Nirwana di Gunung Salak

I’m in heaven! That’s what I told my husband when we reached Javana Spa. Well… Look at this place, such an awesome one. Javana Spa terletak di Gunung Salak, Jawa Barat. Katanya disini selain penginapan bisa juga camping. Jiwa muda saya tertantang sih pas denger disini bisa camping tapi kali ini saya nyicipin penginapannya dulu aja deh. (tau diri ama umur sih sebenernya haha :mrgreen:)
Nirwana diatas awan. Ingin rasanya melompat & menari diantara awan putih itu. Bercengkerama.
Tenang dalam senyap. Jauh dari riuh kota. Terselip bahagia dari ketinggian 1200 dpl Gunung Salak.
Tapiii jangan salah, tidak mudah lhoo sampai di Javana Spa itu. Ya iyalaah, mana ada cara gampang menuju surga kan? :mrgreen: *mulai lebay nih* Tapi percaya deh, semua, semuaaaaaa keletihan dan kepenatan untuk menuju kesini terbayar lunas begitu sampai. Perjuangan dimulai dengan menempuh perjalanan 3,5 jam lamanya dari Jakarta, terjebak macet di pasar-pasar sepanjang jalan Sukabumi sampe Bete se-bete-betenya! Kemudian melewati seribu lubang jahanam dan curam jalanan untuk akhirnya bisa (in my personal opinion) berada di nirwana.
Memejamkan mata lalu menajamkan telinga; suara desau angin dan dedauan yang riuh bergesek laksana simfoni indah buat jiwa.
Javana Spa benar-benar menjadi sebuah persemayaman yang teduh. Sepi sekali namun justru dengan begitu seluruh indera tubuh kita dilatih untuk peka dengan keadaan sekitar. Seolah dipaksa untuk menyatu masuk ke dalam alam. Dan saya baru meyadari indahnya suara jangkrik di malam hari atau betapa menakjubkannya laron-laron itu. Perjalanan ini saya lakukan suatu masa di tahun 2010 lalu, namun bahkan detil rasa dan keelokannya masih dapat saya tangkap vibrasinya di hati saya.
Kamar Di dalam kamar tidak ada TV, telepon atau pun akses internet.
Yang unik dari Javana Spa adalah… Mereka menawarkan liburan dengan jadwal yang telah diatur sedemikian rupa sehingga tamu-tamu yang menginap bisa memaksimalkan semua waktu yang ada. Jadwalnya sedemikian detil diatur jam demi jam, bahkan ada kartu jadwalnya juga lho.

Ngapain aja di Javana Spa?

Ya yang pasti sih spa ya bow. Bisa spa lumpur, berendam di jacuzzy, sauna, reflexology hingga aromaterapic massage. Dan meni-pedinya juga enak banget disini.
Onsen
Besides spa, what I like most is Onsen ^_^ Pemandian air panas dengan air sulfur (belerang) dari Gunung Salak. Rasanya jiwa ini benar-benar terbebas dari segala macam tuntutan hidup saat berendam di hangat belerang dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Ketika saya memejamkan mata, geeez…. Begitu tenang, begitu damai, begitu nyaman rasanya.
Curug 9
Kami juga dipandu untuk sedikit hiking ke beberapa air terjun. Yang paling saya sukai adalah curug 9. Air terjun dengan debit air yang lumayan besar, tidak terlalu dalam namun bening dan sejuk airnya seolah mampu menelusup ke relung hati yang paling dalam sekalipun.
Selain bermain air dan mandi-mandi cantik, saya sempatkan bermeditasi disini.
Oh ya, di balik air terjun ini ada sebuah batu besar dimana kita bisa telungkup di atasnya. Dengan posisi begitu maka punggung jadi sasaran terbuka air terjun. Deras air terjun yang menerpa punggung seolah menjadi pijatan dengan kekuatan yang lumayan besar. Pegel-pegel ilang deh!
Ketemu berbagai jenis tanaman
Sepanjang perjalanan menuju air terjun atau sekedar mengitari areal Javana Spa, kami menemui berbagai jenis pohon. Saya yang nilai biologinya dulu gak bagus-bagus amat seolah es em ah lagi deh soalnya Tour Leader begitu fasih menerangkan segala macam varietas itu. Iiiih wisata alam yang bikin pinter! :mrgreen:
Angsa, hewan monogami ^_^
Belum puas dengan segala macam keindahan tersebut, maka romatisme angsa yang bisa kita beri makan dengan remah-remah roti menjadi tambahan hiburan lagi.
Makanan juga diatur, walo porsinya keliatan kecil tapi ternyata gak kelaparan. Telah dihitung porsi dan asupan nutrisinya buat tubuh.
Reluctant to leave this heavenly place. Quiet-tranquil-pleasant of a mountain
Dua jempol saya berikan untuk Javana Spa. Paket seharga 3jutaan untuk 2 hari 1 malam benar-benar sebuah weekend escape yang recharging jiwa banget. Di sini, di Javana Spa waktu seolah berhenti. Tidak ada ketergesaan, tidak ada bising, yang ada adalah kedamaian. Harmonisasi jiwa dengan alam.
Bukankah memang selayaknya kita hidup harmonis satu dengan yang lainnya termasuk dengan alam dan seluruh mahluk di bumi?

.

.

.

Sebuah review atas inisiatif pribadi tanpa ada yang memintanya :). Tribute to Ford yang telah memberikan paket ini untuk saya sebagai hadiah atas tulisan mengenai Driving Safety Life.
Iklan

50 respons untuk ‘Nirwana di Gunung Salak

Add yours

  1. akhirnya pernah gw ninggalin comment jd orang 1 dirumah lu kak’,
    hehehe…
    emm….enyaknya untuk Honeymoon ‘y, bae’lah, bs dijadikan salah 1 option :p
    *kawini aku pangerankuuuuuuuuuuuuu*

  2. Ouw… keren banget, Ka….
    Sepertinya layak dicoba…

    Ssstttt… Eka bisa terbang ya? Di foto terakhir terlihat melayang?
    #lupapakekacamata

  3. Aku pernah baca juga ttg tempat ini, transport kesini pake pribadi ya? Ada travel yg kesini ngga? atau angkutan umum? 3 juta itu udah termasuk spanya apa cuma akomodasinya aja?

  4. Menyepi dalam keramaian 🙂
    woaw seru banget dek 😀

    *air terjunnya itu yang bikin ga kuku…ingin rasanya bermeditasi dan menyatu dengan alam n_n

  5. Wahhhh bagus banget tempatnya. Aku kerja di Kemang dan tepat di sebelah gedungku ada Javana Spa. Mungkin itu cabangnya ya Mbak yang di Jawa? Bagusssss banget *ngeces*

  6. wah.. mbak air terjun (curug) di gunung salak itu banyak pacetnya (lintah kecil) hehe…. udah pernah kesana pulang pulang banyak darah segar mengalir disekujur tubuh.. 😀 😀 ^^V….. anyhow yet… it’s lovely place…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: