Wisata Ekologi Pulau Komodo

Photobucket

“Lu jangan pergi ke Pulau Komodo Ka,” larang Dika begitu saya mengutarakan maksud mengunjungi salah satu turunan binatang purba itu.

“Heh?! Kenapa emangnya?” Saya balik bertanya.

“Pokoknya lu jangan pergi ke sana kalau gak siap kalah eksotis sama Komodonya !” tandas Dika dengan cengiran nakal di wajah konyolnya itu.

“Whaaaat???!!!” pekik saya keras hingga hampir semua kepala di restoran jepang itu menoleh. Tanpa rasa malu, saya kembangkan senyum pada semua mata yang memandang. Terbiasa menjadi pusat perhatian karena lengkingan 3 oktaf ketika terkejut, membuat saya terlatih menghadapi situasi seperti ini. Cukup berikan senyum polos tanpa dosa, nanti juga reda sendiri. OK, kembali ke laptop. Huh! Gak terima rasanya saya dibilang kalah eksotis sama komodo. Enak saja! Selepas acara buka bersama, saya langsung googling tentang pulau di Nusa Tenggara Timur itu.

Hasil googling saya menemukan fakta : Pulau Komodo saat ini merupakan salah satu wilayah konservasi yang menjadi tujuan wisata ekologi alias Ecotourism. Saya pun menggaruk – garuk kepala yang tidak berketombe karena menemukan istilah baru. Apa sih Ecotourism itu?

Oom Hector Ceballos-Lascurain dalam bahasa londo bilang gini :

“Nature or ecotourism can be defined as tourism that consist in travelling to relatively undisturbed or uncontaminated natural areas with the specific objectives of studying, admiring, and enjoying the scenery and its wild plantas and animals, as well as any existing cultural manifestations (both past and present) found in the areas.” Nah, bahasa Indonesianya : “Wisata alam atau pariwisata ekologis adalah perjalanan ketempat-tempat alami yang relatif masih belum terganggu atau terkontaminasi (tercemari) dengan tujuan untuk mempelajari, mengagumi dan menikmati pemandangan, tumbuh-tumbuhan dan satwa liar, serta bentuk-bentuk manifestasi budaya masyarakat yang ada, baik dari masa lampau maupun masa kini.”

Photobucket

Pulau Komodo

Yuhuuuuuu !! Wisata ekologi ke Komodo? Alias berpetualang untuk melihat dan mempelajari bagaimana kadal terbesar di dunia ini melahap kambing, ayam atau babi dengan lidahnya yang panjang terjulur mirip lidah naga itu di pulau yang masih perawan, langsung ngiler deh ! Saya membayangkan naik Jip besar mengelilingi Pulau Komodo, melihat mahluk dengan nama latin Varanus komodoensis yang dipercaya sebagai sisa binatang purba dinosaurus. Gila eksotis nian!! Di kepala saya terlintas petualangan Alan Grant, Ellie Satler, dan Ian Malcolm di film Jurassic Park. Minus kecelakaan lepasnya Komodo tentu saja. Gak kebayang deh kalau binatang dengan panjang 3 meter dan berat 140kg itu menyerbu saya dan mengeluarkan racun melalui lidah panjangnya itu, mana kambing satu ekor bisa ludes dilahap kurang dari 3 menit. Oh NO ! Tapi tentu saja tidak, karena konservasi Pulau Komodo ini dijaga oleh petugas – petugas berpengalaman yang menomorsatukan keamanan.

Photobucket

Mahluk purba yang katanya campuran antara Kadal, Naga, dan Ular memang unik dan eksotis.  Tak heran jika Pulau Komodo dinominasikan sebagai salah satu 7 keajaiban dunia. Ajaib kan bow? Turunan Dinosaurus yang katanya sudah punah itu ternyata masih terpelihara baik di suatu pulau?  Hebatnya lagi, itu di Indonesia ! Oh how I love this country so much.

Photobucket

Wisata ekologi a.k.a ecotourism tidak hanya menawarkan panorama alam untuk dinikmati, namun juga pengetahuan akan budaya masyarakat setempat. Dengan begitu, secara tidak langsung ecotourism juga membantu melestarikan kearifan budaya lokal. Indonesia menyimpan potensi wisata ekologi dengan keaslian dan keragaman budaya serta kekayaan alamnya yang melimpah. Selain Pulau Komodo, terdapat lebih dari 10 lokasi wisata ekologi lainnya, beberapa diantaranya adalah Way Kambas, Krakatau, Ujung Kulon, Rinjani dan Bunaken. Yuk, mari kita dukung pelestarian alam Indonesia, salah satunya ya dengan berekowisata. Bahasa gaulnya, mari melancong! 😉 traveling cin! Tapi kalau belum bisa, lakukan dengan satu langkah kecil : join cause di Facebook dan dukung Taman Nasional Komodo menjadi salah satu keajaiban dunia. Silahkan klik disini. Lima menit waktumu membuat Pulau Komodo sebagai warisan dunia ;).

Photobucket

Kembali ke soal eksotisme, masa iya sih komodo lebih eksotis dibanding saya? Coba lihat  baik – baik…. Mana yang lebih eksotis? Jelas saya kan?!

Photobucket

Have a great Monday fellas ! 😉

Don’t forget to vote for Komodo ya.

Sebagian gambar diambil dari sini, dan sini.

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Pos ini dipublikasikan di Indonesia, Nusa Tenggara, TRAVELLING dan tag , , , , . Tandai permalink.

74 Balasan ke Wisata Ekologi Pulau Komodo

  1. Gandi Wibowo berkata:

    Satu lagi tulisan yang bikin gw pengin liat Pulau terisolasi itu…

    Tau gak mba, yang bikin Gw penasaran dari nama “komodo”? Gw penasaran ama pulaunya yang katanya khas, unik, dan terisolasi. Gw penasaran seberapa terisolasinya pulau itu sampe gak terjamah sama manusia-manusia purba Indonesia. 4 jutaan tahun kan waktu yang lama, masa sih sampe terisolasi.

    FYI: yang jadi finalis keajaiban dunia itu Taman Nasional komodonya (termasuk pulau komodo) loh mba, buka komodo si naga hidup (Banyak loh yang salah paham), dan saya udah vote komodo, dah lupa dari kapan tau…

    #EKA
    Eeeeh gue juga penasaran sma itu nama… tapi belum nemu jawabnya…
    Thanks for the input yah… memang yang jadi nominasi adalah TAMAN NASIONAKL KOMODO bukan komodonya 😉
    .-= Gandi Wibowo´s last blog ..Selametan… baru pindahan nih =-.

  2. quinie berkata:

    untung dapet bocoran.. xixixi.. mudah2an yang pertamax!!!

    btw, gua mo komen pic yang terakhir, JELAS elu yang lebih eksotik laaahhhh dibanding kodomo eh komodo ya? xixixixi
    gua udah coba tuh yang 7 wonders tapi kok ga masuk2 imelnya ke inbox gua ya?! hiks hiks

    #EKA
    Too bad… u aren’t the first Ratu… 😉
    .-= quinie´s last blog ..buka bersama blogger bekasi ^^ =-.

  3. quinie berkata:

    horaaayyy beneran gua pertamax!!!!
    btw, rambut dikau digituin tahan berapa lama? permanen ga? kalo kena angin or naik motor gitu balik lagih ke normal ga?
    itu dandanan sehari2 or special occasion ajah? huahaha banyak ya pertanyaan gua?

    udah ah gue mo bobo duyu, biar ga kesiangan sauuur 🙂
    sleep tight yaaa daaaahhh

    #EKA
    Kesiangan gak lu sahurnya?
    jangan2 lu keritingin rambut biar kayak rambut gue lagi hehhehe
    .-= quinie´s last blog ..buka bersama blogger bekasi ^^ =-.

    • arman berkata:

      yang pasti bukan sengaja ngegulung rambut demi menampilkan foto disini kan ka? gara2 gua kemaren komen kok gak ada foto lu ya? hahahaa 😛
      .-= arman´s last blog ..Kisah Sepasang Sepatu =-.

      • Zulhaq berkata:

        tu rambut gka sengaja di gulung, hanya kegulung aja. yang dikarenakan hawa angin komodo yang berhembus, sehingga menyebabkan rambut seperti itu *analisa sinting* hi hi hi

        #EKA
        Analisa lo pake regresi apa sih?
        itungannya msh pake SPSS ya? 😛 hiihihi
        ribet bgt.. nih gue kenalin sama hairdryer yg bisa bukin gulung2 rambut begitu hehehe

        • quinie berkata:

          @ mba ek : kaga telat saur dongs… kan ada alarm hidup di kos an gua…
          eh pertanyaan gua blom dijawab, ntu rambut berapa lama kadaluarsanya? xixixi.. biasanya kena angin langsung balik ke bentuk asal 😀

          #EKA
          sulit jawabnya..soalnya kalo dandan begitu gak kepantai 😛

          .-= quinie´s last blog ..kopdar with sukma & andy =-.

  4. suryaden berkata:

    wahaha…

    sayang sekali kemarin ada kebakaran di pulau itu…

    #EKA
    Iya tuh mas…
    Beberapa bagian ada yg jadi gersang gitu…
    .-= suryaden´s last blog ..Epidemi bagi Kapitalis =-.

  5. AtA chan berkata:

    Lebih eksotis mana ya, sama2 makhluk langka nih…
    Dibikin polling aja sekalian xixi..

    Abis ini segera voting mbak, meski ku gak suka dgn reptil..

    #EKA
    Barti gue udh pasti dpat suara lu kan Ta ? 😉

  6. DV berkata:

    Takjub melihat foto2 di atas meski terus bertanya dalam hati, “Manaaa ini komodonya??” Eh ternyata di bawah ada… Komodo Keriting huakakakakakakakak!!! :))

    *anak Tuhan dilarang marah huahuahuahua*

    #EKA
    sempruuuul… gue dibilang komodo…
    emang muka gue purba yah ?
    😀 hadoooooh
    God have mercy yah 😉 for me -Your beautiful creature- disama2in komodo hehehe
    .-= DV´s last blog ..Solusi Mujarab Perekat Persatuan Bangsa =-.

  7. Bro Neo berkata:

    *ngebayangin komodo punya rambut yg di kriting kayak gitu, trus lidahnya menjulur-julur*
    😈

    #EKA
    hihihi kalo ada, kasih tau ya Bro..
    nama spesienya paan? 😀

    .-= Bro Neo´s last blog ..“Secuil surga” bernama Matano =-.

  8. depz berkata:

    poto no1 tuh…sumpah keren abissssssssssss

    #EKA
    Lu lebih suka yang poto no.1 ?
    Fave gue justru yang terakhir hehehe

    .-= depz´s last blog ..pisang dan ulang tahun =-.

  9. marshmallow berkata:

    itulah kenapa aku semangat banget ingin dapat tugas ke kupang ntt itu, ka. *kayak udah pernah kasih info aja*
    sayangnya kemarin bertepatan dengan ramadhan, jadi rada-rada enggan suasananya. apalagi kerjaan di kantor masih numpuk. tapi eksotisme pulau komodonya bikin aku mupeng.co.id.
    yuk, mari sukseskan pulau komodo sebagai the new seven-wonder of the world!

    #EKA
    aku juga uniiiii…… mupeng banget.
    And kalo ada kesempatan, gue akan tetep kesana.
    Sudah jelas lah, gue lebih eksotis kan uni 😛 hihihi
    .-= marshmallow´s last blog ..Favorite Tokens =-.

  10. depz berkata:

    btw ekologi sama ekalogi beda ga?
    *emang ada gitu ekalogi?*
    hhhahahha

    ekalogi itu ilmu yang mempelajari kenarsisan seorang eka
    spt yg muncul pada poto terakhir
    😛

    #EKA
    Huahahhahaha gue pengen kenal tuh sama orang yang mendalami ilmu ekalogi 😛
    hihihihi
    .-= depz´s last blog ..pisang dan ulang tahun =-.

  11. depz berkata:

    oh iya, bout da vote, gw jga udah vote dr kapan tau kok
    so, kalo skrg org2 pd nyuruh vote gw malah heran tuh
    :mrgreen:

    #EKA
    Kan gak semua up date kayak elu Depz…
    Bokap gue lom vote, adek gue juga belom..
    Sekedar reminder lagi ajah 😉 hehehe
    .-= depz´s last blog ..pisang dan ulang tahun =-.

    • diTha berkata:

      @depz,
      Kan yg kmrn tahap pertama mas.Nah sekarang v0te lagi buat tahap kedua.jangan lupa v0te lagi yh.Nanti diumumin nya tahun 2011.

      #EKA
      Tuuuh Dep… vote lagi dunk 😉
      ma kasih infonya Ditha 😉

      • depz berkata:

        @diTha, ooow gitu yahhh
        hmmmm…berarti gw ga apdet2 banget
        wekekekek
        *pengakuan dosa*

        #EKA
        waaah lu mesti traktir Ditha tuuh
        kan udh dikasih tau 😉
        .-= depz´s last blog ..pisang dan ulang tahun =-.

        • arman berkata:

          sebenernya aneh gak sih masa 7 keajaiban dunia itu ditentukan ama voting? bukannya harusnya ditentukan dan dinilai ama sebuah lembaga khusus yang berisikan para ahli ya? kalo based on voting ntar mah negara yang rakyatnya paling sering main internet yang bakal masuk dong… bukan berdasarkan nilai2 sejarah dan objeknya dong ya??

          #EKA
          gue gak ngerti yg begituan Man..
          yg gue tahu.. gue maunya taman nasional komodo masuk jd 7 wonder 😛
          ehhehee
          .-= arman´s last blog ..Kisah Sepasang Sepatu =-.

  12. Ria berkata:

    masuk lagi deh mbak dalam daftar daerah wisata yang ingin di kunjungin huhehehe…

    dirimu dan komodo???
    kalau lu lagi dengan rambut kriwil2 dan gaun terus terang lebih eksotik komodonya 😀
    coba lu pake jip, baju kargo +celana ngepas, Sepatu boot dan topi khusus berpetualang itu…wedeww…lu pasti lebih eksotik dari si komodo…hahahahaha…secara komodonya gak bsia tampil kayak lu mbak 😛

    teuteup ya kok lu kalah eksotis sama koala nya mbak imel ;))

    #EKA
    Weeeit gak relaaaaaaaaaaa !!
    Gak relaaaa kalo kalah ma komodo…
    tapi kalo ma Koala sih… ya udh ngaku kalah deh 😉
    Koalanya mbak Em si Kai emang luthu hehehehe

    .-= Ria´s last blog ..Ali =-.

  13. hebat Ka…
    aku usul ntar kamu kudu jadi menteri Pariwisata
    atau jadi direktur kantor pariwisata indonesia di Jepang aja.
    Nnati aku jadi penerjemah pribadimu

    komodo ya. Aku suka terbalik dengan bhs jepang KODOMO yang artinya anak hihihi

    komodo sama kamu ka?
    sama kok……hihihi

    EM

    #EKA
    sama dari mana mbak? 😛
    komodo kan gak berambut 😛 lidahnya panjang lhooo
    sementara aku> cantik, imut, lucu beginbi 😛
    gak da yg boleh protes ! 😀 hahaha
    .-= Ikkyu_san a.k.a imelda´s last blog ..Naik-naik ke puncak gunung! =-.

  14. ciwir berkata:

    mmmhhmmm…
    yayayaya….
    ini jadi referensi wisata liburan akhir taun kayaknya

    #EKA
    wow ! ntar diceritain ypo mas 😉
    .-= ciwir´s last blog ..THR adalah Hak Karyawan =-.

  15. adipati kademangan berkata:

    Benar-benar persaingan yang menarik. Lomba narsis-narsisan antara foto paling atas dengan foto paling bawah. Saya pilih komodonya, sampeyan pilih mana?

    #EKA
    huh !
    piye tho ikiiii…..?
    Si komodo lebihg menarik tampaknyaaaaa 😦

  16. Miranda berkata:

    eka kapan gua menang ….
    btw hadiahnya apa sih????jalan2 ke pulau2 yg lo tulis2 ini yah…

    jiaahhhh gua mau bgt…

    lo tau dong gua bukan org yg rajin baca…jadi copet meh…kau umumkan pemenang hadiah jalan2 nya….

    Aku pilih hadiah ke pulau samosir aja yak…pulau komodo takut kali aku ama cicak besar itu….geli!!!!

    *kkkkaaaabbbbuuuurrrrrr udah ancurin commentnya EKA*

    #EKA
    😛 kalo hadiahnya jalan2 ke pulau itu… gue duluan deh yang pergi hehehe

  17. ihsan berkata:

    soal eksotisme, itu tergantung dari kacamata siapa yang memandang. bagi hidung belang, mungkin foto terakhir itu eksotis. tapi bagi seorang ilmuan, pulau perawan dengan makhluk ras tertua didunia adalah harta yang paling berharga didunia ini.

    #EKA
    Jiiiah gue selera hidung belang yee 😦 hiks… hiks…
    .-= ihsan´s last blog ..Pengemis, Masalah Kita Bersama =-.

  18. vizon berkata:

    aku pernah coba ikut vote pulau komodo itu, tapi kok gak berhasil ya…?

    Eka sama Komodo gak ada yang eksotik, kecuali kalau keduanya foto bareng sambil pelukan, baru bisa dinilai, hehehe… 😀

    #EKA
    hihihi pelukan sama boneka komo yg bikin macet aja deh Uda hehehe
    kalo komodo beneran..
    keburu mati kena lidah beracunnya 😛

  19. Omiyan berkata:

    Yuk kita jaga jangan ampe ntar diklaimlagi hehehe, Indonesia emang penuh keragaman akan wisata dan budaya…apalagi Pulau Komodo yang kata orang sih tempat Naga Purba yang kini tinggal dikit…

    #EKA
    Makanya dijadikan konservasi alam Oom…
    Biar terlestarikan alias gak punah
    .-= Omiyan´s last blog ..Makasih Sayang =-.

  20. Omiyan berkata:

    Sama kayake mas vizon saya kok gagal juga ya

    #EKA
    coba lagi oom…

  21. omblog berkata:

    wew ternyata dah pindah 😀
    telat…

    #EKA
    kemana ajah?
    btw udh vote buat TN Komoda?
    .-= omblog´s last blog ..IF I… =-.

  22. jilena berkata:

    saya sudah vote loooooooooooooooh….. 😀

    Satu hal lagi yang membuat ku bangga menjadi warna negara Indonesia..

    #EKA
    TOS dulu Jil 😉

    .-= jilena´s last blog ..Makna musik =-.

  23. Wempi berkata:

    Wempi vote eka for the new seven wonders ❗

    #EKA
    Whaat?? emang gue perlu dilestarikan yah hehehe
    .-= Wempi´s last blog ..TelkomselFlash =-.

  24. Revan berkata:

    wakakakak.. tetep narsis, tak ketinggalan foto beliau 👿
    tapi bial pun celem, ci komo ini idola pala anak2. dulu saya juga cuka menonton acalanya. hehehe..

    #EKA
    komo yg dulu ituh gue juga suka 😉
    .-= Revan´s last blog ..Adik Pak Haji Dan Pisang =-.

  25. ehem.. eksotisnya loe kan beda kelas sama komodo..

    lebih menarik komodo sih.. 😛

    #EKA
    semprul lu 😛
    lagi gak pake kacamata yaah 😛
    .-= Billy Koesoemadinata´s last blog ..Galeri Desain Cover – Andiko Baskoro =-.

  26. neneksihir berkata:

    Eka vs Komodo..
    Malaikat juga tauuuu…siapa yg jadi juaranyaaaa… ^_^

    duh, jd terispirasi kesana niihh….

    #EKA
    pastinya gue kan? 😛
    ehehehe

  27. Afdhal berkata:

    nah kalo ini postingan’nya gak asyikkkk
    …masalahnya gak ada foto eka ama komodonya sambil berpelukan sih
    hmmm…

    #EKA
    Huuuuuuuuuuuuuuu
    mimpi kali lu ye ! 😛
    Belum dipeluk komodo udh dilumat abis gue…
    dimakan booow
    hiiiiiiiiiiii serem
    .-= Afdhal´s last blog ..Sahur ke.6 =-.

  28. masnur berkata:

    Saya pernah lihat acara semacam discovery di TV tentang pulau komodo. Dari acara tersebut disebutkan bahwa kadang komodo tidak cuma makan ternak dan binatang hutan tapi juga manusia. Tapi komodo takut apabila ada orang yang membawa tongkat panjang yang ujungnya bercabang seperti lidah komodo/ ular. Dalam hati komodo mikir: Gileee bener?!!! lidahnya aja sepanjang itu apalagi badannya!!!!!…..makanya sikomodo segera berlari, takuuuttttt……. :mrgreen:

    #EKA
    hahahaha emang komodo bisa lari yah?
    kan dia gendut gituuh….
    .-= masnur´s last blog ..Ohhh! My Favicon =-.

  29. macangadungan berkata:

    tapi mbak eka tahu? ndak boleh ke pulau komodo kalo sdang haid atau memiliki luka. karena bisa dimakan sama komodonya.
    temenku ada yang sering main ke sana. seru dan iri kalo denger cerita dia. tapi sambil rada-rada ngeri juga sih 😆 … kata temenku, eksotis, tapi tegang (klo ketemu ama komodonya langsung)

    #EKA
    Oh iya aku tau.. kayak Taman Safari aja… kalo lg berdarah ya gak boleh maen sana…
    mereka kan peka 🙂
    .-= macangadungan´s last blog ..Privasi di Ruang Publik =-.

  30. rusakparah berkata:

    Hmm… mana yang lebih eksotis ya?? Tapi kalu pertanyaannya, mana yang lebih langka.. saya tau jawabannya.. Hahahhaha Just Kidding.

    BTW Pulau Komodo belum termasuk satu dari 7 keajaiban dunia ya?? saya pikir sudah…

    Ahh harus kasi vote juga nih

    #EKA
    Buruuuan kasih votenya ! 😉
    .-= rusakparah´s last blog ..Rekomendasi broker Paid Review yang bagus =-.

  31. mawi wijna berkata:

    ayo kesana mbak, dan kabarkan ke saya gimana rute perjalanan yang mudah, murah, dan aman untuk bisa ke Pulau Komodo, 😀

    #EKA
    Kamu sponsorin saya kesana yaaa…
    yaaa? ^_^ hihihi
    .-= mawi wijna´s last blog ..Mblusuk ke Kampung Ramadhan =-.

  32. jensen99 berkata:

    Saya menantikan si komodo membuat posting tandingan tentang mbak Eka saja. 😈

    #EKA
    weleeeh.. lu mo cari kemana itu postingannnya 😛 hehehe
    .-= jensen99´s last blog ..Kenapa namanya ‘buka puasa’? ^^ =-.

  33. arman berkata:

    1. apakah itu foto2nya dirimu yang motret? keren banget makk!!!

    2. iya lu lebih eksotis lah daripada komodo… huahahaha…

    3. emang sih komodo itu udah binatang langka jadi perlu dilestarikan, tapi gua gak abis pikir apa bagusnya ya ngeliat komodo? hehehe

    #EKA
    BUkan gue yg ambil.. kan udh ditulis dibawah.. potonya minjem 😛
    barti lu gak perlu kacamata, udh tau bedanya dan tahu mana yg lbh eksotis hehhee
    hmmm gue rasa dilestarikan and senebg liatnya ya krn berawsa di jaman purba kali ya boow :p
    serasa di jurrassic park hehehe
    .-= arman´s last blog ..Kisah Sepasang Sepatu =-.

  34. cenya95 berkata:

    eksotis… ?
    Hmmm… dibolakbalik pilih kamu saja soalnya preut komodo lebih buncit darimu… 😉
    salam superhangat

    #EKA
    hihihi itu betul banget hehehe
    .-= cenya95´s last blog ..Spesial Lebaran =-.

  35. Joko Setiawan berkata:

    Hhmm..Komodo ituuuuu…..

    Kapan yawh saya bisa ke sana Mbak….

    #EKA
    Terus bermimpi jok ! 😉
    .-= Joko Setiawan´s last blog ..Rangkaian Kata Rindu Untuk-Mu dan Untukmu =-.

  36. gwgw berkata:

    gw semakin yakin kalo komodo indonesia makin moncer di internasional….
    gwgw dah vote juga kok….**clingak-clinguk koment no 1**

    #EKA
    siiip !
    Bagus deh lu sayang pariwisata kita 😉
    .-= gwgw´s last blog ..Panggilan Tugas & Konsekuensinya =-.

  37. yoan berkata:

    jiakakaka… itu si temennya mba eka tega betuuulll… nyama2in mba eka sama komodo.. 😆

    temen saya yg dr flores pernah cerita, sampe sekarang komodo2 itu masih aja makan manusia [kalau ada kesempatan] loh, mba… serem ga siih… di pulau seindah pulau komodo itu terdapat karnivora ganas yang bisa muncul tiba2 menerkam orang lewat… *lebaynyakumat*

    #EKA
    hihihi emang bener koq sering makan manusia
    kan udh dibilang kayak jurasic park 😉
    .-= yoan´s last blog ..I Found You =) =-.

  38. krismariana berkata:

    kalau lihat foto paling atas, yg gambar bukit2 itu sih kayaknya keren banget. tapi masalahnya Ka, aku ini sama cicak, kadal, atau tokek aja rada2 parno. lha ini liat komodo, yg kaya kadal raksasa… duh, kaya apa ya? bisa nggak ya, ke pulau komodo tapi nggak usah liat komodonya? hihihi.ila mbak
    (katanya, soalnya belum liat siy heheh)

    #EKA
    Bisa mbak.. mbak maen2 ajah di resortnya 😉
    katanya seru aaand pemandangan menuju pulau komodo itu dari NTT katanya keren g
    .-= krismariana´s last blog .. =-.

  39. Hary4n4 berkata:

    Kalo kesana…jangan lupa pake kostum si komo… Biar kelihatan lebih familyer gitu…hihihi
    Fotonya kalo dilihat pake opera, kecil banget mbak…hehehe
    Salam hangat… Salam damai selalu…

    #EKA
    hahahaha ntar komodonya kabur lagi
    dapet saingan yg guedeee bener :p hehehehe
    anw setau saja, opera memang meminimalisasi poto kan yah?
    jd keliatan kecil gitu…

  40. Ria berkata:

    yang punya blog ini lagi kesalon :mrgreen:
    katanya biar lebih eksotis dari komodo…waakakakakaka :mrgreen:

    *ampun mbakkkkk 😛 *

    #EKA
    Tung ! gue pentung pake cheese cake 😛 hehehe
    .-= Ria´s last blog ..Berbagi Cinta =-.

    • Zulhaq berkata:

      huakakakakaakk…..mbak eka bukan ke salon, tapi lagi berpetualang biar eksotisnya lebih alami di banding komodo

      #EKA
      maksud looo???
      gue gak alami?
      weeeks.. gak pake make up itu mukanya
      trus semua body gue asli ye
      aseli 😛 hehehehehe

  41. ami berkata:

    rasa2nya kalah tipis aja tuh ka si komo ma kamu. beda rambut kruwelnya aja hahaha

    #EKA
    Ampuuuuuuuuuuuun.. 😦
    menangiiis masa beda tipis…
    gue kan gak segendut komodo ituuuh hehehehe

    .-= ami´s last blog ..my only sister =-.

  42. Zulhaq berkata:

    huahahaha, gak kebayang deh teriakannya ituh
    kalo di lihta dari foto narsisnya yang melebihi nasrisnya gw itu, memang di akui mbak eka lebih eksotis kok 🙂

    hhmmm, beberapa bulan yang lalu gw dah hampir kesana. pas hari H, mau penyebrangan dari selat sape, tiba2 cuaca buruk, akhirnya di tunda beberapa hari. eh pas kebarangkatan, gw harus masuk kerja. gagal deh nangkring sama 14 student dari belanda. kebetulan waktu itu, ada student dari belanda yang kesana *numpang gratisan* he2

    komodo memang benar2 indah, pemandangan dan alamnya menggiurkan 🙂
    bikin ngiler he2…

    #EKA
    Trust me Zi.. lu gak mau deket2 gue deh kalo lagi teriak, kuping lu bisa kena radiasi 😛 hahahaha
    Ya udh di reschedule aja ke sananya.. ntar kalo ada rombongan dari jakarta dateng,
    tapi kali ini gue yg gratis alias lu yg bayarin trip nya :p
    hahahaha
    .-= Zulhaq´s last blog ..Sinting Spesial Ramadhan #7 =-.

  43. dinoyudha berkata:

    ntar..ntar…eksotis tuh apa sih? Kalo vote for Eka untuk keajaiban dunia ada ga? (hehe…maaf mbak, becanda aja…)..

    Karena komodo island ini, ada salah seorang blogger yang menang di bubu award lho..

    #EKA
    Iya gue tahu.. wong salah satu link di artikel ini kan ngelink ke artikalnya dia 😉
    ehhehe
    gue? keajaiban dunia?
    weeeks lu pikir gue situs prubakala yeeee? 😛
    .-= dinoyudha´s last blog ..Mudik 1430H: Jakarta-Ngawi-Semarang =-.

  44. Heryan Tony berkata:

    Wuih…Mantap sekali. Postingnya luar biasa.. Banyak info yang saya dapat seputar Indonesia..
    I luv u full

  45. edratna berkata:

    Tadinya kupikir Eka udah dari sana, saya juga pengin kesana.
    Dan jika ingin melihat dari dekat, jangan pas berhalangan, karena komodo nya akan liar jika mencium darah (kata seorang klien yang pernah kesana)
    .-= edratna´s last blog ..Syukurlah Mbak nggak jadi pulang =-.

  46. annosmile berkata:

    waaaaaaaaaa..
    pengen kesana nih

  47. zee berkata:

    Tp memang katanya keren banged kan ka.
    gw pengen kesanan nanti, mudah2an saat budget udah cukup dan liburan juga pas…. harus jadi… 😀

    #EKA
    amiiin kak 😉
    ntar bandingin yaaah..
    pasti gue lebih eksotis 😛

  48. zee berkata:

    Tp memang katanya keren banged kan ka.
    gw pengen kesanan nanti, mudah2an saat budget udah cukup dan liburan juga pas…. harus jadi… 😀

    #EKA
    amiiin kak 😉
    ntar bandingin yaaah..
    pasti gue lebih eksotis 😛

  49. zee berkata:

    Eka,
    Blog mu ini loadingnya lama ya say…. dari td malam mo mampus ga bisa post comment. Baru pagi ini refresh, baru deh masuk…

    #EKA
    BUkan gak masuk komennya kak..
    entah kenapa komen2 kak Zee selalu masuk spam lhoo…

    .-= zee´s last blog ..Oleh-oleh Mudik 2 : Berlibur ke Danau Toba =-.

  50. Ping balik: Mari Kita Tamasya! » ceritaeka.com

  51. dessy pratiwi berkata:

    waaaaow, elok dan indah y pulau ini, apa mungkin keindahan ini terjaga sampai generasi Bangsa ini selanjutnya, semoga kita terus melestarikan, menjaga dan mengembangkan dengan baik Kebudayaan dan Alam Indonesia
    .-= dessy pratiwi ´s last blog ..Sekilas UG Indopedia =-.

  52. Ade berkata:

    udah vote buat komodo.. eh tapi klo soal eksotis, komodo yang jelas kalah dong.. hehehe..
    .-= Ade´s last blog .. =-.

  53. andi kusnandiar berkata:

    saya siap mendukung pulau komodo diajang pentas keajaiban dunia dari candi blandongan dengan hurup panah tilisan di batu dan huruf IIIII kejayaan mu adalah kejayaan kami semua bangsa dan negara ini ? semoga dapat yaaaa????

  54. aris iskandar berkata:

    ada keinginan ke pulau komodo nie,,,

  55. Pulau Komodo sangat indah dan menarik untuk di kunjungi. Salah satu tempat wisata indonesia yang termasuk dalam warisan Dunia UNESCO. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s