Balonku ada 5

Grey Sky

Grey Sky

Kenapa ya kalau lagi sedih semua kelihatan kelabu? Kamu bisa aja bilang kalau itu cuma sugesti tapi bener lho, kalo saya lagi sedih semua yang saya liat warnanya berubah jadi grey! Langit yang biru terang aja jadi mendung kelabu gitu, semua orang sepertinya pakai baju abu-abu bahkan bola mata ini juga berubah warnanya dari coklat muda ke abu-abu!! Eiit tenang, saya gak buta warna koq. Tapi beneeeer! Kalau lagi sedih aja sepertinya dunia ini tak mempunyai warna selain grey seperti kulitnya gajah itu.

Daripada saya jadi buta warna karena lagi BT sama si Skunyos yang gak bisa diakses karena loading lama mending saya jalan-jalan aja. Dan Eka yang manis ini (gak boleh ada yang ceriwis wong saya lagi belajar berkata jujur koq, harus didukung donk! :mrgreen: hehehe) pas jalan-jalan ketemu Saskia lho. Iya..iya.. Saskia!! Saskia temen kuliah dulu yang cantik itu! Yang sex appealnya tinggi banget sampai temen-temen cowok pada protes kalau dia pakai baju rada seksi. Gimana gak protes coba, pakai baju tertutup aja saya yang cewek bisa terkagum-kagum apalagi yang cowok. Saya gak mengerti kenapa dia bisa sebegitu menariknya, padahal orangnya gak kece-kece amat, biasa aja, tapi…… kalau dia udah ketawa plus mulai ngeluarin argumen-argumennya….. Waaaa….. semua pasti kesihir deh! Dia itu mahluk antik! Kombinasi cantik luar dalam!

Back to Saskia, wanita cantik ini gak sendirian waktu saya ketemu dia. Ngak..nggaaaak… dia gak bareng cowok ganteng and tajir koq (yang saya yakin banget dia bisa dapetin hanya dengan kerlingan mata aja. Hu hu hu lebay 😀 habis gimana donk wong dia menarik banget) Yang bareng Saskia itu gadis kecil sekitar 7 tahunan gitu, kayaknya sih anaknya. Aaaand.. tebakan saya benar, Kezia (gadis kecil yang mewarisi kecantikan mamanya itu) memang benar anaknya. Saya mengeryitkan kening –walau tidak sampai seperti professor siy- seingat saya Saskia belum married deh. Dan kalaupun sudah, saya koq gak diundang hayooo?? (Catat: soal ketemuan, arisan, atau kondangan saya ini paliiiing sering beredar! ;)) Kening saya semakin berkerut saja waktu dia cerita kalau dia tuh single parent and Kezia status hukumnya cuma terikat hubungan darah sama dia, ibunya. Barti..barti… Saskia memang belum married donk. Barti.. Kezia tuh..emm…Yup! orang bilang anak haram. Iiiiih heran deh, kenapa sih masih aja ada yang suka menjudge ini anak haram atau halal kayak makanan saja?! Pada sadar gak yah sebutan kayak gitu benar-benar bisa menghancurkan mental anak?! Kalau mau menghujat ya hujat aja bapak & ibunya yang makan buah terlarang bukan anaknya donk, kan dia gak tahu apa-apa. Lagian apa dengan hujat-menghujat, menghakimi dengan kata-kata pedas dan bersikap menyalahkan, keaadan bisa dibetulin lagi? Jawabnya enggak kan? Daripada berkutat dengan hal itu, mending siapin si anak biar jadi better person. Betul?

Kali ini kening saya nggak lagi berkerut, tapi hati ini yang berkerut marah. Mendengar cerita Saskia kalau Kezia statusnya kayak gitu coz cowoknya nggak mau bertanggung jawab. K-A-B-U-R. Pergi gitu aja ninggalin dia. Sas (my nick to her) harus nyiapin mentalnya ngadepin ortu and juga masyarakat. Katanya itu semua gak terlalu sulit, yang sulit tuh justru menghadapi kenyataan bahwa cowoknya itu  pengecut and heartless. Iya lah heartless, cowok apaan tuh yang kabur karena takut diomelin ortu gara-gara spermanya ketinggalan di rahim perempuan yang belum dinikahi. Sebeell!! Kenapa dangkal sekali sih kepribadiannya. Si lelaki itu  kan cuma perlu ngadepin ortu, sementara yang dapat sanksi sosial lebih keras dari masyarakat siapa? Cewek kan. Yang musti mual-mual terus and jadi susah bergerak karena perutnya buncit siapa? Cewek juga kan. And the most important thing… yang harus bertaruh nyawa dan meregang kesakitan ketika melahirkan siapa??? Cewek! Lagi-lagi cewek. Teruuus, kenapa cowoknya Saskia itu kabur? Hanya dialah yang bisa menjawabnya. Tapi terlalu bener deh kaum adam yang satu itu: Bejaaat!! Ah, sudahlah gak usah dibahas. To me doing premarital sex is someone’s choice. We are grown up, respecting each other is a must whatever the choice is as long as we know the consequences and also know how to responsible. But if you asked me, I will stay to sex after marriage.

Semakin saya mendengar ceritanya Sas, semakin saya menghormatinya. Ketika ia tahu ia hamil dan pacarnya kabur, ia memiliki tiga pilihan:

  1. Aborsi
  2. Bunuh diri
  3. Menghadapi kenyataan pahit.

Girls Myspace Comments

Dan ia memilih yang terakhir ketika ia dapat merasakan tendangan lembut sang jabang bayi diperutnya. Katanya that was amazing. Ada mahluk hidup di dalam rahim. Saya membayangkan perasaan Saskia pada saat itu. Perempuan berusia 21 tahun, belum selesai kuliah, dicampakkan kekasih ketika hamil… Pastilah sulit namun ia dapat bertahan. I’m proud of her. Terngiang lagu balonku yang dinyanyikan Kezia…

Balonku ada lima,

Rupa-rupa warnanya,

Merah, kuning, kelabu, hijau muda dan biru…

Saya lihat wajah Sas berubah jadi kelabu.. wajah Kezia juga.. Kenapa semua menjadi kelabu? Mungkin saya sedih mendengar ceritanya….

*Untuk menghormati sahabat, nama samaran yang digunakan.

Iklan

Tentang Ceritaeka

A Lifestyle and Travel Blogger. Choco addict. High-heels fans also a culinary worshiper. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Pos ini dipublikasikan di REFLECTION dan tag , , , , , . Tandai permalink.

92 Balasan ke Balonku ada 5

  1. depz berkata:

    komeng serius ah

    gw sih ga pernah tuh, pas sedih smua kelabu

    tetep aja “dibagian lain” ada warna2 indah

    dan kesedihan tidak akan mengubah itu
    .-= depz´s last blog ..Pantai Mekaki =-.

  2. mang kumlod berkata:

    kasian euy si sas, coba sama saya, gabakalan gitu deh nasibnya… 😆
    .-= mang kumlod´s last blog ..Pengen Mati Aja Ah! =-.

  3. elmoudy berkata:

    alur yg bagus…
    Saskia… yg malang…

    semula saya membayangkan dia sosok yang paling bahagia di muka bumi
    tp setelah dia tercampakkan n mengandung Kezia…
    tiba tiba Saskia berubah menjadi sosok yang paling memilukan …
    Saskia…. tetaplah semangat…
    karna hidup adalah perjalanan sementara
    yang layak tuk dinikmati di setiap detiknya
    .-= elmoudy´s last blog ..Bidadari Kesunyian =-.

  4. DV berkata:

    Menurutku, kita semua ini berada dalam kungkungan tradisi 🙂
    Tradisi di Indonesia memang masih memandang ‘miring’ setiap kehamilan sebelum menikah. Tapi pilihan si Sas benar, hadapi, hadapi dan hadapi kenyataan meski pahit. Seperti yang kutulis dalam tulisan terbaruku *halah malah promongsi*

  5. grubik berkata:

    semoga kezia nantinya tidak hanya mengenal warna kelabu…

  6. frozzy berkata:

    hm…salut buat Sas. jadi ingat kejadian nyata, pasangan “heartless” yang melakukan aborsi, kemudian berpisah… tidak bertanggung jawab, tidak berani menghadapi kenyataan. 😦
    .-= frozzy´s last blog ..YANG TERSISA DARI MUDIK =-.

  7. yustha tt berkata:

    1….2….3……ah….mb eka!!!
    udah tiga butir ni yang netes di pipi….
    hapus dulu, mo ngedit n nglayout modul lagi je…..
    istirahat sambil mbaca postingan mb eka malah bikin cedih…
    yups…that was a choice..dan saskia udah menjalani pilihannya dengan segala koksekuensinya. Jadi inget postingannya jeunglala girlmore girl…

  8. Wempi berkata:

    bingung mo komen apa…

  9. GeLZa berkata:

    Kisah yang sama seperti ibu saya dan saya sendiri…
    besar tanpa seorang ayah yang pengecut…
    .-= GeLZa´s last blog ..Bugs and Birds in Origami =-.

  10. enno berkata:

    ih mellow kan bagian gue ekaaa…
    🙂

    pa kabaaar?
    *hugs*
    .-= enno´s last blog ..Kamu Sudah Besar =-.

  11. galz berkata:

    mbak eka…pindah rumah nih???

    😛

    aku cm mau komen ttg rumah tetirah itu…itu rmh keren bgt ya? yeyang ada turunan belanda ya? tahun lalu sewaktu pulang kampus, ak lewat rmh itu ngeliat eyang lagi siramin tanaman2….btw ini rumah jd rumah favorit mamaku. mamaku juga berpikir hal yg sama, kalo dikasih rejeki lebih, beli rumah menteng ini. oya ak sampe nyebut rumah ini ” rumah menteng mama” ak juga punya fotonya lho 🙂

  12. antown berkata:

    semua memang tidak ingin jadi kelabu. salam kenal dulu ya

  13. masnur berkata:

    Begitulah efek yg harus ditanggung perempuan akibat gaya hidup keliru. Seberapapun cinta penting utk berkomitmen “sex after married”. Semoga dunia mbak Eka dan Saskia segera mewarna.

  14. randu berkata:

    selamat buat Saski, Good Choice…! 😉
    .-= randu´s last blog ..Lebaran lebaran… =-.

  15. lilliperry berkata:

    semoga saskia memberi banyak warna pada kezia, bukan hanya kelabu..
    .-= lilliperry´s last blog ..Keren Bin Kanker =-.

  16. -moRis- berkata:

    I’m in the grey one sizt’…
    smoga ada ssorg yg bwain balon 5 warna,
    biar grey ntuh hilang….! T_T
    .-= -moRis-´s last blog ..Sulitnya menjadi Sahabat =-.

  17. muhamaze berkata:

    dari awalnya sudah salah, meski ada pilihan tetep aja salah biarpun itu dianggap yang terbaik. harusnya cari tuh cowok, mau gak mau harus dinikahi..
    yaah… semoga saja tidak banyak cewek yang bernasib serupa..
    .-= muhamaze´s last blog ..setelah fajar =-.

  18. Mal berkata:

    kalau semua merah membara,
    Jika semua kuning menyala,
    jika semua hijau ,
    jika semua biru mengharu,

    bukankah manis berasa karena ada pahit ?
    dan bukankah putih ada karena hitam ada ?

  19. el berkata:

    izin mampir ya
    kunjungan pertama mo ngucapin ‘salam z dulu..
    makasih
    .-= el´s last blog ..Pengelompokan Teman Facebook =-.

  20. jensen99 berkata:

    Tuk Saskia: hiduplah dengan senang, pacaran lagi (gonta-ganti juga boleh), dan kalo dapet yang cocok ya menikahlah. Get a life, tak perlu kelabu terus, dah 7 tahun pula. 😉
    (cinta pertama saya juga lajang dengan satu putri, btw)
    .-= jensen99´s last blog ..Liverpool Hangoos! =-.

  21. gdenarayana berkata:

    i’m proud to read this story from mba eka 🙂

    dukungan sahabat kaya mba eka ini juga luar biasa meskipun hanya cerita di blog 😉

    untuk yang cowo.. ke laut ajeeee 😛

    untuk kawannya mbak eka.. salute 🙂

  22. Ria berkata:

    😡 cowok apaan tuh ya yg tega ninggalin anak sendiri dan kabur entah kemana!

    salut banget mbak sama temen lu, sampein salam gw ya…
    mungkin dia pernah berbuat salah tetapi dia bertindak benar dengan mempertahankan si anak dalam kandungannya. gak banyak perempuan indonesia yg kuat seperti dia…bener2 salut…and being single parent memang klo tinggal di indonesia selalu dapet cemoohan karena tradisi yg kadang2 gak pake nurani. *kok gw jadi abu2 juga ya :D*
    .-= Ria´s last blog ..Lebaranku 1430 H =-.

  23. kejujurancinta berkata:

    setuju mbak….
    emang kalau lagi sedih semua kelabu
    yg tadinya cerah…juga bisa sontak jadi kelabu

    btw, aku salut ma temenmu
    dia punya prinsip dan memilih satu dari yg tersulit
    semoga dia tetap kuat menjalani hidupnya
    .-= kejujurancinta´s last blog ..Rekreasi Sejenak ahh…….. =-.

  24. yoan berkata:

    saya selalu salut pada para single parent, terlebih yang perempuan (meski saya nggak pernah mau jadi salah satu dari mereka…)
    humm… saya dikelilingi perempuan2 tangguh yang membesarkan anak2nya dengan sedikit sekali bantuan suami2 mereka yang kabur dengan istri2 muda.
    melihat hidup perempuan2 itu sedikit banyak membuat saya mengembangkan semacam perasaan trauma dan ‘takut’ pada laki-laki.
    tapi yang saya perhatikan, anak-anak mereka jadi lebih tegar dan lebih kuat menghadapi setiap masalah yang mengguncang hidup.
    meski tentu saja, saya setuju dengan om jensen agar Mbak Sas bisa berusaha hidup senang dan berusaha mencapai kebahagiaannya dengan cara2nya sendiri.

    dan mbak eka, kalau saya sedih, saya masih bisa menertawakan hidup dan lelucon pahitnya. tapi kalau saya melihat orang lain sedih sedang saya tidak bisa membantu apa2, itu yang membuat warna kelabu mendominasi pandangan saya…
    .-= yoan´s last blog ..Andai Kau Tahu =-.

  25. pargodungan berkata:

    memang, kalau berbuat sesuatu yang melanggar norma, berat akibatnya. itu sama saja seperti melanggar lampu lalu lintas. lampu kuning dan merah ada. kita boleh melanggarnya (karena itu kehendak bebas), akan tetapi kita juga harus menanggung akibat pelanggaran itu (karena itu bentuk tanggungjawab kita). jadi, saya rasa, si saskia itu harus menghadapi kenyataan dan tidak lagi menyalahkan siapapun. keduanya sama2 bertanggungjawab atas apa yang mereka lakukan (sama seperti argumen yang sering disebut ‘karena sama2 suka’). itulah kekuatan yang sebaiknya ada di dalam saskia. ia dan kita harus memaafkan apa yang terjadi..

  26. Henny berkata:

    grrr…itu juga yang terkadang bikin emosi sama cowok, kalo udah dapet maunya langsung ngacir aja. saya pribadi terus terang langsung putus hubungan sama cowok itu kalo dia sudah mulai minta macam-macam. biarpun saya cinta banget sama dia.tapi ini lebih baik daripada nanti menyesal belakangan. setan emang ada di mana-mana mbak, maka bentengi diri kita dengan iman supaya ga terjerumus dalam buaiannya.

    *serius banget sih ya?maaf nih mbak,,rada emosi soalnya 🙂 *

    • Berry Devanda berkata:

      yupp…setuju dengan mbak henny….
      logicly, laki2 yang benar tulus sayang pada perempuan, tidak mungkin berniat merusak si perempuan….
      jika sudah macam2 maka silahkan ambil kesimpulan dengan akal, jangan pake perasaan lagi

      karena Kejahatan timbul bukan hanya terjadi karena niat pelakunya, melainkan karena ada kesempatan…

      makanya, yang cewek jangan suka ngasih kesempatan juga ama laki2
      .-= Berry Devanda´s last blog ..GEMPA TERDAHSYAT SEPANJANG HIDUP(KU) =-.

  27. Henny berkata:

    maaf mbak..lupa tanya,,saya mau follow blog ini tapi gimana caranya ya??
    .-= Henny´s last blog ..Senandung Hujan =-.

  28. Berry Devanda berkata:

    saya mo komentari paragraf 3 kayaknya ne mbak…
    setuju banget jika yang judge adalah mereka yang melakukan sehingga muncul si jabang bayi…
    si anak nggak bisa milih untuk dilahirkan secara halal atau haram kan?
    selain itu, semua perempuan harus banyak belajar darikasus ini. setidaknya bisa menjaga diri dari rayuan semu laki2.
    karena tugas perempuan adalah MENJAGA DIRI dan laki2 MENAHAN DIRI
    segitu aja mbak…
    senang bisa berada disini…
    .-= Berry Devanda´s last blog ..GEMPA TERDAHSYAT SEPANJANG HIDUP(KU) =-.

    • arman berkata:

      iya gua juga setuju nih ama tulisan lu yang ini ka…
      kenapa justru anak nya yang dicap haram ya? anak nya kan gak salah apa2…
      yah kadang istilah2 dan stempel2 itu gak tau apa guna dan fungsinya… cuma sekedar judgemental aja rasanya ya… yang sebenernya sangat2 gak perlu dipakai…
      .-= arman´s last blog ..Ada Yang Berminat Pindah Ke US? =-.

  29. p u a k™ berkata:

    wah, salut deh, dengan Sas. Nggak gampang lho membesarkan seorang anak sendirian, terutama dalam membantu perkembangan mental anak itu yang dibesarkan tanpa orang tua yang lengkap.
    Jadi sekarang udah gak abu2 lagi, kan Ka?.. 😉

  30. mamah aline berkata:

    Kadang orang bisa bertindak diluar akal sehat kalau merasa depresi seperti kehamilan diluar nikah, berarti saskia memang udah siap menghadapi konsekuensi akibat perbuatannya di masa lalu tapi kasian kan anaknya..
    .-= mamah aline´s last blog ..Nostalgia (lagi) =-.

  31. arman berkata:

    salut gua ama saskia… itu baru namanya orang dewasa… berani bertanggung jawab atas perbuatannya…

    anak itu adalah anugerah Tuhan. banyak orang pengen punya anak masih belum bisa. eh kok malah banyak yang dikasih anak diaborsi. gua gak abis pikir. dimana coba hati nuraninya ya… itu anak lho… manusia… punya nyawa… apalagi itu adalah darah dagingnya sendiri… gimana bisa sampe punya hati untuk ngebunuhnya? bener2 sadis…

    dan buat ex bf nya saskia yang kabur gak mau tanggung jawab itu.. kelaut aja dah mas.. moga2 dimakan ikan hiu ya!
    .-= arman´s last blog ..Ada Yang Berminat Pindah Ke US? =-.

  32. Hary4n4 berkata:

    Sebaik apa pun dan bagaimana pun keadaan yg dipilih, tetep aja yg paling berat menanggung beban adalah sang anak… Paling tidak kondisi seperti itu akan mempengaruhi jiwa dan mental si anak… Kasihan, tidak ikut apa2 tapi harus ikut menanggung beban akibat pilihan jalan hidup orang tuanya…
    Salam hangat… Salam damai selalu…

  33. zee berkata:

    Hmm…. salam buat Saskia ya.
    Tidak semua orang bisa seperti dia. Dia wanita yang kuat, pasti, dan syukurlah keluarganya jg mendukungnya utk tetap melanjutkan kehamilannya even tanpa suami…
    .-= zee´s last blog ..Bedinde & Babysitter baru lagi… =-.

  34. Gandi Wibowo berkata:

    Saya gak bisa berkata apa2 mba, ini udah menyangkut keyakian. Keyakinan tentang sex, keyakinan tentang pergaulan, keyakinan tentang berpakian, bahkan keyakinan tentang agama. Tapi Ini cuma pandangan pribadi saya, tolong jangan di konfrontasi..

    Mungkin basi, kolot, dan konservatif pemikiran saya, tapi sungguh, buat saya gak ada alasan seorang wanita tampil sexy didepan lelaki yang bukan suaminya. sekuat apapun iman seorang lelaki kalo dihadapi hal seperti itu pasti goyah juga. Dan seketat apapun pasangan pranikah mencegah agar tidak ada sperm yang tertinggal, pasti ada saatnya Tuhan berkata lain. Lalu disaat seperti itu, apa kita bisa mengandalkan kesetiaan pasangan? gak bisa.. itu gambling..

    Gak mungkin ada lelaki yang gak tergoncang jiwanya kalo pasangannya hamil pranikah **Kecuali memang itu yang diingini dari awal** (Saya gak berpihak, tapi saya gak nyebutin lagi guncangan jiwa yang terjadi sama pihak cewek, kan udah mba sebutin tuh diatas :mrgreen: ) lalu disaat keduanya terguncang, pasti beragam masalah baru timbul. Single parent terjadi kalo sang laki yang melarikan diri, Nah kalo yang cewek yang melarikan diri, maka Aborsi yang terjadi.

    Jadi sebagai seorang lelaki yang menghormati kalian kaum hawa, saya menghimbau, jagalah aurat, bantu kami para lelaki untuk menjaga si “Adik kecil” biar gak muntah di tubuh kalian. Kami tahu kami lemah dalam hal ini, jadi bantu lah kami dengan berpakaian biasa2 aja yang gak mengundang syahwat.
    .-= Gandi Wibowo´s last blog ..Kamu jangan pilih yang itu ya. Cari yang lain aja.. =-.

    • ikkyu_san berkata:

      hebat Gandhi komentarnya…. ayo cewek-cewek bantu jaga si “adik kecil” agar jgn menciptakan adik beneran.
      .-= ikkyu_san´s last blog ..Merah, Putih dan kebersamaan =-.

    • arman berkata:

      hmmm gak bermaksud mau berkonfrontasi juga… cuma pengen mengomentari.
      kesannya kok jadi wanita yang dipersalahkan ya? jadi triggernya karena wanita berpakaian sexy gitu?

      dalam hal wanita berpakaian sexy itu hak mereka. hak setiap orang mau berpakaian kayak apa.
      kalo gara2 ngeliat wanita berpakaian sexy trus langsung yang laki jadi horny dan mau nya langsung berhubungan intim, ini berarti self control si laki2 nya yang salah.

      sebagai orang dewasa itu salah satu yang harus dimiliki adalah self control. gak semua yang dipikirkan harus selalu jadi tindakan. masa gara2 mikir kotor harus langsung berbuat kotor? apa jadinya kalo semua orang begitu ya.. gak bisa mengendalikan pikirannya. kesel ama orang pengen nabok langsung nabok. marah ama orang pengen hajar langsung hajar. waduh udah jadi kayak jaman purba dong ya? 😛

      kalo sampe ternyata premarital sex itu 2 orang yang melakukan. gak ada yang lebih salah atau lebih benar. gak ada yang 1 lebih disalahkan karena terlalu menggoda. kalo 1 terlalu menggoda, yang 1 lagi juga salah karena gampang tergoda. ya kan? dimana yang namanya iman?

      nah kalo sampe udah berbuat ya harus konsekuensi atas akibatnya. kalo 2 2 nya mau bertanggung jawab toh gak akan ada yang namanya anak haram lagi kan?

      yang jadi pembahasan adalah kalo ada yang gak mau tanggung jawab. ini jelas dia yang salah! mau berbuat kok gak mau bertanggung jawab. ya jelas salah dong. gak bener kalo trus jadi nyalah2in (alias nyari kambing hitam) oh itu gara2 si cewek sih waktu itu pake baju sexy. apa gara2 si cewek waktu itu pake baju sexy jadi itu adalah pembenaran kalo si cowok gak perlu bertanggung jawab atas perbuatannya? picik sekali menurut saya.

      saya juga laki2. tapi bukan berarti kalo laki2 harus selalu membela laki2. kita harus netral. karena laki2 dan wanita itu pada dasarnya sama. punya hak yang sama dan kewajiban yang sama. jadi kalo ada himbauan agar wanita jangan pake baju sexy, menurut saya lebih tepat kalo ada himbauan supaya laki2 lebih bisa mengontrol diri dan pikirannya sendiri.
      .-= arman´s last blog ..Ada Yang Berminat Pindah Ke US? =-.

      • Zulhaq berkata:

        asyiiikkk….dapat positngan kedua he2.
        iya bang, orang memiliki hak dan kebebasan masing masing. yang terpenting ahlaknya, biarlah dia dan Tuhan yang tau. si penikmat pandangan indah memang harus bisa menongrol diri dan si kecilnya hi hi hi *apaan sih*

      • Gandi Wibowo berkata:

        @Mas Arman:
        Lah iki piye toh, saya gak berpihak loh mas.. juga gak nyalahin cewek. Malah saya akui, seorang laki2 emang imannya gak kuat, saya cuma minta bantuan dari kaum hawa, supaya bantuin saya ngejaga Iman.

        Saya bilang sih munafik kalo seorang lelaki gak nafsu waktu ngeliat cewek sexy, dan diantara 1 juta mata lelaki yang memandang wanita sexy itu pasti ada 1 yang gak bisa mengontrol dirinya sendiri. Paling gak sekedar berfantasi, memperkosa dalam khayalan akhirnya tuh cewek jadi bahan Onani.

        Kalo masalah tanggung jawab setelah kejadian sex pranikah, itu juga udah saya bahas.. 2-2nya emang harus bertanggung jawab, dan 2-2nya juga bisa lari dari tanggung jawab. Di kasusnya saskia ini, si cowok yang gak bertanggung jawab, tapi di kasus lain ada juga si cewek yang gak bertanggung jawab dengan Aborsi.
        .-= Gandi Wibowo´s last blog ..Kamu jangan pilih yang itu ya. Cari yang lain aja.. =-.

        • arman berkata:

          hahaha mungkin komen saya kepanjangan jadi mabok ya…

          well intinya saya cuma mau mengomentari himbauan sampeyan aja yang meminta kaum hawa membantu menjaga iman kaum pria itu mas…

          menurut saya lebih pas kalo himbauannya adalah supaya para pria itu lebih bisa self control dan menjaga imannya sendiri. lha wong iman ya imannya sendiri masak mesti minta tolong kaum hawa bantuin jaga toh? lagian kan udah pada dewasa, harus bisa menjaga sendiri kan… 🙂

          mengenai cara berpakaian kaum hawa mau gimana itu kan hak mereka. terserah mereka dong merasa comfortable nya mau berpakaian gimana.

          dan mengenai kaum pria yang gak kuat iman itu harusnya bukan jadi tanggung jawab kaum hawa, melainkan tanggung jawab kaum pria sendiri. intinya manusia dewasa harus bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri. begitu… 🙂

          pria nafsu ngeliat cewek sexy? ya boleh2 aja… tapi karena ada otak, ada hati, ada moral, ada iman, dll itu membuat apa yang dipikiran gak selalu harus jadi perbuatan kan? dan kalo sampe ada 1 diantara 1 juta pria yang mengejewantahkan (halah) pikirannya itu secara langsung jadi perbuatan tanpa mempertimbangkan segala macemnya tadi itu… yang salah siapa? apakah si pria atau wanita? gamblagnya gini deh: ada wanita sexy lewat, diliat pria dan si pria memperkosa wanitanya. apakah yang salah wanita karena dia sexy? karena dia gak membantu si pria menjaga iman?

          ya gak toh.. yang salah ya jelas si pria karena gak bisa menjaga iman nya sendiri.

          that’s why menurut saya lebih baik himbauannya adalah wahai para pria, harus belajar untuk lebih menjaga iman, mengontrol diri dan pikiran, mempertebal moral… supaya kalo ada wanita sexy lewat gak langsung hilang akal dan pikiran dan melakukan perbuatan yang pada akhirnya akan jadi penyesalan. 🙂

          sekali lagi ini menurut saya aja ya.. mohon maaf kalo gak berkenan buat para pembaca yang lain… 🙂
          .-= arman´s last blog ..Campursari Part 5 =-.

      • Berry Devanda berkata:

        persoalan seperti ini tidak bisa dipisahkan antara laki2 dan perempuan…
        karena menyangkut hubungan sebab akibat dan saling terkait satu dengan yang lainnya.
        Jika kedua jenis manusia sama2 paham akan kedudukannya, pastilah tidak akan terjadi yang seperti di atas..
        karena, Laki2 tugasnya menahan diri dan perempuan menjaga diri…
        keduanya harus sama2 dijalankan, tidak akan maksimal jika diterapkan salahsatuya saja…
        salam…
        .-= Berry Devanda´s last blog ..Sumatera Earthquake : How to Donate =-.

  35. adipati kademangan berkata:

    saya ralat ya mbak lagunya
    Balonku ada lima, Rupa-rupa warnanya,

    Hijau, kuning, kelabu, hijau muda dan biru…
    Hijau, mbak, hijau … bukan merah.
    Guru TK saya mengajarkan hijau, apa gurunya mbak Eka mengajarkan merah? trus di bait berikutnya balon hijau meletus … gimana ceritanya ?

  36. Eru berkata:

    Huhuhu, jadi ingat kisah sahabat-ku yang mirip…
    iya.. mengingatnya membuat dunia menjadi kelabu (a bit blueish on my mind though)

    @adipati kademangan:
    Guru TK-mu realistis orangnya 😛 kalo guru TK-ku nggak kayaknya soalnya liriknya

    Merah, Kuning, Kelabu, Hijau Muda Dan Biru…
    Meletus Balon Hijau (yang entah darimana datangnya)

    .-= Eru´s last blog ..Angry Expression 2.0 =-.

  37. togar silaban berkata:

    DV bilang: “Tradisi di Indonesia memang masih memandang ‘miring’ setiap kehamilan sebelum menikah.”

    Oops…, kayaknya bukan tradisi ya, itu adalah nilai-nilai, keyakinan dan iman. Memang seperti kata Eka, it is a choice.

    We choose whatever we want to do.
    Tapi seperti kata Pargodungan, semua ada risikonya. Nabrak lampu lalu lintas, berarti siap di tabrak, dan siap di tilang.
    .-= togar silaban´s last blog ..Blog Action Day 2009: Climate Change, do something laah… =-.

  38. lina berkata:

    mbak eka, mbak eka,,,,semoga aja mbak saskia bisa menghapus traumanya. kita memang kadang tersesat, tapi harus segera menemukan jalan yang seharusnya ditempuh. salut banget deh buat mbak saskia. dan lagi, kezia bukan anak haram kok. dia seperti kertas putih ketika lahir. semoga kezia tidak akan melakukan kesalahan yang sama dengan kesalahan ibunya.
    .-= lina´s last blog ..Kantin Persahabatan =-.

  39. shalimow.com berkata:

    inilah kehidupan non, adil dan ketidakadilan bertarung matimatian.
    siapa mau mengasuh anak tadi???? kalo ibunya ikut ya gpp. Alhamdulillah. heheheheh
    .-= shalimow.com´s last blog ..Diperkosa Dengan Atraktif didepan Sang Kekasih =-.

  40. linduaji berkata:

    semoga “bapaknya” kezia baca tulisan ini…

    hidup memang penuh warna bukan? kadang cerah kadang suram. itulah yang membuatnya sempurna.
    .-= linduaji´s last blog ..write and share : SIAPA BILANG TIDAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA ? =-.

  41. tuyi berkata:

    cerita yang membuat kita merenung…
    tabahkan hatimu Sas…
    .-= tuyi´s last blog ..Doangnya gon mlebu wae…. =-.

  42. the bunglon's berkata:

    Smoga selalu tabah dalam menghadapi cobaan.. 😳
    .-= the bunglon’s´s last blog ..Menyelamatkan Diri dari Gempa =-.

  43. anny berkata:

    Yang mewarnai kanvas kehidupan adalah kita sendiri maka kita harus bisa membuat hidup bahagia dan pecahin masalah seberat apapun
    .-= anny´s last blog ..Batik Indonesia dimata dunia =-.

  44. chie berkata:

    mba saskia itu WONDER WOMAN!!!!!!….

  45. macangadungan berkata:

    iya mbak, aku suka ga ngerti. katanya cinta, katanya sayang, tapi saat dihadapi sama hal seperti itu… kok malah kabur? kalo belum siap, kalo masih pental banci, mending jgn coba2 melakukan sex, sana pake tangan aja. jangan bikin susah perempuan. yang laki dapet enaknya, perempuan dapet basian-nya *emosi tingkat tinggi*
    .-= macangadungan´s last blog ..Pentingnya Penghargaan Hak Kekayaan Intelektual Terhadap Perkembangan Ekonomi Kreatif =-.

  46. dela berkata:

    tak selamanya….
    mendung itu kelabuuuu!!!! 😛
    uda lama ga mampir..
    maaf mbak eka..super sibuuuk..
    .-= dela´s last blog .. =-.

  47. delonelybie berkata:

    i…waw… :mrgreen:
    salam kenal ya mba eka…
    temen saya juga mengalami hal serupa…
    bersyukur si laki2 mau bertanggung jawab…
    kesel juga siee…
    kenapa ga saya aja yang jadi suaminya… :mrgreen:
    (just kidding)
    .-= delonelybie´s last blog ..Senandung Lara =-.

  48. ikkyu_san berkata:

    Jangan pernah menyalahkan seorang anak.
    Dia tidak tahu menahu…. justru kita harus membantu dia melewati masa-masa sulit tanpa kehadiran seorang ayah.
    Bayangkan jika di SD dia disuruh mengarang “Ayahku”… apa yang bisa dia tulis?

    Sebuah kenyataan juga bagi orang tua cerai. Yang menjadi korban adalah anak. Masih untung si anak masih bisa mengarang… “Sebelum cerai dengan mama, ayahku yang bernama XxXx adalah seorang bla bla bla”….

    Bapak, Ibu masa bodoh dengan kalian! Tapi jangan siksa anak tak berdosa.

    EM
    .-= ikkyu_san´s last blog ..Merah, Putih dan kebersamaan =-.

  49. nino berkata:

    sulit merasakan bagaimana rasanya jadi dia…
    ialah, orang saya pria!hehe,,.. mana mungkin tekdung…

  50. Zulhaq berkata:

    waduhhh, gw lagi sedih dunk sekarang. kok themenya CE jadi grey…
    emang sudah di rubah ato masih coklat seperti dulu??? aduh bener2 sedih nih hi hi hi

    *sok manja*

    kurang ajar banget sih tu cowok, maunya yang enak enak aja. cemplung cemplungan, hot hota an. giliran dah tumbuh buah percintaan, malah melarikan diri. pacar macam apa itu??? belum pernah kelindas truck pa yah *waduhhh sadis ya gw* hi hi hi….

    buat saskia, perjalanan hidup masih panjang, pahit manis itu hanyalah sebuah proses

  51. Nug berkata:

    Hm.. kejadian yang udah banyak terjadi dan kasik sekali. Ceweknya hamil, cowoknya kabur..

    Ada perbedaan fisik sehingga bukan ceweknya yang kabur… Andaikan kebalik, cowok yang bisa hamil dan cewek gak, bisa jadi fenomenanya juga kebalik. Kita akan liat cocok2 yang menghadapi kepahitan pilihan hidup saat ditinggal ceweknya.

    Tapi kodrat basic manusia dan peran masing2 nya itu khan udah gak bisa berubah.. Itu by nature ‘menuntut’ cewek harus lebih hati2 dalam melangkah ketimbang cowok.

    Semoga aja, anak2 tidak selalu menjadi korban keegoisan orang dewasa yaa..

    Tapi ngomong2 apa jangan2 lo lupa ngelepas kacamata hitam saat ketemu mereka, Ka? Makanya jadi kelabu semua… 😈
    .-= Nug´s last blog ..Nasib, Takdir.. =-.

  52. Tuti Nonka berkata:

    Dunia memang beraneka : ada cowok seperti Gandi, ada yang seperti Arman.
    Kalau saya pilih jalan aman … jangan menggoda atau memancing bahaya. Sebab kalau kejadian, selalu yang rugi pihak perempuan …
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Yogya Ulang Tahun … Yeey! =-.

  53. wew.. gue aje yang ga kenal sama dia, kagum koq lewat cerita ini..
    .-= Billy Koesoemadinata´s last blog ..The Journey, vol.12: The Thought =-.

  54. AtA chan berkata:

    Jadi ikut kelabu juga, kalo skunyos gak bisa dimainin jd gak dapet koin..
    Akhirnya hugo gak dapet box hadiah deh huhuhu 😦

    Untuk saskia, lu salah pilih cowok..
    Coba’ sama gwa ajah hikhik…

  55. nanaharmanto berkata:

    ini kisah klasik yang terjadi terus menerus, terekspos ataupun tidak…dan selalu pihak cewek yang repot, kesakitan dan menanggung malu dan aib.

    Aku nggak pernah menghakimi seorang anak itu haram. anak lahir dalam keadaan tak berdosa, yang dosa kan bapak dan ibunya. lebih dosa lagi kalau sampai menelantarkan anak (meskipun kehadiran anak itu tak direncanakan).
    .-= nanaharmanto´s last blog ..Semacam Pak Unyil =-.

  56. Sari Ajah berkata:

    hidup itu.. warna-warni ya mbak..
    jadi inget temen yang juga punya cerita sama..
    .-= Sari Ajah´s last blog ..Berubah Karena Orang Lain =-.

  57. Zippy berkata:

    Hmmm, nasi udah menjadi bubur…
    Itu pilihan yang tepat, berani berbuat maka harus berani bertanggung jawab…
    Memang terasa susah saat dijalani, dan saya gak bisa kebayang gimana sedihnya…
    Tapi itulah, mungkin dengan tendangan si bayi, dia sadar dan dapat mengambil keputusan yang tepat…
    *Sok tahu mood ON 😀
    .-= Zippy´s last blog ..Miyabi Gagal ke Indonesia =-.

  58. luvaholic9itz berkata:

    VIVA VIVA VIVA for mb saskia

    “dapat merasakan tendangan lembut sang jabang bayi diperutnya. Katanya that was amazing”

    duhhhhhhhh terhanyuttttt aq, mana g bawa pelampung. :mrgreen:

    soal lelaki yg ketinggalan sperma itu, ahhh sudahlah. cuihhhh CIH tak berharga
    .-= luvaholic9itz´s last blog ..SEMPURNA hanya milik ANDRA dan GITA GUTAWA =-.

  59. Christanto Nugroho berkata:

    Iya bner sex b4 married cm enk depannya doank, ga enaknya stlh itu (dan selama-lamanya). Uda saksiin sendiri kehidupan seseorang “stlh b4 married”, menyedihkan, menyedihkan, menghancurkan dan dihancurkan! mungkin lbh berharga roti tawar yg belum terbeli..

  60. wibisono berkata:

    salam kenal… mampir dulu ke blognya panjenengan….
    .-= wibisono´s last blog ..Wikinomics: Sebuah kolaborasi bersama secara Global =-.

  61. alamendah berkata:

    kenyataan, sepahit apapun musti dihadapi. Lari meninggalkan kenyataan tidak akan pernah sampai ke titik tujuan.
    Hadapi dan bertanggung jawab. Paling tidak terhadap diri sendiri.
    Wuiiiiihhhh….
    .-= alamendah´s last blog ..Lubang Resapan Biopori, Sederhana Tepat Guna =-.

  62. Ade berkata:

    suka sedih kalo ngomongin anak2 di luar nikah nih.. suka miris sendiri 😥
    .-= Ade´s last blog .. =-.

  63. Heryan Tony berkata:

    warna kelabu kan berganti suatu saat. Yakinlah…
    .-= Heryan Tony´s last blog ..Membuka Banyak Email dari Satu Alamat Email =-.

  64. quinie berkata:

    kalo gua, terserahlah lu mo ngapain, asaaaalll lu berani nerima konsekuensi dari semua yang lu lakuin. jangan abis manis sepah di buang 😦

  65. Nyubi berkata:

    poor sas.. 😦
    .-= Nyubi´s last blog ..How facebook Are You? =-.

  66. marina berkata:

    i’m proud of her too…. eniwei, foto balonku ada lima nya keren euy!
    .-= marina´s last blog ..Dear God =-.

  67. Hariez berkata:

    huhuhu…telat komeng biarin :mrgreen:

    jiahhh…kelabu dan langit menjadi abu-abu..seharusnya tak ada status anak haram buat kezia, akan tetapi buah dari korban kenyataan sang bapak piuhh.. :mrgreen:

  68. Ping balik: Stop Press! - Cerita EKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s