Kuliner EKA di Madura

Madura? Kuliner? Emang ada? Hihihi itu juga pertanyaan saya ketika memasuki Pulau Madura. Namun ketika saya melempar pertanyaan di Twitter (eh udah follow @ceritaeka belum?) ternyata banyak lho yang langsung nyamber nyebutin macam-macam makanan khas Madura. Ada yang menyarankan Bebek Sinjay, nasi jagung sampai rujak segala. Duh! Saya koq ya kuper banget ya sampai gak tahu >.< Tapiii kupernya cuma sebentar koq, karenaa.. Heyyhooo saya boleh icip-icip beberapa makanan Madura dunk 😉
Ole Olang Restaurant
Restaurant bergaya minimalis di Bangkalan, Madura ini rame banget! Dari luar kelihatan sederhana, tapi makanannya ternyata gak sederhana. Kami mengambil duduk di bagian belakang restaurant dan disambut dengan pemandangan sawah serta kebun gitu. Memang segar sih karena ada angin sepoi-sepoi yang bertiup, tapi dengan udara Madura yang panas pol ini sepertinya ruangan dengan AC bakal jadi pilihan saya sih 😀
 
Di Ole Olang Restaurant ini akhirnya saya mencicipi Nasi Jagung yang terasa segar dengan sayur daun katu, teri goreng dan sambel Madura. Hahaha akhirnya saya bisa teriak nyanyi Iwak peyeeek, Iwak peyeeek nasi jagung! Hey saya sudah makan lhooo 😀 Awalnya saya kira nasi jagung ini akan terasa keras, ternyata tidak. Nasi putih dan jagungnya terasa lembut di lidah, dimakan panas-panas bareng sambel Madura yang peudes pake banget dan teri maka saya harus bilang NIKMAT ya booow.
            
Jadi katanya Ole Olang Restaurant ini udah pernah di-review oleh Pak Bondan dan beliau merekomendasikan cumi kuning. Otomatis saya juga mencicipi itu, beuh ENAK tapi pedes >.< Makanan Madura ini banyak yang pedas-pedas ya. Untung deh saya pesen es spesial Ole Olang Restaurant ini, karena manis lumayan bisa meredam rasa terbakar di lidah karena kepedasan 😀 ohya beberapa foto miliknya @NonAling, ma kaish yaaa dipinjemin ;).

Ini sambal Mangga, sadis asem and pedesnya >.< Kapok deh! (tapi enak) Ya ya tobat sambel hahaha

Walau gak terlalu suka dengan interior dan kamar mandinya namun secara keseluruhan saya puas dengan makanannya, nilainya 7/10 deh.
Rumah Makan Balai Rejo
Sampai di Pamekasan, saya numpang mengisi perut di Rumah Makan Balai Rejo. Restaurant ini juga sekaligus butik yang menyediakan batik. Cuma karena waktunya udah mepet maka saya gak sempet deh main-main ke butiknya (Ah, untunglah, dompet jadi gak makin kurus hihi).
  
Saya menyukai interior dari Rumah Makan Balai Rejo ini, sangat Madura! Warna-warninya cerah (khas pesisir) dan ada balai-balai buat yang mau makan lesehan. Balai-balainya ini penuh dengan ukir-ukiran gitu. Cantik!
  
Soal makanan sendiri, rasanya beda-beda tipis dengan OleOlang Restaurant, ENAK dan PEDAS >.< walau begitu tapi saya makannya tetap banyak, hahaha :mrgreen: Ahya lagi-lagi di sini saya makan nasi jagung, nampaknya saya sudah ketagihan hihi. Buat saya Rumah Makan Balai Rejo ini dapat ponten 8/10 deh, interiornya menyenangkan, bikin betah. Lalu makanan pun menggoyang lidah 😉 Aiiih saya koq jadi lapar lagi ya hahaha.
 
Hati sih sudah terpuaskan icip-icip kuliner Madura walau masih kurang satu nih, saya belum nyicipin Bebek Madura yang femes ituh. Aaaa semoga kali lain ada kesempatan ke sini lagi ^_^

Selamat hari Rabu Sobat CE! Makan siang apa hari ini? Makan Nasi Jagung yuks 😉

Trivia Kuliner Madura:
–          Harus coba makan nasi jagung dan ikan teri. Maknyus!
–          Kalau gak kuat pedas, cocol sambelnya dikit aja.
Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Jawa, kuliner dan tag , , , , , . Tandai permalink.

51 Balasan ke Kuliner EKA di Madura

  1. Arman berkata:

    kalo di surabaya kan terkenal soto dan sate madura ya.. di maduranya sendiri banyak resto jualan soto ama sate gak sih ka?

  2. rere berkata:

    aduh, aduh,
    lapar lapar laparrrrr…

    iwak peyeeekkkkkk

  3. fiqa berkata:

    nasi jagung itu aku rinduuuuuuuuuuu… di jakarta belom nemu2 yg jualan itu. hiks… mesti mudik dulu ke jatim euy (di kampungku nasi jagung itu istilahnya sego empok 🙂 lauknya ikan asin, urap-urap, menjeng/mendol, dan sambel terasi…

  4. danirachmat berkata:

    Tadi mau langsung komen pernah direview pak Bondan eh udah disebut. kalo dari madura mah paling suka soto, sate sama bebek sinjaynya. Standar yah? Hehehe

  5. emyou berkata:

    resto Ole Olang juga yang ta tuju pas menyempatkan nyeberang jembatan suramadu. nyeberang aja, makan, trus balik lagi deh ke surabaya hahahaha…

  6. lieshadie berkata:

    Kalo udah maem nasi jagung iwak peyek, narinya bisa heboh dong Ka ? 🙂

  7. lieshadie berkata:

    Aduuh Ekaaa…aku susah banget komen di blogmu yg selalu bikin ngiler ini..:hiiikkksss !
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

  8. cumakatakata berkata:

    ceritanya m,asih di Madura ini?

  9. Wong Cilik berkata:

    Di daerahku banyak penjual sate ayam yang diberi label Sate Madura asli. kalau di Madura ada nggak ya tulisan kayak gitu? atau cuma ditulis Sate ayam gitu aja … 😀

  10. Ely Meyer berkata:

    wadew .. ini mah pameran makanan Eka, ngileerrrrrrrrr ….. ayo tanggung jawab aku ajdi laper 😛
    fotonya bagus bagus ya .. interior RM balai rejo cantik sekali 🙂

  11. pursuingmydream berkata:

    Siang tadi menu makanan kami juga terbuat dari olahan jagung. Disini namanya Knödel bahan utamanya kentang dan campuran bumbu. Trus lauknya sosis Jerman, trus pakai bumbu kuah :).

  12. Goiq berkata:

    sepertinya saya ngiler

  13. Adiitoo berkata:

    Mbak, kamu ditunggu pujaan hatimu, tuh *menunjuk ke treadmill* du du du du.

  14. niee berkata:

    Waaahhh…berarti restoran besar disana nasinya selalu nasi jagung gt mbak?

  15. Indah berkata:

    itu nasi jagung rasanya gimana, Kaa? enakan mana sama nasi putih biasa? 😀

  16. arikaka22 berkata:

    ya ampun bikin ngiler ajaaa

  17. helgaindra berkata:

    aduh jadi kangen makan nasi jagung bikinan ibu di rumah
    sambel di madura emang pedes kak
    cocok buat santapan siang

  18. ivanprakasa berkata:

    Ini lebih membuat ngiler daripada sushi yg ada di xxx… :))
    mauuukkk…. >.<
    btw nasi jagung bukannya makanan khas kebumen?

  19. Infowebkita berkata:

    hmm…lapeerrrrrrr

  20. lulu berkata:

    ah, ini ya crt kuliner maduranya? 🙂
    kalau ole olang pernah liat, kalau balai rejo daerah mana Eka?

  21. AbeeOleOlang berkata:

    Salam kenal tuk Mbak Eka Situmorang, Mator sakalangkong Terima kasih atas kunjungan dan santap siangnya kapan hari ,semoga yang tersaji dapat menjadi kenangan manis dari Madura.
    Kami selaku pemilik dan pengelola Ole Olang memohon maaf atas segala kekurangan yang ada baik tempat, pelayanan, hidangan dll.
    Semoga di lain hari dan kesempatan Mbak Eka cs dapat kembali ke Ole Olang dan Madura untuk mencicipi dan menikmati menu menu “ASLI” Ole Olang seperti Kepiting Asmara dan Cumi Ole Olang yang pernah di Liput dan di nikmati @Pak Bondan dalam wisata kuliner TRANS TV. Bebek Cetar Membahana, Bebek Songkem Bakar, Bebek Jontor, Kepiting Elhamra, Udang Joedes,Gurami Bakar Alami, gurami Supermantaf, Gurami Sporadise, Nasgor Tappor qelab dllnya, karena menu nasi jagung yang Mbak EKa makan kapan hari hanya menu tambahan aja yang biasanya di pesan khusus oleh Crew Agen Travel dan Tour Leader yang udah biasa bawa group pariwisata ke Ole Olang.
    Sebagai apresiasi atas tulisan Mbak Eka tentang Ole Olang dengan ini kami mengundang KHUSUS Mbak Eka dan Keluarga untuk ke Ole Olang lagi dan makan Gratis sepuasnya.

    salam,

    Abie Muliyar
    http://www.oleolangresto.com
    abie@oleolangresto.com
    OLE OLANG 100%” Tidak ENAK Tidak Usah BAYAR”

  22. pagi2 udah liat kulineri kaya gitu jadi laper berat langsung @_@

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s