The New Me

Every human being is the author of his own health or disease. -Buddha-
Siapa sih yang gak mau langsing, kurus, cantik dan sehat? Semua juga mau. Tapi langsing itu bukan perkara menurunkan berat badan saja, diet semau-maunya. Bukan itu. Langsing dan sehat itu adalah suatu kondisi yang diawali dengan perubahan paradigma akan pentingnya mempunyai gaya hidup dan pola makan yang benar.
Selama 4 bulan ini saya dan 9 teman lainnya lainnya menjadi finalis Make over Your Life 2011 atau biasa disingkat menjadi #MOYL2011 dari Majalah Prevention Indonesia dan saya akui bahwa saya mendapatkan banyak hal dari program ini. Bukan hanya lingkar pinggang saya mengecil dan timbangan bergeser ke kiri, namun ada yang lebih penting, yaitu meningkatnya kesadaran saya dan suami untuk memiliki pola hidup yang lebih baik juga perubahan besar-besaran dalam cara saya dan suami mengatur makanan. Ini nih beberapa perubahan yang ada:

Investasi masa tua nanti ^_^ Start the day with oatmeall and strawberry

MAKANAN. Dulu makan itu adalah sesuatu yang sulit direm, asupan gula, karbohidrat, dan garam tidak terkontrol, segala macam daging merah, sate ataupun jeroan bisa mampir tiap saat. Alhasil usus saya bekerja keras untuk mencernanya dan tubuh ini bekerja keras menampung berat badan yang terus melambung. Sekarang, saya membatasi gula, maksimal 1 Sdm/hari, air putih dan buah serta sayur adalah wajib hukumnya.
OLAHRAGA. Dulu olahraga itu dilakukan kalau sempat saja dan dengan hobby saya menikmati hidup (baca: seneng leyeh-leyeh) maka olahraga itu bagus banget deh kalo sebulan sekali dilakukan. Haha. Sekarang, minimal 3x seminggu saya cardio, entah jalan cepat, jogging atau bersepeda di gym bahkan setelah keanggotaan promosi di Celebrity Fitness dari Prevention berakhir, saya modal sendiri donk langsung daftar jadi member Celebrity Fitness plus menggunakan jasa Personal Trainer. Ini komitmen saya untuk hidup yang lebih sehat.
JAM TIDUR. Dulu jam tidur gak karuan πŸ˜€ haha, sehari bisa tidur 2 jam, 3 jam atau 5 jam ya tergantung suasana dan kondisi hari itu maunya tidur berapa jam. Saya jadi mudah lelah dan gampang sakit karena istirahatnya kurang. Sekarang, saya disiplin tidur minimal 6 jam/hari, saya sadar tubuh ini berhak untuk beristirahat dan seperti kata Buddha, manusia itu bertanggung jawab akan kesehatannya sendiri

Diet 1200 calories provided by White Lotus for my lunch πŸ™‚

HASILNYA?
Dengan perubahan gaya hidup dan pola makan selama 4 bulan terakhir ini, berat badan turun, ukuran tubuh pun mengecil sampai penjahit saya bingung haha. Ya gimana lagi, lingkar pinggul turun 16cm, lingkar perut susut 15,5cm. Saya mesti mengganti stok baju-baju saya! πŸ˜€ Tapi yang paling penting adalah saya merasa jauh lebih bugar, lebih segar dan jarang sakit. Setelah mengubah gaya hidup, saya terbebas dari kram perut yang menahun, jarang sekali flu dan pegal-pegal di punggung pun hilang. Menurut dokter, dulu saya sering pegal-pegal karena kadar gula di tubuh saya tinggi dan saat asupan gula dikurangi maka metabolisme saya pun jadi lebih baik.

1st Winner! Yeaaay *nari-nari*

AWARDING
Niat dan usaha untuk hidup sehat itu memang harus datang dari diri sendiri dan ternyata usaha saya untuk hidup sehat tersebut diberikan award oleh Prevention Indonesia sebagai 1st Winner of Make Over Your Life. Jujur saya tidak menyangka, berpartisipasi dalam program ini saja buat saya adalah suatu keberuntungan, saya mempunyai titik balik dalam kesehatan saya. Eeeeh ternyata malah menang. Aaaa! Puji Tuhan, Sujud syukur :). Buat Prevention, terima kasih sudah menyelenggarakan acara ini, suatu event kesehatan yang benar-benar mengubah hidup saya dan keluarga saya. Terima kasih Dr. Rianni, Celebrity Fitness dan White Lotus yang sudah membantu terlaksananya program sehat ini. Untuk teman-teman #MOYL2011, tetap semangat! Ingat, kita punya target baru dan akan ketemuan lagi kan? ^_^ Saya salut dan bangga buat teman-teman #MOYL201. Kita semua adalah para pemenang karena kita menang dari godaan memanjakan lidah dengan asupan yang tidak dibutuhkan tubuh. Kita memang dari kemalasan dan menggantikannya dengan semangat berolahraga. Aaaa… Peluk hangat semuanya! Terima kasih Prevention, terima kasih sahabat-sahabat #MOYL2011, you guys rock!

5 dari 10 finalist #MOYL2011. Ki-ka: Ira, Renata, Maria, saya dan Ade Butet

Saat ini, memang berat badan saya belum mencapai yang ideal namun saya tidak risau. Tujuan saya sehat, berat badan ideal itu akan menyusul pastinya. Yang saya tau, saya sedang dalam proses menerapkan pola hidup yang baik. Please welcome the new me πŸ™‚ the new person who applies healthy way of life. Terima kasih Prevention!
Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di HEALTH dan tag , , , . Tandai permalink.

43 Balasan ke The New Me

  1. Indah berkata:

    Selamat, Kaa ^o^

    Berhasil mengendalikan diri itu butuh proses yang ngga gampang yaa πŸ™‚

  2. D Laraswati H berkata:

    asiiik….menang berkat menulis dan berubah menjadi lebih langsing serta sehat….selamat yaaa…..

  3. Maria Siahaan berkata:

    Ho’oh..yang juara 1. Jangan lupa traktirannya pas ketemuan. Traktirannya gak usah makan-makan deh. Spa bareng aja…kreatif kan ? hahahahaha……

  4. sha berkata:

    asyiiik! selamat, mbak ekaaa…. πŸ˜€

  5. desty berkata:

    Wah… selamat mbak… “hadiah”nya double, bisa langsing plus dapat hadiah iPAD

  6. cK berkata:

    Waaaah mbak Ekaaa, bagi tipsnya doooong!

  7. alcatrazia berkata:

    selamat mbaaa… πŸ˜† seneng kan yaaaaa…semoga bisa terjaga terus berat badannya yak!

  8. hasian cinduth berkata:

    wow…… mesti ikutan hidup sehat inih…. eniwei, selamat ya kak atas juara 1 nya… πŸ™‚

  9. h0tchocolate berkata:

    mantap lah kak! congrats! i’m so proud of you! tetap hidup sehat! semangat! god bless you! (buset dah banyak amat tanda serunya :D)

  10. Lidya berkata:

    selamat ya kak, lebih ringan ya sekarang πŸ™‚

  11. Nh Her berkata:

    Waaahhhh …
    Berhasil … berhasil …

    Semoga terus bisa dipertahankan …
    tetapi yang lebih penting dari itu semua adalah …
    Nikmat Sehat !

    salam saya Eka

  12. Katherin berkata:

    Eka… Kaget ga Percaya sempet lihat statusnya di BBM oh i see… so Congrats… Ikut happy utk NEW ME nya ya… berhasil takjub aku… Ijin share ya ceritanya…

  13. partnerinvain berkata:

    Aku kagum sama Eka langganan juara dalam setiap kompetisi dan punya komitmen yang kuat dalam hidup sehat, aku belajar banyak dari mu Dek

  14. renatamalau berkata:

    tetep semangat kak,.. biar waktu ketemu MOYL 2012 nanti mereka terinspirasi.. πŸ˜€ sayang kmrn ga ketemu sama winner MOYL 2010 jd ga lihat dia tetap bisa komitmen pola hidup sehatnya or pie..
    ditunggu kabar2 bahagia lainnyaa… *you know what i mean..

  15. restlessangel berkata:

    wah musti kopdar inih, untuk melihat hasil penyusutan belasan senti πŸ˜€
    congrats yaaaa….ih pengin ikutan MOYL juga ah. benernya tahun kmrn itu pengen ikutan tp telat kirim formulir :)) *kacang kalasan banget*

    btw kl kopdar, ada temennya nih : pesen menu yg gapake gula dan menjauhi produk2 yg olahan tepung dan gula.

  16. dela berkata:

    Mbak Eka. Wow! Congrats!
    Walapun jarang blogwalking, tapi tetap ngikutin ceritanya via twitter, dan itu bener-bener menginspirasi banget deh. Dari fotonya aja udah keliatan lebih glowing, lebih caem. Aku juga ingiiiin, hahaha.. :))

  17. sabai95 berkata:

    Diluar program ini, apa setiap hari Eka masak sendiri menu makanan sehatnya itu?

  18. sabai95 berkata:

    Eh, pertanyaanku barusan masuk nggak ya?

  19. alfakurnia berkata:

    waaa keren jeng Eka… liat dari foto sih sepertinya sudah jauh lebih kurus dari kita ketemu di Citos entah tahun berapa itu ya…
    aku sendiri lagi berusaha untuk mulai olahraga, tapi soal jaga makan ini yang masih berat 😐
    selamat, semoga konsisten dengan pola hidup sehatnya.

  20. Kurnia Septa berkata:

    wah, selamat ya…. biasanya orang baru nyadar kalau sakit, pdhl kan mulai dr sekarang πŸ˜€

  21. annosmile berkata:

    selamaaaaaaaaaaaaaaaaaaat..
    wah kopdarkan buat pembuktian πŸ˜€

  22. Zippy berkata:

    Selamat ya mbak πŸ˜€
    Seneng ya, keuntungannya dobel2 πŸ˜€
    Btw, iPadnya berarti dobel kan?
    Sini buat saya satu, wkwkwkkwkw… πŸ˜†

  23. yadi berkata:

    selamat ya mbak,

  24. bramadanuwinata berkata:

    Aku juga sepertinya harus mulai hidup sehat nih. Baju-baju di lemari mulai gak muat semua. πŸ˜₯

  25. myhappy2day berkata:

    Wah lama tak mampir kemari ternyata kak eka banyak berbagi kabar gembira, congrats kakak πŸ™‚

  26. Ping balik: Yang Tidak Dibicarakan Saat Kehilangan (Calon) Buah Hati | ekaLagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s