Lima Spot Kece Yang Wajib Dikunjungi saat Island Hopping di Bitung

Itinerary 1 Day Tour Island Hopping di Selat Lembeh

Yuk jalan-jalan ke Bitung. Iya, Bitung di Sulawesi Utara. Jangan ketuker sama Belitung yang di Bangka sana yaaa :mrgreen: Jadi, masih dalam rangkaian Festival Pesona Selat Lembeh, saya dan teman-teman pergi having fun dong…. Tak lain dan tak bukan… We went for Island Hopping! ^_^ Dudidamdidam, bacanya aja udah senengkan? Apalagi saya yang ngejalanin. Hahaha.

***

Pagi-pagi benar kami bergegas menuju Pelabuhan Pelelangan Perikani Bitung, tempat yang sama dengan pembukaan Festival Pesona Selat Lembeh yang kami hadiri kemarin.

Baca cerita pembukaannya di sini ya:

Warna-warni Bitung dalam Festival Pesona Selat Lembeh

Memasuki pelabuhan, kami disambut oleh kapal-kapal nelayan yang baru saja selesai melaut. Mereka membawa hasil tangkapannya dan mulai melakukan penimbangan. Saya terkesima melihatnya. Anuh… Ini kali pertama saya melihat nelayan pulang dengan hasil jerih payahnya. Pelupuk mata saya sedikit basah, ada rasa bangga terselip melihat pemandangan itu. Negeriku, negara maritim dan memang selayaknya sektor bahari bangkit kembali.

Anw, tak berapa lama kami pun menaiki kapal kayu berukuran sedang. Kami tidak sendirian, ada riuh burung camar dan desir ombak yang menemani kami. Mereka seolah memperhatikan canda tawa kami yang sibuk memotret selama perjalanan. Dan nggak pake lama, sampailah kami di pemberhentian pertama kami.

  1. Tugu Trikora

Tempat yang dibangun untuk mengenang peristiwa Operasi Trikora ini memang spot yang oke banget buat belajar wisata sejarah akan perjuangan pahlawan kita agar NKRI utuh, sekaligus mendapatkan gambar-gambar yang epic. Sebuah pesawat DC-3 Dakota TNI-AU ada di areal monumen, menambah keeksotisan tugu ini.

tugu-trikora-2

  1. Hutan Mangrove Pintu Kota Pelestari Alam

Lokasi Hutan Mangrove ini agak tersembunyi, sedikit masuk ke dalam teluk begitu. Tapi pemandangan cantik saat mulai masuk ke dalam teluk memang kece banget! Air biru tosca dan rimbun pepohonan seolah menyambut kami dengan hangat.

Hutan Mangrove ini nggak terlalu besar, sekitar 10 menit keliling juga selesai. Tapi ada banyak hal yang bisa kita pelajari di hutan ini. Mulai dari jenis-jenis pohon bakau hingga manfaat hutan bakau bagi kelestarian lingkungan.

  1. Pantai Serena

Puas foto-foto di Hutan Mangrove, kami menuju ke Pantai Serena. Buat yang follow akun Instagram saya pasti udah tau pantai ini karena saya sering banget posting soal ini. Hahaha. Keren soalnya.

Begitu menambatkan sauh, kita akan langsung disuguhi pantai yang bersih dan tenang. Mengundang banget buat leyeh-leyeh manja. Pantainya sepiiii cocok buat ML di alam terbuka 😀 eh hahaha , jadi serasa pantai pribadi! Nggak seberapa jauh dari bibir pantai, terlihat karang-karang dari kapur yang sangat menawan. Duduk diam sambil mendengarkan desir ombak di sini aja rasanya udah bahagia banget! Apalagi bonus foto-foto lucu dengan angle yang ciamik. Ohya, di bagian ujung Pantai Serena ini ada karang-karang bolong yang membentuk formasi seperti gua berliku. Lokasinya eksotis banget! Tapi menurut pemandu kami sebaiknya kami tidak mengeksplore ke dalam gua tersebut karena bahaya kapur yang runtuh mengintai. Noted banget! Guys, kalo kalian ke Pantai Serena, plis stay safe ya.

  1. Snorkling di Rumah Apung Kareko

Ini adalah kegiatan paling ditunggu-tunggu! Sudah tau kan kalau Bitung punya 95 titik selam yang elok banget dunia bawah lautnya? Nah, nah, saya nggak sabar banget main air di sini. Hihihi. Mulai dari snorkling, berenang bebas, free dive sampe ya jebar-jebur loncat-loncat nggak jelas. Hihihi. Gosh, I love my life!

Monkey style pose when jumping, unleashing the little child inside me :P

Monkey style pose when jumping, unleashing the little child inside me 😛

Ohya di Selat Lembeh ini pula saya pertama kali berenang di laut bebas tanpa pelampung! Yes, you read that right, TANPA PELAMPUNG! Kasih tepuk tangan dulu dooong! Buat saya ini pencapaian lho 😉 Saya baru mulai bisa berenang beneran itu Desember lalu soalnya (setelah ganti trainer renang 3x hahaha). Ini bener-bener pencapaian luar biasa. Bitung, kamu saksi bersejarah hidupku! ^_^

  1. Pantai Baturiri

Pantai terakhir yang menjadi tujuan kami adalah Pantai Baturiri. Sedikit berbeda dengan Pantai Serena yang terlihat unik dengan batu karang kapurnya maka di Pantai Baturiri ini hanya hamparan pasir putih saja yang terhampar.

Lokasinya enak buat mandi-mandi main air sambil berendam cantik dan ngobrol-ngobrol. Ombaknya tenang dengan pepohonan rimbun di bibir pantai. Ohya di sini juga tersedia tempat mandi buat bilasan biar badan nggak pliket banget. Laf!

Gimana Cara Ke Bitung dan Island Hopping di Selat Lembeh?

Potensi Bitung ini tinggi sekali untuk jadi tujuan wisata yang hits. Dan ini sudah ditangkap oleh beberapa maskapai penerbangan. Salah satunya adalah Citilink yang punya penerbangan langsung (direct) dari Jakarta menuju Manado. Jam penerbangannya pun asyik banget. Jakarta – Manado : pkl. 04.45 WIB – 09.10 WITA sementara Manado – Jakarta : pkl. 17.45 WITA – 20.15 WIB.

 

citilink

Saat berangkat menuju Manado pun, saya menumpang pesawat yang terkenal dengan pantunnya ini. Jam keberangkatan yang pagi membuat perjalanan saya dari rumah menuju bandara lancar tanpa kuatir kejebak macet. Saat di dalam pesawat juga nyaman aja tidur, sesekali terbangun buat pesan makanan yang ditawarkan pramugari. Pssst udah jadi rahasia umum kalau makanan di pesawat Citilink itu enak-enak! 😀 Satu hal yang saya sukai dari terbang pagi hari menuju Manado adalah sunrise yang menyapa dari balik jendela pesawat. Sayangnya nih pas berangkat kemarin saya tidak dapat window seat jadi tidak bisa memotretnya. Tapi memandangi sunrise dari jauh aja udah seneng sih. Hehehe. Lalu pas landing juga smooth banget hampir nggak berasa. Terima kasih Citilink, maskapai kesayanganku kalau PP Manado-Jakarta :* kiss kiss!

Nah, setelah mendarat di Manado, tinggal sewa mobil aja untuk ke Bitung. Nggak lama kok, sekitar 1 jam berkendara dengan mobil. Sesudah itu sewa kapal deh buat ke Selat Lembeh dan hepi-hepi island hopping! 😉 Ohya ini itinerary buat yang mau seharian jelajah pulau ya. Silakan diintip.

Itinerary One Day Tour Island Hopping di Selat Lembeh

08.00 Meeting Point di Pelabuhan Pelelangan Perikani Bitung

08.00 – 08.30 Perjalanan menuju Spot pertama

08.30 – 09.30 Tugu Trikora

09.30 – 10.30 Hutan Mangrove Pintu Kota

10.30 – 12.00 Pulau Serena

12.00 – 15.00 Snorkling di Rumah Apung Kareko dilanjutkan dengan makan siang

15.00 – 16.00 Pantai Baturiri

16.00- 16.30 Perjalanan kembali ke Pelabuhan

Selamat Hari Selasa, Sobat CE! Jumat emang masih lama, tapi gpp kok santai-santai pandangin pantai 😉

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sulawesi dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

49 Balasan ke Lima Spot Kece Yang Wajib Dikunjungi saat Island Hopping di Bitung

  1. Ria berkata:

    awww, gila….kereeeen… your life is indeed great Ekaaaa…. *trus dulu gue ke Bitung ngapain aja yah kok gak nemu spot2 keren beginiiiiihhh…*
    Eh serius nanya, Bitung masih jadi pelabuhan resmi Manado kan?

  2. Inayah berkata:

    Wooow bau lauut

  3. Purwasuka berkata:

    emm mantap amat airnya,, langsung nyebur aja pengenya kalo liat air kek gtu..

  4. ardiantoyugo berkata:

    masih sepi sepi gitu ya… asik tuh…

  5. Nasirullah Sitam berkata:

    Kalau sudah menjelang akhir tahun, mau jum’at atau tidak rasanya tidak berbeda ahahhah. Tetep sibuk hahahahha.
    Duh pantainya 😀

  6. Hana berkata:

    bagus banget pemandangannya

  7. Agung Rangga berkata:

    Pantai Serena paling kece!
    Tapi kalau musim liburan, paling juga jadi ramai~ 😝

  8. tuaffi berkata:

    bebatuannya pantai serena instragamable banget. hoho. 😀

  9. Arman berkata:

    wuii bitung ini cakep banget ya ka…

  10. ASI Bunda berkata:

    Wah, gokil banget nih, tempat favorit yang bener2 wajib dikunjungi tuh hutan mangrove, dijamin ngga bakalan nyesel

  11. aku rinduuuu lembeeeeeeh…sangaaat hiks..

  12. Aduh, Hutan Mangrove-nya menggoda banget, kak. Air hijau toskanya itu mempesona!

    Aku suka dengan batu-batu karang di Pantai Serena. Sepi ya? Bisa deh santai di sana nggak pake baju sama pasangan. #eh #ketularankakEka

  13. Deddy Huang berkata:

    aku baru tahu kalo ini lokasinya di manado. namanya familiar sama nama belitung :d

  14. richotraveling berkata:

    And Mommy is working has been accomplished. Thank’s Mommy haha

  15. rizzaumami berkata:

    Itinerary sehari yang berkesan, kapan-kapan aku ke sana mbak, doain dong.

  16. suzannita berkata:

    wah, jadi pengen kesini juga kak

  17. Dee Rahma berkata:

    Pantainya ketjeeeeeee! I want more vitamin sea, too!

  18. Keke Naima berkata:

    Kece banget pemandangannya ^_^

  19. pastiguna berkata:

    wah melihat pantai yang indah jadi pingin kepantai deh

  20. penahati berkata:

    jauuuh euy ama domisili..tapi pantainya itu lhoo..ketjeeee abiis 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s