Pak Ketipak Ketipung, Yeeay!! I’m going to TIDUNG

Pengen deh, liburan murah meriah dan gak jauh dari Jakarta. Maklum ya bow, babu seperti saya ini kan cuma punya waktu Sabtu dan Minggu kalau mau plesiran. Nah, kamu tahu Tidung? Tidung ya bu, bukan hidung 😀 hehehe. Ini merupakan bagian dari salah satu gugusan Pulau Seribu Selatan bagian barat. Dapat dicapai setelah 2,5 jam naik kapal yang asoy geboy! :mrgreen: *ngikik*

Pulau Tidung terdiri dari dua buah pulau. Yaitu Tidung besar dan Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan puanjaaaang banget yang dikenal sebagai jembatan cinta. Anyway setelah sekian banyak orang cerita-ceriti tentang Tidung, saya dan hubby finally bisa juga melancong ke pulau ini bareng-bareng Gandi, Iin, Yola and Yudis. Kami menggunakan jasa travel dengan paket perjalanan selama 2 hari satu malam seharga IDR.350.000/orang. Itu termasuk tiket kapal @ IDR 33.000 sekali jalan, sewa sepeda, penginapan, alat-alat snorkling, dsb.

Ceria dimana sajaaaa. Masih segar bugar. Blom mabok.

Pagi-pagi buta, sebelum matahari menyapa saya sudah berangkat dari rumah menuju Pelabuhan Muara Angke karena kapal kayu yang akan kami tumpangi (katanya) berangkat jam 6.15. Kapal kayu itu asoy geboy karena bikin saya mabuk laut! Jadi, hampir sepanjang perjalanan saya hirup-hirup minyak kayu putih. Asyeem! 😀 Lesson to learn: Jangan lupa bawa obat anti mabok!

Agenda pertama setelah nyampe di Tidung adalah…. MAKAN! 😀 tenanglah kalau soal makanan, banyak sekali warung-warung yang ada disini. Yang wajib dicicipi tentu saja es kelapa muda. Sesudah itu kami pilih-pilih sepeda. Serunya di pulau ini adalah kita bisa sepedaan keliling pulau karena pulaunya lumayan besar. Soal sepeda, pastikan pilih sepeda yang bagus ya, kalau enggak, bokong bisa linu-linu karena duduk di sadel yang keras :mrgreen: Jalan-jalan untuk sepeda serta pejalan kaki sudah tersedia dengan baik, jadi sepedaan pun asyik. Horee!

Kami menginap di rumah penduduk yang memang membuka diri untuk para wisatawan. Setelah beberes pakaian, pergi snorkling deh, di pulau tak jauh dari Tidung. Darn! Disini saya ternganga-nganga melihat underwater world yang luar biasa indah. Rasanya mau nangis melihat betapa luar biasanya Tuhan menciptakan semua ini.

Apa sih yang paling saya sukai dari snorkling? Jujur, adalah keheningannya. Ketika snorkling biasanya saya memisahkan diri dari rombongan dan menikmati keindahan dunia laut itu sendirian. Hanya saya, kecipak air dan koral serta ikan-ikan yang berenang. Rasanya damai luar biasa, juga seperti menyatu dengan alam. SUPERB! Coba deh sekali-sekali.

Ohya, bagaimana kalau tidak bisa berenang? Well, welcome to the club! Karena saya juga tidak bisa berenang. Tapi kan ada live vest plus air laut yang asin itu membuat kita lebih mengambang dibandingkan dengan air tawar.

Lelah snorkling, malamnya kami makan mencari-cari seafood. Sebenarnya kalau soal makanan, bisa pesan sama ibu empunya rumah. Harganya berkisar antara IDR. 10.000-15.000 tergantung menu. Tapi dasar saya dan suami memang hobby coba-coba makanan, ya hajar bleh, malam-malam naik sepeda keliling pulau cari makanan dan nemu seafood yang membuat kami merogoh kocek sekitar IDR.40.000 per orangnya. Soal rasa, so-so.lah. Mungkin yang bikin mahal karena suasananya. Makan di pinggir pantai pasir putih ditemani debur ombak bow! Remang-remang pulak,  Romantis! Hihihi.

Lalu, apa aja agenda di hari kedua? Well.. pagi-pagi kami bercengkerama di pinggir jembatan menantikan matahari terbit. Setelah itu kami main-main ke Pulau Tidung kecil. Jalan kaki menyeberangi Jembatan Cinta dan menikmati tanaman bakau serta pasir putih yang indah.

Seru kaaan?? Anyway sedikit tips nih buat teman-teman yang mau main ke Tidung… Boleh deh perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Pastikan berangkat di saat cuaca sedang terang. Kalau di musim hujan biasanya air laut keruh. Jadi keindahan bawah laut kurang maksimal dinikmati. Cuaca terang itu kapan? Antara Maret sampai Agustus. Kalau diluar itu? Silahkan berjudi! Semoga saja hari sedang tidak hujan ketika snorkling 😀
  2. Kalau mau backpacking sih bisa tentukan itenerary sendiri, tapi kalau pilih menggunakan jasa travel, pilih travel yang terpercaya ya. Dan cermati betul paket yang ditawarkan. Apakah harga termasuk makan, peralatan snorkling juga berapa titik snorkling yang akan ditandangi. Cerewet gpp, wong namanya liburan 🙂
  3. Cari travelnya dimana? Banyak koq di internet. Salah satu web rujukan saya sih indonesia.travel. Kumplit-plit, mau cari apa aja, tersedia disana.
  4. Sedia sunblock! Dan oleskanlah MERATA sepanjang tubuh. Nih liat blang bonteng badan saya akibat sunblock yang tidak rata 😀 tobaaaaat!!! Kulit saya memang warnanya sekarang amburadul banget. Belum juga normal kaki saya dari belang setelah rafting di Sungai bla bla. Sekarang belang karena snorkling di Pulau Tidung. Hahaha.

Well, banyak banget hal menarik di pulau ini. Tapi jelas yang paling berkesan memang snorklingnya sih! Oleh karena itu, saya ngubek-ngubek internet buat cari referensi tempat snorkling lain. Alhasil, pas buka indonesia.travel….  mau pingsan deh rasanya. NGECES. Doh! Pengen buanget menikmati keindahan Bunaken, perawannya Raja Ampat, atau.. atau… snorkling sambil leyeh-leyeh di pasir putih Gili-gili. Whoaaaaa apalagi pas lihat birunya laut di Gorontalo dan titik snorkling di Pulau Komodo, kebayang gak siiiy, serunya snorkling or diving di tempat dimana mahluk purba ada? Alamaaaaaak……!!! Saya makin ngiler!

Semoga diberikan rejeki oleh Tuhan untuk kesana yah *khusuk berdoa* :mrgreen: Hayooo tundukkan kepala, bantu saya dalam doa donk, apalagi dalam bentuk rupiah ditunggu banget. hihihi. Atau mungkin ada yang pengen ngongkosi saya kesana? #dikepruk hahaha

Nah, kalau teman-teman sendiri bagaimana? Mau snorkling atau diving kemana?

Have a FUNtastic holiday yah!

Iklan

54 respons untuk ‘Pak Ketipak Ketipung, Yeeay!! I’m going to TIDUNG

Add yours

  1. Kepulauan seribu memang cocok buat snorkling karena banyak spot yang bisa dikunjungi dan jaraknya berdekatan. Rasanya pingin terus snorkling. Underwaternya keren. It was a nice trip we had. Someday we’ll go to Raja Ampat.. Someday!

    #EKA#
    Amiiin 🙂 that’s your that I will keeo in my mind bang =))
    Nyesel deh pasti komen gituh :))

  2. Oh, ini liburan yang belangnya di badan gak ilang2 itu ya? 😈

    Omong2, untuk menyelam dan sejenisnya memang tidak diperlukan kemampuan berenang, tapi justru kemampuan tenggelam! Karena itu kalo tidak bisa berenang justru makin mudah nyungsep jauh kedalam air. :mrgreen:

    #EKA#
    Hihihi iyaaa belangnya parah…
    Eh betul ya, kalau snorkling n diving lebih butuh kemampuan tenggelam hahaha

  3. Wah, asyik bgt ya mbak.
    Itu 350rb termasuknya sungguh terjangkau ya, soalnya udah plus snorkling.
    Gak kenayang kalau ke Bali, harga snorkling ajah udah ratusan ribu sendiri…..haduh.
    BTW, di foto pasir putih, mba yg mana tuh?
    Hehehe,,,maklum ini kali pertamanya saya mampir ke sini. Jd belum paham.

    Semoga saya bs rutin ke sini ya mba. Dan pasti bakal rutin. Hehehehehe.

    Oh ya perkenalkan, saya blog baru “commoncyber.net”. Site yg insya ALLAH bakal mengulas segala ttg software, earn money from internet, serta hot news dr dunia maya. Sitenya support dua bahasa, inggris dan Indonesia. Kalau ada waktu, yuk kapan-kapan mampir. Jalinan persahabatan. ^__^

    #EKA#
    Hihihi, kalau sering mampir jadi tau deh saya yang mana di pasir putih ituh 😀
    Kalau nanti ada waktu luang, saya mampir yah 🙂
    Thx 4 ur swing by here

  4. View bawah lautnya keren. Bikin saya iri. Seumur-umur belum pernah nyoba yg namanya snorkling.
    Kapan-kapan nyoba.
    Ngomong-ngomong itu capture fotonya, yg ng’take mba sendiri? Pake kamera apa? jernih bgt.

    Salam persahabatan dari Catatan Bumi. Jika berkenan mari mampir ke gubuk jelek saya

    #EKA#
    Itu pake kamera pocket yang water proof, bukan aku yang buat tapi adekku..
    ^_^

  5. Kk..seriusan ntuh foto hasil snorkling dsana..?
    gw kmaren ndak dapet indahnya seperti itu 😥
    But I love Tidung, especially the bridge, xixixixi..

    #EKA#
    Ini bukan di Tidungnya langsung, kita gak snorklimg di Tidung. Tapi pulau lain di dekat2 situ. Lupa namanya

  6. wah..emang enak mbak snorkling di tidung. cuma 35ribu lagi nyewa alat snorklingnya.
    trus paling enak lompat dr jembatan ke laut itu lho.
    sensasinyaa…

    tapi pulang dari sana dapet hadiah ‘kulit jadi iteman’

    hee..

  7. Liputan yang menarik, Ka! Menyegarkan.. sesegar kamu hihihihih…

    Gw kalo snorkling, mending masuk ke Sea World dan udah berasa di dalam air deh 🙂

  8. Asiknya yang bisa jalan jalan kepulau Tidung, bisa snorkling an pula. Eh poto under waternya bagus bagus banget, jadi ngiler pingin main kesana nih.
    Btw sorry baru mampir ya, salam.. .

  9. hwaaa mbak Eka bikin ngiri deh.. senangnyaa pengen banget tuh ngerasain snorkling..
    dan bunaken, raja ampat juga senggigi pengen banget saya ke sana 😀

  10. one of most best destination near Jakarta.. ga perlu merogoh kocek terlalu dalam kita sudah bisa menikmati kesegaran udara laut, pemandangan pulau-pulau yang memiliki keunikan sendiri, dan tentunya pemandangan bawah laut yang eksotis, membuat saya selalu teringat akan kebaikanNya. Walaupun saya belum sempat menginjakkan kaki disini, tapi dari cerita rekan-rekan saya, salah satunya ceritaeka.com ini cukup memberikan pengalaman unik bagi saya.
    Bagi anda, khususnya warga Jakarta yang belum pernah berwisata ke kepulauan seribu tempat ini wajib dimasukkan dalam dalam daftar liburan singkat anda.

    Have a nice plan holiday and keep Go Blue!

  11. Hmmm…
    indahnya pemandangan laut yang belum pernah kulihat dan kurasakan secara langsung.

    Kalau ngeliat ongkos yang segitu gede(bagi saya)…; ya,mending milih buat bayar kost aja dech… baca di ceritaeka sambil ngebayangin aja. cukup. hehehehe…

  12. Kayanya udah lama ndak kemari 😆

    Anyway, saya sebenernya bukan penggemar wisata alam, dan lebih menggemari wisata budaya terutama kuliner. Dan saya sedang super jenuh di sini. Mungkin tahun depan saya mau coba jalan-jalan lagi lebih jauh ke utara, memperluas jangkauan 😛

  13. *langsung buka link travelnya. dan ngiler ngeliatnya*
    sering banget sama temen – temen yang di jakarta di ajakin liburan disana.
    ternyata lumayan murah juga yah?
    pengeeeen…

    makasih info dan link trapelnya mbak
    😀

  14. waah jadi pengen ke tidung lagi 😀
    tapi aku takut sama ombak gede di kepulauan seribunya,hampir aja kapal yang kunaiki waktu itu terbalik 😦

    tapi emang tidung The best place in Jakarta deh
    salam kenal ya mba 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: