Hampir Gila di Bangkok

Udah pada baca donk gimana trip saya di Bangkok? Trip yang dilakukan pas saya hamil 7 bulan ke Negeri Gajah Putih yang waktu itu lagi lumayan panas karena banyak demo? Hihihi. Iyaaaa, trip ke Bangkok itu lumayan nekat, abis gimanaaaa… Pengeeeen. Daripada nanti bayinya ngeces-ngeces kan mending diturutin kan ya? *alasan banget* Hahaha.

Anyway, selama di Bangkok saya mengamati banyak hal. Ada yang bikin ngurut dada, ada yang malah bikin saya ketawa sampe keluar air mata bahkan ada yang bikin saya rasanya hampir gilaaa. Ya, ya, ya… Sedikit nih saya bagi hal-hal kecil alias little trivia dari trip saya ke Bangkok kemarin.

Jadi gini… Tau nggak sih, kalo di Bangkok tuh banyak yang bahasa Inggrisnya pas-pas.an kalau nggak mau dibilang kacau banget? >.< Duh, pas saya mau naik Tuk-tuk (semacam bajaj-nya Thailand) saya ditolak sampe 6x sama supir Tuk-tuknya. Tak lain dan tak bukan karena mereka nggak ngerti Bahasa Inggris. ENAM KALI sodara-sodaraaaa….. Jadi kalo baru 2x ditolak pas nembak, jangan berkecil hati yaaa.. Saya ditolak sampe 6x lhooo :D Hahaha. Udah gitu, pas ada yang ngerti Bahasa Inggris, pronounciation mereka paraaah. Serius parah. Nih percakapan saya sama supir Tuk-Tuk yang akhirnya mau berhenti dan ngeladenin saya.

Eka (E) : Can you take me to the pier?

Supir Tuk-tuk (ST) : Were? (Bukan where)

E: I wanna go to pier (dilafalkan /piyer/ ) . *dan saya mengatakan ini sambil tangan saya bergerak-gerak kayak ombak di lautan* Haha.

ST: OK, go to /Per/

E: No, no, no. I wanna go to Pier.

ST: Yes, to Per.

Akhirnya saya tunjukkan peta dan si supir tuktuk mengangguk.

ST: Yes, go to Per.

Ini nih Supir Tuktuknya. Eh tak lupa selfie juga di Tuktuk. Haha

Jadi Pier (yang pelafalannya piyer) dilafalkan /per/ sama Supir Tuktuk. Doeng.. Doeng… :D Daaaan itu tadi baru salah satu contoh percakapan yaaa… Penderitaan saya belum berakhir, masih ada tawar-menawar harga dan juga permintaan supaya jalannya pelan-pelan. Gilaaaa, hampir gila beneran buat komunikasi di sini >.< Hahaha. Nggak Cuma supir tuk-tuk, pelayan di toko pun nggak jauh beda. Ihiks. Udah paling bener deh, sebelum jalan ke Bangkok bikin cue card dengan tulisan-tulisan bahasa Thai dan sodorin ke supir tuk-tuk atau pelayan toko apa yang kita mau :mrgreen: .

Tuktuk nyentrik. ada lampu-lampunya gituuu ;)

Tuktuk nyentrik. ada lampu-lampunya gituuu ;)

Nah, itu tadi ngomongin Bahasa Inggris yang kacau. Nggak fair kalo saya nggak ngomongin sisi baiknya. Ternyataaa banyak orang Thailand yang bisa Bahasa Indonesia walau nggak lancar! Mereka adalah para pedagang di obyek-obyek wisata Thailand. Udah terkenal banget kalo orang Indonesia hobi belanja dan banyak yang ke Thailand, jadi para penjualnya pun belajar Bahasa Indonesia. Jadi pas di Wat Arun, saya lihat kain bagus dunk. Saya bilang gini ke Adrian:

E: Wah kainnya bagus, sayang harganya mahal (lihat price tag-nya)

A: Ya terserah, mau beli enggak…

Terus tiba-tiba dari belakang ada suara begini:

Tidak, tidak. Ini murah. Bisa ditawar.

Kaget nggak lu? :lol: Kirain nggak ada yang ngerti, taunya penjualnya nyamber pembicaraan pribadi suami-istri :mrgreen: Hahaha. Gila beneran deh sayaaa :D Ya walau nggak fasih banget tapi paling enggak bisa transaksi jualan sampe nawar-nawar lah. Hihi.

Jangan kaget kalo para penjual di Wat Arun atau tempat-tempat wisata lainnya bisa Bahasa Indonesia ;)

Jangan kaget kalo para penjual di Wat Arun atau tempat-tempat wisata lainnya bisa Bahasa Indonesia ;)

Hal baik lainnya soal penduduk Thailand adalah mereka ramah dan baik hati. Nggak segan kasih bangku buat saya yang lagi hamil, mencarikan jalan kalau kami tersesat atau malah ngasih uang. Iyaa! Ini beneran :mrgreen: Jadi yaa, pas mau naik MRT di Bangkok, Adrian kekurangan uang kecil buat beli tiketnya. Kami sempet bingung-bingung gitu. Trus, trus… Tiba-tiba ada yang ngasih koin aja ke kami supaya kami beli tiket. Duuuh baiknyaaa! No wonder Bangkok kadang disebut juga the City of Angel. Ah, jadi kangen Bangkok lagi.

Punya pengalaman hampir gila juga di negeri orang, Sobat CE? Share di marih dunk! ;)

Baca juga:
1. Bangkok Trip: Let the Holiday Begin in Wat Arun
2. Visiting Wat Pho Reclining Budha
3. Exploring Chao Phraya River, Bangkok
4. Babymoon to Phuket: a Wonderful Love Journey
5. Senam Jantung di Chatuchak Weekend Market
About these ads

About Ceritaeka

A wife. Known as a friendly cheerful person with a non-stop talking character. Choco addict. High-heels fans also a traveling lover. Simply give her friendship, love, freedom and FUN will be in the air.
Gallery | This entry was posted in Bangkok, Thailand and tagged , , , . Bookmark the permalink.

61 Responses to Hampir Gila di Bangkok

  1. Pingback: Exploring Chao Phraya River, Bangkok | Cerita EKA

  2. Pingback: Visiting Wat Pho Reclining Budha | Cerita EKA

  3. Pingback: Bangkok Trip: Let the Holiday Begins in Wat Arun | Cerita EKA

  4. vie87 says:

    Saya udah siapin kalkulator sendiri loh mbak buat belanja belanji di Chatucak Market, biar nawarnya pake bahasa kalkulator. Eh taunya ga kepake juga, krn para penjualnya udah pada menggunakan kalkulator mereka sendiri untuk tawar menawar :D

  5. bawangijo says:

    Haha emang gitu di Thailand, susah beneur komunikasinya, mentang-mentang muka mirip kayak orang Thai diajaknya ngomong pake bahasa thailand..

  6. ded says:

    Pengalamanya semua menyenangkan, bandaranya oke,phuket juga oke.

  7. Arman says:

    jangan2 supir tuktuk nya bisa ngomong indo ka.. daripada ribet2 jelasin pake bhs inggris! hahaha

  8. Tukang tuktuk suka banget ngajakin masuk ke toko buat belanja, konon mereka dapat fee kalau kita masuk toko. Suatu ketika aku dan Gary dapat tuktuk murah, tapi disuruh masuk toko kain. Ya udah kita masuk aja, ternyata itu toko punya India dan tailor made; walhasil gak sampai dua menit kami keluar lagi dan si supir tuktuk jadi bahan ketawaan pekerja di toko kain itu.

    Abis itu gantian kita yang berkelahi panjang karena dia nggak mau nganterin ke tempat tujuan akhir. Bangkok oh Bangkok.

  9. Pingback: Hampir Gila di Bangkok | Blog

  10. hahaha, penjualnya bisa bhs ind juga ternyata, untung nggak ngrasani yg jelek2 ya mak eka :D

  11. moocensusan says:

    Hahaha.. emang miskom itu bikin gila ahaha btw tuktuk itu apa ya

  12. claudeckenni says:

    Wahhh, gua baru tau kalo di Thailand banyak yg bisa Bahasa Indonesia
    Mungkin karena banyak turis dari Malaysia yg ke sana kali ya?

  13. baru pertama kali ke luar negeri, ya ke Bangkok.
    pertama menginjakkan kaki di suvarnbhumi udah kaya anak ilang, krna petunjuk toilet ga jelas. alhasil nanya ke petugas cleaning servis bandara, ngmg pake bahasa inggris ga ngerti, alhasil pake bahasa tubuh sambil peragain org pipis, haha… gila bener…

    wah, wat arun pada bisa bahasa indonesia ya. Semoga next trip bisa mampir kesana :D

  14. Bangkok baru ngerasain 15 jam transit. Terkesima dengan perbedaan dunia malam dan ketika pagi menjelang, ketika para biksu keluar kuil ^^

  15. Hehe, City of Angels itu bukan anggapan, kak. Lebih tepat disebut arti dari nama asli Bangkok, yaitu Krung Thep bla bla bla (tau kan nama aslinya sepanjang kereta lodaya) yg artinya “City of Angels bla bla bla”.

    Nice share. Besok gue mau cari couch anak asli Thailand yg bisa bahasa Inggris aja. Kalo mau ke mana2, minta petunjuknya :D

  16. Swastika Nohara says:

    Di Bangkok sempat naik bis kota nggak Ka? Keren lho kondektur bis nya cewek-cewek pakai sepatu hak dan kaos kaki! Rapi jali! Dan tiketnya sobekan kecil dalam rol-rolan gitu… Beberapa kondektur bis yg sempat gue temui ngerti bahasa Inggris pasif, jadi mayah laaah….

  17. nyonyasepatu says:

    Aku belon ada sih mba Eka, masih normal2 aja hhee

  18. risdania says:

    Ahh bener banget mb warga lokal thailand ramah2,, keinget di wat arun itu aku bingung cari tempat shalat,, ada rombongan tur org jakarta pas aku tanya tempat shalat mereka cuek bebek aja,, akhirnya dipanggil ama penjual souvenir wat arun, diajak kebelakang dagangan, digelarin terpal buat alas shalat, dinyalakan air kram buat wudhu dan ditunjukkan arah kiblat,, sampe haruuu rasanya,, yg beda agama aja kadang bisa lebih memahami,,

  19. Wah, nice info juga nih. Seumur-umur belom pernah ke Thailand >.<

  20. rianamaku says:

    Wah seru ya eka jadi semangat ke sana…

  21. Kalo nande-nande yang jualan bisa bahasa kita itu nemunya pas di Platinum Mall, bareng teman-teman segambreng. Pas dilt brp gitu kak tempat assesoris gitu, pas kita udh ninggalin outletnya ehh dia teriak Murah-murah, sinilah. Trus tawar2an deh dan jadinya semua teman2 beli tas kesitu, selain bisa nego harga saking banyaknya, sekalian menghargai dia yang udah usaha pake bahasa kita hehe.

  22. Agung Rangga says:

    wow, kok bisa berbahasa indonesia ya? apakah gara-gara banyak wisatawan indo yang sering berlibur di sana? :lol:

  23. Pingback: Babymoon to Phuket: a Wonderful Love Journey | Cerita EKA

  24. pas lagi dinas luar negeri ke Sydney taun lalu, mampir ke Paddy’s market mau liat-liat siapa tau ada barang lucu buat oleh-oleh. lagi keliling-keliling trus menggumam sendiri “harganya berapaan, ya?” taunya disamber bule “Ayo ini murah, mas. 1 dollar dapat 3.”

    kaget. lafal Indonesianya bener banget meski baku. :lol:

    • Ceritaeka says:

      Hahaha. Tuh kan kalo dikagetin gitu rasanya gimanaaaa….
      Ah para penjual sekarang kreatif yaaa demi dagangan laku mereka belajar bahasa para pembelinya ;)

  25. Messa says:

    Aku lebih suka gaya penulisanmu yg begini kak :) lebih hidup ceritanya :D

  26. Pingback: Senam Jantung di Chatuchak Weekend Market | Cerita EKA

  27. saldy says:

    Saya pernah 3 bulan tinggal di bangkok utk kerja. Enak tinggal disana walaupun emg benar kadang bbrp org sulit berbahasa inggris. Tp orang orang dan suasana dan lingkungan sangat bersahabat utk tinggal.
    Dan satu lagi transportasi entah MRT,subway, dll sangat2 mudah,cepat dan bersih. Mgkn kita harus mencontoh dr Thailand yg masih sesama asia.

  28. chiekebvo says:

    percaya atau ga mbak..waktu lost in bangkok bulan lalu, saya ditunjukin jalan sama orang sana plus dikasih duit bus :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s