30 Tempat Wisata Seru untuk dikunjungi saat Liburan di Singapura

Suka bingung nggak kalau ke Singapura enaknya ke mana aja? Apa yang bagus dan menarik di negara kota yang bahkan luasnya tidak lebih dari Jakarta ini? Well, ada yang bilang wajib jalanin wisata belanjanya, wisata kulinernya atau yang penyuka sejarah maunya malah wisata budayanya. Banyak ya opsi atraksi di Singapura itu? Hehehe. Negara serba bersih dan teratur ini memang bikin senang buat dijelajahi!

Anw, dulu saya ke Singapura pertama kali diajak bapak dan mamak untuk liburan keluarga. Nginep di Sheraton Singapore dan ke mana-mana naik taksi. Bukan karena banyak uang tapi karena nggak paham alternatif liburan yang lebih murah. Hahaha. Lalu serba kuatir, serba takut kesasar, takut ditipu, takut nggak tahu jalan pulang dan masih banyak lagi. Akhirnya cari yang pasti-pasti aja walau mesti bayar mahal.

Untung sekarang udah beda, akses informasi luber di mana-mana. Nah saya sarikan di bawah ini 30 atraksi atau tempat wisata seru untuk dikunjungi saat Liburan di Singapura. Bisa jadi panduan buat yang baru pertama kali datang liburan dan cocok-cocok aja buat contekan buat mereka yang sudah berkali-kali berkunjung. Sebagian besar tempat wisatanya disusun berdasarkan area jadi beberapa tempat bisa didatangi berbarengan karena berdekatan. Cuss disimak!

30 Tempat Wisata Seru untuk dikunjungi saat Liburan di Singapura

1. Orchad Road

Orchad Road ini merupakan salah satu jalan utama yang sangat terkenal di Singapura. Bahkan, ada guyon yang bilang, “Belum ke Singapura kalau belum ke Orchad Road!” 😀 Deretan mal besar mulai dari yang mewah (mostly mewah sih hehehe) sampai yang biasa-biasa saja terbentang di ruas jalan sepanjang 2,2 km ini. Di Orchad mah belanja sampe puas, sampe limit kartu kredit mentok!

Hahaha. Oh iya, Orchad ini ditata dengan sangat nyaman buat pejalan kaki dengan trotoarnya yang luas dan rimbunnya pepohonan.

Selain berbelanja branded goods, kalau main ke sini tak lupa saya nyicipin One Dollar Ice Cream yang dijual oleh para aunty dan uncle di gerobak dorongan. Es krim potongan yang dilahap dengan roti tawar ini sudah terkenal dari zaman dulu dengan nama satu dollar seperti harga jualnya. Namun seiring inflasi, sekarang tinggal namanya aja yang One Dollar tapi dijualnya sih $1.25. Hehehe.

Ohya, satu lagi yang cantik dari Orchad Road, di hari Minggu banyak burunng merpati yang bergerombol dan suka genit dekat-dekat manusia. Saya pernah iseng ngasih makan roti dan mereka doyan banget lalu ngintilin saya ke mana-mana. Berasa punya groupies. Hahaha.

2. Singapore Botanical Garden

Jalan-jalan sore di Singapore Botanical Garden ini sejuk dan bikin segar.

Tak jauh dari Orchad Road terdapat paru-paru kota yang penuh dengan pepohonan rimbun. Jalan-jalan di sini tuh bikin saya inget Kebun Raya Bogor karena teduh dan adem banget dengan tetumbuhan dan informasi yang menarik. Saya sarankan datang ke sini di sore hari biar nggak panas banget. Untuk  masuk ke dalam kebun ini jaraknya agak jauh dari jalan raya, tapi kalau senang olahraga ya hayuks aja.

3. Fort Canning Park

Masih di sekitaran Orchad, ada sebuah taman yang teduh dan asyik. Daya tarik utama tempat ini adalah meriam hitam di benteng, tapi Basti sih senengnya lari-larian di lapangan hijaunya yan luas. Oh iya, saat berkunjung jangan lupa pakai alas kaki yang nyaman ya, karena tamannya luas dan konturnya naik turun gitu. Pssst, di bagian depan ada kuburan kuno yang cantik juga.  Kalau berani, bisa dijadikan tempat foto-foto instagrammable juga. Hahaha.

4. Haji Lane

Nah, sekarang mari kita ke Kampong Glam. Buat penyuka mural dan hobi selfie, wajib mampir ke sini. Haji Lane adalah gang kecil yang semarak dengan mural warna-warni atraktif. Gang-nya memang tidak terlalu lebar, tapi seru aja untuk jalan-jalan sekaligus foto-foto di sini. Oh iya, usahakan datang pagi-pagi biar nggak bocor fotonya.

Haji Lane di siang hari seru buat foto-foto narsis. Kontras sama malam hari yang hingar bingar sama live music.

Kalau ada waktu, sempatkan datang ke sini saat malam hari, karena suasananya bakal jauh berbeda! Kalau siang hari gang ini ramai dengan turis, sementara malamnya akan menjelma menjadi tempat kongkow dengan live music yang asik. Jujur, suasana malam hari di sini mengingatkan saya pada Kuta, Bali. Enak buat duduk ngobrol hepi-hepi. Bahkan, ada pasar malam juga tak jauh dari sana. Jadi, siapa bilang cuma Indonesia aja yang ada pasar malamnya? Di Singapura juga ada! Hehehe.

5. Masjid Sultan

Masjid Sultan, Singapura yang terlihat eksotis di antara kedai makanan Timur Tengah

Masih di Kampong Glam, kita bisa mampir sekalian ke Masjid Sultan yang jaraknya paling 200 m saja dari Haji Lane. Usia masjid dengan kubah emas ini sudah lebih dari 1 abad dan tentu saja sudah mengalami beberapa kali renovasi tapi arsitekturnya tetap otentik khas Asia Tenggara, lho. Masjid Sultan dibangun oleh Sir Stampford Raffles atas kehendak Sultan Hussein dan menjadi sumbu pemeluk Muslim di Singapura dalam berkegiatan.

6. Istana Kampong Glam (Malay Heritage Centre)

Selesai berkunjung ke Masjid Sultan, jalan kaki 5 menit saja dan kita akan sampai di Malay Heritage Centre yang dulunya merupakan Istana Kampong Glam tempat Sultan Hussein bermukim. Malay Heritage Centre merupakan sebuah museum dan pusat budaya Melayu di Singapura.

7. Wisata Kuliner Nasi Briyani

Nasi Briyani, kuliner wajib di Kampong Glam, Singapura

Lelah jalan-jalan di Kampong Arab, sekarang waktunya makan! Nggak jauh dari Kampong Glam ini ada sebuah Kedai Makan Singapore Zam-zam yang hits banget. Menu andalannya adalah Nasi Briyani tapi juga punya menu Martabak Kambing dan Roti Canai. Orang-orang sih pada suka ya, tapi saya give up. Bumbunya terlalu keras dan porsinya masya Allah bisa bikin perut mbledos 😀 Hahaha. Tapi tetap saya tuliskan di sini buat para penggila makanan dengan bumbu kari yang setrong.

8. Belanja di Bugis

Belanja di Bugis buat dapat barang murah-murah.

Sekitar 1 km dari Kampong Arab ada yang namanya Bugis. Seperti namanya yang kayak salah satu suku di Sulawesi, memang dulu kala di awal tahun 1900an dihuni oleh orang-orang dari Bugis sana yang merantau mencari kehidupan lebih baik. Oh iya, ada apa di sini? Ada pasar dan mal! Pokoknya di sini kamu bisa belanja sampe dompet kempes. Hahaha. Pssst, di dalam pasarnya ada Sex Toy Shop lho. Untuk menuju ke sini, kita bisa naik becak buat keliling Kampung Bugis. Jangan lupa pinter-pinter nawar, ya!

9. China Town

Salah satu destinasi wisata yang mesti dikunjungi kalau ke Singapura: China Town

Selepas dari Bugis, mari kita ke China Town. Ada apa di sini? Selain wisata belanja murah meriah, wisata kulinernya juga nggak nahan. Di pasarnya berjajar toko-toko penjaja segala macam oleh-oleh, namun berbeda dengan di Bugis, orang-orang di sini sedikit yang bisa berbahasa Inggris atau Melayu. Jadi seringnya kalau nawar-nawar barang saya nyodorin kalkulator aja. Hahaha. Oh iya, buat penyuka Chicken Rice ala Singapura mesti banget makan di sini! Rasanya lezat tak terkira dan harganya jauh lebih murah dari Chicken Rice di tempat lain. Well, konon katanya Chicken Rice itu kan makanan yang dibawa oleh imigran Tionghoa dari Hainan Cina Selatan ke Singapura. Sudah tentu pas dong kalau makan langsung di Pecinannya.

10. Buddha Tooth Relic Temple

Jangan lupa mampir ke Buddha Tooth Relic Temple Singapore saat liburan ke negara Singa ini.

Tempat terkenal lainnya di China Town adalah sebuah kuil bernama Buddha Tooth Relic Temple. Tempat ini selalu ramai pengunjung baik yang hendak berwisata atau turis kayak saya 😀 Jika punya waktu, sempatkan deh naik sampai ke lantai paling atas. Selain menjadi museum tempat gigi Buddha bersemayam, di sini juga terdapat sebuah taman mungil yang cantik. Tidak diperlukan biaya apa pun untuk masuk ke area ini, yang penting saling menghormati saja kepada mereka yang beribadah.

11. Sri Mariamman Temple

Sebuah kuil Hindu di China Town yang sudah berdiri dari tahun 1827. Sekitar 8 tahun lalu saat saya dan Adrian backpacking ke Singapura, kami diminta membeli karcis untuk bisa masuk ke sini namun sekarang sudah gratis alias nggak bayar. Bahkan, jika jadwalnya pas, maka kita juga bisa ikutan upacara yang diadakan di sini sekalian lho.

12. Gardens by the Bay

Salah satu atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Gardens by the Bay. Sekali membeli tiket maka kita bisa masuk ke 2 wahana sekaligus yaitu: Flower Dome dan Cloud Forrest. Menariknya, bunga-bunga di Flower Dome ini selalu berganti sesuai musim atau perayaan hari besar. Di Bulan Februari biasanya temanya adalah Imlek, lalu April tema bunga yang di-display adalah musim semi khas cherry blossom gitu, nanti beda dekorasi lagi pas Halloween dan Natal. Pokoknya nggak bosen deh.

Ohya, dulu saya beli tiketnya SGD 28 di web langsung, tapi sekarang udah nggak bodo jadi saya beli tiket atraksinya di Traveloka Xperience seharga Rp239.596 lumayan selisih 60 ribuan x 3 orang Rp180.000! Lumayan banget.

 

13. Singapore Flyer alias Ferris Wheel 

Gimana rasanya melihat Singapura dari ketinggian? Seru banget! Saya nyobain naik Singapore Flyer alias bianglala raksasa selama 15 menit. Di atas tuh rasanya waktu berjalan sangat lambat, pelan tapi pasti gedung-gedung tinggi berubah menjadi kecil. Ohya di dalam Ferris Wheel ini suasananya sepi dan saya naik pas menjelang sunset. Duh suasananya syahdu banget! Harga tiket hampir 800 ribu rupiah, tapi kalo beli di Traveloka Xperience diskon juga Rp60.000an kayak tiketnya Gardens by the Bay.

Singapore Flyer adalah satu tempat wisata di Singapura yang harus disambangi.
Maaf fotonya agak gelap ya, udah sunset waktu itu. Tapi seru banget ada di ketinggian di dalam Ferris Wheel gini. Pengalaman yang saya mau lagi!

Nah, Gardens by the Bay dan Singapore Flyer itu masih satu area. Seberang-seberangan dipisahkan sungai besar yang bermuara ke laut. Jadi 2 tempat ini bisa dijalani berbarengan. Lihat aja dari ketinggian gini Gardens by the Bay-nya keliatan di belakang kami lho.

14. Marina Bay Sands

Nah, kalau sudah ke Gardens by the Bay dan Singapore Flyer, sekalian melipir deh ke Marina Bay Sand. Di sini tuh menarik banget. Tiga buah gedung tinggi dihubungkan dengan bangunan berbentuk kapal di bagian atas. Ada apa di sini? Kasino, restoran, mal mewah (tentu penuh barang bermerk) yang AC-nya dingin banget (hahaha ndeso banget saya nggak kuat dingin) dan juga hotel. Oh iya, di malam hari ada pertunjukkan cahaya lampu yang menari-nari dipantulkan di danau Marina yang cakepnya dinikmati dari perahu yang melintasi Clarkey Quay. Baca terus untuk tahu gimana caranya ya.

Marina Bay Sands, salah satu tempat wisata terkenal di Singapura bahkan sudah jadi ikonik tersendiri buat dikunjungi.

15. Helix Bridge

Salah satu jembatan baru yang unik di Singapura karena bentuknya seperti DNA. Kalau siang memang panas banget di sini tapi kalau malam adem dan banyak lampu-lampu kece.

16. Art Science Museum

Masih di area Marina Bay, dari kejauhan aja museum ini udah menarik perhatian karena arsitekturnya yang kayak bunga teratai mekar. Bagian dalamnya juga nggak kalah menarik karena menampilkan pameran seni kelas wahid sejagat raya.

17. Merlion Park

Udah sah ke Singapura, udah foto di depan Merlion Park. Hahaha.

Siapa suka berfoto di landmark suatu kota atau negara? Kalau suka, berarti mesti foto di sini. Masih satu area di Marina Bay, nggak jauh dari Helix Bridge tadi. Anw, Patung Merlion ini sering banget renovasi akhir-akhir ini dan hanya dibuka beberapa waktu dalam setahun. Apes banget deh, mulai dari 2017, 2018 dan terakhir saya ke sana di April 2019 ini saya nggak bisa liat patungnya soalnya lagi renov, hiks! Eh, atau kah ini adalah alasan buat saya balik lagi ke Singapore? Hahaha.

18. Cavenagh Bridge

Masih di daerah Marina Bay, ada sebuah jembatan bernama Cavenagh Bridge yang lokasinya persis di dekat Hotel Fullerton, salah satu hotel termewah di Singapura. Di depan hotel ada patung anak-anak kecil yang sedang melompat dan bermain di sungai. Walaupun sekarang udah nggak ada lagi yang main di sungai, tapi patung itu sengaja dibuat untuk memperlihatkan kisah Singapura di zaman dulu. Lucu ya, kayak di Indonesia juga!

19. Singapore River Cruise

Cara lain menikmati negara pulau ini adalah dengan naik kapal kayu tradisional membelah sungai Singapura. Naik dari Clarkey Quay dan kita akan dijelaskan sejarah Singapura dan bangunan-bangunan yang dilewati sepanjang sungai.

Seru naik perahu kayu gini menyusuri sungai di Singapura. Sensasinya beda.
My mom and my son were so excited on the boat posing with skyscrappers behind.

Waktu terbaik adalah sore hari menjelang malam jadi nggak panas, dan kalau beruntung bisa melihat atraksi cahaya Maria Bay Sands yang tadi sudah saya ceritakan. Oh iya, aktivitas wisata ini salah satu yang saya sukai banget. Mungkin karena saya jarang naik kapal ya. Hahaha. Tapi bener deh, melihat gedung-gedung pencakar langit berdesakan di ujung danau itu rasanya gimana gitu. Tiket dibandrol di harga Rp260.000 tapi kalau beli di Traveloka Xperience jelas lebih murah.

20. Clarke Quay

Suasana malam di Clarke Quay. Sungainya item tapi nggak bau jadi asyik aja hang out di sini.

Clarke Quay merupakan salah satu tempat nongkrong di Singapura yang asyik. Banyak pub, bar dan restoran yang menyajikan makanan laut serta live music dengan pemandangan sungai yang menawan. Air sungainya memang butek tapi nggak bau lho. Di sekitar dermaga Clarke Quay terdapat mall, stasiun MRT dan juga undakan di mana orang-orang yang nggak mau makan di resto bisa duduk santai menikmati udara.

21. Gedung unik di Seputar Clarke Quay: Ministry of Information, Communications and the Arts (MICA) dan Central Fire Station & Civil Defence Heritage Gallery

Di seputaran Clarke Quay itu ada beberapa gedung unik yang menarik mata. Dua di antaranya adalah kantor pemerintahan dan kantor pemadam kebakaran. Eye catching banget dan buat pencinta foto arsitektur maka tempat ini instagramable banget!

22. Universal Studio

Salah satu ikon Singapura lainnya adalah Universal studio, sebuah amusement park kayak di Dufan gitu. Segala macam mainan dan wahana ada di sini, mulai dari yang bikin adrenalin rush sampe yang bikin jantungan ngeri. Hahaha.

Ke sini serunya reramean sama keluarga atau teman-teman. Cocok juga buat bawa anak kecil. Ohya, siapkan waktu seharian kalau mau ke sini, karena lokasinya agak di ujung yaitu di Sentosa dan di seputaran sini ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi berbarengan.

23. Trick Eye Museum

Trick Eye Museum

Masih satu lokasi di Sentosa, museum ini jadi pemuas hasrat narsis orang-orang. Hahaha. Koleksinya 3D jadi seru fota-foto berasa kayak di tempat asli. Koleksi dekorasi diganti beberapa tahun sekali.

24. Sea Aquarium

Anak saya suka banget di museum ini karena bisa lihat banyak ikan berbagai jenis dan ada penjelasannya. Jadi kalau ke sini selain senang-senang juga sekalian edukasi. Di jam-jam tertentu ada pertunjukkan memberi makan hiu dan sting ray fish. Itu seru banget!

Oh iya, ruangannya agak gelap ya dan biasanya rame jadi anak-anak jangan sampe kelepas, meleng dikit bisa ilang. Hehehe. Plus, kalau bisa bawa baju ganti, ada touch pond di mana anak-anak boleh memegang kura-kura, bintang laut atau beberapa hewan lainnya. Seru banget kan? Main ke sini tuh salah satu pengalaman tak terlupakan oleh Basti. Harga tiket? Cek aja di Traveloka Xperience! Hehehe.

25. Jurong Bird Park

Masih obyek wisata yang seru buat anak-anak dan keluarga adalah Jurong Bird Park di mana aneka koleksi burung beraneka ragam ada di sini. Anak-anak bakal suka sama burung warna-warni besar yang diperbolehkan buat mampir ke pundak kita juga lho. Selain penuh penjelasan terkait hewannya juga ada bird show.

26. Labrador Park

Buat yang suka bersantai duduk diam leyeh-leyeh manja bisa main ke sini. Namanya memang seperti nama jenis anjing karena memang banyak orang yang datang ke sini bersama anjing-anjingnya buat bersosialisasi. Weits, emang cuma manusia aja yang senang hahahihi, anjing juga lho! Ohya, ada penyewaan sepeda juga yang bisa dipakai di taman ini asalkan udah download SG bike app terlebih dulu.

27. Belanja di Geylang

Nah, masuk ke sola belanja-belanji lagi. Kalau mau cari baju Muslim, kerudung, mukena atau wisata makanan halal maka bisa mampir ke Geylang. Kompleks perbelanjaan di sini mengingatkan saya sama Tanah Abang. Hehehe.

28. Experience Singapore Topless View

Melihat Singapura dari ketinggian sudah, dari kapal kayu juga sudah, kalau eksplor Singapura dari bus sudah belum? Bus wisata model gini terkenal banget! Model hopp on dan hop off alias kita beli karcis lalu bebas naik dan turun di tempat-tempat wisata yang sesuai rute.

Naik city tour bus keliling Singapura

Kalau cuma punya sedikit waktu di Singapura maka bus ini bisa jadi pilihan karena nggak ribet cari taksi dan rute wisatanya pun sudah pasti. Ada beberapa operator bus yang melayani bus model gini, kemarin saya nyobain 1 Day Hopper Pass beli di Traveloka Xperience, dan dalam satu hari saya bisa mampir ke 6 lokasi wisata sekaligus! Hahaha. Seru banget.

29. Little India

Terdapat 3 etnis utama di Singapura: Tionghoa, Melayu dan Hindu. Tadi saya sudah cerita soal Kampong Glam dan Pecinan, belum komplit kalau saya nggak cerita soal Little India. Sesuai namanya, daerah ini tempat bermukimnya banyak warga India di Singapura, banyak tempat belanja juga dan makanan khas India. Ada walking tour yang bisa kita ikuti sehingga kita bisa tahu lebih dalam sejarah dan budaya.

Nah, kalau sudah sampai di Little India, mampir jugalah ke Mustafa buat belanja. Buka 24 jam lho!

Gimana cara pakai tiket atraksi Traveloka Xperience?

Akhir-akhir ini saya kecanduan beli tiket atraksi wisata luar negeri di Traveloka Xperience karena mudah banget, gampang belinya dan harganya lebih murah. Asli, liburan kami sekeluarga itu hemat banyak banget karena beli tiket-tiket atraksi diskonan di Traveloka Xperience. Kalau ditotal-total tuh kami berhemat satu juta lebih lho. Oh iya, cara pakai Traveloka Xperience juga gampang banget. Kayak gini nih:

a. Beli tiket atraksi wisata Traveloka Xperience

b. Nanti kita dikirimi email berisi voucher tiketnya

c. Download tiketnya

d. Tunjukkan di konter tiket wisata yang dikunjungi

e. Tempat wisata yang kita tuju akan scan barcode yang ada di situ

f. Lalu kita akan diberi tiket aslinya dan langsung cuss bisa menikmati obyek wisatanya deh.

Udah gitu aja. Nggak perlu kuatir tiketnya bodong, Traveloka kan terpercaya. Beberapa tiket harus dibeli minimal satu hari sebelumnya namun ada juga tiket yang bisa dibeli on the spot via Traveloka App. Liburan murah nggak susah lagi. Semuanya gampang!

Promo Terbaru Traveloka Xperience untuk Liburan

Oh iya, karena saya blogger baik hati, tidak sombong dan punya prinsip sharing is caring, saya kasih tau promo terbaru Traveloka Xperience. Lagi ada banyak diskon di sana, dan untuk spesifik singapura, lagi ada diskon RWS sampai 15 Juli nanti!

Selamat Berlibur ke Singapura, Sobat CE! Dari 30 tempat di atas sudah cobain yang mana aja?

 

Iklan

9 respons untuk ‘30 Tempat Wisata Seru untuk dikunjungi saat Liburan di Singapura

Add yours

  1. dan aku langsung sadar kalo banyak bgt yg blm pernah aku datangin kalo main ke singapur wkwkwkwjwk

    aku slalu main ke clarke quay, demi reverse g-max bungy dan giant swingnya mba :D. ama USS sih. itu thok :D. kalo ada wkt ya belanja di bugis ato di changi. krn di sana counter2 kayak nike, adidas, ngejual sepatu kluaran terbaru yg biasanya blm masuk indo, jauuuh lbh kurah. OMG, aku sempet histeris dan kalap trakhir kesana 2017 :p.

    aku jrg lama2 kalo k singapur, krn mikirnya ga bnyk wisata. tp kyknya aku aja yg terlalu males eksplor :p. kalo utk kuliner, buatku chicken rice sing memang lbh enak drpd malaysia. harus diakuin itu :D. Dan chilli crab nya!! Rela deh ngabisin weekend di sana cm utk begitu doang 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: