Berlayar di antara Punggung Naga Bukit Kapur Ha Long Bay, Vietnam

Ha Long Bay, Vietnam

Katanya sih, walau pun cuma sekali seumur hidup mesti mampir ke Ha Log Bay, sebuah teluk di sisi timur Hanoi dengan 2.000 bukit karst yang memukau mata. Saking memukaunya, Ha Long Bay sudah ditetapkan UNESCO sebagai World Heritage Site di tahun 1994 lalu lho.

Banyak orang yang ngomong kalau belum mampir ke Ha Long Bay itu artinya belum sah ke Vietnam. Hahaha. Berhubung saya nggak mau dibilang nggak sah ke Vietnam, jadi dalam rangkaian Indochina trip kemarin, kami pun mengeksplor teluk kebanggaan Bangsa Vietnam ini.

Ada banyak cara untuk menikmati Ha Long Bay. Mulai dari one day trip, two day trip hingga three day trip di atas kapal alias semacam cruise begitu. Idealnya sih menjelajahi Ha Log Bay itu 3 hari, tapi berhubung cuti pak suami sudah cekak, maka kami hanya mampu mengambil one day trip saja supaya ada hari lain yang bisa dipakai keliling Hanoi.

Tur dimulai dari pagi hari. Sekitar jam 7 pagi kami dijemput di hotel dengan bus tanggung berkapasitas 25 orang. Di dalam bus sudah ada 3 keluarga lain yang berasal dari Singapura, India dan Malaysia. Kami adalah kelompok turis ke-4 yang dijemput dan sesudahnya bus masih mengambil beberapa turis lainnya di area Old Quarter. Total ada 8 keluarga dari 8 negara. Hmm, rame ya tapi seru! Senang karena jadi dapat kenalan dari seluruh dunia lalu saat ada jeda istirahat terdengar berbagai macam bahasa bersliweran di telinga. Seksi dan plural banget. Hihihi. Bikin hati melambung.

Anw, perjalanan dari Hanoi menuju Ha Long Bay ditempuh kurang lebih 3 jam. Tenang aja, nggak bablas terus kok, bus ada 1x berhenti di restoran untuk pipis dan jajan-jajan lucu atau beli suvenir. Setelah itu, kami sampai di pelabuhan dan siap-siap masuk ke dalam kapal kayu yang sudah dipesan oleh tur. Kapalnya kokoh dan bersih. Menyenangkan!

Seiring aba-aba dari pelabuhan bahwa kapal boleh berlayar, makan siang dengan menu seafood pun disajikan. Rasanya asyik sekali menyantap makanan sementara kapal bertolak pelan tapi pasti meninggalkan pelabuhan. Di depan mata, pemandangan teluk yang lepas bebas terhampar sementara di atas meja terhidang makanan lezat. Beuh, kombinasi yang sempurna! Sejenak saya lupa sama tagihan cicilan di Jakarta. Hahaha.

Kapal yang membawa kami mengarungi Ha Long Bay

Ha Long Bay memang menyimpan banyak pesona. Kapal yang kamu tumpangi berlayar pelan di antara bukit-bukit karst yang menjulang, memberikan sensasi Tuhan Maha Besar dan kita ini hanya remah-remah rengginang yang disayang banget sama Gusti Allah. Saya diam menyesapi segala keindahan alam seraya menikmati desir angin yang memainkan anak rambut. Tentu saja sebentar-sebentar saya juga mengambil foto untuk kenang-kenangan, udah sampai sini kok ya nggak foto kan? Hahaha.

Hampir 30 menit kami berlayar menikmati cruise kemudian berhenti di sebuah tempat persinggahan. Di sini kami harus bertukar dengan sampan bambu atau kayak kecil untuk bisa melihat danau tersembunyi yang berada di balik gua karst. Kami memilih sampan bambu yang dinakhkodai oleh seorang ibu sepuh. Walau sepuh namun ternyata sangat kuat mendayung lho.

Berada di Ha Long Bay ini seperti ada di dimensi dunia lain. Begitu tenang, sunyi dan meneduhkan hati. Sunyi tanpa ada suara, jauh dari kebisingan kota besar.
Salah satu atraksi yang bisa di lakukan di Ha Long Bay: Naik Kano! Yang pasti keseimbangan harus dijaga banget kalo memilih moda ini. Kalo nggak seimbang bisa kebalik. Hehehe.

Baca juga:

1. Tips Liburan ke Vietnam, Negara Komunis

2. Tempat Wisata Menarik di Hanoi, Vietnam

3. Tips Travelling ke Luar Negeri Membawa Balita

4. Tips Traveling untuk Ibu Hamil

Kami nggak berani naik kano karena Basti mau ditaruh di mana? 😀 Lalu memilih naik sampan bambu untuk eksplor bagian tersembunyi di Ha Long Bay. Seru banget! Basti juga senang nggak ketulungan. Tiap difoto senyumnya lebar terkembang kayak iklan pasta gigi aja. Hahaha.

Selesai dari Gua Karst, kapal bertolak lagi kali ini untuk melihat gua staklatit yang terbentuk dari tetesan air laut dari jutaan tahun lalu. Untuk masuk ke sini tidak mudah, mesti naik ratusan anak tangga dulu, tapi itu semua worth it! Pemandangan di dalam sungguh luar biasa cantik.

Gua stalaktit yang buat naik ke sini mesti nanjak ratusan anak tangga dulu. Hahaha. Tapi cantik banget memang! Sejuk dan bikin merinding kayak manusia gua banget. Hehehe.
Dari kejauhan kontur gunung karst yang naik turun itu seolah terlihat seperti punggung naga. Berlayar di sela-sela perbukitan itu membuat saya serasa ditarik ke zaman lain yang seolah tak tersentuh dengan modernitas.

Legenda tentang Ha Long Bay

Dinamakan Ha Long Bay karena penduduk Vietnam percaya bahwa asal usul mereka adalah dari naga. Teluk Ha Long sesungguhnya memiliki arti naga yang sedang turun ke bumi di mana bukit-bukit kapur mencuat tinggi tersebut terlihat seperti punggung naga. Naga sendiri dianggap sebagai pelindung masyarakat.

Di mana beli tiket cruise (kapal) untuk ke Ha Long Bay?

Plesiran ke Ha Long Bay itu saya anggap sukses besar. Mama saya senang, anak dan suami juga hepi. Tapi itu semua nggak terlepas dari persiapan matang sebelum jalan. Saya tuh tipe yang maunya semua itinerary, printilan tiket, bahkan penyewaan mobil, dan lainnya itu sudah siap semua sebelum berangkat. Biar pas sampai tujuan bisa tenang dan menikmati liburannya secara maksimal, nggak pusing lagi cari tiket atraksi ina-inu. Maka sebelum berangkat liburan, saya riset dulu tentang gimana cara beli tiket cruise ke Ha Long Bay ini.

Ada yang bilang beli di hotel tempat menginap aja, ada yang menyarankan beli langsung di pelabuhan pas di Ha Long Bay bahkan ada juga website-website yang menjual tiketnya dan saya tinggal transfer aja.

Hmmm, opsinya memang banyak. Tapi…..

Beli di hotel, biasanya lebih mahal.

Beli di pelabuhan Ha Long Bay bisa jadi pilihan tapi saya kan menginap di Hanoi, sekitar 160km di ujung timur. Kalau beli di pelabuhan itu artinya saya mesti urus lagi sewa mobil buat ke teluk. Wah, ribet. Ogah. Hahaha.

Beli di website-wesbite tour sih menjanjikan ya, terlihat mudah dan murah karena harga paketannya sudah termasuk layanan antar jemput dari dan ke Hanoi ke Ha Long Bay. Tapi saya kuatir ditipu. Apalagi setelah saya banding-bandingin harganya kok beda-beda banget walau pun servisnya sama. Saya nggak berani ambil yang paling murah (takut nggak reliable), tapi juga nggak rela beli yang paling mahal (well, siapa juga yang mau ya? 😀 )

Nah, iseng saya cek di Traveloka, dan ternyata mereka punya tiket atraksi One Day Trip ke Ha Long Bay! Wislah daripada ribet saya beli aja di Traveloka yang sudah terpercaya. Mana gampang pula caranya.

Cara Beli Tiket Cruise Ha Long Bay di Traveloka Xperience

Buka Traveloka Xperience di aplikasi dan klik menu Attractions

Setelah itu cari tiket atraksi apa yang kita mau.

Untuk memudahkan bisa juga ketik atraksi yang kita inginkan

Saya menemukan atraksi yang saya inginkan. Pas liat kalo tiket Cruise Ha Long Bay dijual di Traveloka Xperience saya rasanya lega dan seneng banget karena terjamin, terpercaya dan (amit-amit) kalau sampai ada apa-apa CS-nya kan gampang ada di Indo. Hehehe.

Udah dapat tur yang dimauin, tapi saya nggak langsung beli. Tetap dong mesti jeli jadi saya baca dulu itinerary tour-nya tuh kayak apa, cocok enggak nih sama kebutuhan saya dan keluarga. Saya juga baca dulu review orang-orang yang udah pakai jasa ini supaya dapat gambaran duluan. Nah, berhubung paket tur-nya termasuk penjemputan gratis di Old Quarter, dapat makan siang dan snack, dapat pramuwisata dan juga diantar balik maka saya pun tertarik beli.

Setelah cocok, baru deh saya pilih tanggal dan jumlah tiket yang mau dibeli. Senangnya ternyata Basti yang umurnya masih 4 tahun itu belum dikenakan biaya alias gratis (selama minimum membeli 2 tiket). Yeay!

Habis itu tinggal bayar deh dan e-ticket pun langsung dikirim ke email.

Nah, setelah itu, nggak nyampe 24 jam ada email masuk dari operator tur di Vietnam yang berpartner sama Traveloka Xperience. Weits cepat banget! Bahasanya rapi dan profesional menanggapi pertanyaan-pertanyaan saya. Supaya nggak miskom, saya infokan kalau saya membawa balita dan juga konfirmasi alamat hotel tempat kami menginap untuk dijemput and everything was settled! Semudah itu dan saya juga puas sama pelayanannya.

Harga tiket Cruise One Day Trip di Ha Long Bay, Vietnam:

Oh ya keputusan untuk membeli tiket cruise Ha Long Bay di Traveloka Xperience itu bukan hanya karena kemudahan pembeliannya tapi juga soal harganya. Harga jelas lebih miring dan terpercaya. 1 tiketnya seharga 466 ribu, sementara kalo beli di hotel dibandrol di $45 alias 643ribu rupiah. Saya pergi bertiga (karena Basti kan masih gratis) jadi selisihnya 177.500 x 3 = 532.500. Banyak kan? Lumayan buat beli Kopi Vietnam.

Rasanya pengen balik lagi ke Vietnam, tempat ini cocok buat liburan keluarga bawa lansia dan anak-anak. Mama saya aja senang banget, nggak berhenti-berhenti ketawa dan cerita-cerita. Tapi kali lain pengen ambil yang 3 day trip biar puas banget deh lihat-lihat si punggung naga bukit karts. Hehehe.

Selamat Hari Senin. Sobat CE. Sudah pernah beli tiket atraksi apa dari Traveloka Xperience?

Baca Juga:

1. Gimana rasanya Liburan ke Vietnam, negara Komunis itu?

2. Melihat Matahari Terbit di Kamboja

 

Iklan

15 respons untuk ‘Berlayar di antara Punggung Naga Bukit Kapur Ha Long Bay, Vietnam

Add yours

  1. Ha Long Bay memang menjadi salah satu destinasi unggulan Vietnam. Kalau diumpamakan, mirip dengan Raja Ampat di Indonesia. Beberapa bulan yang lalu, mahasiswa di tempatku bekerja ada yang main ke sini. Teurs dia bilang kalau saya harus ke sana.

    Sementara bisa mengamini. Siapa tahu benar-benar terealisasikan heheheheh

    1. Semoga semesta mendengar doamuuu. Aku pengen bikin tulisan compare head to head soal Ha Long Bay dan Rajaampat ini, semoga mingdep ada waktu. Hehehe.

      Mirip memang konturnya tapi pengemasan wisatanya jauh berbeda

  2. Beda bgt harganya klo ga pake traveloka, mending pake traveloka deh memang kl gtu, lbh aman dan lbh murah jg. Destinasi Vietnam ini ternyata seru jg yaa.. Ha Long Bay jadi pengen jg kesana… hehe…

  3. ohh jd ga inep ya mba yg ini? aku jg udh lama masukin hanoi, halong bay, sapa, da lat dan da nang kalo nanti ke vietnam lg. tp pas di halong bay pgn inep yg 3 hr :D. Pgn rasain naik kapal cruisenya jg.. hrs direncanajn memang dr skr. ntr aku cek traveloka experience ini jg. tp dia ga nyebutin nama kapal2nya yaaa.. soalnya ada 1 kapal yg aku idam2in banget hrs naik itu kalo ke halong bay :D. kalo ke websitenya lgs memang agak mahal sih, makanya berharap di traveloka ada ngejual paket kapal yg aku mauin ;D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: