Tentang Air dan Kehidupan

Jadi air itu susah ya. Dicari sekaligus dicaci (kalo banjir) Puk-puk air… Eh puk-puk air mah itu artinya kecipak kecipuk main air ya? :lol:. Tapi memang air adalah hal yang esensial dalam kehidupan. Tubuh kita butuh air bersih dalam jumlah yang cukup, bukan?

Jadi, di Museum Satria Mandala tadi malam, 18 April 2013 saya menghadiri acara Anugerah Jurnalistik Aqua alias AJA 2012 yang juga dihadiri oleh Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, Menteri Lingkungan Hidup, Bambang Harimurti salah satu tokoh Pers Indonesia dan juga Ibu Parmaningsih yang merupakan pimpinan Aqua. *benerin batik* :mrgreen:.  Dinamakan AJA 2012 karena lombanya sendiri berlangsung sepanjang tahun 2012 mulai dari Januari 2012 hingga Januari 2013.

Gak lupa poto dulu buat jadi barbuk hadir :P hihi
Gak lupa poto dulu buat jadi barbuk hadir 😛 hihi

Apa sih Anugerah Jurnalistik Aqua ini? Award ini adalah ajang yang diselenggarakan oleh Aqua untuk mengapresiasi jurnalis dan blogger yang membagi kisah & inspirasi tentang air. Selain itu diharapkan acara ini bisa menjadi inspirasi untuk melakukan pelestarian air. Kategori yang dilombakan adalah Karya Tulis (cetak dan online), karya Foto, Liputan Televisi, karya blogger dan penghargaan khusus. Keluar sebagai pemenang dari blogger:

Juara 3: Windi Widiastuty (Medan): Save The Water, Sebuah Pesan dari Alam Rahim.

Juara 2: Bryan Kridha Laksana (Purwekorto): Masa Depan Air Dunia, Masa Depan Kehidupan Kita.

Juara 1: Dahli Ahmad (Bekasi): Kampung Jernih Sentuhan Tangan – Tangan Kecil untuk Mengubah Dunia.

Untuk keterangan pemenang kategori lainnya sila mampir web Aqua ya.

Ohiya, di ulang tahunnya yang ke-40 tahun ini, Aqua ganti logo lho. Ini nih logo barunya Aqua.
Ohiya, di ulang tahunnya yang ke-40 tahun ini, Aqua ganti logo lho. Ini nih logo barunya Aqua.

Kenapa jurnalis dan blogger perlu diapresiasi? Well, pelestarian lingkungan itu tanggung jawab bersama dan blogger serta media bisa berperan serta. Bahkan bisa dibilang media dan blogger adalah tonggak penting untuk menyebarkan spirit mengenai air dan lingkungan hidup. Bener banget sih. Sebagai blogger, kita kan punya blog dan tulisan untuk menyebarkan spirit pelestarian air kan?

Gimana cara melestarikan air? Gampang! Jarang mandi aja biar air gak terbuang percuma :mrgreen: Haha. Enggak koq, gini nih cara saya melestarikan air:

  1. Tertib menggunakan air, seperti mematikan keran kalau tidak dipakai atau menggunakan air secukupnya.
  2. Kalau hujan menampung air yang nantinya digunakan untuk bersih-bersih.
  3. Menampung air pembuangan AC dan dipakai menyiram tanaman.

Intinya sih reused the water dan hemat air. Itu cara saya.

Kalau cara Sobat CE untuk melestarikan air gimana?

Iklan

41 respons untuk ‘Tentang Air dan Kehidupan

Add yours

  1. Kalo saya air hujan dipake untuk meyiram taman Mba Eka. Itu kerasa banget manfaatnya air hujan. Dan ga buang-buang sembarangan air dari keran. Sayang banget lah pokoknya aama aer. Soalnya bayarnya mihil. Hehehehe.

  2. Sama aja kayak Mbak Eka caranya tapi tambahan dikit, tiap di rumah abis berenang pakai bak tiup plastik, sisa airnya kita pakai untuk basahin tanah biar segarrrr tanahnya 🙂

  3. Iya betul, aku setuju sama Mbak Eka, buat menghemat air kita bisa kurangin mandi 😛
    He he he . . . gak lah, prinsipnya sama koq sama Mas Danirachmat, air hujan disalurkan ke penampungan dan bisa dipakai siram taman dan juga ngepel. Selain itu juga mendidik anak-anak dari kecil supaya kalau pas sikat gigi keran air jangan dibiarkan terbuka.

  4. mba Eka…rokmu cakep *komenoot*

    soal air bener banget, aku skr jadi pelit luar biasa soal air gegara air ini dan habis diomelin matt karena suka mandi lama n main air hehehe. Skr jadi perhitungan banget.

  5. wah iya nih. hal kayak gini baru kerasa kalo lagi krisis air seperti di tempat kami. kami nampung air hujan dan hampir gak bisa tidur karena jagain air keran yang keluar setetes-setetes. harus lebih “pelit” dan ngakalin biar bisa menggunakan air sehemat mungkin. 🙂

  6. mandi di gym hahahaha… cara yg biasa dipake utk menghemat air di rumah 😀

    air dr AC juga suka dipake buat ngisi radiator mobil, nyirem tanaman, ama bersihin wastafel… kl air ujan malah aku baru tau hahahaa….

  7. Hemat air itu wajib, di kampung saya sebagian daerah kalau kemarau pasti sumurnya langsung kering. Walaupun sumur dirumah ga pernah kekurangan air, tapi kasian juga kalau lihat orang yang datang untuk minta air sambil bawa ember.
    Terkadang sebagian orang di tempatku mesti kesungai beberapa hari sekali untuk ambil air atau beli air/toren, jadi kegiatan menampung air pas hujan itu biasa dilakuin juga dibeberapa tempat, biasanya bahkan air sisa cuci beras ditampung untuk siram tanaman 😀

  8. Soal air, saya paing rewel di rumah, baik isteri, maupun anak-anak selalu saya ingatkan, kalau nyalain keran jangan gede2 karena mereka sering lupa.
    Yang buat saya ngomel-ngomel di rumah cuma itu, saya bilang “kita ga bisa menciptakan air, makanya syukuri dengan menghemat penggunaannya”

  9. Mandi berdua juga bisa irit air kan? Hehe. Lainnya nampung air hujan buat siram tanaman. Salju di balkon di ambil, tunggu cair bisa buat siram tanaman juga. Air bekas cucian sayuran & buah bisa utk siram kembang, itu hemat air ala aku ;).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: