Gadis Muda dengan Segudang Tanya

Love Quote and Cute Quote Pictures, Images and Photos“Katakan padaku apakah cinta itu.” Seorang gadis muda bertanya dengan binar mata yang lebih terang daripada bintang. “Usiaku sudah dua puluh, sepertinya jiwaku siap berkenalan dengan cinta,’ katanya menambahkan. Kupandangi wajah oval dengan rona sawo matang khas kulit suku Jawa itu. Sorot matanya penuh rasa ingin tahu, sedikit bimbang namun juga sarat gejolak ngotot untuk mendapatkan jawab dari pertanyaannya. Aku tersenyum, ragu melintas. Sulit bagiku menjelaskannya. Cinta? Ah, aku saja masih terus berusaha mengerti apa arti lima huruf itu.

Namun pengalaman mengingatkanku bahwa gadis muda itu tak akan bergeming sebelum mendapatkan jawab atas pertanyaannya. Ia memang seperti itu. Sekali bertanya, pantang pergi tanpa senyum puas atas keingintahuannya. Rasa ingin tahu (juga keras kepala) yang mengantarkannya ke SMA unggulan pertama di seluruh Jakarta, yang sekolahnya selalu kebanjiran di Bukit Duri sana. Rasa ingin tahu yang membawanya masuk tim Olimpiade  Biologi tk. Provinsi serta menghadiahinya kuliah di fakultas kedokteran salah satu Universitas Negeri di Indonesia tanpa tes. Kombinasi yang menarik bukan? Perempuan. Penuh ingin tahu. Keras kepala. Tapi pintar juga manis.

“Kakak, katakan padaku, apakah cinta itu,” desaknya lagi tanpa menyisakan toleransi untuk mengelak. Enggan rasanya menjawab, karna cinta itu begitu abstrak. Harus kujawab apa? Haruskah ku katakan padanya bahwa:

Cinta adalah geletar degub dada setelah berpisah cium di pelataran parkir negara,

Cinta adalah mekar tulip di musim semi terpapar sinar mentari dan telaten siram air di pagi hari,

Cinta adalah wewarna pelangi setelah badai,

Cinta adalah gemeletuk gigi menahan dingin dalam penantian janji,

Cinta adalah manis kecapi melumuri hati,

Cinta adalah dua angsa menari berkawan teratai,

Cinta itu (saat ini) terwujud dalam raga suamiku.

Tak terganti, kuat mengakar seiring perjalanan hari.

young girl playing Pictures, Images and Photos

Haruskah ku beberkan semua itu padanya? Sepertinya sulit nanti dia mencerna, jangankan suami, pacar saja belum ada! Adikku sayang, cinta itu tak terdefinisi, karena ia bukan ilmu pasti. Jalani, nikmati dan reguk manisnya. Dan cinta kan menggoreskan pena takdirnya sendiri dalam lembaran hatimu. Jangan takut mencintai.. Jangan…. Buka hatimu sedemikian lebar dan kau kan mengerti sendiri, sebab cinta itu bukan untuk dipelajari seperti diktat-diktat kuliahmu itu, tapi cinta itu untuk dialami sendiri. Cinta itu indah…. Kalau pun kau terluka karena durinya, nanti cinta jugalah yang kan membebat lukamu dan mengembalikan senyum di wajahmu yang manis itu. Cinta akan mengajarimu bagaimana memberi, bagaimana berkompromi tanpa kehilangan jati diri. Cinta juga yang akan mengajarimu berkorban, serta menyusun ulang prioritas-prioritas hidupmu. Ada kalanya kamu akan menangis perih saat asa dan nyata tak berjalan bersama, namun banyak kala kamu akan tersenyum bahagia saat sengat cinta menghangatkan hati.

Adikku…..

Yang pasti…..

Cinta itu luar biasa 🙂

Selamat belajar mencintai ya, tapi ingat.. harus sama orang Batak, itu pesan bapak.

Iklan

46 respons untuk ‘Gadis Muda dengan Segudang Tanya

Add yours

  1. wakakakaka
    pesan terakhir sepertinya pesan penting banget bagi sesama Batak (untung papa saya bukan penganut adat bergaris keras ^^ )

    sampai sekarang masih belm memahami cinta….

    #EKA#
    Cinta untuk dirasa bukan dipahami 🙂
    Waaah senangnyaaa bukan penganut adat bergaris keras..
    Secara gue udh gak ama Batak, adek cewekku itu jd tumbal 😛
    mesti ama Batak katanya hahaha

  2. hahaha……. *ikutann debby* ngtawain pesan terakhirnya

    ortu gw ga prnh blg “harus sama batak”
    tapi keluarga laen malah blg gt….
    yg parahnya blg “harus diadati”
    bahhhhhh…… parah kali bah 😀

    #EKA#
    Jadi kau maunya sama boru apanya Dep?
    Ku kasih tau aja, boru Situmorang cantik2 lhoo :p
    eh tapi.. apakah ada boru Situmorang yg mau ama elu?
    Nah that’s d question 😛
    *menghilang sebelum disantet :p

      1. dep…adekknya mbak eka masih available tuh 😛

        #EKA#
        Tapi gak akan gue kasih ama Idep :p
        Idep suka usil..
        ntar adek gue nangis lagi tiap hari 😀

  3. harus sama orang Batak, itu pesan bapak.

    🙄

    Jadi inget pesen Bapak (sambil maen-maen tentunya): sesuk kowe ning Jepango, njuk manten karo wong kono. 😆

    #EKA#
    Ya wis kono neng Jepango tho Le 😛
    gen rabi karo wong kono =)) LOL!

  4. “Cinta adalah geletar degub dada setelah berpisah cium di pelataran parkir negara… ”

    Gue seneng dengan kata yang ini Ka!.. cinta ‘banget’ gitu 😉 ..
    (eh, gw lagi trial blog baru.. hehehe.. tergoda komen dulu ditempat lo.. wkwkwk*

    #EKA#
    Heey itz an honour mbak 🙂

  5. Cinta itu selalu mudah diutarakan pakai perumpaan yah? Apa itu kelebihannya orang Batak? 😀

    *kabuuur

    #EKA#
    Maksud loooo???
    Lbh mudah diwakili dengan permata sih Wij 😛 hihihi

  6. hmm.. gambar adek kecil begitu bahagia… ronanya sangat tulus n lembut… penuh bahagia. Cinta itu luar biasa.. tapi ingat.. harus sama orang Batak, itu pesan bapak.

    haha…. pesen bapaknya itu looh wkwkwkwww

    #EKA#
    ya gitulah El
    pesan bapak bikin puyeng adekku :))

  7. Cinta adalah hadirnya sosok dalam benakmu hampir disetiap saat, dimana rasa itu datang dgn sendirinya. Tanpa kausadari juga tanpa kauingini.
    Eh kl pesan bapak Loe harus sama orang batak, kl kt bokap gw orang mana aj boleh yang penting msh satu suku. Ha ha.. . sm aja yak.

    #EKA#
    huahhaha =)) ngakak guling2
    itu mah sami mawon, podo waeee 😛

  8. Yah…selagi sesama orang Batak ada yang cocok dan bisa bikin jantung adikmu berdegup, kenapa enggak, ya Ka?

    Hebat yah, hari gini umur 20 tahun belum pernah pacaran. Atau jangan-jangan Eka yang ga tau kali? Good luck for her search of (or waiting for?) love..

    #EKA#
    hahaha emang belum pernah pacaran dia bang…
    semoga adekku sukses mengamanahkan pesan bapak 🙂

  9. Cinta ada juga itungan matematikanya,,,hehehehe *dasarnya emang demen ama algorithm*

    Hallo Eka, kunjungan pertama saya kesini, salam kompak selalu ya…

    #EKA#
    Ma kasih kunjungannya mas 🙂
    eh ajarin dunk logaritmanya mas..

  10. Hahahahahaaa…. mak, harus sama orang batak itu yang gak kuat.
    Kasihan kali si adik itu, masa sampai umur 20 tahun belum merasakan cinta. Apa hidupnya kurang berwarna sampai dia tak bisa bertemu cinta sekalipun. Anak gadis yang ceria biasanya ketemu cinta sejak dia masih kanak-kanak hahahaaa…. *pengalaman pribadi..

    #EKA#
    hahhaha
    ka Zizi jadi curhat 😉 hihihi

  11. “kalau bisa sama orang Jawa aja, itu juga jawa Tengah atau Jogja, bukan Jawa Timur atau jawa Barat, jangan orang angkatan ya nanti kamu ditinggal-tinggal, juga jangan polisi ya…”

    Nah, kalau itu pesan (almh) ibu mb… 🙂

    Aniwe, cinta…hmm……susah mendeskripsikannya ya….memang urusan perasaan tu susah…

    #EKA#
    heeemmmm pesan alm bundamu dalem Tik…

  12. mmhh…menyoroti kaliamt terakhir…(abis itu semua yg disorot sih…jd ikutan deh… 🙂 )..gpp kok ka..kalo emang nantinya org batak dapet dan itu yg terbaik,why not…skr org batak dah pada berubah kok…dengan tidak meninggalkan budaya leluhur…byk yg merantau skr…hampir diseluruh pelosok indonesia ada org batak… (secara saia org batak jg hihihi…wlpun bukan toba…caronese… 😀 😀 )

    #EKA#
    ahya margamu Ginting 🙂
    heeem… baru inget, yg dimaksud bokap gue batak adl batak Toba 😛
    hahaha makin susah deh tu adek gue :))

  13. cinta itu seperti pasir, berbutir-butir banyaknya, kadang panas, kadang kotor, kadang mesti disapu sama sekali *halah* :))

    tp enak ya mbak kalo antarsaudara bisa seterbuka ini ngomongin masalah cinta

    #EKA#
    beda usiaku sama adek tuh lumayan jauh..
    jd ngomong2 yg begini asyik2 aja 😉
    I’m juz tryin to be a gud sista whom I dont have 🙂

  14. hahahaha…
    pesan bapaknya itu lowh, mbak…
    untungnya papa saia gak prnh berpesan supaya saia saia menjalin hubungan dg pria yg satu suku dg saia…. 😀

    #EKA#
    Whoaaa beruntungnya 😉

  15. cinta itu = harus sama orang batak <— nah kalimat terakhir menjelaskan semuanya 😀
    ntar dapat ama orang betawi gmna donk 😀

    #EKA#
    hihihi
    biar adek gue and bapak gue yang bingung 😛

  16. Kalau selalu ingat pesan Bapaknya, ya mendingan dijodohin sama Pariban kali ya Eda 😀
    He..he…he…
    Si gadis yang ingin tau banyak tentang cinta, kasih lah dia penjelasan yg logis eda

    #EKA#
    hahaha
    gak boleh ama pariban eda…
    sodara deket kan bahaya…

  17. Wahahahaaa…. Pesan terakhirnya itu looooh, wkwkwkwkwkwk! Lho, kan si adik itu dia suku Jawa, juga harus sama org batak?

    #EKA#
    kan campurannya jawa batak mbak G 🙂
    kulitnya doank yang Jawa tapi jodohnya dipaksa cari orang batak hehehe

  18. Cinta adalah meminimalisir ego pribadi…
    kalau orang batak harus sama orang batak juga ya ?

    #EKA#
    Itu pesan bapak Ber 🙂
    eh apa kbr?
    Lama gak maen sinih..

  19. Cinta itu perjuangan
    perjuangan itu pengorbanan
    pengorbanan itu perjalanan
    perjalanan itu waktu
    waktu itu usia
    usia itu nyawa
    nyawa itu berharga

    #EKA#
    kesimpulannya, cinta = berharga?
    nice one 🙂

  20. bukannya cinta itu datang tanpa pandang bulu ya?
    nanti kalo cintanya datang ke orang yang bukan batak gimana dong… hehehe

    #EKA#
    Nah itu dia…
    kejadiannya kayak gue deh 😛
    Married ma bukan batak :))
    well biarkan takdir bicara sendiri nanti 😉

  21. yang saya tau..
    mbak eka cintanya sama abang2……………….. tukang-bakso-bukan-ya?
    kalo ga gitu abang2-penjual-manggis
    *pake-sendal-langsung-kabur* 😀

    #EKA#
    Ngasah parang
    kejar Sari pake ojek 😛

  22. jangan2 karena harus sama2 batak makanya blom pernah ngerasain ya?
    hihihihihi…

    good luck deh…^_^

    #EKA#
    hahaha bukan gitu koq ri
    emang dianya rada norak
    sok2 gak mau pacaran dulu :p

  23. Yups… setuju..! Cinta itu memang tak terdefinisi karena memang bukan ilmu pasti.
    Semoga sang adik tercinta dapat menemukan cinta sejatinya.

    #EKA#
    Amiiin 🙂
    Makasih doanya mbak 😉

  24. #Adikku sayang, cinta itu tak terdefinisi, karena ia bukan ilmu pasti. Jalani, nikmati dan reguk manisnya. Dan cinta kan menggoreskan pena takdirnya sendiri dalam lembaran hatimu. Jangan takut mencintai.. Jangan…. Buka hatimu sedemikian lebar dan kau kan mengerti sendiri, sebab cinta itu bukan untuk dipelajari seperti diktat-diktat kuliahmu itu, tapi cinta itu untuk dialami sendiri.#

    A truly brilliant definition of LOVE. Hard to learn but will be easier to feel (if you let them to get inside). Oh I do envy your masterpiece, you do have such a great talent and I envy you for that. Btw, have I told you that I envy you so much?

    hugs.n.kisses

  25. Jadi ingat ngobrol sama Oppung saya yang dengan serius dan benar-benar seriusnya bilang gini…
    “Udahlah Amang, sama orang situ saja, kalo sudah kehendak Tuhan gak bisa ditolak itu…!”
    Saya langsung shock, secara saya sudah di Maumere, didoakan agardapat orang sini pulak… Grrr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: