Bingung Memilih Hotel atau Akomodasi buat Liburan? Baca dulu Tipsnya untuk Dapat Diskon hingga 50%

Kalau liburan lebih enak menginap di hotel, vila atau apartemen? Saya sering dapat pertanyaan seperti itu dari teman-teman. Dilanjut lagi dengan pertanyaan, “gimana sih caranya dapat harga hotel atau penginapan yang murah tapi enak? Nggak zonk gitu.” Maksudnya penginapan yang review online-nya dan kenyataan pas datang menginap tuh sama. Bukan cuma keliatan bagus di gambar aja tapi aslinya bikin kecewa. Hiks, sering ada kejadian gini kan? Hehehe.

Ada dua topik utama dari pertanyaan di atas, yang pertama soal jenis akomodasi dan yang kedua soal harga. Kita bahas satu-satu deh yuk. Topik ini menarik banget karena komponen utama setiap perjalanan adalah akomodasi yang di dalamnya termasuk penginapan juga tiket pesawat. Soal tiket pesawat sih saya sudah pernah bahas. Sekarang kita bahas soal akomodasi ya.

Baca juga:

1. Cara Liburan Hemat ke Kuala Lumpur

2. Beauty Tips When Travelling

3. Tips Liburan ke Negara Komunis

 

Lebih Enak Menginap di Hotel, Vila atau Apartemen?

Well, menurut saya setiap jenis akomodasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung jenis liburannya dan perginya sama siapa. Saya akan memilih menginap di hotel kalau berlibur bersama keluarga inti dan males makan di luar dan males rapi-rapiin tempat tidur. Tahu sendiri kan kalau liburan bawa anak kecil tuh kamar kadang kayak kapal pecah 😀 Kalo nginep di hotel enak karena ada layanan make-up room.

Sementara jika menginap dengan keluarga besar di atas 10 orang dengan lokasi terpencil seperti pantai rahasia atau Puncak maka vila jadi pilihan. Berhubung lokasinya yang biasanya secluded, maka pertimbangan utama saya dalam memilih vila adalah adanya fasilitas katering atau disediakan tukang masak. Kalau udah di dalam vila kan udah males keluar ke mana-mana, makanan mesti tersedia setiap saat mulai dari menu utama sampai cemilannya.

Nah, apartemen biasanya saya pilih kalau liburan sama keluarga inti dan bawa ortu atau adek yang punya anak kecil. Kalau apartemen kan biasanya ada beberapa kamar dalam satu unit jadi kebersamaannya terasa. Lalu ada ruang tamu buat anak-anak balita main dan juga ada dapur buat bikin susu atau siapin makanan mereka.

Keuntungan lain dari menginap di apartemen adalah biasanya playground untuk anak-anak komplit seperti di Apartmen The Fraser Kuningan ini.

Tapi dari semua jenis akomodasi itu tentu ada nggak enaknya juga. Hotel biasanya lebih mahal, villa belum tentu cocok ama tukang masaknya dan kalau di apartemen mesti mau repot dikit karena self service alias nggak ada yang bersihin kamar. Hehehe.

Tips Memilih Akomodasi yang Tepat untuk Liburan

1. Tentukan dulu jenis akomodasi yang diinginkan.

Mau pilih hotel, vila atau apartemen ya pilih sesuai keinginan supaya saat membeli voucher penginapan sudah nggak buang-buang waktu lagi mau yang mana. Bisa fokus pada detil yang lain seperti jenis kamar, fasilitas dan lokasi, tidak terdistraksi oleh banyaknya pilihan lain. Soal enakan hotel, vila atau apartemen udah saya bahas di atas ya.

2. Pertimbangan Lokasi

Kalau memang mau habis-habisan eksplor suatu tempat dan nggak punya kendaraan, maka bisa pilih lokasi hotel yang dekat dengan stasiun MRT, terminal bis atau tram. Namun kalau maunya liburan leyeh-leyeh manja, berarti pilih vila atau hotel model resort yang terpencil gitu juga gpp. Jenis liburan betul-betul memengaruhi lokasi hotel atau akomodasi yang diincar. Saya selalu mengusahakan tinggal di tengah kota yang transportasi publiknya gampang dan dekat terus ada banyak pilihan kedai makanan di sekelilingnya. Jaga-jaga aja kalo anak bosen makanan hotel.

3. Sesuaikan pilihan jenis kamar dengan itinerary.

Buat saya penting banget untuk menyusun itinerary sebelum memesan kamar hotel. Kenapa? Karena saya ogah rugi! Hahaha. Maksudnya gini, kalau memang saya mau keluar kamar seharian karena pengen menjelajah suatu tempat maka kamar standar atau superior cukuplah. Yang penting enak tidur dan kamar mandi ada air anget. Tapi kalau tujuannya mau istirahat recharging jiwa dari segala kepenatan dunia maka wajib hukumnya pilih hotel yang fasilitasnya komplit mulai dari kolam renang, spa, sampai jaccuzi dan layanan in-room service 24 jam segala.

Kalo niat eksplor dan cuma numpang tidur doang maka booking hotel budget pun nggak masalah. Yang penting kasur nyaman dan ada air hangat.

4. Pilih Online Travel Agent (OTA) yang terpercaya seperti Traveloka

Travel agent sih banyak, tapi yang terpercaya dengan layanan CS yang cepat selama 24 jam? Traveloka jawabannya. Namanya liburan ya, kan nggak mesti semua mulus lancar. Kadang ada aja halangannya. Seperti waktu saya ke Vietnam tempo hari, ada beberapa request saya yang tidak terakomodir dengan baik namun keluhan saya cepat ditangani oleh Traveloka. Saya tinggal kirim email dan direspon serta diselesaikan dengan cepat. Bahkan dapat tambahan poin sebagai bentuk permintaan maaf. Hehehe, saya senang!

5. Gunakan Kartu Kredit yang bekerjasama dengan OTA

Saya sering dapat potongan harga tambahan karena pakai CC Mandiri. Ada kartu kredit lainnya juga sih, banyak kok yang kerjasama dengan Traveloka seperti Citibank, BNI, Permata, OCBC NISP, Bukopin, Mayapada hingga BRI.

6. Pilih hari tertentu yang sering diskon untuk booking kamar

Nah, ini yang banyak orang nggak tahu. Kalau beli akomodasi di Traveloka, khusus hari Rabu dan Sabtu itu sering ada promo lho. Diskonnya gila-gilaan bisa sampe 50% apalagi sekarang ada Traveloka August Deals of the Day. Apaan tuh? Baca penjelasan komplitnya di bawah ini ya.

Traveloka August Deals of the Day: Diskon Hotel, Vila & Apartemen sampai 50%

Jadi mulai dari tanggal 14 Agustus s.d. 22 September 2019, Traveloka kasih diskon hingga 50% khusus pembeliaan di hari Rabu dan Sabtu. Model promonya tuh dengan flash sale gitu dua hari dalam seminggu untuk hotel-hotel yang bertanda spesial promo. Tenang aja, pilihan hotelnya banyak kok mulai dari yang bintang 1 sampai bintang 5.

Diskon berlaku hanya melalui aplikasi Traveloka. Kamu udah download kan? Saya sih udah! Hehehe. Dan saya sendiri udah ngerasain manfaat diskonannya pada liburan saya ke Australia Agustus ini. saya menginap di Mercure Melbourne Therry Street. Waktu mau booking kamar, setelah cek di web sebelah dan bandingin harga, ternyata lebih murah di Traveloka. Selisihnya sih nggak banyak, sekitar 50 ribu aja, tapi dikali 4 malam dan 2 kamar? Saya menghemat sampai 400k lho! Such good deal kan? Kalo nggak percaya, kalian bandingin sendiri lah. Hehehe. Traveloka emang paling bisa kasih deals paling oke dibanding travel agent lainnya.

Traveloka August Deals of the Day. Diskon akomodasi dari hotel, vila sampai apartemen di hari Rabu dan Sabtu.

Anw, saya termasuk salah satu pelanggan Traveloka yang setia. Kalau buat liburan atau traveling sih Traveloka jadi pilihan utama karena banyak keuntungannya. Beberapa keuntungan yang saya dapatkan dari membeli Akomodasi Kamar Hotel, Vila dan Apartemen di Traveloka adalah:

A. Harga jelas lebih murah.

Apalagi di hari-hari tertentu, dengan tambahan diskon flash sale seperti Traveloka August Deals of the Day.

B. Bisa bayar saat check-in alias setelah sampai di tempat

Fitur ini penting banget buat saya apalagi kalau liburan ke negara yang membutuhkan visa. Kadang kita gak tau visa bakal di-approve atau enggak kan ya, padahal pas urus visa diminta melampirkan voucher penginapan segala. So buat meminimalisir kerugian ya saya beli voucher yang bayar pada saat kedatangan. Kalo visa disetujui tinggal jalan dan bayar di sana tapi kalau sampai batal pergi maka hotel bisa di-cancel tanpa bayar apapun. Trust me, nggak bayar sepeser pun! Saya udah pengalaman cancel 3 hotel soalnya. Hehehe.

C. Banyak opsi untuk pembayaran

Masih nyambung sama poin sebelumnya, selain ada opsi pembayaran saat check-in juga ada opsi pay later (alias bayarnya nanti), UANGKU, Debit, Kartu Kredit, sampai ATM dan Bank Transfer. Memudahkan kita untuk mengatur cashflow biar liburan lancar tapi keuangan bulanan keluarga nggak terganggu.

D. Banyak filternya jadi gampang booking akomodasi

So far saya suka booking akomodasi di Traveloka karena pas booking tuh ada fitur filter akomodasi yang kita inginkan. Mau hotel yang family friendly, ada sarapan atau tidak, lokasi, sampai range harga. Ini menghemat waktu saya banget jadi nggak capek mesti cari-cari lagi. Saya jadi bisa fokus urusin hal lain seperti tiket wisata atau sewa mobil pas di sana.

Kalau mau quality time dan malas keluar penginapan maka saya pilih hotel yang sarapannya enak kayak di Mercure Karawang ini.

E. Bisa baca testimoni pelanggan lain yang sudah menginap di sana

Biar pilihan hotelnya nggak zonk. Hehehe. Baca-baca review orang lain bisa memberikan info tambahan buat kita apakah mau nginep di sana atau enggak.

 

So, itu tadi tips dari saya untuk memilih akomodasi yang tepat buat  liburan baik di dalam maupun di luar negeri. Kalau mau tanya-tanya soal hotel, dst, feel free to email me ya atau poke my Instagram account @ceritaeka.

 

Selamat hari Jumat, Sobat CE! Mau liburan ke mana di bulan Agustus ini?

 

Baca juga:

1. Baca Ini Dulu Sebelum Booking Hotel via Online Travel Agent (OTA)

2. Jalan-jalan ke Amerika

3. Liburan ke Labuan Bajo

 

Iklan

22 respons untuk ‘Bingung Memilih Hotel atau Akomodasi buat Liburan? Baca dulu Tipsnya untuk Dapat Diskon hingga 50%

Add yours

  1. aku kok belum pernah sarapan di kamar gitu…kwkwkw
    beberapa kali nginep hotel tapi blm tau prosedurnya sarapan di kamar..
    apakah ada biaya tips khusus kak?

    traveloka paling ok pokoknya buat book book yaa

  2. samaaa, beberapa cara di atas aku lakuin juga mba. mau stay di hotel ato apart ato villa, itu tergantung liburannya ama siapa sih. kalo aku cuma traveling bareng suami, dan anak2, pasti lbh milih hotel.

    tp kalo ama temen, aku ga terlalu mikirin kenyamanan penginapan, yg ptg kamar mandi dalam. ga suka sharing kamar mandi ama turis ga dikenal soalnya :D. nah kalo rame2 di atas 10 org, baru deh mending sewa villa ato rumah sekalian.

    aku msh sering menggunakan traveloka, walopun skr ini lg suka ama booking.com juga. aoalagi setelah naik jd level genius2, aku makin srg diksh diskon gede plus free upgrade :D, yg mana bbrp kali ngalahin traveloka. tp intinya, kalo mau booking apaoun, aku slalu buka semua OTA, nth itu traveloka, tiket.com, booking.com, dreamtrips, dll, hanya utk bandingin harga :). mana yg murah dgn fasilitas lebih, ya itu yg aku ambil 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: