Kenyang Makan Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon

Saat saya di Cirebon banyak yang komen di Instagram dan bilang kalau mesti nyobain makanan tradisional Cirebon seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, dst. To be honest saya penasaran banget sama Nasi Jamblang. Kayak apa sih? Rasanya gimana? Dan sebelum pulang meninggalkan Cirebon, kami pun meluncur ke Nasi Jamblang Ibu Nur. Sebenarnya ada banyak Nasi Jamblang bukan cuma si ibu yang arti namanya bercahaya ini, tapi nampaknya yang terkenal banget itu Nasi Jamblang Ibu Nur karena semua orang merekomendasikannya.

Kami datang menjelang makan siang. Sekitar pukul 11.15 gitu lah. And gues what? Peunuh! Antriannya mengular panjang. Sistem makannya tuh kita kayak self selvice mau ambil lauk yang mana setelah itu bayar.

Nasi Jamblang sendiri sebenarnya seperti Nasi Rames atau Nasi Campur, ya nasi dengan lauk bermacam-macam. Yang membedakannya adalah nasi jamblang itu dialasi degan daun jati jadi wanginya beda. Harum otentik gitu. Pramusaji akan menawarkan kita untuk makan 2 porsi nasi, biasanya orang-orang sih mengiyakan karena nasinya emang kecil bet porsinya. Tapi begitu melihat hamparan lauk yang nampaknya enak-enak itu saya putuskan ambil 1 porsi nasi lalu ambil banyak lauk! Hahaha. Nasi mah di mana aja bisa makan tapi lauk pauk yang enak? Nggak di semua tempat ada kakaaaak.

Dunia Berhenti Sesaat

Begitu menyuapkan nasi dan cumi hitam ke dalam mulut, dunia rasanya berhenti sesaat. ENAK BANGET JENDRAL! Serius, ini nasi terenak yang pernah saya rasakan. Beuh rasanya nikmat bet gitu! Susah dideskripsikan. Ohya sambal galore ada di mana-mana jadi ya pedes gila tapi enak tapi pedes tapi ENAAAAAk :mrgreen: (ra uwis-uwis hahaha). Saya merkomendasikan cumi hitam dan terong baladonya. Duh nyesel banget cuma ngambil satu cumi-cuminya, harusnya duaaaa.

Daftar harga Nasi Jamblang Ibu Nur
Suasana kedai makan yang mulai sepi setelah jam makan siang… Tadinya penuh banget

Nah, kalau udah puas makan Nas Jamblang, jangan lupa mampir minum es durian gitu di depan kedai makannya. Dijamin nggak nyesal. Enak banget! Tapi buat yang kolesterol hati-hati ya. Hihihi.

 

Selamat Jumat Sobat CE, sudah pernah coba makan Nasi Jamblang?

Iklan

41 respons untuk ‘Kenyang Makan Nasi Jamblang Ibu Nur Cirebon

Add yours

  1. Waktu kecil pernah makan nasi dibungkus pake daun jati. Bener, aromanya khas banget. Apalagi pas masih anget-anget😋

    Jadi kalo nanti mampir ke cirebon dan nyobain nasi jamblang ga kaget lah ya😅

  2. Kalau orang Cirebon bilang cumi hitam itu blekutak. Rasanya emang uenakkk 🙂 Aku dulu lama tinggal di Cirebon, dulu Ibu Nur itu lapaknya sama kayak warung2 Nasi Jamblang yang di pinggir jalan, sekarang jadi bikin bangunan permanen. Alternatif lain ada Nasi Jamblang Pelabuhan dan Nasi Jamblang Mang Dul.

  3. Walaupun sekilas kayak nasi rames atau nasi kucing, tapi Nasi Jamblang ini nikmat banget! Mungkin karena pengaruh bungkus daunnya itu ya. Jadi sempet cobain Empal Gentong sama Lengko nggak? Aku sih paling suka sama Pedesan Enthog hehe.

  4. Salah satu tempat yang wajib banget disinggahi ini mah… Tapi harus bersabar! Pernah dtg pas weekend, yaampunnn antriannya panjang banget, makannya mah gak sampe 10 menit. Hiks. Gantian sama uang lain soalnya wkwkw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: