Kemeja Putih Berkancing Tujuh

#Minggu Pagi

Photobucket

Sedikit buru-buru aku merapikan anak poni di dahi, menjepit bulu mata dan menebalkannya dengan maskara (tentu saja waterproof),  menyaput pipi dengan blush on natural dan menutup sesi palsu-memalsu wajah dengan pulasan lipgloss bening mengkilat diatas bibir berlipstick pink. Aku mematut diri di kaca. Rasanya riasan hari ini cukup natural untuk pergi ke gereja, tidak terlalu medok seperti orang mau pergi dugem namun juga tidak terlalu sederhana hingga orang bisa mengira aku sakit tipus karena pucatnya wajah. Kusambar tas berisi Alkitab yang ada di meja dan menghampiri suami yang sudah siap dibelakang kemudi delman mobil. Kata maaf terucap karena urusan memoles wajah ini, kami jadi sedikit lambat berangkat dari rumah.

Cepat mobil dipacu, namun sayang, sudah bergegas saja kami tetap terlambat sekitar lima menit untuk ibadah di Minggu cerah itu. Begitu sampai di gereja, kursi-kursi sudah banyak yang penuh. Dan kami pun terpaksa mengolahragakan otot leher berusaha mencari kursi kosong disela-sela jemaat yang berdiri mengangkat nyanyian pujian. Persis seperti angsa dengan leher panjangnya yang berusaha mencari makanan diantara tingginya ilalang. Untungnya celingak-celinguk itu tidak bertahan lama karena seorang wanita awal empat puluhan dengan kemeja putih dan senyum hangat datang menghampiri. Ramah Ia membimbing kami menuju deretan bangku tengah yang ternyata masih menyisakan beberapa kursi kosong. Satu, dua, tiga kursi. Yup! Jumlahnya pas untuk diriku, suami, dan tas putih kesayanganku 🙂

Wanita dengan kepribadian menarik tadi menjabat tanganku sebelum menyilakan untuk duduk. Kami pun bertukar senyum. Setelah itu dengan khusuk aku mengikuti ibadah pagi. Di akhir kebaktian, ketika tiba waktunya memberikan persembahan kolekte* barisan wanita dengan kemeja putih berbaris rapi maju kedepan. Dengan senyum lebar mereka mengambil kantung kolekte kemudian mengedarkannya kepada semua jemaat yang ada. Aku memandangi barisan wanita tersebut tanpa berkedip. Dengan kemeja putih dan rok hitam panjang semata kaki mereka memberi diri melayani. Para wanita pengerja gereja tersebut terlihat begitu anggun, penuh kharisma, sinar kemuliaan seolah terpancar dengan kuatnya. Tak terkecuali wanita awal empat puluhan tersebut.

Aku tergagap, wanita anggun tadi sudah ada didepanku dan menyodorkan kantung kolekte. Lagi-lagi ia tersenyum memamerkan geligi putihnya. Ah, teringat senyum lebarnya menghangatkan hati yang tadi terburu-buru, lembut jabat tangannya seolah menyalurkan aliran kasih kedalam vena yang tadi tergagap karena terlambat. Ia terlihat suangat anggun bagai malaikat, begitu damai dengan kemeja putih dan rok hitam panjang itu. Walaupun tubuhnya tertutup rapat namun ia nampak sangat memesona. Kharisma yang begitu besar membuatku terbenam dalam auranya. Ada rasa aneh menyelinap di dada. Mungkinkah ini waktuku untuk melayani juga? Untuk melepaskan semua rok pendek atau pakaian dengan belahan dada rendah? Untuk menjaga gaya pakaian dan tingkah lakuku? Pertanyan-pertanyaan yang patut direnungkan lebih dalam.

#Senin Pagi

Ku keluarkan sebuah kemeja putih berkancing tujuh dari dalam lemari. Bayangan keanggunan wanita pengerja gereja kemarin masih lekat dalam ingatan. Auranya, kharismanya, kemuliaannya. Ah, aku menghela nafas. Saat sekali lagi kupandangi kemeja putih yang ada dalam telapak tangan. Tekadku bulat. Aku akan mengenakan kemeja putih berkancing tujuh tersebut. Namun tentu dengan tiga kancing atas dibuka. Don’t be ridiculous, belum sanggup aku berpakaian rapat macam mereka.

Photobucket

*Kolekte: suatu prosesi di dalam ibadah Nasrani dimana jemaat memberikan uang sebagai persembahan untuk dikelola gereja.

Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Pos ini dipublikasikan di abrakadabra dan tag , , , . Tandai permalink.

88 Balasan ke Kemeja Putih Berkancing Tujuh

  1. DV berkata:

    Itu kok bibirnya mengkilap-kilap itu karena lipstiknya atau karena sebelum foto dibahasi pake ludah dulu yaksss *komen yang nggak penting*

    Eh baidewei, kamu pernah tanya, “Boleh panggil Don?” dan jawabku adalah “Panggillah aku Don! Bukan Mas :)”

  2. Wempi berkata:

    Wempi pun memakai celana hitam ketat itu, namun tentu saja dengan resleting agak terbuka. Belum sanggup wempi berpakaian rapat macam mereka. Lagian peralatan tempur wempi butuh sirkulasi udara yang baik.
    .-= Wempi´s last blog ..Kompor Gas Gratis Dari Pemerintah =-.

  3. Bro Neo berkata:

    kirain mo merubah penampilan eh… ternyata masih sama saja he..he..

    gpp kok.. yg penting hati dan perbuatannya kekekek
    .-= Bro Neo´s last blog ..Mamma Mia vs Rujak =-.

  4. Ria berkata:

    Aku pikir dirimu bener2 mo “melayani” secara temen2ku yg nasrani itu pernah sampe daerah2 pelosok untuk memberikan “pelayanan”

    aihhhhhhh ternyata 3 kancing kemejanya di buka hihihihihi 😀

    *dasar lu mbak!!!*
    .-= Ria´s last blog ..Kijang, Rusa dan Tanduk vs Mobil =-.

  5. henny berkata:

    avatarnya bagus tuh mbak. walaupun henny bukan jemaah Nasrani, tapi yang Henny tahu seorang biarawan atau biarawati itu nggak boleh menikah ya? karena disitu dia menyerahkan seluruh dirinya untuk melayani Tuhan semata. bener nggak?
    .-= henny´s last blog ..Lagi-lagi Promosi =-.

  6. lilliperry berkata:

    tetap dengan tiga kancing dibuka.. huahahaha..
    avatarnya keren..
    .-= lilliperry´s last blog ..Masa =-.

  7. frozzy berkata:

    qiqiqiqi…teteup yah, cin… kalo ga bawah yang pendek, atasnya di buka..huhuhuhu. 😈
    .-= frozzy´s last blog ..YANG TERSISA DARI MUDIK =-.

  8. anny berkata:

    He..he…biar ada spot yang bisa ada daya tariknya kali ya Eda :mrgreen:
    .-= anny´s last blog ..Bekal yang tak pernah habis =-.

  9. Dalmuji berkata:

    aduh…
    kapan insaf nya mbak…?
    kalo dah insaf, pasti suaminya seneng..
    .-= Dalmuji´s last blog ..Gila..! Harga Semen di Papua Rp.1,4 Juta per sak =-.

  10. zam berkata:

    cewek itu terlihat lebih cantik (bahkan seksi) justru kalo pakaiannya tertutup dan longgar.. 😀
    .-= zam´s last blog ..Video Iklan Google Chrome dan Opera 10 =-.

  11. randu berkata:

    Tiga kancing atas terbuka harga mati. Titik !

  12. Aribicara berkata:

    Kirain itu wanita yang berkemeja putih berkancing tuijuh itu dirimu 🙂
    .-= Aribicara´s last blog ..Merindukan Kebersamaan Dblogger =-.

  13. ikkyu_san berkata:

    ada 7 kan kancingnya?
    kenapa cuma 3 yang dibuka…
    mustinya nyisain yang 3 aja
    4 dibuka

    tapiiiiiiiiiiii
    pake tank top dalamnya ya buk
    seperti akyu hihihihi

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Oden =-.

  14. Ria berkata:

    mbak….foto pembuka di postingan ini menurut gw adalah foto tercantik lu!!! bagus…fresh and cantik!!!
    .-= Ria´s last blog ..Kijang, Rusa dan Tanduk vs Mobil =-.

  15. anderson berkata:

    Oo…cuma tiga kancing doank…
    Lanjoot.. *ngeloyor*
    .-= anderson´s last blog ..Windfall Profit =-.

  16. isnuansa berkata:

    🙄 Tas putihnya dapet tempat duduk?

    Kalo saya nggak kebagian tempat, gara2 tas itu, gimana? 😥

    Pengen nyoba juga ah, lepas tiga kancing… 😆

  17. GeLZa berkata:

    3 kancing terbuka….???
    2 aja udah ga betah..
    ga terlalu terbuka kak?? 😉

  18. suryaden berkata:

    untung bukan tujuh ritsleting 😀
    .-= suryaden´s last blog ..Googlebot dan deteksi Malware dari Google =-.

  19. arman berkata:

    huahahaha ekaa.. ekaaa… 😛
    sampe speechless….

    btw lagi hobi ganti2 layout nih? 😀
    .-= arman´s last blog ..Halloween =-.

  20. alamendah berkata:

    bloghicking, Mbak!!!!

  21. alamendah berkata:

    Fotonya bagus sekali, Mbak…

    • Sari Ajah berkata:

      eh iyaaa..
      sepakat
      karna saya amat sangat gak bisa -dan gak biasa- dandan, jadi menurut saya orang2 yang pinter poles sana-sini itu keren banget

      *itu beneran kan, mbak? bukan efek kamera ato hasil photoshop kan? 😀

  22. Sari Ajah berkata:

    saya pikiiiiirrrr
    yah, kalo kancingnya ada yang dibuka..
    trus dimodif dikit
    jangan2 bisa dipake dugem 😆

    dan kenapa cewek slalu lama kalo dandan?
    kalo di rumah, mama saya yang paling sering bikin telat dateng ke undangan2 gr2 dandan :doh:

  23. buJaNG berkata:

    Dasr wanita :mrgreen:

    Tampilan baru, kok tambah gelap aja ya 💡

  24. Si Kurus berkata:

    lagi ngebayangin.. salam kenal

  25. Yessi berkata:

    kalo aku siy teteup cintah kaos oblongs…ekekekekke 😉
    .-= Yessi´s last blog ..4 Tahun Loenpia[dot]net (ngeri tok nda!! cinta po ra?) =-.

  26. Fanda berkata:

    Jadi pengen tau blus yg 7 kancing. Pasti kancingnya rapet2 ya? Jadi walau 3 dibuka masih wajar lah. Yg jelas kancing teratas kan pasti dibuka (kecuali kalo lagi sakit tenggorokan ‘kali). Kalo aku sih busana untuk ke gereja memang biasanya lebih sopan daripada buat nyantai
    .-= Fanda´s last blog ..Time Management =-.

  27. tuyi berkata:

    Mana nih foto kemeja putih berkancing tujuhnya….?
    jadi pengin lihat.. :mrgreen:
    .-= tuyi´s last blog ..Maaf…Bonus ini saya Tolak =-.

  28. ami berkata:

    wahahaha aku dah hampir nyungsep waktu baca kamu ambil kemeja berkancing 7. doooh eka-ku yang narsis n genit ilang dooong, untung diuntung ternyata ngga berubah 😀

  29. linduaji berkata:

    kancing 7 minus 3 juga pelayanan kok. yah, paling nggak pelayanan buat suami 🙂
    di gerejaku nggak ada wanita berbaju putih berkancing 7, adanya wanita berkain batik berbaju kebaya..maklum pedesaan 🙂
    salam kenal ya…
    .-= linduaji´s last blog ..Janji dengan Bidadari =-.

  30. togar silaban berkata:

    When time goes by, you will see how far is the difference between yesterday and today.

    You’l be growing, and mature like the lady with white shirt and black blouse. Sure, the time will be coming.
    .-= togar silaban´s last blog ..Sayang anak-sayang anak….Anakkon hi do hamora on di au. =-.

  31. luvaholic9itz berkata:

    lhaaaa kirain mb eka sempet ngitungin kancing kemeja si wanita anggun :mrgreen:
    .-= luvaholic9itz´s last blog ..SEMPURNA hanya milik ANDRA dan GITA GUTAWA =-.

  32. Bagusnya tylisan … aku kesengsem bacanya. Menulis, menulis, dan terus menaulis

  33. DDN berkata:

    mbak eka 😉 ingat umur sudah hehe..
    😥 klo ngomong siap gak siap, kapan siapnya 😕
    jadi inget waktu di jemput di depan ada seorang menjemput tpi gk pake sandal 😳
    .-= DDN´s last blog ..Post Blog Entry Ubuntu Aplikasi blogging =-.

  34. Huang berkata:

    Tas putih juga dapet kursi kosong ya? :p

    jadi petugas gereja.. mmm aku lom pernah dapet.. karena emank lom pernah di pilih pas di gereja.. hehe cuma jadi jemaat aja mbak :p

  35. suwung berkata:

    jadi pengen ketemu

  36. vizon berkata:

    merasakan aura damai dari pengerja gereja itu saja sudah besar nilainya Ka, apalagi kalau mampu berbuat yang sama seperti mereka…

  37. Miyabi berkata:

    Jadi foto ini lagi pake wajah palsu ya 🙂

  38. Indah berkata:

    Pertama2.. aiihh.. gambar yang di atas ituu manisnyaa 😀

    Laluu.. gambar yang di bawah ituu cute-nyaa!!

    Ketigaa.. ahahahaha.. tetepp.. 3 dari 7 dibuka yaa, ahahaha :p

    Keempatt.. mo dapatin sinar itu khan bukan dari bajunya juga, hehehe.. tapi yang penting hati.. hatii.. banyak yang berbaju rapat ngga bersinar juga, hehehe 😀
    .-= Indah´s last blog ..The Glow =-.

  39. racheedus berkata:

    Emang tas perlu kursi juga, to? Betapa terhormatnya dirimu, duhai tas putih.

    Semoga Kasih-Nya senantiasa menyelimuti jiwa kita.

  40. Ade berkata:

    yaa kok bukan foto aslinya yang dipajang ka? :mrgreen:
    .-= Ade´s last blog .. =-.

  41. Abula berkata:

    nikmat betul membaca untaian kata-kata dalam postingan ini …
    ngomong2 kenapa belum sanggup berpakaian rapat mbak?
    .-= Abula´s last blog ..Perpustakaan Desa Ciburial : Info Berdonasi =-.

  42. Heryan Tony berkata:

    Mbak Eka bisa melihat aura juga tho…
    Puji Tuhan, itulah kebesaran-Nya.

  43. Gandi Wibowo berkata:

    padahal Gw baru mo nanya kolekte itu apaan, eh gak taunya ada penjelasan di bawah postingan. Kalo temen Gw (Kristen protestan kalo gak salah) ada yg namanya persepuluh, sepuluh persen penghasilan bulanan diserahin ke gereja, itu beda atau sama dengan kolekte mba?

    BTW kok ya sempet2nya ngitungin kancing baju?
    .-= Gandi Wibowo´s last blog ..Appear Offline pada Facebook Chat =-.

  44. Joko Setiawan berkata:

    HHmm..jadi ikut membayangkan juga betapa anggun nya Mbak nya itu 🙂
    Salam pagi yang cerah Mbak Eka
    .-= Joko Setiawan´s last blog ..Foto Perawat Indonesia di Jepang Sekarang =-.

  45. mase mungil berkata:

    salam kenal..
    hhwhehwhe emang biasanya kemeja kancingnya berapa sihh…
    mmhhhh mau dilihatin donk …
    kayak apa sih??
    jadi pada penasaran…

  46. radesya berkata:

    Hihihi.., mau desya bantu rapatkan kancingnya kak? 😀

    btw aku suka baca ceritanya, enak dibaca. 🙂

  47. sunarno berkata:

    mengunjungi rumah baru

  48. papadanmama berkata:

    hmm..rupanya kamu lg tergerak utk melayani ya ka?
    smoga kamu dpt melayani dg penuh sukacita ya ka & damai Tuhan sll besertamu

    GBU 😀
    .-= papadanmama´s last blog ..Subtitle Tears For You dalam Bahasa Indonesia =-.

  49. Pakde berkata:

    Kemeja putih cowok juga nggak kalah bagus koq. ini warna fav saya. 😛

    Warna putih ini tak salah jika dimaknai sebagai satu warna menandakan kesucian, karena memang terpancar jelas bukan…?
    .-= Pakde´s last blog ..Koto Gadang Negeri Seribu Satu Cerita =-.

  50. Maria berkata:

    Pa kabar Eka & si abang…???
    Gue baru berkunjung lagi nich.

    Baca ginian kirain udah insyaf & mau melayani, ternyata…

    Berani terima tantangan, jadi guru sekolah minggu kayak gue Ka…??? Apa jadinya adik2 sekolah minggu itu ya…??? Hehe…
    .-= Maria´s last blog ..Rumah Baru Si Maria…!!! =-.

  51. Zippy berkata:

    Wah…untuk sesuatu hal yang lebih baik kenapa nggak mbak..??
    Tapi kalo emang gak merasa nyaman, sebaiknya jangan.
    Jangan hanya dijadikan sebagai bahan untuk ikut2’an semata, hehehehe…
    .-= Zippy´s last blog ..Kesetiaan Tanpa Makna =-.

  52. zulhaq berkata:

    Harusnya mbak eka yg nyetir br gak telat,sekalian pertanggungjawaban telah berdandan lama he2…

    Hhmm,kancing 3 di buka?rasanya bawah bgt tuh *jd ngebayangin* hihihi…

  53. Berry Devanda berkata:

    pasti lebih nyaman pake baju yang lebih tertutup…
    tapi itu semua pilihan pribadi masing2 kita…
    salam mbak…
    .-= Berry Devanda´s last blog ..Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) Di Sekolah =-.

  54. kakve_santi berkata:

    hihi….

    ibadah memang gak boleh mati
    .-= kakve_santi´s last blog ..BLOG SUKSES, BLOG GAGAL (2) =-.

  55. mamah aline berkata:

    salam hangat,
    semua berpulang kepada hati kecil kita sendiri, ikuti kata hati mungkin lebih baik
    .-= mamah aline´s last blog ..Cerita Kunci Pintu =-.

  56. Hajier berkata:

    Hari Senin dengan 3 kancing terbuka…
    Hari Rabu dengan 2 kancing terbuka…
    Hari Jum’at dengan 1 kancing terbuka…
    Hari Minggu, kembali ke gereja dengan kancing tertutup semua, Amien….

  57. jurug berkata:

    lama-lama bisa jadi nopel nih blog… lanjutkan

  58. Rindu berkata:

    Perempuan emang begini kali yah 🙄
    .-= Rindu´s last blog ..Telaga Hati =-.

  59. andif berkata:

    penampilan no.1 🙂
    salam,
    .-= andif´s last blog ..Update award lagi =-.

  60. si_noby85 berkata:

    Kemeja putih…… yang bersih dan suci
    .-= si_noby85´s last blog ..Update NOD32 (Offline) =-.

  61. depz berkata:

    nanya donk ka,
    apa yg lo pgn crtain dari cerita (post) ini?
    *maklum gw oon nih :D*

  62. elmoudy berkata:

    sukka ama pesona yg memancar dari dalam…
    siapapun… pakaiannya apapun
    yg penting lebih trasa pancarannya
    yg dari dalem
    .-= elmoudy´s last blog ..Lari-lari plus Meditasi di Senayan =-.

  63. zee berkata:

    Hhahhahahaa.a…..
    Ka, kemeja kancing tujuh tp 3 kancing atas dibuka. Well, menurutku itu jauh lebih sexy daripada pake kerah lebar berleher rendah. Aku suka liat cewek berpakaian begitu, sopan elegan but sexy……………. 🙂

  64. Yu2n berkata:

    mba Eka, ternyata rame banget disini yaaa.. *kemana aja dirikuh* hehehe..
    *ngebayangin kemeja kancing tujuhnya..* 🙂

  65. jensen99 berkata:

    Saat di gereja, berpakaianlah seperti jemaat. Saat di klab, berpakaianlah seperti orang dugem. Buka tiga kancing tak mengapa, lima juga boleh, kan hanya pamer lembahnya, kedua puncak tetep punya suami. 😈

  66. Omiyan berkata:

    tapi emang abener pake kemeja putih bikin aura positif dari pemakainya terlihat…gimana gitu..tapi ingat mba jangan ampe bawahannya item terus jangan ke MAll ya ntar dikira pelayan ono soale pernah kejadian nimpa saya hahahahha
    .-= Omiyan´s last blog ..Perjalanan dari Sebuah Pilihan Hidup =-.

  67. Irfan berkata:

    wanita pake kemeja? ahaa…saya suka kalo ngeliat wanita pake kemeja rapih.

    proses menuju 7 kancing itu kira-kira ada gak mba eka? apa tetep 3 kancing atas dibuka?hhhee…
    .-= Irfan´s last blog ..Ide : Gak Ada Ide Pun Jadi Ide! =-.

  68. Tuti Nonka berkata:

    Kemeja berkancing tujuh …. hm, aku kok nggak pernah menghitung jumlah kancing kemeja ya. Jadi jumlahnya selalu tujuh?

    (*Tersenyum membayangkan Eka membuka tiga kancing teratas kemejanya. Empat sekalian nape? Hihihi …*)
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Rumah Teletubbies Vs Barrataga =-.

  69. kucrit berkata:

    i’m sorry mbak.. baru mampir.. lama gak dolanan blog lagi.. hehehe..
    baidewe.. coba aja mbak pake tujuh kancing.. ntar kalo terlalu ribet yang empat dibuang aja lagi.. hehehe..

  70. kodok berkata:

    mestinya ya to..
    ke gereja pake kebaya
    biar kaya inang sarge,,
    hahaha…

    tapi cantik kok boru situmorang ini..
    .-= kodok´s last blog ..Pup’s =-.

  71. enno berkata:

    hihihi…

    ayo, ayo, kancingkan semuanyaaa!!!

    😛

  72. julie berkata:

    akhirnya bisa juga awak buka ini blog

  73. hasian cinduth berkata:

    hahaha, kirain kakak mo tobat beneran..
    🙂
    tak taunya, tetap aja buka 3 kancing..!!!!
    hahahaha…

  74. DM berkata:

    Duh, pikiran nakalku hampir saja membaca begini:
    “Kuhampiri tas berisi Alkitab yang ada di meja dan kusambar suami yang sudah siap …” rupanya kebalik. Maap. (Kata maaf terucap karena urusan memoles tulisan ini, aku jadi sedikit lambat membaca 😀 )

    Yang membut wanita itu begitu memesona bukan semata pakaiannya. Mungkin betul. Tapi lebih dari itu, karena beliau memilik Taksu. Taksu asalnya dari dalam. Dari hati. Kau bisa kalau kau mau 😉
    .-= DM´s last blog ..Suksma =-.

  75. Ping balik: Stop Press! - Cerita EKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s