Pilih Mana? Kartu Kredit, KTA, atau…

Beberapa waktu lalu saya pernah cerita-cerita sedikit di twitter mengenai kebiasaan saya berbelanja. Hayoo kamu sudah tau twitter saya belum? Kalau belum, follow dulu gih @ceritaeka biar tau kabar terbaru dari saya. Itu twitnya langsung dikirim dari hape saya lho :mrgreen: *ditendang ke Planet Pluto sama semua yang baca haha* Ahya, kembali ke laptop, kapan hari di twitter itu saya membandingkan gimana untung rugi plus perasaaan saya belanja dengan kartu kredit dan uang tunai. Masing-masing ada plus minusnya dan di akhir sharing akhirnya saya berkeputusan untuk membiasakan diri belanja tunai ๐Ÿ˜€

Please don’t hate me ‘coz I shop a lot >.<

Nah, ujug-ujug kemarin suami pulang sambil bawa brosur dari Citibank yang cukup menyita perhatian saya. Citibank mengeluarkan produk revolving loan yang dinamakan Citibank Ready Credit. Saya bolak-balik brosur tersebut dan saya baca baik-baik informasinya. Penasaran booow, apa sih ini. Bentuk lain dari kartu kreditkah? Kartu cicilankah? Atau bagaimana?
ย Jadi Citibank Ready Credit adalah adalah pinjaman revolving (overdraft) tanpa agunan dalam bentuk kartu yang memberikan dana siap pakai kapan pun dimana pun. Keunikan dari Revolving Loan ini adalah pengguna Ready Credit memiliki kebebasan untuk mengatur sendiri jumlah pinjaman yang mereka inginkan dan bagaimana cara untuk pembayarannya (apa mau mendapatkan bunga per hari atau bayar dengan periode cicilan).

Your cards, your choice ๐Ÿ˜‰

Lalu bedanya dengan kartu kredit apa ya? Kartu Kredit kan juga bisa tarik tunai, kartu cicilan juga.
  1. Bedanya banyak ternyata. Yang pasti Citibank Ready Credit tidak ada biaya tahunan untuk selamanya! Waaah seru nih, kalau kartu kredit atau kartu cicilan kan ada biaya tahunan keanggotaan, atau biasanya kalau gratis paling satu tahun pertama sesudah itu harus bayar. Nah, Citibank Ready Credit ini free bow.
  2. Perbedaan yang kedua adalah metode pembayaran. Kalau kartu kredit, kita akan bayar pada saat jatuh tempo pembayaran, biasanyanya sih 10-40 hari kemudian tergantung bank penerbit kartunya dengan minimal pembayaran adalah 10% (tapi kalau saya sih berusaha bayar lunas biar gak kena bunga). Sedangkan KTA ada model cicilan tetap yang harus dipatuhi. Namun dengan Citibank Ready Credit, kita bisa mengatur metode pembayarannya dengan menggabungkan kedua hal tersebut! Cotohnya: Hari ini kita ambil 10 juta dan di lunasi minggu depan sekaligus itu bisa,ย  atau kita ambil 10 juta dan diubah jadi cicilan tetapย  3/6/12 bulanย  juga bisa. Kita sendiri yang menentukan! Yang harus diingat, pembayaran bulanan minimum 6% (lebih kecil dari kartu kredit) dari total tagihan atau Rp. 50.000 (tergantung mana yang lebih besar) atau dengan cicilan tetap maksimal sampai 36 bulan dan tidak ada biaya penalti.
  3. Bebas biaya pengambilan tunai. Tau sendiri kan, kalau tarik tunai dengan kartu kredit maka kita akan dibebani biaya administrasi tarikan tunai. Nah dengan Citibank Ready Credit ini sih gak ada yang begitu-begitu. Gratis biaya adminnya. Bahkan pengambilan tunai di bank lain pun misalnya BCA, tetap gratis.
  4. Citibank Ready Credit juga mengklaim bahwa bunganya lebih rendah dari kartu kredit, wah yang ini harus dibuktikan nih.
  5. Proses pengajuannya juga lumayan cepat, dan lebih kurang 7 hari kerja. Pagu yang disediakan lumayan, gaji karyawanย > 5 juta/bulan mendapatย  paguย  kredit 10 – 50 Juta.
Okay, sampai di sini Citibank Ready Credit berhasil mencuri perhatian saya si gila belanja yang berusaha bayar tunai. Kemudian, apa lagi yang istimewa dari produk ini? Dan ini nih gongnya menurut saya:
Ready Credit ini tidak bisa digunakan berbelanja seperti kartu kredit lainnya (tidak bisa digesek boow) hanya bisa tarik tunai! Wooow, ini bisa jadi rem yang ampuh inih. Tapi walau begitu, katanya Ready Credit bisa tarik tunai di luar negeri. Jadi kalau tiba-tiba kekurangan dana cair kalau lagi pas liburan di luar negeri, tetap bisa survive ^_^
ย Setelah memilah dan menimbang-nimbang (halahย  terigu kali ditimbang ๐Ÿ˜€ hihi), membaca dengan seksama informasi di brosurnya, saya berkesimpulan bahwa Ready Credit cocok digunakan untuk mereka yang butuh hard cash cepat, tapi bisa bayar dalam waktu singkat, contohnya mau beli handphone 2 hari sebelum gajian atau lagi ada sale gagdet tapi deposito cairnya seminggu lagi. Eh, masih ada gak sih yang simpan deposito?

Be wise in taking any credit ๐Ÿ˜‰ Kalau gak punya duit buat bayar ya jangan maksain diri. Ingat, sifat kartu itu untuk mempermudah hidup bukan untuk mempersulit. :mrgreen:

Saya memang belum menggunakan produk revolving loan dari Citibank ini, namun sebagai nasabah setia Citibank -iya suami saya sudah sekian tahun menempatkan sebagian hasil keringatnya di bank ini- nampaknya produk revolving loan ini patut dicoba. Yah, kalau saya alpa, paling apes, itu rekening suami dibobol buat bayar tagihan saya deh :mrgreen:

So, pilih mana? Kartu Kredit, KTA atau Ready Credit?

Saya sih pilih Ready Credit, buat jaga-jaga aja kalau dana tunai lagi paceklik ^_^

.

.

.

Pics are borrowed from here, here and here

 

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di abrakadabra dan tag , , , , . Tandai permalink.

63 Balasan ke Pilih Mana? Kartu Kredit, KTA, atau…

  1. tomi berkata:

    wahh berarti ini dana cash tp pengembaliannya bs dicicil ya …mau mau ๐Ÿ˜€
    salam kenal mba

  2. Ni CampereniQue berkata:

    tetep milih CASH saya mbak, biar gak amblas tabungan di rekening hehehe

  3. Cahya berkata:

    Saya ndak terbiasa berhutang, jadi yang namanya kredit itu kadang bikin alergi :D.

  4. 'Ne berkata:

    hmm baru kemarin membahas tentang kartu kredit sama si partner..
    tapi masih pikir2 dulu deh hehe

  5. mailuvohmailuv berkata:

    Kalau saya sih mbak, mau milih , :D, yaitu, kalau mau melamar, maharnya di kredit dulu, soalnya di Makassar dan Sulawesi Selatan mahar atau disebut uang Panai tidaklah sedikit, hehehee

  6. mailuvohmailuv berkata:

    Kalau saya sih mbak milih , maksudnya, kalau melamar Mailuv nanti, maharnya di kredit dulu, Soalnya di Makassar dan Sulsel pada umumnya mahar agak mahal dan besar2. Hehehe.
    By the way, apapun pilihan kredit, pastikan dipakai secara bijak agar tidak terjebak. Imho. ๐Ÿ˜€

  7. Debby berkata:

    lebi aman dr kartu rkedit sepertinya ya kak…aman krn bisa bantu ‘rem’ keinginan kita untuk belanja gila-gilaan….

    saya soale pernah kebablasan pake kartu kredit sangking enaknya ‘gesek terus’ ^__^
    Tapi info produk ini baru tahu sekarang lhooo….
    Bank lain sepertinya belum ada yang nyontek produk ini ya kak?

  8. hasian cinduth berkata:

    pertamax. *berasa mimpi bisa pertamax di blog artis ini :))
    aku sih pilih KPR aja kak. *dilemparkuali

  9. ayankmira berkata:

    ga semuanya mbaa, apapun bentuknya, aku udah closed pake2 kartu kredit. kapook, hahahaha *ketauan pernah boros…. so, mending bersabar dulu smabil kumpulin duitnya, lalu beli cash untuk sesuatu yg diperlukan *halagh, sok bijak ya eke ๐Ÿ˜›

    • Ceritaeka berkata:

      Hihi tiap orang kan tau dirinya sendiri..
      Kalau memang itu yang terbaik supaya gak kejeblos utang ya mari dijalankan ๐Ÿ˜‰

    • phithria berkata:

      aku juga sama dengan Mira mba… udah ga pake lagi kartu kredit, punya pengalaman sangat buruk, hihi. Jadi kalopun gesek, yang digesek adalah kartu debit atau langsung bayar cash. Maklum, hobby belanja ku udah tingkat dewa waktu itu, jadi kartu kredit adalah teman setia yang menjerumuskan aku…. #halah, kok malah CC nya yang disalahkan… ๐Ÿ˜€

  10. Zee berkata:

    Aku kemarin juga dapat tawaran Ready Credit ini dari Citibank. Tapi kalau dihitung2, bunga hariannya lebih mahal dibanding bunga bulanan kartu kredit (semoga aku tak salah hitung)… jadi aku pilih CC saja, karena bisa aku minta ubah menjadi cicilan tetap.

  11. indobrad berkata:

    skemanya njelimet, tapi kayaknya menarik juga deh. hehehe

  12. warm berkata:

    mbak KTA itu apaan ? asli saya ga tau ๐Ÿ˜

  13. latree berkata:

    pakai kartu kredit itu menguntungkan kalo ati ati dan pinter mengatur. nah aku ndak pinter keduanya. jadi pakai tunai sahaja. kalau punya duit beli, kalau ndak punya ya nabung dulu ๐Ÿ˜€

    btw. aku juga punya CC bebas iuran tahunan selamanya, hasil dipaksa bikin pas ada promo. pas ditelpon klarifikasi data aku males-malesan. bahkan aku cut ‘kalau mau pakai data isian saya kemaren, saya lagi sibuk.’ trus petugasnya memastikan, ‘jadi ibu menolak klarifikasi ya?’ kujawab ‘IYA!’
    kirain trus disobek aplikasiku. eh ternyata disetujui dan hari dikirim juga kartunya. hayah….

  14. aprikot berkata:

    saya masih pakek deposito *OOT* bisa dipake buat cicilan KPR ga? kl bisa berminat hahahaha

  15. fitrimelinda berkata:

    kalo aku sih lebih milih cash aja deh mbak.. ๐Ÿ˜€

    kalo pake sistim gesek gini suka lupa diri kalo dah belanja..

  16. nuuii berkata:

    sekarang ini aku sedang membiasakan diri belanja dengan sistem cash *ngerasa diri agak konsumtif* ๐Ÿ˜€ tapi punya kartu kredit atau ready cash rasanya perlu juga, buat jaga-jaga, katakanlah ada kebutuhan mendadak harus membayar tagihan yang jumlahnya besar tapi kita sedang tidak pegang cash, misalnya harus bayar biaya rumah sakit

    • Ceritaeka berkata:

      Iya betul ๐Ÿ™‚ aku setuju. Punya kartu (apapun itu) harusnya kita bisa bijak mengaturnya. Dan kartu Ready Credit itu memang fungsinya kalau aku sih buat jaga2 ๐Ÿ˜‰

  17. Esti Sulistyawan berkata:

    Lebih suka pke cash, tapi buat jaga2 selalu bw atm yg bs buat gesek (ini nih yang buat bobol jebol) hehehe

  18. danirachmat berkata:

    Wuih, berpengalaman sekali sepertinya untuk produk-produk citibank. Saya sendiri juga pake tapi hanya sebatas kartu Giant Citibank. Bapak-bapak gak mau rugi yang selalu mengharapkan cashback yang tak seberapa itu. Hehehe.

    Infonya berguna banget dan bisa dipake referensi nih. Salam kenal ๐Ÿ™‚

  19. emyou berkata:

    orang impulsif macam saya, sangat berbahaya kalo sampe pegang kartu kredit. demi keseimbangan dunia dalam dompet saya, lebih baik saya tetap berpegang pada kartu debit saja

  20. niee berkata:

    waahhh jadi ini untuk pinjem uang tunai gitu mbak? Waaahhh beneran model baru perbankan yak?

  21. Gamat Luxor berkata:

    Saya rasa cash memang lebih mudah untuk menggunakannya,,, akan tetapi pendapat setiap orang pasti berbeda beda…

  22. Katherin berkata:

    Akibat kasus nasabah yg smpi alm jadilah dihukum tdk boleh menerbitkan CC selama 3 tahun utk Citibank tapi toh akhirnya melahirkan inovasi baru yg alhasil membuat bank lain harus muter otak… Ready Credit bener2 bunganya rendah… tapi ya tetep saja namanya Citibank tetap mencari potential nasabah. Patut didukung, utk CC ambil manfaatnya betul POIN menghasilkan voucer, bebas iuran tahunan, bayar bertempo dll… Tapi uang cash kayanya lebih safe… ada uang belanja ga ada uang gigit jari hehehe…

  23. peter berkata:

    sudahkah ada yang punya ready credit ini? proses daftarnya seribet cc gak? pake disurvey gitu kah? thx

  24. yadi berkata:

    selamat sore,.,.,.,
    ikut nyimak artikelnya,.,.,.,,.,., thanks

  25. Rawins berkata:

    ga mau ah…
    tetep aja harus bayar. dah kebanyakan utang bu
    kalo ada dana segar gratis ga harus ngepet mau banget…

  26. junaidi berkata:

    kalau selain citibank ada gak ya mbak soalnya daerah saya jauh dari citibank

  27. danial berkata:

    Sy punya usaha bengkel tp niatnya pengen ngembangin usaha,,.bisa gak???pengambilan 200jt,.persyaratannya apa u/pemilik bengel kayak sy mohon konfirmasinya yach butuh cepat

  28. CorporalDjono berkata:

    mba eka sudah jadi pakai citibank ready credit?
    bagaimana kesan2nya? ada masalah ga selama pakai?

  29. vitri berkata:

    Barusan suami ku ambil kredit di ready credit citibank ni. Kaget suami ku bilang bunganya 1.4% .Udah tutup tlp br aku fibilangin, tahu segitu aq mnding g usah. Kita ambil 30jt, nnti per bulannya 1.268 jt selama36 bulan. Trus cicilan hrs dbyr tg 10 besok bulan ini. Ya ampun geleng7 aku.
    Dulu kita prnh juga ambil segitu juga tp bunganya 0.8%. Itupun dibayar lunas kira2 6 bulan. Tp kayaknya rugi deh krn yg kita bayar kok jd lebih 30jt, katanya kl pelunasan tinggal dihitung sj sisa hutangnya.
    Kali ini sekalian aq mo hitung2. Kl ribanya kebanyakan aq gunting kartunya. Msh ada bank lain kok .. selama pembyrn sesuai kemampuan dan pemakaian utk kebutuhan mndadak. Tq

  30. Mprutt berkata:

    Masi bagusan cc biasa.. bisa mundur 45 hari gak kena bunga.. banyak promo, bisa cicilan 0%.. butuh cash tinggal gestun.. pelunasan jg gampang

    Ready credit cm buat org kepepet & kena riba gede

  31. Vijay Mally berkata:

    PINJAMAN ASLI DAN DIJAMIN DAFTAR SEKARANG
    Dear Sir / Madam, Apakah Anda mencari pemberi pinjaman kredit terpercaya yang bisa
    meminjam Anda dari 1.000 ke 10.000.000 USD, EURO, GBP dll Untuk membayar kembali
    dept atau untuk memperbaiki bahwa stres keuangan Anda bahwa Anda telah
    menghadap lama, Vijaya Pinjaman Perusahaan sini Anda dengan rencana pembayaran dan tingkat bunga yang sesuai 2% (Kredit Mobil, Personal Loan, Mortgage Loan, pinjaman bisnis dll). Jika tertarik hubungi kami melalui e-vijaymallya803@gmail.com yang di bawah, E-mail:
    (Vijaymallya803@gmail.com)

  32. Anderson berkata:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? jika ya hubungi kami hari ini via email: oceanloanfirm@postribe.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s