Kiamat di 2012?

Film 2012 besutan sutradara Jerman Roland Emmerich ini mencuri perhatian publik karena temanya yang kontroversial: katanya sih kiamat bow! Duh sapa sih yang gak penasaran dengan akhir dunia ini? Gimana sih visualisasinya? Nah rasa penasaran tersebut yang membuat saya rela mengantri selama hampir 60 menit untuk mendapatkan tiket ajaib itu! Jangan salah, bukan berarti saya dapat kursi yang enak karena udah ngantri dari jauh-jauh hari alias dari sebelum 21 Cineplex Setiabudi Building dibuka, memang dapat di baris A yang paling atas tapi di pojok kanan! Alhasil setelah nonton kepala saya tengkleng alias pegel sebelah plus tumit kaki rasanya nyut-nyut (yang ini akibat berdiri ngantri dengan highheels setinggi 7cm. Manyun! Tambah manyun lagi ternyata si Frozzy beli pake M-tix gak pake ngantri! @#$%^&*?!

Ngantri
Nih liat antriannya. Parah kan?!

Film ini bercerita mengenai bencana alam yang telah diprediksi oleh para ilmuwan (geologis) berupa gempa dengan skala diatas 9 richer yang menimbulkan tsunami di seluruh jagat bumi. Untuk mengantisipasi musnahnya manusia dari sapuan tsunami  maka dibuatlah 7 bahtera besar. Siapa yang bisa masuk ke bahtera tersebut? Jelas dong yang berduit! Sementara di sisi lain terdapat seorang penulis Jackson Curtis berusaha menyelamatkan diri dan keluarganya dengan cara apapun walaupun itu harus menyelundup ke bahtera besar. Sebenarnya menurut saya film ini bukan film mengenai akhir bumi lho, tapi tentang bencana alam dalam skala besar. Akhir ceritanya, dunia gak kiamat. Karena masih ada manusia yang bisa selamat melanjutkan kehidupan di daratan baru, benua Afrika.

Alur cerita film ini mudah ditebak, beberapa bagian bahkan kurang mampu memainkan perasaan padahal momennya pas sekali. Serba nanggung dan serba tidak masuk akal. Masa ada hujan vulkanik, bola api berterbangan ganas, pesawat kecil bisa lolos tanpa lecet sedikitpun. Mbok ya ekor pesawatnya kena dikit gitu lho biar rada membumi hehe. *siap-siap dikemplang. Sok ngatur-ngatur sutradara hehe.

Walau begitu untuk sound effect juga cara pengambilan gambarnya saya memberikan jempol. Momen ketika kota perlahan ludes ditelan gempa, atau tsunami mengintai di depan mata lumayanlah bikin deg-degan. Rasanya seperti diseret ke dalam film tersebut. Coba ada 3Dnya, weeeh kayaknya mantep deh! Btw untuk hasil yang maksimal disarankan untuk menonton di bioskop.

Terlepas dari jalinan ceritanya yang buat saya biasa banget, saya mempunyai catatan pribadi setelah menyaksikan film 2012 ini. Ada moral value tentang pentingnya kebersamaan keluarga. Tentang mengampuni dan memaafkan, karena sungguh kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput. Sakit sekali rasanya jika kita tidak bisa mengatakan “I love you or I am sorry” kepada orang-orang terdekat kita atau sekedar mengucapkan kata selamat tinggal kepada mereka. Kiamat itu rahasianya Tuhan, mungkin di 2012, atau bahkan mungkin besok. Kita tidak tahu! Namun yang pasti hari itu akan datang. Timbul pertanyaan, apakah kita siap? Adegan dimana seluruh keluarga pasrah saling berpelukan saat tsunami menyerang menggetarkan hati saya. Apabila saya mengalami kejadian itu, pada saat tidak berdaya karena tidak ada lagi tempat aman atau daerah untuk menyelamatkan diri, apakah saya sudah siap? Apakah saya dapat tersenyum penuh keyakinan bahwa roh ini akan dijemput Tuhan untuk masuk ke Taman Firdaus? Selagi masih ada waktu, saya ingin membenahi diri. Mohon maaf jika ada perbuatan atau perkataan saya yang pernah menyinggung hati. Yukz, mari bijaksana mempergunakan setiap detik yang ada untuk kebaikan sesama juga menyenangkan hati Pencipta kita.

Luv,

Eka Situmorang-Sir

Iklan

45 respons untuk ‘Kiamat di 2012?

Add yours

  1. hmm…aku belum nonton nih…tp kalau liat antriannya kayaknya udah males duluan deh…

    Heboh orang ngomongin kiamat 2012…lengkap dengan segala ramalan para supranatural…
    Aku sendiri tidak mau percaya ramalan manusia. kata orang bijak, manusia nggak boleh mendahului kehendak-Nya kan?
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Salad Buah =-.

  2. seperti yang sudah kuduga, biasanya yang banyak diantri banyak orang justru biasa2 saja. (jadi semakin yakin bahwa yg “bestseller itu kerap kali biasa2 saja kualitasnya.) itu sih kayaknya jago yang bikin judul. dan menang promosi aja ya kayaknya? anyway, semakin tidak berminat utk nonton… hehe. tengkyu buat review-nya, ka.
    .-= krismariana´s last blog ..Kenangan di Hari Hujan =-.

  3. same with you…, gw juga lebih fokus ke cerita drama yang terselubung di 2012 itu…
    to Jackson family, palagi ma Lily n Noah…en also to bapak presiden yang ternyata lebih memilih tinggal bersama rakyatnya…
    en terharu banget waktu Jackson bilang ke Lily “dimanapun kita bersama, disitulah rumah kita” hiks…so sweet…
    .-= Yessi´s last blog ..sebuah email di suatu pagi… =-.

  4. hmmmm… jujur, aku ga bakalan percaya deh, sama kiamat tahun 2012.
    karena, tak mungkin tuhan mengizinkan kiamat datang tahun 2012, karena itu sama saja membiarkan manusia menebak rahasiaNYA. ya kan(analisa bodoh, tapi keren!!)

    BTW: di padang ga ada bioskop, susah pula tuh, nyari link downloadnya..
    .-= aurora´s last blog ..tukang ojek itu begitu cerewet =-.

  5. loh, mbak eka, tadinya saya mau nonton. tapi gara-gara baca review mbak eka, yang saya bilang objektif ini….. saya jadi makin pengen nonton :). wheeewwww.

    pengen liat, termasuk adegan yang tidak masuk akalnya itu.
    .-= lina´s last blog ..Terharu =-.

  6. kalo dibilang banyak anehnya, ya emang banyak ya mbak..
    cuma dramanya itu lho,,ga nguatin..

    aku nangis, pas bapak2 berdua yang penyanyi di kapal itu kehempas tsunami, apalagi yang satu blum sempet ngomong sama anaknya di Jepang.
    (deuh, curhat)

    pokoknya,
    katakan cinta sebelum terlambat..

    moral dari 2012..
    kayaknya harus punya m-tix deh! hehe..
    .-= dela´s last blog ..wondershoe (part 2) =-.

  7. yapzzz…bener Mba sedikit bego waktu nonton film ini (untung nonton dirumah ga sampe ngantri hihi) sampe denger berita diharamkan segala sama MUI :mrgreen:
    ada satu hal yang buat terenyuh sama film ini dimana semua milik kita ga ada artinya ketika akan menghadapi amarah alam saya hanya bisa berkaca kepada apa yang telah saya perbuat dan siapkah jika hari itu datang hari ini, esok, ataupun nanti ? belum bisa berargumen bahwa saya sudah punya bekal untuk hari akhir, semua ditimbang oleh Nya dari amal perbuatan kita di dunia
    .-= Hariez´s last blog ..End Of 2012 =-.

  8. Tau tuh kok orang orang pada ribut aja. Padahal, pengulasan tentang becanan, yang mungkin bs saja terjadi, yah walaupun tak se extreme film itu. Tp apa sih yg gak mungkin?

    Ah, jangan jangan pada ribut karena gak kebagian tiket kali yah hehhehehhehe

  9. Ceritany memang biasa banged, Ka. Setuju. Gak nendang. Ini jg bukan film tentang kiamat. Aq lebih melihatnya sebagai film yg menceritakan bumi restart. Kalau kiamat kok ya ada yg selamat. Dan spt biasa, Amerika selalu ingin jadi pahlawan, presidennya memilih mati saja. Plis deh…
    hihihih..
    .-= zee´s last blog ..Kelamaan Bolos Nih =-.

  10. Kayaknya…filmnya biasa2 aja tuh… Cuman gebyarnya aja yg bikin geger orang “sak ndunyo”…hehehe 🙂
    Yuk..mari saling mengasihi dan menyayangi pada sesama… Tebarkan damai dan bahagia utk semuanya…
    Mumpung masih ada waktu… Mumpung masih banyak kesempatan… Utk membuat hidup dan kehidupan ini, penuh dgn senyum kebahagiaan dan kedamaian…
    Salam hangat dan damai selalu… 😀
    .-= Hary4n4´s last blog ..Kesadaran Dalam Hidup =-.

  11. saya udah nonton, dan memang ceritanya buat saya biasa aja. saya malah lebih menikmati efek2nya, seperti hancurnya kota dan lain2.
    hebat bisa nangkep pesan moralnya, saya malah nangkepnya..

    “jadi kalo beneran kiamat, apakah orang2 yang seperti ini yang akan selamat..” hehehe

  12. smua nya… hnya allah yng thu…
    dngan crita itw cmuaa… qta haruz.. thu n sdar bhwa KIAMAT itw akant datang mzkpun qta gc thu kpant dtang nya hrie itw… mkanya mulai ca’at nie qta hruzz memperbnyak amal ibadah qta… sblum ajal mnjemput qta…..

    by : ank madsaneba 7g……..
    absen: 09

  13. males bnged aye nonton pelem ginian…sci-fi ‘a mantap tp cerita ga masuk akal.
    mo nyaingin kapal nabi NUH yaaaa ??? ekekekekek
    blom apa-apa lagi …masih jauhh dehhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: