Tempat Wisata di Jawa Timur yang Cocok untuk Para Backpacker, Mulai dari Air Terjun sampai Theme Park

Kalau ke Jawa Timur enaknya liburan ke mana aja ya? Secara Jatim itu kan gede banget karena merupakan provinsi paling luas di Pulau Jawa. Wilayah Jawa Timur mencapai 47.922 km², yang pastinya menawarkan wisatawan dengan banyak pilihan tempat wisata buat semua kalangan termasuk para backpacker.

Di artikel ini, saya akan membahas mengenai beberapa tempat wisata di daerah Lumajang, Malang dan Surabaya yang cocok untuk para backpacker. Baca sampai habis, ya!

10 Tempat Wisata Seru di Jawa Timur buat Backpacker

#1 Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu akan menjadi yang pertama saya rekomendasikan saat ditanya main ke mana di Jawa Timur. Air terjun yang kerap disebut ‘Coban’ oleh masyarakat lokal ini menurut saya sangat menawan serta memberikan pesona liar yang belum tersentuh publik.

Ada dua cara menikmati Coban Tumpak Sewu yakni melalui Lumajang atau Malang. Perjalanan menuju destinasi ini dari kedua jalan tersebut menawarkan pemandangan menawan. Jika dari Malang, kamu akan mendapatkan panorama Tumpak Sewu dari samping, sedangkan jika dari Lumajang maka kita dapat menikmati air terjun dari sisi depan.

Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang. Pesonanya luar biasa!

Buat yang mau trekking, siapkan stamina karena akan butuh perjuangan ekstra. Tapi jangan khawatir, untuk menikmati air terjun setinggi 120 meter ini terdapat view point yang sudah disediakan. Selain itu, harga tiket masuknya juga terjangkau banget yaitu Rp5.000 per orang.

Air Terjun Kapas Biru yang memukau. Debit airnya selalu deras. Salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang digandrungi para backpacker.

#2 Coban Kapas Biru

Coban kedua yang saya sukai adalah Kapas Biru. Air terjun ini favorit saya banget. Trekking yang dibutuhkan untuk sampai ke coban antara 30 – 60 menit tergantung stamina masing-masing. Sepanjang perjalanan adalah petualangan yang tak terlupakan, mulai dari melewati jembatan bambu yang bunyinya kriet kriet sampe menuruni anak tangga vertikal yang bikin jantung loncat-loncat seru. Hahaha.

Selain itu, mata juga dimanjakan dengan pemandangan hijau yang segar dan ketenangan alam yang bikin hati teduh. Cukup membayar HTM Rp7.000 saja, kamu sudah bisa puas main air dan mengagumi ciptaan Tuhan yang kece ini! Loveee.

Menikmati matahari terbit di Gunung Bromo.

#3 Gunung Bromo

Siapa bisa menolak pesona Gunung Bromo? Mau dilihat dari mana saja, sunrise di Bromo itu indahnya bikin jantung seolah berhenti berdetak sesaat. Mengingat sulitnya medan menuju ke sini, pelancong harus menggunakan jeep hardtop yang sudah terkoordinasi dengan pengelola TN Gunung Bromo. Nah, biar biayanya jadi murah dan terjangkau mending ikutan open trip aja. Harga berkisar dari Rp300.000 / orang dan itu pun sudah dijemput dan diantar kembali lagi ke stasiun Malang.

 

#4 Alun-alun Kota Batu

Hah? Ada apaan di alun-alun? Emang seru buat wisata? Weits jangan salah, di Kota Batu, alun-alun bukan sembarang alun-alun. Di tempat ini berjajar wisata kuliner murah meriah. Salah satu yang wajib kamu coba adalah pos ketan durian dan susu segar. Sudah tahu kan kalau Batu itu salah satu penghasil susu yang berkualitas? Dinginnya kota Batu Malang memang paling sedap dilawan dengan susu hangat beraneka rasa sambil memandangi lalu lalang orang yang sibuk dengan urusan masing-masing. Harga susu mulai dari Rp2.000/gelas, sementara ketan durian mulai dari Rp10.000 saja. Murah, kan?

#4 Jatim Park 1

Wahana di Jatim Park 1 yang seru dan menantang adrenalin

Nah untuk adrenaline junkie, kamu wajib mampir ke Jatim Park 1 karena di sini ada banyak wahana yang memacu adrenalin seperti Loop Coaster, Sky Ride, Sky Swinger, Superman Coaster sampai Flying Tornado. Theme Park keren yang udah berdiri dari tahun 2001 ini terbagi menjadi 3 area yaitu Zona Edukatif, Zona Playground dan Zona Adventure.

Selain seru-seruan, saat main ke sini kamu bisa juga nambah ilmu pengetahuan karena ada laboratorium interaktif raksasa seluas 1.000 m² yang penuh dengan alat peraga IPTEK dan hasil karya teknologi modern lainnya. Pengunjung bisa mencoba alat-alat di situ lho. Keren, ya? HTM Rp70.000 – Rp100.000,- / orang

Btw untuk Harga Tiket Masuk di theme park ini akan saya bahas lebih lanjut nanti ya. Kenapa? Karena ada berita bagus buat para pencinta diskonan kayak kamu dan saya 😀 stay tune!

 

#5 Jatim Park 2

Hewan-hewan di Jatim Park 2 Malang

Buat kamu pencinta satwa maka Jatim Park 2 ini patut dikunjungi. Di sini terdapat fauna lucu yang terawat dan ndut-ndut. Kebun binatangnya juga terawat banget.

Jatim Park berdiri di tahun 2012 dan memiliki 3 area yaitu Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Game Park. Di area tersebut ada  Zona Aquarium, Reptil, Savanah, Tiger Land, hingga miniatur candi. Komplit, ya? Untuk masuk ke sini, kamu perlu membayar HTM sebesar Rp70.000 saat hari kerja dan Rp100.000 per-orang saat akhir pekan.

 

#6 Jatim Park 3

Jatim Park 3 Malang

Apa bedanya Jatim Park 1, 2 dan 3? Well, kalau Jatim Park 1 kan udah jelas adalah theme park edukatif yang menghibur, sementara Jatim Park 2 terkenal dengan koleksi satwanya. Nah, Jatim Park 3 ini konsepnya theme park modern dilengkapi dengan teknologi animasi.

Di sini, tersedia banyak wahana permainan seperti Dino Park, Ice Age, The Legend Star (patung lilin tokoh terkenal), 6D Cinema, The House of Zombie, dan The Infinite World. Buat para pencinta dinosaurus, dijamin nggak nyesel datang ke sini karena theme park ini diatur seperti Jurrasic Park.  HTM Jatim Park 3 dipatok mulai Rp20.000 per orang. Namun, pada beberapa wahana ada charge tambahan kalau mau masuk.

Oh ya, tidak seperti Jatim Park 1 dan 2 yang buka sampai jam 18:00 saja, Jatim Park 3 ini buka sampai jam 22:00. Puas banget deh seneng-seneng di sini. Nggak cuma itu semua spot di sini instagramable banget. Jadi, jangan lupa siapin kamera kamu ya saat berkunjung!

 

#7 Museum Angkut

Mobil kuno di Museum Angkut Malang

Wahai jiwa-jiwa penggila kendaraan yang suka banget segala macam alat transportasi mulai yang jadul sampai yang modern, kamu kudu mampir ke Museum Angkut saat ada di Malang. Buka mulai jam 12:00 sampai 20:00, museum unik ini punya beberapa area yang nggak boleh dilewatkan yaitu Zona Hollywood, Gengster Town, Pertunjukkan 3D Mapping, sampai China Town dan Batavia.

Kalo ke sini kamu mesti siapin memory card yang gede dan beberapa baterai kamera cadangan, ya! Pasalnya, kamu bakalan pengen foto di semua areanya yang instagramable! Hehehe. Harga tiket masuk  Museum Angkut dipatok Rp 100.000 per orang.

 

#8 Batu Night Spectacular (BNS)

Salah satu wahana yang asyik di Batu Night Spectacular (BNS) Malang

Malang tuh punya banyak tempat wisata yang bisa dijelajahi kapan saja, baik pagi, siang ataupun malam. Khusus untuk malam hari, ada Batu Night Spectacular alias BNS yang penuh dengan wahana permainan asyik kayak di Dufan. Ohya, di sini juga sering ada spectacular show yang menampilkan pertunjukkan live music, lho.

Datang ke BNS paling asyik dengan pasangan karena suasana di sini terasa romantis dengan lampu-lampu redup dan taman lampionnya yang cantik. Beuh, jadi pengen gandengan terus. Hahaha. Siapkan uang masuk Rp60.000 all day package untuk bisa mencoba semua wahana di BNS.

 

#9 Eco Green Park

Wisata alam yang harus trekking, udah. Wisata theme park buat adrenaline junkie, pencinta satwa sampe fans kendaraan juga udah. Terus buat pencinta ekowisata apa dong? Tenang, ada Eco Green Park yang bisa memuaskan hasrat kamu sama taman hijau yang mengedukasi.

Beberapa aktivitas seru di sini adalah feeding the animal, naik sepeda listrik, mengunjungi kolam ikan koi, masuk ke wahana World Pheasant hingga nonton Parrot Show dan melihat Wahana Merpati Dunia. Semuanya dijamin seru, deh! HTM ke sini dipatok Rp40.000 saat weekdays dan Rp60.000 pada weekend.

 

#10 Ciputra Waterpark

Segarnya berenang di Ciputra Waterpark Surabaya

Hmmm pas di Surabaya enaknya ngapain? Udara Kota Pahlawan yang lumayan panas ini enaknya dinikmati di Ciputra Waterpark. Di sini, kamu bisa main air sambil menikmati wahana-wahana seru kayak Racer Slider (menara setinggi 10 meter) dan meluncur dari menara tersebut dengan kecepatan hingga 70km per jam.

Selain itu, ada juga Rock Tower, Marina Lagoon, sampai Sirens River yang masing-masing punya keunggulan sendiri untuk memacu adrenalin sambil bermain air. Pokoknya asyik bin ceria banget deh. Basah-basah seru! Buat kamu yang tertarik, siapkan HTM Rp110.000 saat hari kerja dan Rp130.000 di akhir pekan untuk masuk ke Ciputra Waterpark.

 

Rahasia Main ke Theme Park dengan Budget Backpacker dari Traveloka

Mbak, Mbak…. Serius nih rekomendasiin tempat-tempat wisata yang harga tiketnya di atas seratus ribu buat para backpacker? Kemahalan, kaliii. Hahaha. Well, jangan ngegas dulu dong :mrgreen: Siapa bilang backpacker nggak bisa ke tempat-tempat wisata dengan tiket yang harganya lumayan itu? Ayo, baca lebih lanjut, saya kasih tau promo kejutan dari Traveloka yang bakalan bikin kita semua bisa piknik pake modal sedikit.

Di bulan Maret sampe April ini, tepatnya tanggal 11 Maret – 7 April ada promo “Daily Deals Tiket Atraksi Domestik” bagi kamu yang ingin merasakan keseruan wisata pada destinasi domestik di berbagai wilayah Indonesia termasuk tiket masuk beberapa destinasi di atas. Selama periode, kamu bisa mendapatkan diskon hingga 70% untuk berbagai atraksi domestik setiap harinya. Liburan jadi lebih murah kan, jadinya!

Yuk, mumpung bentar lagi weekend mending pesan tiketnya dari sekarang. Selamat liburan!

25 respons untuk ‘Tempat Wisata di Jawa Timur yang Cocok untuk Para Backpacker, Mulai dari Air Terjun sampai Theme Park

Add yours

  1. pengen sesekali naik gunung..ke jawatimur cuma pernah keliling malang. jatim park 2 dan museum dan kulineran aja, ternyata masih banyak tempat menarik di jawa timur.

  2. Wah, udah lama gak ke Jawa Timur sekarang udah banyak banget tempat2 wisata yang asik buat dikunjungi. Yang penasaran ingin lihat sih Malang nih…

  3. emang Malang surganya tempat liburan yak, apalagi yg udah berkeluarga ada promo deal kek gini tu surga banget juga hahaha. Apalagi loket penukarannya minim antrian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: