7 Hotel Populer di Jakarta untuk Staycation

“You only live once, love yourself, enjoy life!”

Lagi stress banyak deadlines, butuh liburan tapi nggak bisa ke mana-mana karena kerjaan segudang? Ini problem sejuta umat kaum pekerja kayaknya ya. Sadly this is true. Hiks. Anw, kalo udah buntu atau stress, saya sih mending nggak maksain kerja. Lebih baik ambil jeda sejenak buat santai, hahahihi, piknik ketemu teman atau keluarga. Biasanya abis itu fresh dan ide-ide kerjaan mengalir lancar deh.

Salah satu cara saya buat stay fresh meski nggak ada tanggal merah adalah dengan pergi staycation bareng keluarga. Biasanya sih menginap di hotel dan lanjut piknik ke obyek-obyek wisata di sekitarnya. Pokoknya cari kegiatan yang bisa bikin otak rileks gitu deh. Hehehe.

Asal Usul Kata Staycation

Sedikit kilas balik, secara etimologi (duh jadi inget zaman kuliah dulu di fakultas sastra hahaha), staycation adalah penggabungan dua kata yaitu stay-at-(home/hotel/villa, etc) dan vacation. Kalau merujuk ke kamus Cambridge, staycation dapat diartikan sebagai liburan di dekat rumah, di kota sendiri yang tidak memerlukan perjalanan jauh.

Di Kanada dan Amerika Serikat, staycation mulai populer pada tahun 2005 di salah satu acara TV komedi dan makin meledak di tahun 2008. Pemicunya adalah harga bensin yang naik jadi orang-orang mesti berhemat. Namun meskipun bensin naik dan mesti berhemat, ya namanya manusia tetap butuh refreshing dong… Buat mengakalinya maka mereka pun liburan di dalam kota. Dari situlah kata staycation jadi naik daun.

Di Indonesia sendiri, staycation juga udah mulai ngetrend. Apalagi di kota besar kayak Jakarta. Maklum, kerjaan menuntut performa tinggi jadi rentan stress, butuh refreshing tapi jatah cuti tipis.

Ada banyak pilihan untuk staycation hotel di Jakarta. Pastikan hotelnya nyaman, makanan enak dengan fasilitas yang lengkap.

Kenapa Staycation?

Kalo ditanya kenapa senang staycation, nggak rugi nginep di hotel tapi di Jakarta aja? Ya enggaklah. Hehehe. Tujuan utamanya kan cari suasana baru dan nggak perlu cuti atau nunggu ada tanggal merah. Liburan bisa kapan aja. Lagian masa kerja mulu, mesti refreshing sambil alokasiin waktu bareng keluarga dong.

Nah, staycation jadi win-win solution yang asyik menurut saya. Otak fresh liburan, jatah cuti aman dan keluarga senang. Betul?

Selain itu staycation juga jadi solusi kalau dompet lagi tipis tapi batere jiwa udah tiris butuh disuntik kesenangan. Nggak perlu beli tiket transportasi kayak pesawat atau kereta api. Nggak perlu sewa mobil kayak kalo lagi liburan di luar kota, kan bisa pake mobil sendiri. Bahkan malah bisa jadi kesempatan buat nyobain angkutan umum Jakarta yang makin hari makin kece itu. Tambah seru kan?

Pertimbangan dalam Memilih Hotel untuk Staycation

Dengan banyaknya hotel di ibukota, pertimbangan apa aja sih yang mesti diperhatikan buat memilih tempat menginap? Kalo saya sih pasti liat lokasi hotelnya. Ada tempat wisata apa yang menarik di sana yang bisa sekalian dikunjungi pas staycation gitu. Lalu akses transportasinya mudah atau enggak. Kadang-kadang saya malah memilih hotel yang dilalui MRT atau bis wisata Jakarta, biar seru aja. Hehehe.

Terus, selain lokasi hotelnya, fasilitas yang lengkap jadi salah satu faktor penentu buat saya memilih suatu hotel untuk menginap. Soal harga juga jadi pertimbangan tentunya. Worth it nggak harga segitu dengan fasilitas dan makanan yang disediakan.

7 Rekomendasi Hotel yang Seru dan Populer di Jakarta untuk Staycation

Anyway, ada banyak hotel di Jakarta yang bisa dipilih untuk staycation. Mulai dari yang murah sampai yang mahal. Namun hotel-hotel apa aja sih yang seru buat recharging jiwa bareng keluarga? Simak versi saya di bawah ini ya, saya highlight poin-poin apa aja yang bikin saya suka nginep di sana.

1. Ayana MidPlaza

Salah satu hotel kesukaan saya. Lokasinya strategi di tengah kota. Kolam renangnya asyik banget dengan gazebo-gazebo lucu. Pelayanannya juga sangat personal. Saya ingat pas sarapan, salah satu pelayan ingin menambahkan gula ke dalam cangkir tehnya Basti, waktu saya bilang Basti ada alergi jadi jatah gulanya dibatasi, dengan cepat pelayannya langsung mengambil madu dan menawarkannya kepada saya. Duh, terharu banget!

Kamarnya juga cantik nan klasik. Apalagi ada bunga Lili segar di dalam kamar plus ada turn down service. Seneng aja gitu pas malam-malam abis keluyuran, eh pulang-pulang di dalam kamar ada coklat enak gitu. Hahaha.

2. Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Duh hotel ini… Menurut saya, Holiday Inn Jakarta Kemayoran adalah hotel bintang 4 dengan rasa bintang 5. Makanannya ajegile enak-enak semua. Serius enak! Sunday brunch-nya perfect! Must try itu bebek dan babi panggangya. Lezatnya sampe keinget lama.

Betah staycation di Holiday Inn Jakarta Kemayoran. Kolam renangnya juara!

Yang saya suka banget dari hotel Holiday Inn Jakarta Kemayoran adalah kolam renangnya yang ada di lantai 3 dengan pemandangan hutan beton ibukota di kejauhan. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam bersantai di sini. Apalagi anak saya, kerjaannya cuma nyebur, makan, repeat. Hahaha.

Holiday Inn Jakarta Kemayoran juga punya turn down service tapi instead of coklat, mereka memberikan cookies. Sedap! Lokasinya juga asyik karena dekat banget sama JIEXPO, benar-benar jadi hotel pilihan saya buat staycation kalo lagi ada festival musik. Hehehe.

3. Fraser Setiabudi

Saya menginap di sini kalau mau kumpul sama keluarga besar. Interior hotelnya modern minimalis. Fasilitasnya komplit banget buat staycation seru-seruan. Kolam renang besar, ada indoor playground dan outdoor playground-nya penuh dengan ayunan, jungkat-jungkit dan perosotan. Macem-macem deh. Ada lapagan basket dan track kecil untuk jalan kaki. Gym dan sauna.  Ya Lord, suka!

4. Aryaduta Suites Semanggi

Staycation di sini tuh recharging banget. Lokasi persis di tengah kota, dekat ke mana-mana. One thing that I love so much is, kalo Minggu gampang CFD-an deh. Tinggal jalan kaki gitu. Hehehe.  Makanan enak, kolam renang seru, ada outdoor jacuzzi-nya masaaaa. Terus fasilitas mainan buat anak-anaknya juga seru banget. Anak saya paling seneng sama trampolinnya. Hehehe.

Selain itu saya suka banget layanan spa-nya. Dijual paketan sama harga kamar. Duh relaxing banget. Menginap di sini bisa jadi salah satu ide buat kado ulang tahun suami, istri atau anak.

5. Novotel Mangga Dua Square

Nah, saya staycation di sini kalau lagi pengen belanja-belanji. Secara lokasinya persis di tempat surga belanja ya, tinggal turun ke bawah aja. Hahahaha. Kamar nyaman banget, buffet sarapannya juga nggak nahan: banyak pilihan makanan.

Staycation seru di Novotel Mangga Dua Square

6. Mercure Ancol Jakarta

Udara pantai itu bagus buat relaxing. Nah kalau butuh mantai maka biasanya saya dan keluarga bakalan staycation di sini. I might say they really are a family hotel. Ada aktivitas-aktivitas buat anak dan keluarga gitu, mulai dari badut, water dance, sampai face painting. Mercure Ancol Jakarta bahkan punya meja sarapan khusus anak-anak lho dan ada peringatan untuk tidak merokok di dekat anak-anak. How thoughtful!

Lalu ada Kids Corner juga di Mercure Ancol Jakarta yang isinya kolam bola, perosotan bahkan PS. Ini nih bapaknya Basti yang malah heboh main. Hahaha. Terus tentu saja lokasinya itu lhoooo…. Dufan ada di depan mata, ke Gelanggang Samudra atau Ecopark tinggal jalan kaki, main pasir bisa langsung di pantai. Seru deh pokoknya!

7. Harris Tebet

Salah satu hotel yang dekat dari rumah. Suka karena banyak properti lucu-lucu gitu buat foto. Ada bajaj dan becak di lobby-nya. Lalu punya banyak pilihan sarapan mulai dari salad-buah, roti-rotian sampai kuliner nusantara khas Indonesia kayak lontong sayur dan bakso. Ohya, soto kikilnya sedap banget! Kolam renang juga asyik mana nyambung pula sama restorannya. Hihihi.

Yep, itu tadi beberapa rekomendasi hotel untuk staycation versi EKA. Saya biasanya liat-liat hotel untuk staycation di Traveloka, kadang via apps, kadang lewat web. Tergantung saya lagi di mana. Tentu beli voucher hotelnya di Traveloka juga dong. Lumayan biar poinnya makin banyak ngumpul. Hehehe. Ohya, sudah menjelang akhir tahun nih, deadline kerjaan makin padat merayap. Kalau udah mulai suntuk, jangan lupa staycation buat refresh diri sendiri ya! Kerja keras boleh tapi jangan lupa sayang sama diri sendiri juga dengan manjain jiwa.

 

Selamat Hari Jumat Sobat CE! Mau staycation di mana nih? Apa kriteria hotel yang seru untuk staycation menurutmu?

Baca juga:
1. 10 Rekomendasi Hotel Romantis di Bali
2. Tips Mendapatkan Diskon hingga 50% saat Memesan Hotel
3. Cara Liburan Hemat ke Kuala Lumpur
4. Rekomendasi Hotel di Puncak

22 respons untuk ‘7 Hotel Populer di Jakarta untuk Staycation

Add yours

  1. aku sampe lupa awal mula ketagihan dan jd rutin staycation krn apa :D. seingetku krn dulu suami sering diinapin di hotel le meridien ama kantornya, dan dia sering ngajakin aku dan si kaka pas msh bayi. sejak itu kok ya ngerasa staycation asik utk ganti suasana di saat budget jalan2 blm terkumpul :p. jd rutin deh

    tp syarat utamaku staycation udh pasti hotelnya ada kolam renang ato kids corner. krn biar gimana anak2kan ikut :D. beda kalo cm ama suami. itu mah yg ptg kamarnya hrs super duper nyaman krn bakal ngabisin lbh lama di sana toh 😉

    beberpa hotel yg mba tulis ntr aku mau coba ah, kyk harris ama novotel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: