Love Your Pregnancy

Pregnancy is a process that invites you to surrender to the unseen force behind all life. -Judy Ford-

Perjalanan untuk menjadi seorang ibu itu menakjubkan. Gak cuma mual-mual, mengandung 9 bulan kemudian melahirkan, menurut saya gak sesederhana itu; ada proses luar biasa indah yang beriringan dengan kehamilan itu. Dan saya menganggap bahwa perempuan hamil itu seksi ^_^ hihi. Nah, sebagai momโ€™s wanna be waktu kemarin saya diundang oleh Nutrisibangsa untuk datang ke acara @lactamilMama buat ngobrolin seputar kehamilan di bulan Ramadhan, maka gak pake pikir panjang langsung deh saya ngacir ke Hongkong Cafe. Wait, wait donโ€™t congratulate me first ^_^ saya dan suami sengaja datang biar tau seluk-beluk #lovepregancy. Persiapan itu penting kan?
Full support dari suami itu perlu banget di saat ibu sedang hamil dan menyusui. *seret si Abang buat foto bareng di booth Lactamil sebagai bukti support pertama hihi*
Hadir sebagai pembicara utama dr. Febriansyah Darus, SpOG, dokter ganteng yang pastinya bikin para ibu-ibu betah deh lama-lama ๐Ÿ˜€ dan talkshow-pun dipandu oleh MC cakepz Nadya Mulya yang bikin saya terbuai senang karena sarat pengetahuan selama dua jam.
Apakah ibu hamil boleh berpuasa?
Itu adalah pertanyaan yang sering banget muncul. Menurut dr. Febri, ibu hamil dan menyusui boleh banget berpuasa asalkan si ibu tidak ada terindikasi suatu penyakit dan merasa kuat. Kenapa begitu? Karena tubuh perempuan yang indah itu punya manajemen kompensasi mencukupi kebutuhannya memproduksi ASI dan menjaga janinnya. Puasa saat hamil tidak berpengaruh pada IQ bayi dan gak ada perbedaan dari bayi di mana ibunya berpuasa atau tidak. โ€ชKalau sampai berat badan bayi yang lahir karena ibunya berpuasa itu rendah, itu bukan karena puasanya tapi karena pola makan ibu yang sudah buruk.
Kapan bumil harus membatalkan puasa?
Bumil yang berpuasa harus tetap berhati-hati dan silakan membatalkan puasa ketika ada pendarahan, atau kontraksi, jangan-jangan udah mau brojol lagi hehe. Lalu saat ada gejala penurunan gerak bayi, penglihatan memburuk, bumil merasa lelah dan tegang otot plus lemas berlebih, sebaiknya membatalkan puasa.
And let the talkshow begins ๐Ÿ˜‰
Kalau tadi kapan harus batalkan puasa, nah sekarang bumil mana yang malah DILARANG puasa?
Bumil yang DILARANG puasa adalah bumil yang merupakan penderita diabetes, hipertensi, ada penyakit ginjal, dan dehidrasi. Selain itu bumil yang pendarahan dan berpotensi melahirkan prematur juga dilarang berpuasa .
DOs buat ibu hamil & menyusui yang berpuasa:
  1. Perhatikan asupan nutrisi. Tetap makan 3x sehari dengan jam makan menyesuaikan waktu puasa: saat sahur, buka puasa dan malam hari. Ketika sahur makanlah daging, ikan dan telur yang tinggi protein karena bisa disimpan lama dalam tubuh. ย Agar kebutuhan serat terpenuhi, jangan lupa tambahkan buah dan sayur serta jika diperlukan Vitamin C dan Zync untuk daya tahan.
  2. Penuhi kebutuhan air putih 2,5lt / hari dan ketika minum kopi atau teh maka kompensasikan dengan minum tambahan air putih.
  3. Istirahat yang cukup, boleh lho bobo siang.
  4. Waktu buka puasa: makan sedikit dan bertahan lalu baru nih minuman yg manis n hangat Pas buka juga boleh makan karbohidrat sederhana kayak kolak and kurma
  5. Ahya buat ibu menyusui penting banget untuk punya stok ASI perah.
  6. Olahraga karena dengan berolahraga dapat memompa darah ke sluruh tubuh, melatih pernafasan, mengatasi mual n bubu pun lebih nyenyak. Kapan waktu olahraga yang tepat? Menjelang buka bow, sambil nungguin bedug dug dug gituh ;).
Ini nih contoh senam buat bumil yang asyik dan bisa dipraktekin di rumah.
DONโ€™Ts buat ibu hamil & menyusui yang berpuasa:
  1. Jangan makan manis-manis ketika sahur, bisa kena insulin shock boow. Tubuh bakal cepat lapar dan jadi merasa lemas
  2. Ketika berbuka, hindari minum air dingin, karena memperlambat otot2 perut dan bikin mual serta kembung
  3. Hindari aktivitas yang terlalu melelahkan.
Aiiih saya excited banget bisa dateng ke acara ini, jujur nambah pengetahuan, kenyang makanan enak-enak and jelas bisa haha hihi sama temen-temen blogger lain ^_^

Ini adalah varian baru dari susu Lactamil. Kayak gini nih susu cokelatnya. Terlihat menggiurkan dan rasanya emang enak. Hihi. Wooogh kalo minum cokelat begini Morning sickness bisa berkurang gak ya? Hihi

Sambil dengerin dr. Febri daku ngemil inih lhooo. Death by Chocolate. Nyam nyam nyam. Sebenarnya makanannya ada banyak, cuma karena takut ketauan gembulnya, ini aja yang ditampilkan. ๐Ÿ˜›

Gak kalah menyenangkannya saya menang lomba livetweet lhooo, voucher belanja pun ditangan yeay!

Bareng temen-temen blogger ^_^ ada @zizydmk, @ayankmira, @aniringo, @indahjuli and @titiw dll. dan juga Nadya Mulya dunk dunk dunk ๐Ÿ˜‰
Thank you @LactamilMama udah bikin acara seru sarat pengetahuan ^_^ sering-sering donks. Ooops. Ohya ada Photo Contest berhadiah iPad, iPhone and many more dari @LactamilMama lho. Go follow their twitter and also check out LactamilMama’s web for further details.

Puasa Waktu Hamil atau Menyusui? Aman koq!

Iklan

47 respons untuk โ€˜Love Your Pregnancyโ€™

Add yours

  1. Waahh Cantiknya BuMil ini..
    Semoga kehamilannya lancar yaa..

    Ciyee potoh berduanya kereen,
    Duuh senneg sekalian dapet Tips..kopdar juga sama emak2..
    MAksih ya Tipsnya, nanti aku sampaikan sama adekku yang kebetulan lagi hamil juga

  2. Selamat ya buat hadiah-hadiahnya. Lengkap banget euy ulasannya.
    Kehamilan memang sesuatu yang seru banget buat semuanya.

    Ada yang bilang it takes two to tango tapi buat saya it takes three to have a wonderful pregnancy experience. ๐Ÿ˜€

  3. Death by Chocolate nya menggoda … *lospokus*

    moga-moga habis baca ini aku hamil *ngarep jaya* :))
    etapi makasih banget mbak udah ditulis secara lengkap laporan pandangan matanya jadi nanti ketika hamil tinggal buka2 blognya mbak Eka ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: