Legam Terbakar Mentari

Mengejar Mentari

Mengejar Mentari

Jamal berlari kecil mengejar mentari

Dipundaknya tergantung karung dengan dua tali

Tak hirau jalanan panas berdebu disusuri

Mengais – ngais demi sesuap nasi

.

.

Jamal berlari kecil mengejar mentari

Rasa aneh menyelinap di relung hati

Melihat sebaya berseragam merah putih dengan topi dan dasi

Mungkinkah ini yang disebut iri ?

.

.

Jamal berlari kecil mengejar mentari

Senyum riang lebar terpatri

Hajatan menyisakan banyak botol kemasan hari ini

Terbayang bisa membeli hati

Mengganjal perut selama beberapa hari

.

Jamal berlari kecil mengejar mentari

Langkahnya terhadang dua pria besar nan tinggi

Meminta jerih payah yang ia sebut rizki

Uang hasil penukaran yang ia usahakan untuk diri

.

Jamal berjalan gontai menghabiskan sore hari

Hilang sudah impian menimbun nasi

Jamal pilu teringat perut lapar adik sedari pagi

Apa yang mesti dikatakannya nanti

Jamal terduduk lemas meraung menatap senja mentari.

Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Pos ini dipublikasikan di Literature dan tag , , , , . Tandai permalink.

63 Balasan ke Legam Terbakar Mentari

  1. mawi wijna berkata:

    Jamal kecil berlari kecil,
    Terseok batu rintang nyawa,
    Jamal kecil tak berharap kecil,
    Terpaku masa depan yang jauh berharga,

    Dirinya, Adiknya, dan Keluarganya

  2. Ikkyu_san berkata:

    ahhh Jamal….. belum sempat beramal sudah dipalak

    EM

  3. quinie berkata:

    sayah ga bisa berpuisi balik mba.
    jadi sayah nanya ajah, yang dipoto ntu, dikau ya?!

    • zulhaq berkata:

      saiah bantui ya bu….
      Jamal risau menatap senja yang sunyi
      semua terasa di antara gelap dan terang
      jamal murung dibalik tanda tanya, jawabanpun tak jua kunjung menampakkan maknanya….
      Jreng jreng jreng nggak nyambung ha ha ha

  4. dela berkata:

    kisah jamal…

    miris tapi sering terjadi di negeri ini ya mbak..

  5. Gandi Wibowo berkata:

    Ini Kelimax Bukan?

  6. Gandi Wibowo berkata:

    Kenapa harus jamal mba?
    Jamalkan temen SD saya……

    Di Indonesia ada banyak Jamal,
    mungkin karena kita JArang beraMAL.

    Tapi terus terang Gw kasihan ama si Jamal, mentari kok dikejar2.
    Mending ngejar Matahari, kan lagi diskon (ROFL)

  7. kucrit berkata:

    maafkan aku wahai jamal….. fotomu tak jadikan avatarku ini……

  8. zulhaq berkata:

    Kelimaxxxx belas!!!!

  9. zulhaq berkata:

    Sisa botol berserakan, laksana jalinan persahabatan bagi jamal
    tak bisa terpisahkan antara satu sama lain, semua seakan menyatu

    jamal hanya mampu memandang sayu, riukan tawa dibalik kelas sembari jam istrahat
    tak mampu untuk mengungkapkan kapan akan seperti mereka, hati adalah ujung pangkal

    hanya ada asa yang terbesit di benak jamal, adakah keajaiban yang membuka mata mereka yang mampu menghapus air mata bercampur debu yang senantiasa mengiasi wajah si jamal…

    masa depan tak lebih berarti di bandingkan mempertahankan hidup yang begitu sederhana
    oh jamal…semoga impianmu tercapai…semoga kau bebas dari ceceran botol botol itu
    putarlah rodamu dalam usaha dan doa…impianmu di langit akan jatuh bersama bintang2
    menghiasi sunyi kala malam….sinarnyapun akan menambah keindahan sang mentari di kala siang hari….

    Semoga tak ada lagi jamal jamal yang lain….

    Salam sinting!!!

    • zulhaq berkata:

      #zulhaq
      Mbak Eka : Lw nulis apaan???
      Mb Frozy : iya tuh, Zulhaq makin nggak jelas deh. pusing gw dia nulis apaan
      Zia : Ehhmmm, saiah juga bingung loh. tau tuh nulis apaan.
      Mbak Eka: Yaudah, lw mending ke laut aja
      Mb Frozy : Jangan kelaut, mendingan suruh ke kutubu utara aja biar nggak nongol2
      ZIa : Nggak mau ah. Mau ngikutin jamal mengejar mentari aja hi hi hi…
      Mbak Eka : *pingsan*
      Mb Frozy : *Trauma*

      Salam sinting!!!

  10. arman berkata:

    kasian ya anak2 seperti jamal ini…

    herannya ya orang tua nya kok gak bertanggung jawab… bikin2 anak aja gak pake mikir gimana ngasih makan…
    akhirnya diperbudak ama orang2 yang nyari untung sendiri…

    lebih heran lagi, gak ada penanganan dari pemerintah ya untuk anak2 kayak jamal ini gimana…

    *menghela napas*

  11. Rantaro berkata:

    wah ini apaan ya mbak??
    gak ngerti puisi T,T

  12. 1nd1r4 berkata:

    Tawa riang Jamal hadir
    namun hanya sejentikan jari terusir

  13. ceznez berkata:

    duh, preman mana yg malak? lapor ama saya sini? hi..hi..
    jamal semangat lagi ahhhh

  14. mascayo berkata:

    laporin mbak .. laporin
    emang masih ada preman mbak? bukannya dah diciduk semua?

  15. zee berkata:

    Ka,
    aku kira td ada foto yg legam kebaka matahari.

    Eniwei, ayuk kopdar rame2…. 🙂

  16. DV berkata:

    Hmmm, jadi inget lagunya Iwan Fals, “Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu…”
    Nice!

  17. deeedeee berkata:

    kasian Jamal…
    Sepertinya di Indonesia msh banyak Jamal-Jamal lainnya…

    Bekerja dg penuh lelah, tp hasilnya disambar begitu saja oleh pihak lain… 😦

  18. singal berkata:

    Jamal si kecil tak berkutik
    nasib sial selalu berada dipundaknya
    diawasi para bandit tangan besi tak beperasaan
    tak peduli kata-kata pemerintah yang berhasil menuntaskan kemiskinan.

  19. chrysanti berkata:

    Jamal -Atika.. mirip2 sama film bollywood yang laku keras itu ya..

  20. zulhaq berkata:

    btw, yang punya rumah kemana yak
    jangan2 ngumpet gara2 ada orang sinting di sini he he he

  21. Jamal potret kehidupan saat ini yah 🙂

    Hmm… semoga semuanya semakin membaik terutama bagi jamal-jamal yang sekarang ini sudah semakin…..

  22. Heryan Tony berkata:

    Wah… Koleksi puisinya banyak euy… Kapan edisi cetaknya terbit, mbak? 🙂

  23. Heryan Tony berkata:

    Sunsetnya mantap, wah.. Fotografer kawakan neh..

  24. frozzy berkata:

    siapa yang ngomongin gue yah ? pantesan tadi brasa ada yang garukin kpala gue. ziaaaaaaaaaaaaa……….gue beneran trauma nih… *lebay*

    jamal tidak sendiri
    ada seribu jamal di negeri ini
    tidak minta dikasihani, hanya perlu dihargai…

  25. phiy berkata:

    banyak jamal-jamal malang di negara ini,
    tapi sedikit orang-orang besar yang peduli..

  26. bocahbancar berkata:

    Hhmm..kata2 yang merekat erat maknanya……..

  27. gwgw berkata:

    akhir dari semuanya itu adalah :

    “JAMAL TERDUDUK LUNGLAI …KECAPAIAN”

    🙂

  28. depz berkata:

    jamal maen ke kuta ya nek
    😀

  29. Jamal eL Ahdi berkata:

    Jamal Asli muncul… tereng……..

  30. Jamal eL Ahdi berkata:

    Jamal (ah gak enak bener nyebut diri sendir ) dan kebanyakan rakyat indonesia adalah korban.
    Korban dari kesewenang2an yg lebih kuasa
    Korban dari keadilan,keamanan,kesejahteraan.

    Sini Mal, Ini saat engkau sekolah, bukan berkeliaran mencari nafkah.

  31. Bro Neo berkata:

    jamal terlebih yang di jermal
    adalah potret wajah kita sendiri

    jamal, maafkan aku jika tanganku ini masih terlalu senang memegang makanan sendiri
    dan sangat jarang mengulur sekedar berbagi

    (*mode malu pada diri sendiri on*)

  32. Ade berkata:

    Eka, ada award di blog gw buat lo yaa.. *ups maaf OOT*

  33. nh18 berkata:

    The Other side of Eka …

    Eka … I like this post …

    Salam saya

  34. adipati kademangan berkata:

    Jamal sudah aman, sudah ditangani sama guru profesional kok. Benar kan Bu Eka ?!

  35. anny berkata:

    Jamal, hmmm banyak banget inspirasi dari cerita ini

  36. p u a k™ berkata:

    Kehidupan keras yang memilukan, yang tidak ingin anak cucuku mengalaminya.

  37. KangBoed berkata:

    Kasihan yaaa mbaaak.. jaman semakin maju.. semakin banyak saja manusia tiada memliki nurani.. anak kecil dah kehilangan masa kecilnya
    Salam Sayang

  38. achoey berkata:

    moga Jamal tetap sabar 🙂

    Sahabat, makasih atas doanya selama ini
    Insyaallah ini hari terakhir saya tuk bedrest
    Dan esok bisa kembali beraktifitas 🙂

  39. Hary4n4 berkata:

    Cermin anak bangsa yg jauh dari…adil dan sejahtera…… Semoga bangsaku..mau utk melihat dan mendengarnya…. Salam hangat.. Salam damai.. Selalu…… 🙂

  40. Mas Adien berkata:

    Jamal = Janda Malaysia…alias istri2 yang ditinggal suaminya jd TKI di Malaysia…berbulan2..bertahun2 ga pernah tau kabar beritanya…fenomena ini banyak terjadi di suatu pulau di luar jawa sana…I’ve been there for 9 years…

    #EKA
    Waaaah saya baru tahu singkatan yang ini malahan mas.
    tinggal dimana siy mas dulu?

  41. Hariez berkata:

    Jamal meraung keras seiring kerasnya roda nasibnya 😆
    malam Mba Eka.. :mrgreen:

    -salam- ^_^

    #EKA
    selamat malam juga mas 🙂

  42. Nisa berkata:

    Jamal keren ya ^^

    #EKA
    Perjuangannya perlu diacungin jempol 🙂

  43. titiw berkata:

    Kok aku kepikiran jamal mirdad si suami lidya kandaou yak? hyehehehe.. makin legam makin manteb mbak, eike doyan sama laki2 hitam, ahahahaha!!

    #EKA
    Lhaaaa malah nyambernya kesan hihihi
    lucu deh 🙂
    laki2 hitam?
    negro mau tiw? ;p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s