Bekal Makan Siang Andalan Perempuan Bekerja: Siap dalam 5 Menit!

Ask not what you can do for your country. Ask what’s for lunch. –Orson Welles-

Sudah tau kan kalau kami sekeluarga sering bawa bekal makan siang sendiri? Kalau belum tau, boleh deh intip alasan kenapa bawa bekal di tulisan ini. Nah, karena itu setiap pagi setelah mandi dan sarapan, satu hal yang selalu Adrian -suami saya- tanyakan adalah, “siang ini aku bawa bekal makan siang apa?” Idiiiih, bukannya cium kening atau apalah gitu, tapi langsung bekal yang diurusin :mrgreen:

Ngomongin soal bekal, saya nggak selalu bisa bikin bekal komplit. Ya namanya wanita karier yang waktunya mepet gitu *benerin kerah* 😀 hihi. Tapi keterbatasan waktu bukan alasan untuk bisa bikin bekal sehat dalam tempo yang singkat! Nih, cobain deh bikin Egg Sandwich with Olive Oil. Dijamin ketagihan!

 Olive Oil Sandwich 1

Resep Egg Sandwich with Olive Oil

Porsi: 1 orang

Waktu Persiapan: 2 menit

Waktu Masak: 3 menit

Bahan:

  • 4 lembar roti gandum
  • 25 ml Extra Virgin Olive Oil
  • 1 buah alpukat
  • 2 butir telur
  • 2 buah tomat
  • Selada
  • Buncis
  • Jagung
  • Wortel

 Cara Membuat Egg Sandwich with Olive Oil:

  1. Olesi roti gandum dengan Extra Virgin Olive Oil yang merupakan queen of fats alias yang paling oke deh buat diet rendah lemak.
  2. Goreng telur dengan Olive Oil.
  3. Susun selada, tomat, telur, alpukat dan selada kembali. Kemudian tutup dengan roti gandum.

Gimana Egg Sandwich ini nggak sehat? Mengandung sayur, buah, protein, karbohidrat dan tentu saja Olive Oil yang rendah lemak. Tahukah kamu jika Olive oil cuma mengandung 9 kalori/gram saja? Makanya cocok buat yang tetap pengen makan enak tanpa harus kuatir sama lemak jenuh. Oleh karena itu juga Olive Oil ini digunakan sebagai dasar diet Mediterian.

Bekal kilat tapi tetep enak dan sehat ;)
Bekal kilat tapi tetep enak dan sehat 😉

Ohya untuk sandwich sendiri bisa menggunakan roti tawar biasa, French Bread atau roti gandum. Terserah, sesuai selera saja. Tapi saya selalu menggunakan roti gandum karena lebih kaya serat dan rendah gula.

Tips Membawa Bekal Makan Siang:

  1. Usahakan seringkas mungkin, kalau ribet bikinnya maka sama aja makan waktu lama pas buatnya. Bisa-bisa telat deh berangkat ke kantor.
  2. Tapi walaupun ringkas, prioritaskan kesehatan dan kecukupan gizi, karena makan siang adalah modal utama kita buat berkarya di kantor. Kalo laper kan nggak bisa konsentrasi. Makanya usahakan ada karbohidrat, serat dari sayur dan juga protein dari lauk-pauk. Karbohidrat nggak selalu nasi tapi seperti resep saya di atas, bisa roti tawar, roti gandung, jagung atau kentang. Kentang dan jagung uth masaknya malah ringkes banget. Tinggal direbus. Hehehe.
  3. Kalau emang mau ribet dikit bikin bekal makan siangnya seperti goreng-goreng dan tumis-tumis maka bahan-bahan buat masak bisa dipersiapkan malam sebelumnya. Sayur yang mau ditumis bisa dipotong-potong terlebih dahulu malam sebelumnya lalu masukkan kulkas. Pas pagi tinggal keluarin dan goreng deh. Demikian juga dengan nasi (kalau mau makan nasi) maka udah dimasak aja dari malam.
  4. Andalan saya untuk bekal makan siang yang ringkas nggak pakai ribet selain egg sandwich ini adalah makanan yang digoreng dan ditumis seperti ikan goreng, tumis buncis, tumis kacang panjang atau tumis labu siam. Kalau tumis kangkung sih bye bye, nggak sempet metikin sayurnya. Hahaha. Saya juga menghindari fast food seperti makanan kalengan atau ayam siap saji yang tinggal digoreng. Enak sih dan juga cepat tapi kok ya ngeri pengawetnya >.<
  5. Hindari bekal yang berkuah, buat saya itu masuk ke kategori ribet dan susah pula bawanya. Nanti tumpah-tumpah di jalan, walaupun naik mobil kan tetep aja goyang-goyang. Atau pernah juga saya udah pakai wadah makan yang bagus tapi kelupaan nutupnya. Agak kurang rapet trus bocor deh. Huhuhu.
  6. Masukkan makanan ke dalam wadah bekal dalam keadaan dingin. Beri waktu antara waktu selesai masak dan mengemasnya. Maksudnya jangan panas-panas masuk ke dalam tempat makan terus ditutup. Bisa cepet basi.
  7. Investasi di perlengkapan makan yang bagus. Iya, saya bilang investasi soalnya kita akan memetik banyak manfaatnya. Beli awalnya emang agak mahal tapi tahan lama terus ya makanan pun tersimpan dengan baik dan kualitas makanan pun terjaga. Nggak mau kan makan tumis bayam rasa plastik dari wadah makan yang meleleh pas kena makanan panas? 😛
  8. Hmm terus apalagi ya? Ya udah, selamat makan siang aja yaa. Hahaha. Never skip your lunch, biar badan sehat dan kuat bisa beraktivitas sepanjang hari dan produktif ya. Muach.

Nah, siap bikin bekal makan siang cepat dan sehat pakai Olive Oil? Intip aja akun twitter @OliveOil_ID atau Fan Page Bergabunglah di Revolusi Olive Oil dan… Selamat Berkreasi dengan resep-resep lucu lainnya! 😉

 Jadi, bawa bekal makan siang apa hari ini?

Iklan

65 respons untuk ‘Bekal Makan Siang Andalan Perempuan Bekerja: Siap dalam 5 Menit!

Add yours

  1. hai Mak salam kenal, terima kasih sudah berbagi resep bekal makan siang, saya setiap pagi menyiapkan bekal untuk makan siang suami dan anak-anak, kalau keluarga saya makan siangnya nasi+sayur dan lauk pauk, kalau sandwich biasanya untuk bekal sarapan pagi, soalnya kalau nggak makan nasi pada nggak kenyang katanya…hehehe 🙂

  2. wah enak mbak. dan praktis pastinya. sama dong suami saya juga picky soal makanan. jadi siasatnya emang harus dibekelin. btw, salam kenal ya mak :))
    mampir2 mak di blog saya syahdian-novianti.blogspot.com

    1. Nah itulaaah. Kadang suka kesel denger alasan nggak makannya: malas. lupa. asyik kerja.
      Nah, udah dibekelin kan jadi makan karena makanannya ada di mejanya :p nggak bisa bilang malas lagi. kalau lupa ya tinggal ditelepon diingetin hihihi.
      Siip… meluncuuur

  3. Eh kalau kentang rebus lalu ditumis dengan Olive Oil, masih sehat gak ya? 😀 😀 Aku pun lagi mau lebih sering membuat bekal dan makan yang lebih sehat. Udah masa-masa perlu jaga kesehatan sejak dini nih, haha..

    1. Masih. Titik didih OO itu rendah, nggak berubah jadi lemak jahat. Anak bayi kalau berat badannya kurang, disaranin makan kentang yang digoreng pakai OO karena OO masuk kategori lemak baik.

  4. Saya gak pernah bawa bekal makan siang Mbak. Gak ada yg menyiapkannya soalnya istri jauh di Sukabumi, saya kerja di Bekasi.
    Jadi makan siang saya ya selalu ber-warteg yg didepan pabrik saja Mbak…

    Salam,

  5. Saya bilang ke isteri, Ma besok buatin yang kayak eka buat ya……
    Kata isteri, tapi olive oil nya ga ada, gimana klo sementara pakai minyak jagung dulu ?
    Nah looo….:)

  6. Bikin laper aja mbak hehehe, tapi ini sangat menggugah untuk lunchnya , sehat lagi , di dalam roti gandum mengandung karbohidrat kompleks , di sayur seperti tomat mengandung vitamin c , serat , dan tentunya telor mengandung omega (brp ya lupa) dan protein..
    besok2 saya coba nih boleh , thanks resepnya mbak 🙂

  7. Kalau roti gandumny diganti roti tawar biasa dan olive oilnya diganti minyak biasa (bukan curah lo..hehe), gimana ya.. Apa bisa seenak seperti resep aslinya? Btw, bisa jadi alternatif buat bekal ke kantor

  8. ya ampun, lengkap ya sayurannya 🙂 teringat waktu suamiku internship di Sydney, demi irit (dan juga blm tentu gampang cari halal food di kantor), SETIAP hari aku bawain egg sandwich isinya cuma: ceplok, saus sambal dan keju…. 🙂

    Nggak kreatif banget 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: