Ayo Ajak Anak Main di Alam Bebas!

“Play is the beginning of knowledge.” -George Dorsey

Semenjak B -anak saya yang ganteng itu- berusia 6 minggu, saya dan Adrian sudah mengajaknya bermain di luar dan mengeksplorasi alam. Bukan apa-apa sih, mami-papinya hobi jalan-jalan, lha kalo anaknya takut alam, piye? 😀 Kan lucuuu 😛 Alasannya kedengaran sepele banget ya, biar si B doyan jalan-jalan makanya kami sering ajak main di luar. Padahal ada banyak banget manfaat buat anak saat main di luar ruangan lho. Mau tau? Sini… Baca siniiiii…

S Taro RangersB Taro RangersB yang hobi banget manjat sana-sini. Ototnya kuat karena manjat-manjat.

Manfaat Bermain di Luar Rumah dan Alam Bebas untuk Si Kecil:

  1. Manfaat Kesehatan Fisik

Bermain di luar ruangan kayak monkey bar, perosoton atau memanjat halang rintang membuat anak bergerak sehingga fit, lincah dan sehat. Selain itu permainan di luar ruangan kayak main bola itu merangsang pertumbuhan motorik kasar. Kakinya jadi lebih kuat untuk berlari dan ia pun belajar mengkoordinasikan gerak tubuh. Plus, main di luar bikin anak dapat vitamin D yang cukup lho. Tau dong manfaat Vitamin D itu? Yep, vitamin D itu adalah salah satu vitamin pembentuk tulang dan gigi. Penting banget!

  1. Manfaat Kesehatan Emosional

Main di luar ruangan itu serunya kalo rame-rame bareng teman dong. Misalnya sore-sore pas di taman kompleks, kan banyak tuh anak-anak abis mandi yang masih cemongan bedak putih pada main bersama. Main bareng sama anak lain itu menumbuhkan semangat berbagi, saling tolong dan bekerja sama. Saat main bareng itu juga anak bisa ngerasain berbagai macam perasaan mulai dari bahagia, sedih, marah, cemburu, dst. Anak-anak jadi gak tegang.

  1. Manfaat Kemampuan Berpikir dan Berbahasa

Udah tau belum kalo saya itu sempat galau bin kuatir setengah hidup pas anak saya nggak ngomong juga di umurnya yang ke-18 bulan? Boleh baca curhatan penuh derai air matanya di sini 😀 hihihi. Nah, B mulai ngomong itu saat dalam perjalan mudik ke Malang. Ia ada di luar ruangan dan mulai ngoceh deh nyebutin mobil, truk, dsb. Lalu mulai tanya juga ini apa, itu apa.. Semuanya ditanyain! 😛 Yes, main di luar ruangan itu bikin anak bisa melihat banyak hal, dari situ wawasannya bertambah. Momen di luar rumah bisa dipake buat main tebak-tebakan, nyanyi atau bercerita yang mengasah kemampuan berpikir serta melatih kemampuan berbahasa.

  1. Manfaat Pendidikan

Well, main di luar ruangan (even better) di alam bebas, mendorong kreativitas anak. Banyak yang bisa dipelajari dari alam. Fase pembelajaran yang paling efektif itu saat tubuh, jiwa dan pikiran terlibat dan ini terjadi saat anak-anak main di luar. Alam itu memberi kesempatan untuk anak mengeksplorasinya, bereksperimen dan menimbulkan banyak pertanyaan.

Taro Rangers 2

Taro Rangers 3

Main di taman bareng B. PD banget kalo ketemu orang dan nggak takut nyobain macem-macem.

Semua manfaat itu saya rasakan banget. Ya contoh paling nyata soal ngomong itu ya 😛 Tapi, walaupun alam ini luas, kadang-kadang saya mati gaya juga sih. Perosotan? Udah. Monkey Bar? Sering. Balap Lari? Ini nggak pernah absen setiap hari. Murah-meriah dan gampang. Hahaha. JADI SEKARANG MAU MAIN APA LAGIIII? 😀 *mulai stres* hahaha.

Untungnya sekarang ada tayangan seru Taro Rangers #AnakTangguh Indonesia yang bisa dilihat di youtube channel Taro. Pas minggu lalu saya nonton serial itu, ada banyak ide-ide buat main di luar ruangan. Ya ampuuun, saya nggak kepikiran buat ngajak B main di sawah, berenang atau malah manjat pohon >.< Iyaaa, kesannya sih sederhana, tapi ya kelupaan aja gitu. B suka banget nonton Taro Rangers. Langsung jadi seneng manjat pohon lho. Yeay ^_^

Taro Rangers

Plus, kalo nonton Rangers #AnakTangguhIndonesia bisa dapat ide lain lho. Permainan luar ruangan yang terlihat sederhana itu bisa disulap jadi permainan yang penuh tantangan buat mengasah percaya diri anak. Berenang nggak melulu harus di kolam renang kan? Bisa juga di laut atau danau. Pake kapal pun jadi! Soal keamanan gimana? Tenang, justru di acara Taro Rangers dikasih lihat cara main di alam bebas dengan aman.

So, kapan ajak si kecil main di alam bebas? Cuss, tonton ide-idenya di Youtube Channel Taro atau kunjungi www.taro.id!

 

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sponsored dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

56 Balasan ke Ayo Ajak Anak Main di Alam Bebas!

  1. @eviindrawanto berkata:

    Duh sudah gede aja B. Ayuuk nak cintai acara jalan-jalan 😂😂

  2. cumilebay.com berkata:

    Acara TV ini mmg harus banyak mengulas acara anak2 macam ini, jangan kebanyakan sinetron mulu yaaa kak

  3. Aiko berkata:

    Iya deh mba anak jaman skrg kayak terlalu nempel sama teknologi jadi males keluar rumah yang padahal..main diluar jauh lebih seru 😀 Jadi inget dulu aku suka main sepedah, roller blade atau barbie di depan rumah hehe

  4. Inayah berkata:

    Beruntung aku yg tinggal di kampung. Jaman kecil mainnya di kebon mulu

  5. Arman berkata:

    iya lebih bagus emang kalo mainnya di alam bebas ya.. daripada di dalem mall 😀

    • Ceritaeka berkata:

      Aku jalan-jalan ke mall (beenran ke mall buat jalan-jalan bukan buat ke gereja) itu sebulan sekali aja, selebihnya berusaha banget punya kegiatan yang bebas gitu.

  6. fitrimelinda berkata:

    anak yang sering main di alam juga biasanya lebih sehat plus ceria ya mbaaa… anakku sejak tinggal ama neneknya dibiarin maen sepuasnya di alam gitu… alhamdulillah anaknya makin ceria..

  7. rinasetyawati berkata:

    aku juga paling senang ajak anak ke alam bebas, sukaaa lihat wajah gembiranya

  8. Bieb berkata:

    Raya juga suka main-main di luar. Klo pintu rumah kebuka aja…pasti langsung keluar. Main-main di rumput. Tiduran di carport. hehehehe. Dan karena saya tau Raya suka main di alam bebas, saya jadi kepikiran untuk sekolahin Raya di TK Alam gitu. Dan ga sabar liat gimana excited nya dia sekolah di alam gitu. hihihi.

  9. liannyhendrawati berkata:

    Anak-anak kalo diajak main di alam bebas pasti seneng banget ya, manfaatnya juga banyak kok, salah satunya bikin badan sehat 🙂

  10. bukanrastaman berkata:

    lucune mbaaak, anakmu 😀

  11. nyonyasepatu berkata:

    Belon punya anak Ka haha, bac aj deh

  12. DollyPR berkata:

    Setuju! anak harus sering diajak main ke alam bebas. Jangan takut dia bakal jatuh ato kotor. Just let them play. Aku juga bebasin anak2 ku main, ngejar ayam, main ke semak2, biarin aja. Cuma 1 yang belum kesampaian nih, ngajak mereka lari2 di bawah hujan.

  13. momogrosir berkata:

    bebaskan si buah hati. tetapi harus tetap dalam pengawasan

  14. Weekend kemaren aku main di luar sama ponakan. Kalau Summer gini menyenangkan bisa banyak kegiatan di luar sementara kalau musim dingin ponakan kasihan, bad mood terus.

  15. zilko berkata:

    Iya, bagus kalau anak-anak banyak bermain di luar ya 😀

  16. jarwadi mj berkata:

    anakmu nampaknya kalau udah gedhe bakalan kemaki juga, hehe, nampak pemberani dia

  17. Ranny berkata:

    oalaaah saya baru tau ada acara anak ini 😀
    bermain di luar sering saya lakuin ke Athar, main di luar rumah maksudnya di kompleks hihihih senang banget Athar kalo main di luar, lari-lari sama teman sambil ketawa. Biar kata ud cemong sama abu, gak apalah..
    Manfaat main di luar rumah untuk anak-anak baik banget ya mbak

  18. rainyranny berkata:

    Wah Athar juga suka banget main di luar rumah, sekitaran kompleks. Senang bangeet dia, apalagi lari-larian sama temennya. Gak apalah kotor ya 😀
    Emang bener, manfaat anak main di luar itu baik banget

  19. devieriana berkata:

    Ah iya, bener. Anak seumuran Alea, Bastian, lagi suka-sukanya mengeksplor kegiatan luar rumah. Main sama temen di luar, main panjat-panjatan, perosotan, naik turun tangga, dll. Selama aman, mau main di alam mah, lanjut! 😀

  20. Liza Fathia berkata:

    Whoaa bastian, seru banget. Naqiya juga suka bgt main2 di alam

  21. winnymarlina berkata:

    biar masa kecil bahagia kak 😀

  22. Monda berkata:

    B makin mirip amangna…makin ganteng
    untung ya dia menikmati main di luar ruang, wajahnya sumringah gitu

  23. Brad berkata:

    Mmmh, semoga jadi anak tangguh ya Basti 🙂

  24. lihat anak-anak main itu kayaknya energinya nga habis yach kak. kita yang nemenin gempor #ingatumur hehehehe..

  25. Adi Setiadi berkata:

    Senangnya anak anak ikut kegiatan itu. Bajunya seperti khas orang Madura ya?

  26. Vans Indonesia berkata:

    iya ya klo memngajak anak bermain keluar emang banyak manfaat untuk si anak, jgn di biarin di dalam rumah terus wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s