Manfaat Dongeng dalam Tumbuh Kembang Anak

Kalau lagi mendung-mendung atau bahkan hujan begini apa yang sering muncul? Iya, iya, banyak muncul genangan, tapi kenangan masa lalu pun nggak kalah cepatnya bersliweran kan? Hayoo, ngaku deh :mrgreen: Hehehe.

Satu yang saya inget banget kalau pas hujan-hujan gini tuh memori bareng mama dan adek kecil saya dulu. Biasanya jam 2 siang mama sudah manggilin saya sama adek untuk naik ke tempat tidur. Mama duduk di tengah dan saya serta adek duduk di sisi kiri-kanannya Mama. Lalu dimulailah ritual sebelum boci alias bobo ciang itu. Mama buka-buka majalah atau buku terus kami disuruh pilih mau cerita yang mana, abis itu mama bakal bacain deh cerita itu. Kadang kami ketawa bareng, nangis sedih atau malah saya cerewet nanya ina-inu ๐Ÿ˜€ Pokoknya seru dan membekas banget deh momen begitu!

Browsing sana-sini, ternyata dongeng atau cerita tuh banyak banget manfaatnya buat anak-anak lho, diantaranya:

  • Bisa jadi stimulasi buat mencerdaskan anak
  • Melatih daya tangkap
  • Melatih konsentrasi dan daya ingat
  • Meningkatkan minat baca
  • Meningkatkan keterampilan problem solving
  • Merangsang kemampuan berbahasa anak
  • Memperkenalkan nilai-nilai moral
  • Mempererat ikatan emosi dengan orang tua.

Nggak heran sih, setelah dengar dongeng atau cerita, biasanya anak terhanyut dan penasaran kan, banyak bertanya sehingga ada interaksi hangat sama ortu.

Nah, setelah bioskop bertaburan, dulu ortu mulai ngajak saya buat nonton. Macem-macem filmnya. Ada kartun, film silat atau dongeng heroik gitu. Pengalaman-pengalaman nonton sama dibacain cerita itu membekas banget di kepala, rasanya tuh saya ada di dunia lain. Seperti ngalamin budaya yang berbeda gitu! Nah, yang begitu tuh yang bikin penasaran pengen berpetualang. Hihihi, kayaknya saya tau deh ini hobi kelayapan dan plesiran terinspirasi dari mana ๐Ÿ˜‰ .

Dongeng Heroik gini digandungrin banget sama anak-anak. Cocok buat bahan quality time di akhir pekan ;)
Dongeng Heroik gini digandungrin banget sama anak-anak. Cocok buat bahan quality time di akhir pekan ๐Ÿ˜‰

Pulang nonton sama ortu biasanya saya banyak berkhayal deh atau malah nulis-nulis di kertas burem atau diari. Yep! Baca buku, dongeng dan nonton itu mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Kalau saya menengok ke belakang gini, jelas saya harus berterima kasih banget sama kebiasaan yang ditumbuhkan ortu ini, daya imajinasi serta hasrat berpetualang itu sekarang udah tersalurkan jadi novel deh ๐Ÿ˜‰ Hehe.

Ngomongin soal film, sekarang ada DVD Paddle Pop Dinoterra lho yang bisa didapatkan gratis asal beli 5 Paddle Pop di toko yang bertanda khusus. Paddle Pop Dinoterra itu bercerita tentang Paddle Pop Lion dan teman-temannya yang kejebak di masa lalu waktu ngelawan Shadow Master. Paddle Pop Dinoterra itu lanjutan dari serial petualangan Paddle Pop lainnya dan pastinya seru banget!

Beli 5 Paddle Pop rasa apa aja, gratis DVD Paddle Pop Dinoterra. Yeay!
Beli 5 Paddle Pop rasa apa aja, gratis DVD Paddle Pop Dinoterra. Yeay!

Ohya selain bisa dapat seri Paddle Pop Dinoterra gratis, ada yang seru lagi nih dari Paddle Pop. Buat yang pengen punya kesempatan nonton bareng Paddle Pop Dinoterra di rumah sendiri, Paddle Pop ngadain Movie Premiere di Rumahmu! Ada satu orang beruntung yang bakalan dikunjungi buat nonton bareng pasukan Paddle Pop. Daaaan …. Lima orang beruntung lainnya bakal dapat merchandise seru! Yang begini nggak boleh sampe kelewatan nih! Ahya info soal syarat dan ketentuannya bisa dilihat di Fan Page Paddle Pop yaaa. Atau bisa juga intip akun socmed Paddle Pop lainnya kayak di web, Twitter, atau malah youtube-nya.

Saya kasih liat trailer DVD Paddle Pop Dinoterra deh ya ๐Ÿ˜‰

Nah Sobat CE, para mama, papa, atau malah tante dan om sekarang jadi punya bahan buat quality time kan sama anak atau keponakannya? Yuks nonton DVD Paddle Pop Dinoterra ๐Ÿ˜€ Jangan lupa beli es-nya dulu ya ^_^

Iklan

43 respons untuk โ€˜Manfaat Dongeng dalam Tumbuh Kembang Anakโ€™

Add yours

  1. kedua adekku suka banget borong es krim ini buat dapat DVD nya, haha…
    setuju sama ulasan mb eka, dulu juga sering didongengin mama tapi nggak pake buku. Trus dibeliin buku cerita, disuruh baca sendiri, hehehehe….tapi gara2 itu Q jadi suka banget baca ๐Ÿ˜€

  2. Dulu waktu masih ingusan kadang dibeliin es krim sama ayah, sekarang udah kerja dan udah bisa beli eskrim semau kita. Tapi koq rasanya beda ya, lebih enakan dulu pas dibeliin sama ayah… ๐Ÿ˜ฆ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: