Ceritaeka’s Giveaway

Belanja yuuuks ^_^ Jangan lupa bawa tas kain yaaa. Sudah tau kan bahaya tas kresek itu apa? Kalau belum, boleh baca tulisan saya kemarin mengenai diet kantong plastik di sini. Memang cuma tubuh aja yang butuh diet? Itu kantong plastik juga harus dikurangi pemakaiannnya, karena bahaya dan banyak efek dominonya. Nah, sejalan dengan niatan diet kantong plastik tersebut, saya mau mengadakan giveaway buat pembaca Ceritaeka.
Caranya gimana? Gampang sekali kakaaak ^_^. Segampang pakai body lotion kalau habis mandi biar badan wangi dan suami pun ***** ehem-ehem :mrgreen: haha.
  1. Cukup tuliskan langkah hijau yang sudah Sobat CE lakukan untuk membantu menambah usia bumi kita di kolom komentar. Iyaaa di kolom komentar, gak perlu bikin tulisan di blog atau notes FB 😉 di sini saja.
  2. Follow Blog Ceritaeka melalui email. Klik aja tombol follow di side bar kanan atas, Kakak.
Giveaway-nya apa? Ada dua buah tas kain yang imut-imut buat kamyu ^_^ Dua langkah hijau yang menarik akan mendapatkan satu buah tas kain dari Calliope dan satu lagi tas kain dari Maika Etnik persembahan Ceritaeka buat teman-teman semua 😉
Tas-nya kayak gini nih:

Maika Etnik edisi Pelikan Series

These two bags are for you ^_^

Hayuks share. Ditunggu seminggu dari sekarang alias sampai Jumat, 8 Juni 2012 yaa.
Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kontes-Award-Lomba dan tag . Tandai permalink.

73 Balasan ke Ceritaeka’s Giveaway

  1. yustha tt berkata:

    Ikuuuut….!!
    1. Mengurangi penggunaan kantong plastik dengan bilang ke kasir “Nggak usah pakai plastik, Mbak”.
    2. Menggunakan kertas di kedua sisi sebelum dibuang.

    Mau tas belanja unyu unyu-nya… ^_^

  2. Putrie Jrs berkata:

    1. Menanam tanaman baru di sekolah setiap jumat agar lebih hijau.
    2. Hobi mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna, seperti yang kemarin membuat tas belanja, tas laptop, bahkan baju dari kemasan pewangi pakaian.
    3. Berinteraksi langsung dalam penjualan produk daur ulang dan mempromosikan pada pembeli bahwa produk daur ulang juga cantik dan efisien.
    4. Memilih supermarket dengan kantung plastik yang ramah lingkungan yang bisa hancur sendiri dalam waktu setahun.
    5. Menghemat buku dengan menggunakan kedua sisi kertas.
    6. Membuat taman rumah penuh dengan bunga dan tanaman perdu.
    7. Menyulap balkon kamar menjadi tempat pertumbuhan bunga-bunga muda.
    8. Lebih memilih menggunakan pengharum ruangan gel/padat ketimbang memakai aerosol. Aerosol mengandung freon yang dapat memperluas lubang di lapisan ozon.
    9. Men-charge laptop sekali dalam sehari. Kalau dalam sehari baterai sudah habis lagi, laptop harus ditinggalkan, menunggu besok.

    Tas kain, cucok buat belanja. Mau mau mauu

  3. monda berkata:

    1. Pakai air PAM, bukan air tanah
    2. Air cucian beras, sayur, daging untuk siram tanaman
    3. Nggak menyemen tanah, untuk resapan
    4. Mengurangi konsumsi mi instan, Dan makanan dalam sachet, kemasannya nggak bisa didaur ulang
    5. hemat air
    6. buat kompos sendiri
    7. pakai lubang biopori
    8.tanam pohon
    9. halaman buku tulis yang masih kosong disatukan lagi jadi buku baru
    10. bawa saputangan bukan tissue
    11. bawa tas kain untuk belanja atau minta kardus
    12. pilih bahan makanan dalam ukuran Besar, kemasannya botol atau kaleng, bukan refill atau sachet
    13. pilih sabun cuci yg busanya sedikit

  4. honeylizious berkata:

    Ikuuuut

    1. Tiap belanja kalo barangnya bisa dimasukin tas pasti nolak kantong.

    2. Kalo masih tetap menggunakan kantong, biasanya itu kantong bawa dari rumah. Udah nyiapin sendiri biar kantong plastik g nambah di rumah.

    3. Ngumpulin kertas yang belakangny belum kepake buat ngeprint.

    4. Menggunakan produk perawatan tubuh berbahan dasar alami dan yang kemasannya bisa didaur ulang.

    5. Daripada beli minuman kemasan mendingan bawa minum dari rumah.

    6. Botol-botol plastik bekas minuman kemasan yang tetep terbeli dibawa pulang buat bikin pot bunga atau cabai.

    7. Tidak menggunakan tisu tetapi sapu tangan.

    Itu aja sih kakak…

  5. Togar Silaban berkata:

    Mudah-mudahan, daftarnya yang panjang itu BUKAN SEKEDAR KEINGINAN, tapi cara-cara yang sudah dilakukan. Horas….

  6. supernopha berkata:

    yang sudah dilakukan ya?
    hmm… yang pasti sih mengurangi pemakaian kertas. bawa tas belanja sendiri. mengurangi pemakaian tisu. ah iya gak pake semprotan pengharum ruangan. mengurangi pemakaian ac juga. *ya itu sik yang minimal dilakuin sehari hari :))*

  7. tobytall berkata:

    1. ndak pake make up
    2. pake satu jenis sabun (organik) buat muka, badan, bokong, kaki
    3. pake sampo organik,
    4. nggak pake hairdryer/jelly/hairspray
    5. belanja pake tas eko – ndak pake plastik.
    6. memisahkan sampah organik dan daur ulang
    7. pake saputangan
    8. bawa botol minum dan tempat makan
    9. mulai menanam tanaman pokok: tomat, cabe, bawang, jahe, kencur, dll
    10. pake baju minimal 2 kali baru dicuci.
    11. beli produk rumah tangga dalam bentuk bulk (dr pd beli 1 kg beras, saya beli yg 20 kg, supaya kemasannya irit).
    12. pake lampu yg environment friendly.
    13. mulai beli e-book dan ngeprint bolak balik atau pake kertas bekas
    14. berenti nonton tv kecuali weekend mulai jam 5 sore sampai jam 11 malam. hari kerja baca buku dan main gitar
    15. mengurangi makan daging

  8. Katherin berkata:

    Ikutan ahhh :
    yang sudah biasa aye lakukan sederhana aja :
    1. Bawa tempat makan untuk beli bekal sarapan pagi jadi ga perlu pakai kertas nasi, strofoam dan otomatis ga perlu kresek. Demikian jga makan siang lebih seneng makan ditempat drpd bungkus2…
    2. Kalau ke mini market, cuma beli 1-5 barang misalnya air mineral, permen, coklat, tisu, dll lebih baik masuk tas saja jangan pakai kantong plastik dan bilang ke kasir : “Sayang mba, ga usah dikantongin sy pegang aja…”
    3. Kalau weekend dirumah selalu membuka jendela lebar2 supaya ada pertukaran udara dan biasanya baru menyalakan AC ketika matahari bener2 panas jam 12 siang. Lumayan hemat energi 6 jam tanpa AC (dari jam 6 pagi – 12 siang) Hemat Energi>>>Hemat Bahan Bakar>>>Less Polution.
    4. Jarang makan di tempat2 yang menyajikan makanannya dengan piring plastik, styrofoam yang sangat2 tidak ramah lingkungan. Piring kertas atau piring beling lebih menjanjikan thdp lingkungan…
    5. Pokoknya dimana2 mencoba DARLING alias saDAR LINGkungan, sebagai penjaga kelestarian bumi apalagi yang bisa kita berikan ke pewaris kita di generasi mendatang selain BERHEMAT ENERGI dan tidak meninggalkan SAMPAH2 berbahaya bagi kehidupan masa depan….

  9. Yas berkata:

    Kalau aku sih palingan nyediakan dua tempat sampah di rumah. Itu juga satunya dari ember yang udah bocor. Yang ember bocor itu buat sampah kering dan tempat sampah satunya lagi buat sampah basah. Aku ngebiasain anak-anakku memilah sampah sebelum membuangnya. Untuk sampah kering biasanya aku kasihin ke tukang pulung yang lewat biar kesononya di daur ulang.

  10. harrysetiawann berkata:

    ikutan berpartisipasi…. 🙂
    kalo saya sedikit langkah kecil saja dimulai di pagi hari ketika bangun tidur.
    – buka tirai, buka jendela!. biarkan sinar matahari dan udara segar masuk ke rumah

  11. Angchrs berkata:

    Ikutan juga ah!

    Membantu menambah usia bumi itu ga bisa dilakukan sendiri. Dan bakal lebih efetif jika kita ngelakuinnya bersama-sama. So cara gue buat menjaga bumi kita ini adalaah…

    *jreeengggg*

    1. Pertama, gue bakal sering-sering menebarkan kata-kata “MARI JAGA BUMI KITA” di manapun. Di facebook, twitter, blog, tumblr, di perempatan lampu lalu lintas, dll *secara ini jamannya social media mas bro!*

    2. Kedua, mulai dari diri sendiri. Melakukan penghematan-penghematan sebisa mungkin. MISALNYA, matikan lampu saat disiang hari / pas ga diperluin *gelap-gelapan enak loh #gubrak*

    3. Ketiga, mengurangi pemakaian plastik. So kalau lo belanja ke warung, lo bawa aja tas sendiri. Apalagi tasnya handmade atau tas kain kayak yang diatas. Unyuu kan? Selain bisa menghemat penggunaan plastik, juga bisa jadi inspirasi buat orang lain!

    4. Keempat, ini yang paling peting tapi sering ga disadari. Kurangi penggunaan kertas. So kalau guru / dosen lo ngadain test mendadak dengan lembar soal yang tebel, lo semua harus protes!!! Lo ingetin ke guru lo kalau kita harus menjaga keawetan umur BUMI kita!!! Selain bisa mengurangi penggunaan kertas, kan juga bisa mengurangi waktu kita berkencan dengan materi test. HAHAHA!

  12. luce.rachma berkata:

    Waduh baca komen yg di atas pd banyak2 bgt yaa…hahaha.
    Kalo saya…kampaye lingkungan biasanya bareng sm ank2 pencinta alam dikampus caranya dgn bikin acara yg kongkrit. Kl personal…Paling yg saya lakukan itu krn pd dasarnya saya ‘anti’ utk melakukannya. Misal, tdk menggunakan kantong plastik…ngak tau ya..buat saya kemana2 nenteng kantong plastik itu ngak keren aja diliat org apalagi warna item. wkwkw:p jd, biarpun blnj di supermarket/alfa mart saya pasti bawa tas dari rumah. Dan krna saya tinggal di Bogor sampah rumahtangga itu biasanya dibakar. Ya, kl sebangsa ngak pake AC sih pastinya ya…di bogor gitu. Tanpa AC pun sudah dingin.

  13. Lidya berkata:

    wah pas bener nih kak, aku baru mulai ngeblog lagi ada kuis 🙂 apa kabar kak?
    ikutan ah.
    1. kalau belanja di warung aku menolak pakai plastik, menuh2i plastik aja dirumah. kebetulan warungnysa disamping rumah. oh ya dimotorku selalu ada tas kain yang aku pergunakan ke pasar jadi belanjaan tinggal taruh disana.
    2. aku selalu bawa minum di botol yg dibawa dari rumah awarlnya karena jaga2 takut anak2 haus 🙂

  14. simple aja kak eka. aku udah jarang make tissue sekarang. bawa selampe kemana pun ehehe ^^. *udah kaya kenek aja nih #ekh*. ya soalnya dulu pasti kalo apa2, dikit2 tissue. kepanasan ngelap keringet pake tissue, nangis gara2 nonton pilem drama *atau galau*, bisa boros tissue kemana2. tapi kalo abis makan, ngelap nya pake tissue sihh, kalo ga ada kaen lap mulut. klo di toilet juga sih. at least udah ngurangin pemakain tissue lah ya. soalnya mikir lagi, kasian pohonnya pada ditebangin cuma gara2 kitanya yg anggep tissue itu murah jadi dipake seenaknya. padahal keberadaan pohon itu sendiri yg udah ngasi kita oksigen buat kita napas, eh malah ga dipikirin kelangsungan idupnya. semoga bermanfaat ^^

  15. mbandah berkata:

    dimulai dari yang simpel2 dulu
    1. belanja pake tas kain
    2. pake kertas bekas untuk korespondensi internal kantor
    3. cabut charger HP ketika sudah gak dipake karena charger yang menancap tetap memakan daya listrik
    4. matikan lampu dan alat2 elektronik jika sudah tidak dipakai
    5. kalau minum di restoran fastfood dan diminum di tempat gak usah minta tutup gelas (biasanya dari plastik dan sedotan
    6.Bawa air minum sendiri pake tumbler/tempat minum ketika kuliah / bepergian jadi nggak perlu beli air minum dalam kemasan plastik

  16. sakti berkata:

    selalu menjaga kebersihan aja, membuang sampah pada tempatnya, kalau sempat….

  17. latree berkata:

    mmm…. harus follow ya? *dikeplak*
    dulu aku merasa keren dengan keukeuh naik bis pulang pergi ngantor. setidaknya itu mengurangi satu knalpot ngebul di jalan. tapi sejak punya bayi (lagi) aku pilih naik motor dan kadang mobil. mempersingkat waktu di jalan, pengen lebih lama sama bayiku. kemunduran.
    jadi yang tertinggal ya kebiasaan matiin lampu dan alat listrik yang tidak sedang dipakai, buang sampah pada tempatnya, hemat air, dan diet kresek itu, kalau pas ndak lupa 😀

    • Ceritaeka berkata:

      Harus follow! hihihi itu rule-nya
      Eh mbak soal mempersibgkat waktu di jalan ya itu kan karena ada kebutuhan baby, mau gimana lagi 🙂
      Btw itu tas kain dibawa-bawa terus duuunks

  18. blank903 berkata:

    Banyak hal yg dilakukan, kecil-kecil tp membantu diet plastik 🙂
    – Dirumah udah ndak pake tissue, pakainya kain lap yang kotor dicuci
    – Bawa sapu tangan pengganti tissue yang selalu sedia di tas, mau kmana ajah dbawa
    – Tanpa earth hour pun,ikutan matiin listrik klo ndak terlalu diperlukan(malam hari lampu seluruh rumah dipadamkan
    – Kalau belanja kepasar tradisional membawa tas daur ulang, jadi ndak perlu setiap belanjaan pakai plastik, bisa disatuin dalam tas daur ulangnya, jadi ndak punya banyak plastik toch

  19. Dhafian berkata:

    Yap.. yap… yapp.. Diet kantong plastik… keren… baru tau saya… 😀

  20. maziyank berkata:

    mari belajar memupuk kesadaran akan kepedulian terhadap lingkungan

  21. lozz akbar berkata:

    kebetulan saya seorang pencinta alam mbak, dan mempunyai sebuah organisasi di kampung. Salah satu kegiatannya adalah memulung sampah-sampah anorganik agar bisa bernilai lagi,baik secara fungsi maupun ekonomis.
    sedikit ceritanya pernah saya tulis DISINI tentang adik-adik saya

    salam kenal mbak Eka 🙂

  22. miarsi ningsih berkata:

    tanam pohon di pot krn ga punya halaman,naik kendaraan umum,matiin lampu klo tak dgunakan,pake air sperlunya,meminimalisir penggunanan kantong kresek,

  23. Myra Anastasia berkata:

    menanam minimal 1 pohon besar di halaman rumah

  24. dela berkata:

    Diantaranya sih..
    1. Selalu mematikan lampu, barang elektronik yang nggak terpakai di rumah. Cabut segala macem colokan juga dari steker, soalnya katanya meskipun nggak dipakai (ex. charger), tetep menyerap daya juga.

    2. Hemat air. Mandi seperlunya (eh, ini jorok yah? Tapi emang saya tipe-tipe yang nggak suka mandi, hahaha..)

    3. Beralih dari majalah kertas menjadi langganan majalah online. Hemat kertas kan?

    4. Mengurangi pemakaian air mineral gelas di rumah, beralih ke air mineral galonan.

    5. Bawa tas sendiri kalo mau grocery shopping. Hal ini masih dalam rangka pembelajaran,soalnya suka lupa, dan kadang suka belanja mendadak tanpa perencanaan sih.

    😀

  25. Nona Nieke,, berkata:

    Hmmm, aku malah jadi melihat diri sendiri.. masih banyak PR yg musti dikerjakan untuk hidup dengan cara yg lebih “hijau” karena memang ternyata untuk beberapa kegiatan rumah tangga aku agak kurang ramah lingkungan. Hiks >,<"

  26. pilah-pilah sampah boleh juga (men-talak sampah, menceraikan sampah), mulai dari rumah kita sendiri. sampah plastik pisah/cerai dengan sampah sisa makanan, cerai dengan sampah batere, cerai dengan sampah minyak/olie.

  27. Rusydina Tamimi berkata:

    udah di follow kak 🙂
    kebanyakan udah disebutin sama peserta diatas sih, tapi kalo secara khusus biasanya aku ngelakuin hal-hal ini
    1.berhubung aku paling gak suka buang sampah sembarangan, kalopun habis makan terus gak nemuin tempat sampah gitu, bungkusnya pasti aku simpen dulu sampe bisa nemuin tempat sampah, baru deh buang bungkusnya.
    2. berhubung aku kadang-kadang suka buat kerajinan tangan gitu, aku biasanya buatnya dari bahan-bahan bekas yang ada dirumah. meminimalisir penggunaan barang baru kan?? salah satu contoh penghematan umur bumi itu 🙂
    3. suka ngerawat tanemannya mama juga, rumah banyak taneman iu bikin adem :3

    yah segitu ajadeh bantuanku untuk merawat umur bumi 🙂

  28. niee berkata:

    mbaakkkk aku ikutan yaaakkk :

    1. aku udah hampir 2 tahun diet kantong plastik juga.. tapi aduuuhhhh banyak hambatan dan permasalahannya yak.. terutama soal tas kain yang aku kurang punyai.. coz menurut aku kantong kain yang enak itu adalah yang bisa dilipat kecil supaya bisa masuk ke dalam tas jalan.. Hmmm…

    2. Selain diet kantong plastik aku juga diet penggunaan tissue.. Hmmm,, menurut aku penggunaan tissue di kota besar udah dalam taraf menghawatirkan.. Maka di rumah aku hanya boleh ada 1 kotak tissue, itu juga harus bisa dipake sampe 3-6 bulan kalo bisa.. Kalau habis sebelum waktu itu gak ada namanya beli lagi… pemborosan mah >..<

    btw adain gerakan lewat blog dong mbak diet kantong plastiknya.. ntar aku ikutan deh 😉

  29. gerhanacoklat berkata:

    aku njawab aja ya tapi kalo dianggep ikutan boleh gak dianggep juga gapapa :p
    cara utk memperpanjang usia bumi dengan menggunakan semaksimal mungkin bahan alami dalam kehidupan sehari-hari misalnya dari kosmetik, dari makanan juga meminimize penggunaan kantong plastik dengan membawa tas ransel atau tas kain macam yg di atas itu
    horee horee aku sudah melakukan ituuuu *jingkrak2*

  30. gerhanacoklat berkata:

    macamnya tak masuk komenku tadi?

  31. sudah difollow ya kak^^
    Hal yang saya lakukan untuk menambah usia bumi:
    -Karena suka menanam, saya menggunakan sampah organik untuk diuraikan menjadi kompos, salah satu bahan untuk menanam. Dan pot untuk tanaman tersebut terbuat dari sampah anorganik (botol-botol aqua) yang ditambah .
    -Setiap ke sekolah atau berpergian kemanapun saya bekal air mineral dengan menggunakan tupperware/tempat minum sejenisnya dari rumah, supaya tidak usah membeli air minum dalam kemasan lagi.
    -Anti dengan pembakaran sampah
    -Memakai listrik seperlunya
    -Saat berbelanja sedikit/ berbelanja barang-barang kecil, saya lebih memilih membawanya dengan tangan daripada memakai kantong plastik 😀

  32. esti sulistyawan berkata:

    Waaah hari terakhir…mudah2anmasih sempet ikutan ya
    Ini yang sering saya lakukan dalam keseharian:
    1. selalu membawa botol minuman dari rumah ketika bepergian, jadi saya tidak pernah membeli air mineral yang botolnya cuma sekali pakai itu, selain mengurangi penggunaan botol plastik, juga lebih sehat karena botol yang dipakai yang grade 6 (tulisannya di bawah botol): bisa diisi ulang.
    2. hemat listrik, kalo malam hari (saat tidur) cuma dua lampu yang menyala, lampu jalan dan lampu ruang tamu
    3. berusaha membawa tas kain kalau belanja (kalau inget hehe)
    4. pembelian kebutuhan rumah tangga seperti minyak dan gula, saya biasa beli refiil yang tanpa botol atau kotaknya, nanti di rumah diganti dengan wadah lain yang masuk kriteria food grade.

  33. myhappy2day berkata:

    Wah saya telat ni kak bacanya,
    hmm, kalo saya sih belajar memisahkan sampah dirumah, ngingetin ibu buat bawa tas sendiri saat belanja (soalnya saya nya jarang belanja keperluan rumah), buat note dari kertas bekas biar untuk memanfaatkan barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan, dan hemat air dongggg 🙂

  34. trye berkata:

    thanks kak infonya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s