Jelajah Energi Cirebon Bersama PT. Pertamina: Cari Minyak itu Nggak Mudah, Gunakan dengan Bijak

Saya nggak pernah menyangka bisa masuk ke dalam site drilling Pertamina, jangankan berharap, membayangkan saja tidak karena nggak sembarangan orang bisa masuk ke sana. Tapi namanya rejeki sih bisa datang kapan saja dengan cara gimana pun juga. Betul? Hari Selasa dan Rabu, 1-2 Agustus 2017 ini saya dan rekan-rekan blogger lainnya mengikuti Blogger Touring #JelajahEnergiCirebon yang ternyata salah satu tujuannya adalah mengunjungi site Pertamina EP Asset 3. Senang bukan kepalang! Akhirnya saya berkesempatan melihat lebih dekat behind the scene dari bensin yang biasa kita gunakan sehari-hari itu. Yeay!

Menempuh sekitar 4 jam perjalanan menggunakan kereta api dari Jakarta, kami disambut oleh terik sinar matahari bersinar saat sampai di Stasiun Cirebon. Tapi hal itu tidak menyurutkan semangat para blogger, tetap ceria bahagia dong. Setelah berkendara menggunakan bus sekitar 30 menit dari stasiun, kami pun sampai di site Pertamina EP Asset 3 Jatibarang. PT. Pertamina EP Asset 3 merupakan anak perusahaan Pertamina di bidang Hulu yang melakukan eksplorasi dan produksi minyak dan gas di wilayah Jawa Bagian Barat. Di site Pertamina EP Asset 3 ini kami dijelaskan mengenai bagaimana cara kerja Pertamina mencari, mengebor dan mengolah sumber energi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Saya baru tau bahwa terdapat proses yang sangat panjang mulai dari inisiasi mencari sumber energi hingga akhirnya bensin seperti pertamax, pertalite atau solar bisa kita dapatkan dengan mudah di pom bensin terdekat. Jadi awalnya, Pertamina EP mencari sumber energi baru. Proses pencarian ini memakan waktu yang cukup lama dan juga terdapat risiko gagal yang artinya buang-buang uang tanpa hasil. Setelah ditemukan sumber minyak, dilakukan pengeboran dan kemudian disalurkan ke kilang-kilang minyak atau ke berbagai bidang industri untuk diolah. Energi hasil pengeboran ada yang diolah menjadi bahan bakar, gas, oli, minyak tanah dan lain sebagainya.

Off we go to Cirebon! Wajah-wajah sumringah yang penasaran pengen main ke drilling site

Untuk dapat masuk ke dalam site kami harus melalui SOP yang cukup ketat terkait safety, mulai dari mengenakan PDL alias Pakaian Pelindung Diri, safety shoes, helm hingga safety induction. Saya terkesan dengan bagaimana cara Pertamina menerapkan SOP tentang keselamatan tersebut; teratur, terstruktur, konsisten dan mudah dipahami. Safety induction saja dilakukan dua kali, pertama saat kami baru saja sampai di kantor dan kedua saat kami ada di site. Hal tentang keselamatan kan memang nggak bisa main-main dan saya suka cara kerja Pertamina untuk hal itu. Dengan penerapan SOP yang baik begini, nggak heran kalau Pertamina pun mendapatkan penghargaan untuk 60 juta jam kerja tanpa fatality dan sekarang sedang berusaha untuk mencapai 100 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja. Semangat ya Pertamina, salam 5 jari! Pasti bisa! ๐Ÿ˜‰

Sampe juga di PT. Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field

Selama touring, dikawal langsung oleh Vice President Corporate Communication Bapak Adiatma Sardjito.

Memasuki site, jujur, saya agak deg-deg.an. Alat-alat berat ada di mana-mana, suara mesin yang bising terdengar dari segala penjuru mata angin dan papan peringatan keselamatan bisa dibaca di hampir setiap sudut. Saya mengelap peluh yang bercucuran karena panasnya terik matahari, belum selesai mengelap, saya harus menutup mata karena debu tebal yang diterbangkan angin bikin mata kelilipan. Wow, benar-benar perjuangan ada di site, padahal cuma berada di site lho, nggak ikutan drilling tapi ya lumayan juga usaha buat ada di sini. Dan kegiatan yang ada site ini baru permulaan karena masih banyak lagi proses yang harus dilalui si minyak bumi sebelum jadi produk yang bisa dinikmati masyarakat.

Safety first

Jelajah Energi Cirebon Pertamina

Ohya, kebutuhan masyarakat akan energi itu sangat tinggi padahal minyak bumi merupakan sumber daya alam yang nggak bisa diperbaharui jadi ya mesti dilestarikan biar bisa dinikmati sampai masa mendatang. So, kalau udah tau proses pembuatannya mati-matian dan penuh risiko serta nggak bisa diperbaharui apa iya kita masih mau boros energi? Yuks bijak pakai bensin dan bahan bakar lainnya ya.

Pengalaman mengunjungi site ini adalah pengalaman yang begitu membekas di hati. Banyak belajarnya dan banyak ketawanya juga plus kenyang pula. Ohya, tulisan ini adalah tulisan awal tentang blogger touring bersama Pertamina jadi bakalan masih ada tulisan lanjutan yang nggak kalah seru. Pantengin ajah! ^_^ I am hoping, ย semoga Pertamina makin jaya dan produk-produknya terus ramah lingkungan, I am using Pertamax dong ๐Ÿ˜‰ Terima kasih untuk blogger touringnya yang luar biasa. Tripnya seru banget! Full laughter and insight.

 

Selamat Rabu, Sobat CE. Sudah hemat energi belum?

Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Jawa dan tag , . Tandai permalink.

28 Balasan ke Jelajah Energi Cirebon Bersama PT. Pertamina: Cari Minyak itu Nggak Mudah, Gunakan dengan Bijak

  1. Wah masuk ke site ya. Beruntung mba bisa masuk ke site karena masuk area site itu harus jelas keperluannya. Kapan gitu keluarga pengen buanget ngunjungin aku, ya ga bisa masuk karena kan ga bisa asal masuk. Soale aku juga kerja di site tapi perusahaan EP yang lain. Hehe.

  2. Nasirullah Sitam berkata:

    Perasaan ini baru beberapa hari dilakukan dan sudah terposting buahahhaa. Keren mbak ๐Ÿ˜€
    Bisa lah liat dalamnya Pertamina ๐Ÿ˜€

  3. adelescarlet berkata:

    ahhh beruntung banget sih bisa masuk sitenya pertamina..
    Jadi kapan posting kuliner yang di cirebon nih? aku kemarin hbs nonton IG story kk yg makanan di Cirebon jadi mupeng, hahah

  4. Johanes Anggoro berkata:

    Cepet banget publishnya๐Ÿ˜

    Aku sudah hemat energi belum ya? Ke tempat kerja pake sepeda meski cuma 2km๐Ÿ˜
    Lalu, tidur suka gelap2an eh๐Ÿ™Š

  5. Inayah berkata:

    asik banget ya, blusukan ke area yang ‘terbatas’ kayak gitu

  6. mysukmana berkata:

    wah gak semua orang bisa blusukan ke sini loh

  7. Yusuf Saktian berkata:

    Sempet liat di instastorynya mas fahmi catperku, ternyata mbak eka juga ikutan ya ๐Ÿ˜€
    Keren banget bisa jalan2 ke pertamina ๐Ÿ˜Ž

  8. Ping balik: Ekowisata Mangrove Karangsong: Konservasi dan Rehabilitasi Lingkungan yang Mendayagunakan Masyarakat Sekitar | Ceritaeka

  9. reno fri berkata:

    hehehe keren kak..

  10. omnduut berkata:

    Wah sama! haha, aku pun penasaran sama pabrik-pabrik besar seperti Pertamina atau Pusri kalo di Palembang ini. Tapi ya mana mungkin bisa masuk kalau gak ada orang dalam atau undangan kayak gini.

    Ada temenku yang kerja di Pusri suka ambil foto yang cakep-cakep banget. Kebayang kalo bisa foto di situ #eh hahahaha, nggak ding, penasaran juga mau lihat proses produksinya. Gini-gini, aku penonton sertia Unyil Jalan-jalan. Keren dah unyil bisa ke pabrik beken tak hanya di Indonesia tapi juga ke luar negeri.

  11. Olive B berkata:

    kak Eka, itu sepatunya nggak berat ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s