7 Keindahan Savana di Indonesia yang Memanjakan Mata

Pernah nggak sih uring-uringan gaje padahal nggak PMS? Kadang nih ya, rutinitas yang diulang terus setiap hari, bisa bikin hati penat dan lelah. Alhasil jadinya marah-marah, nyinyir, dan semuanya salah aja gitu. Oops :mrgreen: . Kalau udah begitu mending ambil jeda sebentar buat refresh pikiran dengan cari tempat bersuasana tenang yang jauh dari hiruk pikuk kesibukan. Kata penelitian sih, lihat yang ijo-ijo kayak savana bisa bikin mood dan hati senang. Terapi mata, gitu lho. Walaupun beberapa savana memang harus dicapai dengan mendaki gunung, tapi dijamin keindahan pemandangan yang kamu dapat dari savana-savana di Indonesia nggak bakal bikin kamu nyesel, RedTraveler! Cuss, lanjut baca ya.

7 Keindahan Savana di Indonesia:

  1. Savana Purukambera
Savana Purukambera yang menawan dengan kuda-kuda liarnya.

Konon katanya, savana yang terletak di Sumba Timur ini merupakan savana terluas di Indonesia lho, RedTraveler. Dari kota Waingapu, jarak yang harus ditempuh kurang lebih 24 km aja. Buat si petualang, jarak segitu sih biasa aja ya, kan? Nggak bakal nyesel juga setelah menempuh perjalanan sejauh itu, karena kamu bakal melihat kuda yang dilepas secara bebas. Suasana alamnya berasa banget deh pokoknya! Buat melihat kuda yang secara bebas berlarian di savana ini, lebih baik kamu dateng di saat musim kemarau. Karena kalo pas musim hujan kudanya takut lepek kali ya hehehe…

  1. Savana Propok Sembalun
Teduhnya pagi di Savana Propok Sembalun

Siapa sangka di jalur pendakian Rinjani, Lombok, ada hamparan padang hijau yang cantik kek gini? Selain jalan kaki, kamu bisa mencapai savana ini dari kecamatan Wanasaba dengan menggunakan mobil pickup. Kamu tinggal daftar ke Kelompok Sadar Wisata atau pokdarwaris yang ada di sana, abis itu kamu bakal dianterin ke pemandian air panas Sembalun dan melanjutkan perjalanan ke savana dengan jalan kaki dalam waktu 2 jam aja. Hah 2 jam aja? Iya soalnya kalo kamu ngotot mau jalan kaki aja dari kecatamatan Wanasaba, kamu butuh waktu kurang lebih 10 jam untuk sampai ke savana ini. Jadi lumayan banget, kan?

  1. Savana Baluran
Baluran! Kecenya nggak nahan.

Banyak banget yang bilang kalo savana ini mirip banget sama suasana Afrika. Masalahnya yang udah pernah ke Afrika setuju nggak nih? Hehe. Tapi terlepas dari mirip atau enggak, keindahan savana Baluran yang terletak di Banyuwangi ini juga didukung dengan konservasi hewan-hewan alam yang eksotis. Jadi nggak heran kalo perjalanan kamu ke savana Baluran akan dilengkapi dengan berkeliarannya hewan-hewan di jalan. Hihi… namanya juga Taman Nasional ya, RedTraveler.

Baca juga:

1. Bromo Trip: Terjebak Badai Pasir

2. Jangan Minta Oleh-oleh sama Teman

3. Mengejar Sunrise di Bromo

  1. Savana Sadengan
Savana Sadengan, salah satu savana di Indonesia yang manjain mata banget.

Melipir ke wilayah Banyuwangi bagian lain, masih ada savana yang nggak kalah indah dari yang lain di Taman Nasional Alas Purwo. Yes, namanya savana Sadengan. Hewan-hewan yang bebas berlalu lalang di sini juga nggak kalah menarik. Bayangin, kamu bisa liat kijang, babi hutan, rusa, sampai macan tutul! Nggak cuma itu aja, di Taman Nasional Alas Purwo ini kamu juga bisa menemukan berbagai macam burung kayak elang jawa, srigunting, jalak putih, dan sebagainya. Keren banget ya, RedTraveler.

  1. Savana Gunung Merbabu
Siapa yang nggak pengen ke Gunung Merbabu? Cakepnya kayak gini!

Anak gunung pasti udah familiar banget sama gunung yang terletak di Boyolali, Jawa Tengah ini, kan? Buat yang nggak pengen mendaki gunung Merbabu, RedDoorz bakal motivasi kamu dengan keindahan savana di gunung ini. Kalo kamu udah sampe di pos 4 dan menuju pos ke 5 saat mndaki gunung ini, kamu bakal disuguhi dengan pemandangan cantic dari savana yang terbentang luas. Udah kepengen buat daki gunug belom, RedTraveler?

  1. Savana Gunung Bromo
Savana Gunung Bromo saat musim hujan, warnanya hijau cantik.

Hijaunya padang savana ini terletak di Selatan gunung Bromo. Pemandangan di sini nggak kalah kece sama yang di New Zealand, lho! Di savana gunung Bromo ini, kamu bakal menemukan tanaman pakis, ilalang, dan lavender yang tersebar. Yang pengen simpen stok foto buat dipost di Instagram, cocok banget nih buat dijadikan spot cekrek cekrek.

Bromo saat musim kering, tetap kece walau menguning.
Salah satu savana antara Auckland dan Wellington yang saya ambil di tahun 2012 saat perjalanan ke New Zealand dulu. Bandingin aja, savana di Indonesia jelas nggak kalah kecenya!
  1. Savana Cikasur
Savana Cikasur

Throwback ke jaman penjajahan Belanda, konon katanya savana Cikasur ini dulunya pernah dijadikan sebagai lapangan terbang. Makanya, kamu bakal menemukan sisa-sisa fondasi landasan dan bangunan di atas gunung Argopuro ini. Tapi bukti sejarah itu nggak mengurangi keindahan savana Cikasur ini kok, RedTraveler. Kamu tetap bisa menikmati kesejukan dan keasrian yang terasa di atas sana.

Berbagai Pilihan Reddoorz di Indonesia Menunggu Kamu, Lho!

Gimana, keindahan berbagai savana di atas udah menggugah hasrat buat berlibur belom? Tujuannya kan udah, terus nginepnya gimana? Ya di RedDoorz lah! Pas banget nih, lagi ada promo diskon nginep 25% dari RedDoorz. Pemesanannya mulai tanggal 12-15 September, nginepnya mulai tanggal 12-30 September.

Masukkan kode BARATKETIMUR di apps Reddoorz untuk dapatin diskon nginep 25%

Eits, masukin kode promo BARATKETIMUR dulu ya! Dari ujung barat ke ujung timur Indonesia, ada lho hotelnya! Kamu gak usah pusing lagi deh, tinggal buka website Reddoorz atau appsnya. Kalo belum, bisa download di AppStore atau PlayStore. Cus lah!

 

Selamat Sabtu, Sobat CE. Sudah pernah ke Savana yang mana?

Iklan

15 respons untuk ‘7 Keindahan Savana di Indonesia yang Memanjakan Mata

Add yours

  1. blm pernah ke tempat2 di ataaaas :(. pengeeen bangetttt. apalagi, krn aku ga suka pantai, savana begini lbh cocok buatku. ijo royo2 ya mba :D. lbh enak dipandang jugaaaa. Kece semua, ga bisa mutusin mana yg paling cakeeep hahahaha. Dassr gemini, suka galauan ama pilihan :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: