkin 😉
    biar gak dosa liat yg berbikini2 di kuta :p hahahaha

  12. wah..karena gwgw dah kena tilang, gwgw kasih no coment aja dulu ya ?… 😀
    **gg berani kasih koment banyak…ntar ketilang 2 kali…**

    #EKA
    Hahahahha tilang alias diskualifikasi berlaku selama sebulan cin !
    jadi kalo lu udh pernah kena tilang, selama sebulan ini puas2in lah berkomen ria 😛
    udh gak ngaruh juga hahhahahaha

  13. Bangka Belitung ???

    Ahaaaa …
    Cerita “Malam Pertama” dalam arti yang sesungguhnya ituh …
    hehehehe

    Keren ya Ka … Pantainya …

    #EKA
    Hihhi masih inget aja nih si Oom 🙂
    iya oom, keren kan pantainya 😉
    apalagi kalo ada saya yah disituh 😛 hehehehe
    (tetep keukeh mo narsis :P) xixixixi
    .-= nh18´s last blog ..PESANTREN =-.

    1. @nh18,
      Jelas saja saya masih ingat …
      You are talking with The Trainer …
      Saya berusaha mengingat hal-hal istimewa …
      dari teman-teman yang istimewa …
      seperti Eka …
      UUhhhhuuuuiiii …

      #EKA
      Haduuuuh terharu 😉
      thank u for considering me special Oom ! 😉
      hehehe

  14. mari kita warakan keindahan Indonesia ke seluruh penjuru mata angin. Jangan sampai keindahan pantai Pulau Bangka dan Belitung di klaim oleh Malaysia. (nyambung gak yah komennya?)

    #EKA
    Nyambung banget sama issue hot saat ini !
    Haduuuuuuh kalo sampe di klaim juga itu pulau, keknya bisa perang beneran lho negara kita ini 😉

  15. dohh.. belon pernah kesana nie mba :mrgreen: tapi dari hasil jepretan dan dokumentasinya.. halahhh.. adem kayanya 😀

    oce deh.. selamat berphoto narcis ria aja mba 😛

    #EKA
    hahhahahaha ucapan selamatnya itu lhooooo
    😉 emang gue narsis apah? 😛

  16. Timah nya mana?
    yang di ekspose kok cuma pantainya.

    kalo di sawah lunto ada namanya wisata tambang naik kereta api uap keliling pertambangan tua jaman belanda. disana ada gak?

    #EKA
    sengaja gak diulas timahnya… kan byk yg udah tahu…
    mau menunjukkan bahwa Babel gak cuma punya timah lhooo
    tapi pantainya juga keren..
    masa ada wisata begitu di sawah lunto? Kereeen !

  17. daerah sumatra belum pernah mbak, seringnya malah ke katimin alias kawasan timur indonesia; ambon, manado, bitung, sorong, raja ampat dsb.. pantainya indah2 juga lho..

    #EKA
    Yang aku dengar gitu…
    sempet googling and pas liat pic Raja ampat
    mulut gue lsg nganga
    kereeen !!!
    waaah senangnya dirimu sudah kesana…

  18. oiya, tu smua koleksi poto lu nek?
    awesome.

    #EKA
    Boleh minjem koq 😉
    tuh kan ada tulisannya di gambarnya…

    Kalo punya gue ya pasti ada guenya lah 😀 hahahaha
    narsis kronis 😛

    1. @Gandi Wibowo
      lo juga ga tau itu poto ambil dimana?
      busett
      tapi gw seneng lah trnyata itu bukan poto lu
      😀
      gw g jadi ngiri2 amat

      btw lo jd mo beli SLR ka?

      #EKA
      hihihi segitu siriknya kalo gue beneran yg ambil 😛 huh !
      lagi nabung niy beli SLR
      baru berapa bulan lalu kan beli Mpus soalnya….

  19. Kalo soal cerita2…mbak Eka memang jago banget, apalagi jika soal foto2an…wah, malah jagonya tuh…hehe
    Jadi pingin liburan nich, mbak… Tapi kapan yaa, bisa keliling2…kalo perlu, ke penjuru dunia wal planet…hihihi
    Salam hangat… Salam damai selalu, mbak…. 🙂

    #EKA
    Terus miliki impian itu mas Ar 🙂
    ingat, yen temen tinemen ^_^

  20. keren banget kalo liat fotonya ma denger ceritanya..
    jadi pengen euy..tapi kapan yaaa…
    hehehe..
    salam kenal…
    salam rimba raya lestari

    #EKA
    Thank u udh mampir yah 😉
    kunjungan pertama yah…

  21. keindahan bangka belitung memang luar biasa. tapi kalo dari hutan sini, tetap aja mahal di ongkos kek. ntar, nunggu dapat ilham bisa bikin buku yang best seller ha ha ha *mimpi*

    #EKA
    Bisa.. pasti lu bisa bkin buku Zi 😉
    keknya kesintingan lu menjual tuh
    bisa laku 😀

  22. Kata temanku yg udah kesana, emang keren banged Ka.
    Duh kapan ya bisa kesana. Kalo dah ada buntut, agak susah bebas bepergian nih, hihihi…….
    Btw, tar hbs lebaran rancang kopdar ya Ka. 🙂

    #EKA
    aye..aye mam !
    Mariiii kita kopdar 😉
    ati2 mudinya ya kan…
    .-= zee´s last blog ..persiapan mudik =-.

  23. Duh, indah nian ya di sana. Hmmm … harus dijadwalin nih walaupun entah kapan akan terwujud ^_^

    #EKA
    Yang penting ada niat dulu kesana 🙂
    soal kapan terwujudnya itu urusan berkahnya Tuhan 😉

  24. pengen ke sana juga sih, Mbak..
    waktu itu udah survey-survey buat ke BaBel..
    cuma karna tiket dari Sby mahal amit, ujung-ujungnya ke Lombok 😀
    masih penasaran banget.. kapan-kapan pasti ke BaBel 😀

    #EKA
    Amiin 🙂 gue doain u will go there Sar 😉

  25. WOw… BTW saya sebenernya masih agak2 bingung. Apakah pulau Bangka ini sama dengan Belitung, yang menjadi lokasi cerita Laskar Pelangi? setahu saya waktu SD, namanya Bangka Belitung? ga tau deh sekarang, pengetahuan geografi saya sangat..sangat kurang soalnya.. hehehhe

    #EKA
    Bangka dan Belitung itu beda 🙂
    Itu dua pulau besar yang beda hehehhe
    Geografi jelek tapi biology keknya bagus yah ? ;P
    hahahaha

  26. Waktu dinas di Palembang saya sudah sering ke Bangka, sayangnya belum pernah ke Belitung. Memang ada pantai yang bagus dan saya juga sudah mengunjunginya.
    Di Pangkal Pinang ada warung ikan bakar yan sangat terkenal, tidak mewah tetapi pengunjungnya berjubel sehingga kita mesti antri.

    Salam dari Surabaya

    #EKA
    Pantai2 ini sebagian di Bangka juga lho pak…
    Oh iya.. makanan di Bangka banyak yg enak2 katanya 😉

  27. Saya pernah mendengar kalau pantai di Bangka Belitung ini indah sekali..
    Sayang belum punya kesempatan kesana

    #EKA
    Pasti bunda bisa kesana suatu saat nanti 😉
    Papua aja udh nyampe lho hehehhe

  28. akhirnya sampe juga gua disini… maab baru mampir, koneksinya jelek bangett..hiks. hiks.
    waduh, posisi gua udah terbalap lagih??? ga akan gua biarkan…xixixixi…

    ember sih gara2 laskar pelangi, baru ngeh kalo ternyata babel kerenz abiss….
    pokoknya mo liburan ke sana. harus. tapi ngumpulin duit dulu *trus jadinya kapan?! keburu paketnya pada mahal2* 😀

    ke pantainya zulhaq?
    xixixix… bole2 kalo dibayarin tiket+akomodasi+makan2nya.. xixixi
    yang penting makan2…hidup makan2 😀

    #EKA
    Ziiiaaaa. hayo buktikan kesuksesan lu bermain sama para monyet 😀
    Hayoo bayarin tuh liburannya Ratu 😛 hehehe
    .-= quinie´s last blog ..on my way home yesterday =-.

  29. wow….. cuantik… jadi pengen main ke sono….
    Btw sejak novel Laskar Pelangi meledak pulau ini makinpopuler… Seharusnya Andrea HIirata dapat penghargaan dari pemda Bangka 🙂

    #EKA
    Good point !

  30. Waktu nonton film Laskar Pelangi, saya hampir nggak percaya kalau pantai-pantai yang indah dengan batu-batu raksasa itu asli ada di Belitung. Kok selama ini nggak pernah dipromosikan ya? Film Laskar Pelangi berjasa besar tuh memperkenalkan Belitung.

    Kesana yuuuk …

    #EKA
    Hayuuuk bunda 😉
    Nah karena bunda yg ngajak
    berarti bunda yg sponsorin yah 😛 hehehe

    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Seragam =-.

  31. setelah gw liat2 lagi potonya, emang ga kalah or sama keren sama lombok
    tapi kayaknya infrastrukturnya lebih canggih drpd objek2 d lombok
    and promosinya lbh keren d babel kayak’e

    #EKA
    Kayaknya meledak setelah pilem LP tuh…

  32. udara disana panas yach ? dipulau yg dipenuhi batu bara aja dah panas abis. pa lagi timah !! sejak munculnya Laskar pelangi, saya jadi pengen banget ke bangka belitung. Bisa nengokin blogger disana… hehe

    #EKA
    niatnya mo kopdar sambil cari2 yah?
    ati2 ntar dapet kek aisyah lg gimana? 😛 hehehe

  33. aaarrghh… keren kereen kereeenn… Indonesia ini memang ga bakal abis buat dieksplorasi, ya?
    bagus ni buat yang pada mau liburan, mending jelajah objek pariwisata negeri sendiri daripada belanja-belanji di luar negeri en memperkaya negara orang…

    #EKA
    setujuuuuu duitnya buat diputer2in disini ajah 😉
    hehehe
    .-= yoan´s last blog ..I Found You =) =-.

  34. Ada satu benda yang saya suka diwilayah babel ini…mercusuarnya yang merah putih…. view lainnya sangat memanjakan mata untuk betah berlama2 berdiam disini… Ingin rasanya berada disana…tapi entah kapaaaaaan…. 😥

    (ini lokasi untuk bulan madu ituh???) serius??? ya sudah… selamat menikmati cerita honeymoonya… ditungguh..

    #EKA
    Ditunggu ceritanya pak? 😉
    itu private bgt hehhehe 😛
    .-= pakde´s last blog ..Haruskah Pakde Mudik? =-.

  35. jdi pengn k bangka n meninglkan jakarta
    plang kmpung euy/…..
    pangkal pinang I’m coooommmmmiiinnnnnnnnnggggggggggggggggggg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: